30 Jenis Ikan Hias Air Tawar dan Laut yang Terpopuler di Dunia !

Jenis Jenis Ikan – Ikan merupakan salah satu hewan yang memiliki banyak spesies di dalamnya, bahkan Jenis-jenis ikan yang ada di dunia memiliki puluhan ribu spesies yang berbeda. Ikan dapat hidup di air tawar, air payau, maupun air laut. Ukuran dari ikan pun sangatlah beragam mulai yang kecil sampai dengan ikan yang memiliki ukuran besar bahkan sampai puluhan meter panjangnya.

Ikan sendiri bagi manusia adalah salah satu sumber makanan yang sangat besar, tak terhitung sudah berapa juta ikan yang di konsumsi oleh manusia setiap harinya.

Jenis Ikan Tuna

Jenis Jenis Ikan
Jenis Jenis Ikan

Siapa yang tidak tahu dengan ikan yang satu ini, yaitu ikan tuna adalah ikan yang sangat terkenal dengan rasanya. Di Asia sendiri ikan ini sangat digemari di sebagian negara, contohnya di Jepang dengan tingkat konsumsi ikan tuna beribu-ribu ton per tahunnya. Tak hanya di Jepang di negara-negara Asia lainnya juga menggemari ikan ini, bahkan di Eropa sekalipun ikan ini sangatlah terkenal.

Dilihat dari segi manfaatnya ikan ini juga memilki banyak sekali kandungan nutrisi yang berguna untuk tubuh manusia, sebut saja vitamin E kompleks dan omega 3. Dengan kandungan tersebut ikan ini bisa digunakan dalam menyembuhkan penyakit mata, kanker, hingga dapat menjaga kesehatan jantung.

Jenis Ikan Gurami

Jenis Jenis Ikan
Jenis Jenis Ikan

Ikan gurami adalah sejenis ikan air tawar yang banyak dijumpai di perairan Indonesia, ikan ini merupakan ikan asli Indonesia yang tersebar di Sumatra, Kalimantan, dan Jawa. Namun sekarang sudah banyak di budidaya di Asia karena rasa lezatnya. Banyak olahan yang bisa ditemui menggunakan bahan baku ikan ini, mulai dari gurami bakar sampai gurami asam manis.

Ikan Gurami sendiri memiliki bentuk lonjong dengan ciri khas terdapatnya sepasang benang di bawah tubuhnya, benang ini digunakan untuk bisa merasakan atau meraba daerah di sekitarnya. Selain itu ikan ini juga memiliki sisik yang cenderung berukuran besar.

Jenis Ikan Salmon

Jenis Jenis Ikan
Jenis Jenis Ikan

Ikan yang terkenal memiliki rasa yang enak adalah ikan salmon, ikan ini banyak disukai oleh masyarakat Asia maupun Eropa. Untuk penyebarannya sendiri ikan ini banyak dijumpai di Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik. Ikan salmon sendiri bisa hidup di air laut namun saat akan bertelur ikan salmon akan ke air tawar untuk bisa berkembang biak.

Dalam sekali pemijahan ikan ini bisa bertelur sebanyak 5.000 telur sekaligus, tak heran walaupun sudah banyak ditangkap oleh manusia ikan ini tetap terjaga populasinya. Untuk harganya sendiri ikan ini memiliki harga berkisar Rp.300.000 per kg.

Jenis Ikan Lele

Jenis Jenis Ikan
Jenis Jenis Ikan

Ikan lele adalah ikan air tawar yang datang dari Indonesia, ikan inilah yang banyak disukai oleh seluruh kalangan di Indonesia karena rasa yang dimilikinya. Bukan hanya restoran saja namun kita juga bisa menemui ikan ini dalam olahan di warung-warung pinggir jalan sekalipun.

Ikan ini sangatlah mudah untuk dapat dikenali, dengan ciri khas kumis yang panjang di sekitar mulutnya, membuat ikan ini terlihat berbeda dengan lainnya. Selain itu ikan ini juga memiliki tekstur yang sangat licin ketika dipegang.

Jenis Ikan Arwana

Jenis Jenis Ikan
Jenis Jenis Ikan

Ikan hias merupakan salah satu jenis ikan yang dimanfaatkan untuk menjadi dekorasi akuarium, banyak sekali spesies ikan yang memiliki warna dan corak yang menarik. Salah satu ikan hias tersebut adalah Ikan Arwana, ikan ini adalah ikan yang berasal dari Indonesia dan banyak ditemui di perairan Papua dan Kalimantan. Harganya sendiri kini sangatlah mahal bahkan hingga puluhan juta rupiah.

Ikan arwana memiliki bentuk yang lonjong dengan warna sisik hitam, merah, putih, kuning, dan masih banyak lagi sesuai dengan spesiesnya. Ikan ini memiliki sepasang sungut yang menjadi ciri khas dari ikan ini, sungut tersebut terletak di mulutnya.

Jenis Ikan Cupang

Jenis Jenis Ikan
Jenis Jenis Ikan

Ikan Cupang merupakan ikan hias yang sangat terkenal dengan corak warnanya terang dan memiliki warna yang berbeda-beda tergantung jenisnya. Ikan ini biasa disebut juga dengan ikan petarung karena kebiasaannya bertarung jika bertemu dengan sesama jenisnya. Harganya sendiri sangatlah beragam berkisar puluhan ribu rupiah untuk yang biasa dan jutaan rupiah untuk yang memiliki sertifikat.

Jenis Ikan Rainbow Fish

Jenis Jenis Ikan
Jenis Jenis Ikan

Rainbow fish merupakan ikan hias yang banyak ditemui di kawasan Asia, ikan ini memiliki sebanyak 53 spesies yang tersebar di beberapa negara. Nama Rainbow fish sendiri diambil dari karakteristik dari ikan ini, yaitu warnanya yang beragam serta sisiknya yang terlihat berkilau.

Ketenaran dan kepopuleran ikan ini sangatlah luar biasa, dimana banyak pencinta ikan hias mulai melirik ikan yang satu ini. Tentu saja warnanya yang cantik akan membuat akuarium semakin terlihat colorfull.

Jenis Ikan Louhan

Jenis Jenis Ikan
Jenis Jenis Ikan

Ikan louhan merupakan ikan hias yang patut untuk dimiliki, ikan ini dapat dijumpai dengan mudah di kawasan Asia terutama Indonesia, Malaysia, serta Taiwan. Karakteristik ikan ini sangatlah unik, selain memiliki warna yang cerah ikan ini juga memiliki benjolan khas yang ada di kepalanya. Harga ikan ini cukuplah mahal berkisar jutaan sampai puluhan juta rupiah.

Namun kini kepopuleran ikan ini semakin menurun sehingga membuat harganya ikut turun, tetapi tenang saja karena ikan ini tetap menjadi salah satu ikan dengan tampilan unik dan menarik untuk dipelihara.

Jenis Ikan Koi

Jenis Jenis Ikan
Jenis Jenis Ikan

Siapa yang tidak tahu dengan ikan yang satu ini, ikan koi berasal dari negara matahari terbit yaitu Jepang. Ikan ini memiliki warna tubuh berwarna putih dan merah, dimana setiap ikan memiliki corak yang berbeda-beda. Sekarang ikan ini tidak hanya populer di negara Jepang saja, namun telah banyak dipelihara oleh negara-negara Asia lainnya.

Hal ini tidak terlepas dari corak khas yang dimiliki oleh ikan tersebut, tentunya kurang lengkap rasanya jika tidak memasukkan ikan ini sebagai pilihan dalam mengisi akuarium di rumah kita.

Jenis Arapaima Gigas

Jenis Jenis Ikan
Jenis Jenis Ikan

Ikan predator adalah ikan yang sangat mematikan dimana bukan hanya ditakuti oleh ikan lainnya saja, namun ikan predator juga sangat berbahaya bagi manusia. Salah satu ikan predator adalah Arapaima Gigas, ikan ini merupakan ikan terbesar yang hidup di air tawar dengan bobot bisa mencapai 200 kg per ekornya. Ikan ini berasal dari perairan tropis Amerika Selatan.

Bisa dikatakan ikan ini adalah ikan dengan tingkat keganasan paling tinggi, dimana melebihi ikan piranha sekalipun. Hal ini didukung dengan giginya yang tajam serta bentuknya yang memungkinkan ikan ini berenang cepat mengejar mangsanya.

Jenis Ikan Piranha

Jenis Jenis Ikan
Jenis Jenis Ikan

Ikan Piranha merupakan ikan predator yang sangat mematikan, ikan ini memiliki gigi yang sangat tajam di seluruh rongga mulutnya. Ikan piranha sendiri berasal dari perairan Amerika selatan, di sungai Venezuela sendiri ikan ini disebut dengan Caribes. Ikan ini mulai banyak dikenal orang karena sering diangkat menjadi film layar lebar.

Walaupun terkenal ganas namun ikan ini sebenarnya tidak seganas apa yang dipikirkan oleh orang-orang, karena kenyataannya ikan ini hanya menyerang mangsa yang lebih kecil maupun mangsa yang lebih lambat darinya. Sangat sedikit kasus ikan ini menyerang seorang manusia.

Jenis Ikan Hiu Banteng

Jenis Jenis Ikan
Jenis Jenis Ikan

Hiu merupakan pretador yang sangat terkenal dan sangat mematikan di perairan laut, hewan ini merupakan Jenis-jenis ikan yang paling terkenal ganas diantara jenis hiu lainnya. Hiu ini tinggal di perairan yang hangat dengan kedalaman yang sangat dangkal, sebab itulah hiu tersebut banyak ditemui di pantai sehingga sangat membahayakan bagi seorang manusia.

Jenis Ikan Aligator Gar

Jenis Jenis Ikan
Jenis Jenis Ikan

Aligator Gar merupakan spesies Aligator yang memiliki ukuran paling besar, ikan ini umumnya bisa mencapai panjang 2,5 meter dengan berat sebesar 100 kg per ekornya. Ikan ini sendiri dipercaya sudah ada sejak ratusan juta tahun yang lalu sehingga banyak disebut dengan hewan purba. Ikan ini memiliki tubuh yang panjang dan lancip sehingga bisa berenang dengan cepat untuk menangkap mangsanya.

Walaupun terkenal ganas ternyata Aligator Gar di Amerika memiliki banyak sekali penggemar, binatang yang bisa mencapai ukuran raksasa ini banyak dipelihara oleh warga Amerika sebagai ikan hias di rumahnya.

Jenis Ikan Buntal

Jenis Jenis Ikan
Jenis Jenis Ikan

Ikan adalah hewan yang sangat sering di konsumsi oleh manusia, namun ternyata terdapat spesies ikan yang mematikan atau beracun. Salah satu ikan beracun tersebut adalah ikan buntal, ikan yang berbentuk bulat ketika terancam ini ternyata sangat beracun apabila dimakan atau tersentuh durinya. Namun di masa sekarang dengan teknik yang benar ikan ini sudah dapat di konsumsi dengan aman.

Jenis Ikan Lepu Batu

Jenis Jenis Ikan
Jenis Jenis Ikan

Ikan Lepu Batu atau bisa disebut juga dengan stone fish adalah sejenis spesies ikan yang memiliki bentuk seperti terumbu karang. Ikan ini sangatlah beracun sehingga bisa melumpuhkan mangsanya yang berupa ikan-ikan kecil. Namun jangan salah karena racunnya cukup untuk membuat seorang manusia merasakan rasa sakit yang sangat luar biasa, dan akan melemahkan jaringan otot manusia.

Ikan ini biasanya hidup di terumbu karang ataupun di dalam pasir untuk menunggu mangsanya, hal inilah yang membuat manusia tidak mengetahui dan dapat tersentuh sehingga terkena racunnya.

Jenis Ikan Lion Fish

Jenis Jenis Ikan
Jenis Jenis Ikan

Lion fish adalah ikan yang sejenis dengan ikan lepu batu, yaitu memiliki racun pada duri di punggungnya. Racun ini akan melemah jika terkena air panas, sehingga jika manusia terkena racun dari jenis ikan tersebut disarankan untuk memberi pertolongan pertama dengan menggunakan air hangat.

Lion fish sendiri memiliki bentuk yang menyerupai ayam terutama bagian siripnya, hal ini membuat ikan Lion fish juga banyak disebut dengan ikan lepu ayam.

Jenis Ikan Pari

Jenis Jenis Ikan
Jenis Jenis Ikan

Ikan pari adalah ikan yang ternyata memiliki racun di ekornya. Jika terkena satu cambukkan saja akan bisa membuat luka robek yang cukup lebar, luka ini akan memudahkan racun untuk masuk ke dalam tubuh. Racun dari ikan pari dapat menyebabkan mati rasa, rusaknya jaringan otot, hingga kematian pun bisa terjadi karena racun tersebut.

Walaupun banyak penyelam yang kagum dengan ikan ini, dikarenakan bentuknya yang berbeda dengan ikan pada umumnya. Janganlah terlalu dekat berenang di ikan pari tersebut, karena sangat berbahaya bagi manusia.

Jenis Ikan Gabus

Jenis Jenis Ikan
Jenis Jenis Ikan

Ikan Gabus adalah ikan yang memiliki nutrisi tinggi, ikan ini memiliki kandungan protein sebanyak 25% yang ada di dalam tubuhnya dan ini jauh lebih besar dari pada ikan salmon yang hanya memiliki protein sebanyak 20% saja. Tak hanya itu ikan ini memiliki kandungan albumin yang berguna untuk menyeimbangkan kadar cairan yang ada di dalam tubuh manusia.

Ikan gabus juga memiliki rasa yang nikmat dan merupakan salah satu ikan yang memiliki banyak sekali penggemar. Hal ini bukan tanpa alasan mengingat ikan ini memiliki rasa gurih, dan jika diolah dengan tepat dapat membuat siapapun menyukai rasanya.

Jenis Ikan Kelelawar Bibir Merah

Jenis Jenis Ikan
Jenis Jenis Ikan

Ikan kelelawar bibir merah atau bisa disebut juga dengan red lipped batfish adalah salah satu dari Jenis-jenis ikan yang memiliki bentuk yang cukup unik, yaitu ikan ini tampak terlihat sedang menggunakan lipstik karena bibirnya berwarna merah cerah. Selain itu ikan ini tidak dapat berenang, melainkan bergerak dengan menggunakan tangan yang ada di bawah tubuhnya.

Jenis Ikan Terbang

Jenis Jenis Ikan
Jenis Jenis Ikan

Ikan terbang yang memiliki nama Exocoetidae atau Torani merupakan spesies yang bisa terbang cukup jauh, ikan ini bisa ditemui di perairan tropis seperti Samudra Atlantik, Pasifik, maupun Hindia. Ikan ini memiliki sirip menyerupai layar dan berukuran cukup besar, sirip inilah yang dapat membuat ikan ini bisa melompat hingga sejauh 50-400 meter jauhnya untuk lari dari ikan predator.

Jenis IkaN Hand Fish

Jenis Jenis Ikan
Jenis Jenis Ikan

Hand fish atau dalam Bahasa Indonesia memiliki arti ikan yang memiliki tangan adalah spesies ikan yang memiliki sirip seperti tangan. Ikan ini tidak berenang melainkan merayap di dasar laut dengan menggunakan siripnya tersebut.

Jenis Ikan Mas

Jenis Jenis Ikan
Jenis Jenis Ikan

Ikan Mas atau dalam Bahasa Latin Crypinus Carpio merupakan spesies ikan yang sudah di budidaya sejak dahulu, ikan ini banyak tersebar di kawasan Asia seperti Indonesia. Ikan mas memiliki beberapa spesies yang dapat dijadikan sebagai ikan hias maupun ikan konsumsi.

Ikan Mas Koki adalah salah satu contoh jenis ikan mas yang dapat dijadikan sebagai ikan hias. Sedangkan ikan mas yang dapat di konsumsi seperti jenis Ikan Mas Majalaya, ikan jenis ini memiliki rasa yang gurih dan nikmat.

Jenis Ikan Nila

Jenis Jenis Ikan
Jenis Jenis Ikan

Ikan Nila merupakan spesies ikan yang bisa di konsumsi, ikan ini pertama kali ditemukan di Afrika bagian timur pada tahun 1969. Di Indonesia sendiri kini ikan tersebut sudah banyak dipelihara, ikan ini memiliki ukuran yang sedang dengan panjang sekitar 30 cm. Ciri khas ikan ini adalah duri yang terdapat pada punggungnya, duri tersebut berguna untuk melindungi dari para pemangsa.

Jenis Ikan Discus

Jenis Jenis Ikan
Jenis Jenis Ikan

Ikan Discus merupakan ikan yang berasal dari perairan Amazon. Ikan ini memiliki warna yang beragam mulai dari kuning, putih, ungu, hingga merah yang sangat indah. Tak heran ikan ini sangat populer untuk dijadikan sebagai sebagai ikan hias, terutama di kawasan Asia Ikan Discus ini sangatlah digemari oleh para pencinta ikan hias.

Jenis Ikan Tongkol

Jenis Jenis Ikan
Jenis Jenis Ikan

Ikan tongkol adalah spesies ikan yang memiliki kandungan omega 3 yang cukup kompleks serta banyak vitamin, hal inilah yang membuat ikan tongkol sangat berguna untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Masalah seperti kesehatan mata, penyakit rematik, anemia, maupun kesehatan jantung dan hati bisa diatasi dengan mengkonsumsi secara rutin ikan tongkol tersebut.

Jenis Ikan Kerapu

Jenis Jenis Ikan
Jenis Jenis Ikan

Ikan kerapu adalah salah satu dari Jenis-jenis ikan yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, ikan ini juga telah banyak di budidaya. Selain rasanya yang nikmat ternyata ikan yang satu ini memiliki kandungan asam yang sangat lengkap ketimbang ikan lainnya. Mulai dari asam lemak omega 3 sampai dengan asam lemak omega 6 dapat ditemui dalam ikan kerapu ini.

Dengan lengkapnya asam lemak di dalam ikan kerapu membuat ikan ini sangat bagus bagi kesehatan. Asam lemak ini berguna untuk meningkatkan kecerdasan otak dan mengurangi kadar kolesterol, ikan ini juga mengandung DHA dan EPA yang berguna untuk mengurangi kadar tligiserida dalam darah.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Jenis Jenis Ikan

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: