Macam Macam Polusi Lengkap dengan Penyebab dan Dampaknya !

Macam Macam Polusi – Istilah polusi tentu saja bukan istilah yang asing lagi bagi Anda. Dalam hal ini tentu saja polusi merupakan istilah yang cenderung negatif dan sangat penting untuk di hindari. Namun, saat ini polusi sudah menyebar di berbagai aspek lingkungan hidup. Selain itu juga tidak dapat di pungkiri jika polusi pun bisa terjadi secara alami karena faktor lingkungan sendiri.

Sayangnya, perlu Anda ketahui bahwa sebagian besar polusi terjadi akibat dari ulah manusia. Baik secara langsung maupun tidak langsung. Padahal dampak dari polusi ini sangat menakutkan. Bahkan bisa mengancam keselamatan suatu ekosistem tertentu. Di balik itu, sebenarnya, manusia bertugas untuk melestarikan menjaganya sehingga tetap hidup dan bukan malah merusaknya.

Melihat akan hal ini, tentu saja sudah jelas bahwa mengenal polusi ini sangatlah penting. Terutama apa yang menyebabkan dan bagaimana dampaknya ke depan. Hal ini juga bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat mengenai betapa pentingnya menjaga bumi dari polusi. Sedangkan ulasan lebih jauh terkait polusi dan macam-macamnya bisa Anda simak berikut ini.

Berikut ini penjelasan lengkap seputar polusi. Mulai dari Polusi tanah, penyebab polusi tanah, dampak polusi tanah, polusi udara, dampak polusi udara, penyebab polusi udara, polusi air, penyebab polusi air, dampak polusi air, dll.

Pengertian Polusi

Pengertian Polusi
Pengertian Polusi

Polusi di artikan sebagai bercampurnya berbagai zat yang tidak semestinya pada lingkungan alam. Selain itu polusi juga bisa di maksudkan sebagai berubahnya tananan alam akibat dari berbagai hal, baik secara alamiah, maupun karena ulah perbuatan manusia. Namun, akibat dari polusi ini cenderung buruk sehingga sangat penting untuk di hindari terjadinya.

Polusi sendiri terdiri dari beberapa jenis. Jenis tersebut terdiri dari jenis komponen alam sendiri yakni tanah, air dan udara. Masing-masing polusi tersebut memiliki sebab, maupun dampak yang berbeda sesuai dengan situasi dan kondisi. Namun, tentu saja sama-sama cukup membahayakan bagi kelangsungan makhluk hidup di bumi ini.

Polusi Udara

Polusi Udara
Polusi Udara

Polusi udara merupakan kondisi di mana ada campuran bahan-bahan berbahaya di udara. Udara sendiri merupakan salah satu aspek yang penting untuk kehidupan makhluk bumi. Khususnya di gunakan untuk bernapas. Oleh karena itu, polusi udara sangat tidak baik jika kelangsungannya di biarkan terjadi terus menerus.

Sayangnya, sejauh ini polusi udara telah menyebar di seluruh penjuru dunia. Apalagi dengan perkembangan teknologi yang banyak menimbulkan asap bahan kimia maupun gas di udara. Akhirnya bahan tersebut berbaur dengan atmosfer dan akan mengakibatkan berbagai dampak buruk yang tidak di inginkan. Namun, meski sudah terlanjur, sebaiknya polusi ini tetap di minimalisir.

Penyebab Polusi Udara

Penyebab Polusi Udara
Penyebab Polusi Udara

Gas yang bertebaran di bumi tentu saja sangatlah banyak. Namun perlu di ketahui bahwasanya dari seluruhnya ada yang baik untuk kehidupan dan ada juga yang membahayakan. Dalam hal ini, gas tersebut ada yang bisa mengakibatkan polusi. Secara umum, ada tiga jenis gas yang masuk dalam daftar tersebut sebagaimana dalam pembahasan berikut ini.

Gas H2S

Gas H2S adalah salah satu gas yang memiliki sifat racun di dalamnya. Dengan sifat ini tentu saja gas tersebut menjadi sangatlah berbahaya. Gas ini biasa ditemukan pada letusan gunung berapi. Pada akhirnya akan terjadi polusi udara alamiah. Dan secara tidak langsung, tentu saja bisa di katakan bahwa letusan gunung berapi memang akan berakibat pada polusi.

Gas CO Dan CO2

Gas CO adalah singakatan dari carbon monoxyd. Dalam hal ini gas tersebut sangatlah berbahaya karena juga mengandung racun. Karena itulah bisa mengakibatkan polusi udara. Gas ini berasal dari pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna. Sedangkan ujntuk CO2 adalah gas carbondioksida yang sebenarnya normal saja. Namun jika intensitasnya berlebih, akan menimbulkan polusi juga.

Partikel SO2

Yang terakhir, polusi udara juga akan di sebabkan oleh partikel SO2. Sulfur dioksida ini memang tidaklah berwarna, namin baunya sangatlah menyengat. Yang membahayakan dari partikel ini adalah karena SO2 bisa menjadi senyawa asam sulfat. Nah, asam sulfat bisa mengakibatkan hujan asam yang sangat berbahaya bagi semua makhluk hidup.

Dampak Polusi Udara

Dampak Polusi Udara
Dampak Polusi Udara

Setelah mengetahui penyebabnya, tentu saja sudah mulai terbayang bagaimana bahayanya polusi udara yang terjadi. Nah, untuk mengenal lebih jauh tentang ini, penting untuk mendalami tentang dampak polusi udara. Dan perlu Anda ketahui bahwasanya dampak tersebut tidaklah main-main. Sedangkan untuk ulasan lebih lanjutnya, bisa Anda simak berikut ini.

Gangguan kesehatan bagi manusia

Dampak polusi udara yang paling mungkin untuk di alami setiap orang tidak lain adalah gangguan kesehatan. Dengan udara yang kurang buruk padahal harus di hirup setiap harinya, tentu saja akan mengakibatkan kesehatan pun terganggu. Utamanya gangguan yang berkaitan dengan organ pernapasan. Karena itulah ketika kondisi udara sedang buruk di sarankan menggunakan masker.

Hujan asam dan kerusakan lapisan ozon

Dampak buruk lainnya di sebabkan karena polusi udara tidak lain adalah adanya timbulnya hujan asam. Hujan asam ini terjadi karena zat yang bercampur di atmosfer akan di bawa ke awan. Nah, ketika jenis zat yang sensitif berinteraksi dengan air akan menjadi asam. Kamudian munculan hujan asam.

Sedangkan kaitannya dengan lapisan ozon, dalam hal ini udara yang buruk tersebut bisa mengakibatkan atmosfer bermasalah termasuk lapisan yang satu ini. Padahal, lapisan ozon sangat berguna untuk melindungi berbagai macam efek buruk karena udara. Termasuk di dalamnya perlindungan dari sinar UV dan sejenisnya.

Efek rumah kaca

Salah satu dampak berbahaya dari polusi udara ini adalah dengan adanya efek rumah kaca. Namun, efek rumah kaca dewasa ini sudah banyak di rasakan oleh berbagai lapisan masyarakat. Bahkan termasuk Anda pun tentu sudah merasakannya. Nah, yang berbahaya dari efek rumah kaca tersebut adalah bisa memantulkan kembali radiasi dan sinar UV ke Bumi secara besar-besaran.

Macam Macam Ekosistem Lengkap dengan Pengertian dan Contohnya !

Polusi Tanah

Polusi Tanah
Polusi Tanah

Tidak hanya udara, tanah juga merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia. Namun ternyata tanah juga bisa mengalami polusi. Polusi tanah merupakan keadaan di mana pada permukaan tanah maupun bagian tanah yang dalam tercemar oleh berbagai sebab. Baik secara alami maupun karena perbuatan manusia sendiri.

Polusi tanah tentu saja bukanlah merupakan kabar yang baik untuk makhluk hidup. Selain sebagai tempat hidup, sumber makanan untuk penghuni bumi juga berasal dari tanah. Tanah yang subur akan menghadirkan kehidupan yang lebih sehat. Akan tetapi, ketika tanah sudah rusah atau penuh akan polusi, maka kehidupan di bumi pun juga akan ikut tercancam.

Penyebab Polusi Tanah

Penyebab Polusi Tanah
Penyebab Polusi Tanah

Sebagaimana polusi udara, polusi tanah juga bisa di sebabkan oleh beragam aspek. Namun kali ini bukan mayoritas berasal dari gas. Lebih tepatnya adalah benda-benda atau zat berbahaya yang masuk dalam tanah sehingga membuatnya tidak subur dan berkeadaan baik seperti semula. Dan untuk daftar penyebab tersebut adalah sebagai berikut.

Limbah cair maupun padat

Dua aspek utama yang berkaitan dengan sebab terjadinya polusi tanah adalah limbah. Baik itu berupa limbah cair maupun limbah padat. limbah sendiri bisa berasal dari berbagai sumber. Mulai dari limbah pabrik, hingga limbah rumah tangga. Nah, ketika limbah ini di buang sembarangan, maka akan mengakibatkan polusi tanah.

Bahan kimia

Selain limbah, bahan kimia tentu saja juga berpotensi besar untuk mengakibatkan polusi pada tanah. Dalam hal ini bahan kimia bisa masuk pada permukaan tanah dengan beragam sebab. Yang cukup parah adalah ketika terjadi kebocoran bahan kimia berbahaya dari sebuah pabrik. Selain itu, hal-hal sepele seperti pembuangan bahan kimia sembarangan pun bisa juga mengakibatkan polusi.

Berbagai pencemaran yang masuk dalam permukaan tanah

Di samping penyebab berupa limbah dan bahan kimia, polusi pada tanah ini juga di akibatkan oleh beberapa penyebab yang tidak pasti seperti masuknya kandungan zat tertentu pada permukaan tanah. Baik itu yang ganas maupun tidak. Bahkan sekelas air penimbunan sampah pun bisa menyababkan polusi pada tanah sehingga Anda perlu memperhatikannya dengan baik.

Pengertian AMDAL Lengkap dengan Manfaat, Prosedur, dan Contohnya !

Dampak Polusi Tanah

Dampak Polusi Tanah
Dampak Polusi Tanah

Dengan adanya banyak penyebab yang bisa mengakibatkan polusi tanah, tentu saja dampak yang bisa di hasilkannya pun cukup banyak. Dalam hal ini dampak polusi tanah cukup membahayakan. Apalagi mengingat tanah adalah sumber dari berbagai sumber kehidupan. Dampak-dampak tersebut adalah sebagai berikut.

Kematian makhluk hidup

Dampak dari terjadinya polusi tanah yang paling berbahaya dan sangat fatal adalah kematian berbagai jenis makhluk hidup. Khususnya adalah tumbuhan dan hewan-hewan yang tinggalnya ada di dalam tanah. Namun, tidak hanya sebatas itu, manusia pun bisa jadi mengalami dampak kematian jika polusi tanah yang terjadi terlalu berlebihan sehingga Anda pun harus berhati-hati.

Kerusakan ekosistem

Polusi tanah tentu saja akan sangat berdampak ada ekosistem, khususnya bagi kerusakan ekosistem darat. Padahal seharusnya ekosistem adalah aspek penting yang harus di jaga dengan baik oleh manusia. Namun, jika sudah terserang oleh polusi, secara tidak langsung manusia sendiri telah menyebabkan kerusakan ekosistem melalui polusi tanah.

Hilangnya kesuburan tanah dan keindahannya

Selain dampak di atas, polusi tanah ini juga bisa menyebabkan kesuburan pada tahan pun hilang. Hal ini pastinya akan merugikan banyak pihak. Salah satunya petani yang biasa memanfaatkan kesuburan tanah untuk tanamannya. Selanjutnya, ketika kesuburan tanah hilang dan menjadi gersang, tentu saja pada akhirnya keindahan bumi pun perlahan-lahan akan menjad luntur.

Polusi Air

Polusi Air
Polusi Air

Setelah membahas mengenai polusi udara dan tanah yang sama-saman pentingnya, kini saatnya beralih pada air. Ternyata air juga merupakan salah satu aspek abiotik yang sangat rentan terhadap polusi. Padahal kebutuhan akan air bersih setiap hari semakin bertambah. Air juga merupakan sumber kehidupan yang tidak akan berhenti di butuhkan

Namun, ketika air sudah tercemar, akan cukup sulit untuk di kembalikan. Meskipun tingkat kesulitannya tidak lebih sulit dari udara yang terserang polusi. Namun, untuk menjaga ketersediaan air di bumi, sebaiknya lingkungan perairan tetap di jaga dari beragam macam polusi sehingga ketersediaan air yang sehat akan terus ada dan lingkungan tersebut terjaga dengan baik.

15 Sumber Energi Alternatif yang Harus Kamu Ketahui !

Penyebab Polusi Air

Penyebab Polusi Air
Penyebab Polusi Air

Sebagaimana di sebutkan sebelumnya, air juga sangat rentan terkena polusi. Apalagi mengingat sifatnya yang mengalir dan bisa melarutkan berbagai bahan, tentu saja akan semakin mudah terkena polusi, terutama di tempat terbuka. Penyebab ini sendiri terdiri dari dua aspek, yakni alamiah dan hasil ulah manusia. Sedangkan daftarnya ada dalam pemabahasan berikut.

Penyebab alam

Polusi yang terjadi pada air bisa jadi di sebabkan oleh penyebab secara alami atau di istilahkan dengan sebab alamiah. Untuk penyebab yang satu ini tentu saja tidak bisa di hindari oleh penduduk bumi bagian manapun. Namun, untuk penyebab yang satu ini terjadinya dalam jangka waktu yang cukup lama sehingga tidak banyak berpengaruh.

Sampah organik

Sampah organik bisa jadi akan menyebabkan polusi pada air. Hal ini bisa terjadi karena biasanya sampah organik yang tersela-sela di selokan akan menumpuk dan terakumulasi dengan air. Nah, ketika sudah begini, sampah tersebut bisa menimbulkan bau yang sedap sehingga terjadilah polusi pada air. Oleh karena itu, sampah organik harus di rawat dengan baik.

Limbah pabrik yang tidak di saring

Selain menyebabkan polusi udara maupun polusi tanah, dalam hal ini limbah pabrik juga sangat rentan menyebabkan polusi air. Biasanya limbah pabrik akan di larutkan dalam air. Sebenarnya hal ini tidak masalah ketika limbah tersebut sudah di saring. Namun, jika belum, bisa berakibat pada polusi bagi air tersebut.

Penggunaan bahan peledak

Dalam berbagai situasi, tentu saja tidak jarang di temukan penggunaan bahan peledak di perairan. Hal ini mungkin akan cukup menguntungkan bagi penggunanaya. Namun, kini untuk menggunakannya kembali Anda perlu berpikir ulang. Hal ini karena bahan peledak biasanya akan menimbulkan sisa yang berakibat polusi pada air. Terutama dari gas yang di keluarkan.

Dampak Polusi Air

Dampak Polusi Air
Dampak Polusi Air

Meksipun manusia tinggalnya di darat dan bukan di air, jangan salah karena polusi air bisa menyebabkan banyak sekali dampak. Bahkan sangat berbahaya untuk kehidupan yang bernaung di dalamnya seperti hewan-hewan perairan dan tumbuhan tertentu. Beberapa dampak tersebut adalah sebagai berikut.

Dampak untuk kehidupan di air

Sebagaimana di ketahui, di air tentu saja ada banyak kehidupan yang tertampung. Nah, sebagaimana di daratm kehidupan ini memerlukan lingkungan yang sehat. Namun, ketika polusi air terjadi, maka akan sangat di sarankan karena kandungan oksigen di dalamnya akan berkurang. Nah, ini akan berakibat buruk pada kehidupan di air nantinya.

Dampak untuk kesehatan

Polusi air pada akhirnya juga akan berdampak serius bagi kesehatan. Dalam hal ini air yang terkena polusi akan menjadi media hidup mikroba patogen. Selain itu juga akan menjadi sarang serangga. Bahkan bisa manjadi sarang penyakit. Karena itulah polusi air sangat tidak baik untuk kesehatan.

Dampak untuk kualitas air tanah

Selain masalah kehidupan dan kesehatan manusia, Dalam hal ini polusi air juga berdampak serius bagi kualitas tanah. Air pada dasarnya akan di serap oleh tanah. Oleh karena itu, ketika terjadi polusi air, maka tanah pun juga akan ikut tercemar. Jadi, sebaiknya hal ini di perhatikan dengan baik sehingga air maupun tanah tetaplah terjaga.

Dari ketiga jenis polusi yang telah di bahas, tentu saja ketiganya sangat berbahaya dan bukan merupakan kabar yang baik bagi para penduduk bumi. Oleh karena itu sangat penting menjaga bumi agar tetap terhindari dari berbagai macam polusi yang mungkin terjadi. Apalagi jika polusi tersebut di akibatkan ulah manusia. Kesadaran masyarakat dalam hal ini berperan sangatlah tinggi.

Polusi tanah, penyebab polusi tanah, dampak polusi tanah, polusi udara, dampak polusi udara, penyebab polusi udara, polusi air, penyebab polusi air, dampak polusi air, dll.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Macam Macam Polusi

2 thoughts on “Macam Macam Polusi Lengkap dengan Penyebab dan Dampaknya !”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: