Ikan Salmon

IKAN SALMON : Cara Merawat, Budidaya, Pakan, Harga Jual (Lengkap)

Ikan Salmon – Untuk mendapatkan gizi yang baik sudah bisa dengan mudah anda dapatkan dari mana saja. Tidak hanya dari sayuran saja, tapi dari hewan juga bisa anda dapatkan. Contohnya dari ikan, merupakan salah satu sumber protein dengan kandungan yang banyak sehingga akan dengan mudah memenuhi kandungan nutrisi. Ikan salmon masih menjadi yang paling digemari dan banyak dicari orang saat ini.

Selain memiliki kandungan gizi yang banyak, ikan salmon juga terkenal dengan bentuk dagingnya dan khas. Tidak heran jika ikan ini dibandrol dengan harga yang cukup tinggi. Dengan budget yang sudah ditetapkan akan terasa seimbang dengan apa yang akan anda dapatkan. Ikan salmon akan mudah anda temui di supermarket besar yang sudah disesuaikan dengan ukuran dan kebutuhan setiap orang.

Ciri ciri Ikan Salmon Segar

Ikan Salmon

1. Bau ikan

Sama seperti ikan pada umumnya, baik itu ikan air tawar maupun air laut memiliki ciri khas yang amis. Normalnya amis yang didapatkan pada ikan salmon tidak terlalu menyengat, berbeda halnya dengan yang sudah busuk. Cara ini merupakan hal yang mudah bisa anda lakukan untuk bisa menentukan ikan yang segar.

2. Warna daging

Selain dari baunya, ikan salmon yang segar juga memiliki warna yang cerah dan juga memancing anda untuk membelinya. Berbeda dengan ikan lain yang memiliki kulit putih, ikan salmon memiliki warna agak merah. Pada ikan salmon yang sudah tidak layak konsumsi memiliki warna yang pucat dan juga memiliki bintik – bintik pada bagian dagingnya.

3. Tekstur

Sedikit berbeda dari ikan yang sudah biasa anda temui, ikan salmon memiliki tekstur yang tidak terlalu keras dan lembut pada bagian dalamnya. Hal ini bisa anda dapatkan ketika sedang ingin mengkonsumsinya yang akan hancur ketika sudah mengunyahnya yang menandakan bahwa ini kurang baik. Ikan salmon yang baik juga tidak memiliki lendir yang berlebih.

4. Insang

Anda haus teliti untuk membeli ikan, karena jika sudah memiliki ciri – ciri yang tidak baik akan mengurangi kandungan nutrisi yang ada. Hal selanjutnya yang harus anda perhatikan bisa dari warna insangnya ikan salmon yang segar memiliki warna insang yang kemerahan seperti ikan yang baru diangkat dari asalnya.

Variasi Jenis Ikan Salmon

Ikan Salmon

Ternyata, ikan salmon tidak hanya yang sering anda lihat di pasaran Indonesia. Ada beberapa jenis salmon yang khas yang berasal dari berbagai lautan. Berikut jenis-jenis diantaranya.

1. King Salmon

Merupakan jenis yang terbesar dari semua ikan salmon yang ada. Memiliki ukuran tubuh yang mencapai 45 sampai 50 cm. King salmon juga merupakan satu – satunya ikan salmon yang memiliki habitat di laut Pasifik. Selain itu juga memiliki bobot tubuh rata – rata 9 sampai 27 kg. Pada jantan memiliki bagian berwarna merah di bagian belakang, sedangkan betina tidak.

2. Silver Salmon

Jenis yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi anda. Karena anda biasa melihat ikan salmon yang satu ini dengan habitat dekat air terjun yang biasa dilompatinya. Ikan ini akan mudah ditemui pada di daerah perkotaan dengan air dan udara yang bersih. sepanjang tahun banyak warga sekitar yang selalu mengkonsumsi karena memiliki kandungan nutrisi yang banyak.

3. Pink Salmon

Memiliki ukurn rata – rata 5 kg, menjadikan ikan ini selalu banyak diburu oleh pecinta ikan karena dagingnya yang banyak dan agak tebal dibanding jenis salmon lainnya. Perbedaan sangat jelas terlihat pada jenis ini dimana di bagian punuknya akan menonjol ke atas untuk yang berkelamin jantan. Untuk yang betina memiliki ukuran tubuh yang lebih panjang dan lebih datar dibanding lawan jenisnya.

4. Chum Salmon

Memiliki warna yang lebih gelap dibanding ikan salmon lainnya menjadikan ikan ini sangat mudah dikenali. Untuk yang jantan memiliki bagian bawah yang berwarna merah seperti corak angkatan bersenjata. Sedangkan untuk yang betina memiliki corak garis vertikal dan memiliki tubuh yang lebih datar dibanding yang jantan. Rata – rata jenis 5 sampai 7 kg.

Siklus Hidup Ikan Salmon

Ikan Salmon

Kehidupan ikan salmon dimulai ketika mulai hadir di perairan air tawar, biasanya sungai dimana para induk sudah menaruh ratusan telur yang akan menetas. Biasanya anakan ikan salmon akan hadir pada bulan November. Walaupun baru lahir, bayi ikan salmon harus mengalami serangkaian proses yang dapat menyebabkan mereka mudah mati, sampai hanya sisa sedikit anakan yang mampu bertahan.

Biasa disebut alevin bagi anak ikan ini yang baru menetas. Alevin biasa hadir pada tumpukan  kerikil pada dasar sungai, hal ini terjadi pada bulai Mei atau Juni.alevin bertahan hidup dengan mengkonsumsi plankton yang ada di sekitar sungai. Pada tahap ini alevin sudah berkembang dan memiliki sebutan baru bernama fry. Usia ini ikan salmon sudah memiliki ukuran tangan orang dewasa.

Seiring berjalannya waktu, ikan salmon dengan sebutan fry akan siap bergerak ke muara sungai menuju lautan lepas, disebut smolt pada tahap ini. pada tahun pertama ini ikan salmon akan mengalami masa sulit selanjutnya karena sudah mendapatkan ancaman dari pada predator. Banyak predator yang siap menyerang mereka kapan saja, seperti singa laut, beruang, burung, anjing laut.

Petualangan ikan salmon berlangsung 4 sampai 7 tahun dimana sampai waktunya tiba ketika akan bereproduksi. Ikan ini biasanya hidup berkoloni sambil bermigrasi ke perairan tawar seperti sungai.

Cara Merawat Ikan Salmon Dewasa

Ikan Salmon

1. Pemberian makan

Dalam pemeliharaan, sebaiknya ikan salmondiberi makan sebanyak 2 kali sehari. Makananya pun harus jenis pakan yang alami, seperti kutu air atau cacing beku. Pemberian makan bisa anda lakukan pada pagi hari dan sore hari. Memberi makan pun jangan berbelbiha, karena dikhawatirkan makanan akan tersisisa di kolam dan akan membusuk.

Hal ini akan membuat kualitas air dalam akuarium menjadi tercemar, sehingga nanti ikan akan terserang penyakit dan mati.

2. Perawatan akuarium

Disarankan untuk memiliki akuarium dalam memelihara ikan salmon, anda juga bisa menggunakan botol kaca yang besar jika tidak memiliki akuarium. Ikan salmon akan senang jika anda tempatkan dengan ukuran yang besar, karena akan lebih leluasa pergerakannya. Minimal 2 sampai 3 minggu sekali anda harus mengganti airnya, dan  1 minggu sekali mengganti air akuarium secara keseluruhan.

Anda bisa membersihkan akuarium dengan air bersih dan jangan menggunakan sabun. Kemudian jemur di bawah sinar matahari.

3. Penanganan penyakit

Untuk penangan penyakit, anda bisa memasukkan ikan salmon yang sakit ke dalam air berisi garam dengan takaran 2 sampai 3 sendok untuk 1 liter air. Jangan terlalu lama karena bisa menyebabkan ikan salmon semakin parah dan mati, hanya membutuhkan beberapa detik saja untuk penyakit white spot. Ikan salmon yang siripnya sering menguncup juga bisa masuk dalam penyakit.

Anda bisa menggunakan obat anti bakteri dengan 0,3 sampai 0,5 ml ke dalam 4 liter air, kemudian masukkan ikan salmon dan biarkan selama 5 sampai 10 menit.

Cara Merawat Anak Ikan Salmon

Ikan Salmon

1. Memilih akuarium

Ukuran ideal akuarium untuk memelihara salmon adalah 20 cm x 15 cm x 15 cm. karena walaupun ukurannya yang kecil, ikan salmonjuga memerlukan ruang gerak supaya merasa senang dan tidak stres. Jangan menggunakan ukuran akuarium yang besar karena ikan salmon adalah jenis ikan yang tidak bisa hidup berdampingan. Perhatian juga suhu dan penempatan di area terkena sinar matahari.

2 Pemilihan air yang tepat

Jangan asal memilih air yang akan digunakan dalam akuarium untuk memelihara ikan salmon. Karena bisa saja sakit kemudian mati jika hal ini terjadi. Biasanya ikan salmon terbiasa dengan air sumur, karena kandungan dan jenisnya yang sama dengan air rawa yang merupakan habitat aslinya. Jika sulit menemukannya, menggunakan air PAM atau air tanah pun tidak menjadi masalah.

3. Makanan yang bergizi

Selain air, memberikan makanan juga hal penting dalam merawat ikan salmon. Karena untuk mendapatkan pertumbuhan yang bagus, baik dari ukuran ikannya maupun sirip indahnya. Anda bisa membeli makanannya di toko ikan terdekat, atau anda bisa mencarinya sendiri. yaitu dengan cara mencari kutu air di selokan dengan rumah anda, atau memberikan cacing kepada ikan salmon.

Atau anda bisa menjadikan jentik sebagai makanannya, jentik yang nantinya menjadi nyamuk juga merupakan salah satu makanan kesukaan ikan salmon.

Cara Mengawinkan Ikan Salmon

Ikan Salmon

1. Seleksi

Untuk mengawinkan ikan salmon anda harus memiliki bibit setidak berumur di atas 1 tahun. Selain itu juga harus memiliki ukuran yang sama besar, warna tubuh dan sirip yang cerah, tidak cacat, dan juga tidak sedang sakit. Keduanya juga harus memiliki insang yang baik tanpa bengkak sedikit pun. anda bisa membelinya di toko yang sudah terpecaya dan juga reputasinya yang baik.

Perhatikan juga informasi genetik seputar ikan salmon, karena akan sangat berpengaruh pada setelah masa bertelur.

2. Jenis

Ada 42 jenis ikan salmon dengan 10 kelompok spesiesikan salmon. Baik itu bellica, bubblenesters, coccina dan spendens salmon yang membuat sarang gelembung untuk mendukung telur, memiliki metode kopulasi yang berbeda-beda. Lalu ada Mouthbrooders seperti forest betta salmon atau green throat, yang akan membawa telur di leher  pada ikan salmon jantan inti.

3. Siapkan wadah

Tidaknya dalam mengawinkan ikan salmon anda akan membutuhkan 5 sampai 10 galon air bersih. dan juga pemisah yang bisa dilepas, pemanas sebagai mengatur suhu wadah kawin ikan salmon, dan juga tempat persembunyiannya. Untuk menghindari hilangnya telur ikan salmon dalam wadah, anda jangan memasukkan kerikil.

4. Keluarkan jantan

Sekitar 3 hari setelah masa kawin, anda harus mengeluarkan yang jantan. Karena ikan salmon jantan membawa telur – telurnya dan pisahkan dalam 2 wadah yang berbeda.

Pakan Terbaik untuk Ikan Salmon

Ikan Salmon

1. Jentik nyamuk

Merupakan makanan yang baik untuk salmon. Jentik nyamuk juga bagus untuk pertumbuhan ikan salmon karena mengandung banyak protein, khususnya untuk anak  – anak salmon. Untuk menemukannya pun tidak sulit, anda bisa menemukannya di sekitar sawah atau selokan. Selama air itu tergenang, nyamuk akan bertelur disana baik itu kotor maupun bersih airnya.

2. Cacing sutera

Makanan ini cocok bagi anda yang ingin membudidayakan ikan salmon. Untuk mendapatkannya anda bisa membeli di pedagang ikan salmonatau ikan hias lainnya, tentu harganya sangat murah. Atau anda juga bisa mencarinya sendiri di bagian selokan yang kotor tempat beradanya cacing. Disarankan untuk mencuci cacingnya terlebih dahulu karena kotoran yang menempel bisa menimbulkan penyakit.

3. Kutu air

Salah satu makanan favorit anakan salmon. Walaupun begitu, kutu air tidak mempercepat pertumbuhan anakan salmon karena kandungan lemaknya yang sedikit. Tetapi kutu air memiliki khasiat untuk memperkuat tulang dan juga mempercantik warna pada ikan salmon. Oleh karena itu kutu air menjadi kesukaan untuk ikan salmon dewasa

4. Kuning telur

Kuning telur bisa menjadi alternative untuk makanan anak salmon ataupun yang sudah dewasa. Sebelumnya, anda harus mengukus kuning telur hingga matang kemudian berikan kepada ikan salmon sedikit – sedikit. Jangan terlalu sering memberikan kuning telur karena akan mengganggu kesehatan ikan dan juga mengotori air.

Perawatan Kolam Ikan Salmon

Ikan Salmon

Untuk merawat kolam untuk ikan salmon tergolong agak rumit. Hal ini akan berpengaruh karena jika dirawat dengan sembarangan akan membuat pengelolaannya menjadi sulit. Sebaliknya, pengelolaan akan lebih mudah jika kolam ikan dirawat dengan baik. Selain memberikan pakan tambahan, menyiapkan kolam, mengeringkan, pemupukan, pengapuran sampai pengelolaan airnya diperlukan.

Dasar kolam harus dibuat lebih tinggi dari permukaan saluran pembuangan untuk mempermudah proses pengeringan. Sedangkan, tinggi pematang harus dibuat seimbang dengan letak sumber air untuk mempermudah pemasukan air dalam pengaturan tinggi rendahnya air kolam. Bukan hanya fungsinya saja yang kurang, jika kolam tidak dirawat maka tidak akan bermanfaat bagi siapapun.

Anda juga harus memperhitungkan ukuran, jumlah petakan, letak kolam, dan juga bentuk untuk memanfaatkan lahan secara maksimal. Selama masa pemeliharaan, membersihkan bagian celah kolam dan saringan air yang tertutup dengan lumpur. Lakukan penanganan yang cepat apabila terjadi kerusakan pada bagian kolam maupun tanggul yang sudah retak.

Keluarkan juga lumpur atau sisa makanan  yang tertimbun sampai bagian bawah kolam. Anda juga bisa membersihkan saluran air di sekitar kolam, seperti menyabut akar – akar tumbuhan di luar kolam yang menembus tanggul. Dan juga menyumbatkan lubang – lubang kecil di bawah tanggul yang berisko bocor atau bahkan merusak tanggul.

Memulihkan fungsi dan kegunaan sebagai tempat ikan yang layak untuk memelihara ikan juga termasuk perawatan, bukan hanya sekadar melindungi dan memperbaiki dari kerusakan. Usahakan sebisa mungkin anda sesuaikan dengan kondisi di habitat aslinya, khususnya di bagian suhu.

Harga Ikan Salmon di Pasaran

Ikan Salmon

Daftar Harga Ikan Salmon Terbaru
Jenis Ikan SalmonHargaSatuan Ukuran
Sea Bass Teriyaki300fillet / 500gr
Ikan salmon segar145fresh/ kg
Ikan salmon ( Norway )195fillet / kg
ikan salmon headless140tanpa Ikan kepala/ kg
Ikan Calamari Rings100fillet / 500gr
Ikan kakap putih50fillet / kg
Ikan Salmon perekor200fillet / kg
Ikan Salmon Teriaki200fillet / 500gr
Ikan Salmon Australia425fillet / kg
Ikan Salmon Norwegia250fillet / kg
Ikan Makarel/Saba50fillet
ikan gindara50fillet / kg
Gindara TeriyakiNorwegia300fillet / 500gr
Fresh Prawn Tempura200fillet / kg
Fish Tempura Furai Katsu150fillet /kg
Ikan Scalop Tempura125fillet /250get /kg
ikan gindara48fillet /kg

 

Daftar Harga Ikan Salmon di Supermarket
Harga Ikan di SupermarketBerat Ikan Salmon Per 100 Gram (Rp)
harga ikan salmon di carrefour27
harga ikan salmon di giant30
harga ikan salmon di supermarket27,5
harga ikan salmon di pasar tradisional32
harga ikan salmon di hypermart26,9

 

Daerah di IndonesiaHarga Per Kg
JakartaRp290.000
BekasiRp285.000
BantenRp295.500
BogorRp280.000
CirebonRp280.000
BandungRp295.000
SemarangRp305.000
PurwokertoRp300.000
YogyakartaRp295.000
SurabayaRp310.000
MedanRp315.000
BaliRp320.000
AcehRp315.000
Balik PapanRp315.000

Budidaya Ikan Salmon

Ikan Salmon

1. Jenis

Ikan salmon memiliki 2 jenis, yaitu ikan salmon laut dan sungai. Ikan salmon yang masih kecil biasanya masih dapat ditemukan di perairan air tawar yang mana memiliki aliran air yang tenang dan juga memiliki udara yang bersih. berbeda dengan yang dari laut dengan bentuk dan ukuran yang besar.

2. Pemilihan induk

Siapkan indukan dengan tingkat kualitas yang baik sebelum melakukan budidaya salmon. Sebisa mungkin indukan berasal dari keturunan yang unggul, bebas penyakit dan cacat maupun bugar kondisinya. Lalu perhatikan tanda – tanda jika kedua induk sudah siap untuk kawin.

3. Pemijahan

Tahap mengeluaran telur atau pemijahan bisa anda lakukan pada wadah yang berukuran 20 cm x 20 cm x 20 xm. Sedikan juga wadah kecil untuk betina dan beberapa tumbuhan air. Dalam sekali kawin ikan salmon bisa menghasilkan 1000 telur dan akan menetas dalam kurun waktu 24 jam. Tetapi yang bisa dipanen hanya sekitar 30 sampai 50 saja.

4. Pakan

Makanan kesukaan ikan salmon adalah jentik nyamuk, kutu air dan juga cacing sutera. Dalam pemberian makan, anda bisa melakukannya sebanyak 3 sampai 4 kali dalam sehari. Anda bisa memberi makannya sedikit – sedikit. Hal ini juga bertujuan supaya kolam tidak kotor. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk memperhatikan pakan ikan jenis satu ini agar kesehatannya tetap terjaga.

5. Perawatan

Ikan ini termasuk memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Walaupun begitu anda juga harus tetap menjaga air dan juga memberikannya makanan yang sudah direkomendasikan supaya ikan salmonbisa tumbuh dengan baik dan juga ikan salmon dalam kondisi yang bugar.

Kelebihan Nutrisi dari Ikan Salmon

Ikan Salmon

1. Menjaga kesehatan jantung

Memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yang dapat membuat meningkatnya kolesterol serum yang menjadi indikator utama dalam mengurangi resiko penyakit jantung. Kandungan mineral yang yang ada juga dapat mencegah penyakit jantung karena menjaga keseimbangan darah.

2. Meningkatkan fungsi otak

Dengan mengkonsumsi ikan salmon juga mampu meningkatkan fungsi otak. Karena memiliki sifat inflamasi yang bisa meredakan peradangan pada otak dan juga melindungi sel saraf dari stres oksidatif yang terjadi karena faktor usia dan kelainan genetik. Dan pastinya mampu meningkatkan daya ingat anda.

3. Meningkatkan kesehatan tubuh

Tidak hanya meningkatkan fungsi otak, ikan dengan warna daging warna oranye ini juga memiliki khasiat lainnya. Kaya akan omega 3 yang ada pada ikan ini memberikan banyak manfaat kepada tubuh anda. Salah satunya mampu menjaga kesehatan tulang untuk membuatnya lebih kuat. Selain itu juga mengurangi sindrom mata yang kering yang berkaitan dengan usia. Dan membut kulit lebih cerah dari sebelumnya.

4. Mengurangi resiko depresi

Kandungan omega 3 yang ada pada pada ikan salmonmampu mengurangi depresi yang bisa anda alami dari berbagai faktor yang ada. Menurut penelitian, orang yang sering mengkonsumsi salmon 17 persen lebih rendah terkena depresi. Kandungan omega yang cukup tinggi inilah yang membuat ikan tersebut sangat dianjurkan oleh para ahli gizi untuk dikonsumsi semua kalangan usia.

Fakta Menarik Tentang Ikan Ikan

Ikan Salmon

Ikan salmon tidak hanya dikenal sebagai ikan dengan kandungan gizi yang tinggi. Ada beberapa fakta menarik yang harus anda ketahui. Berikut penjelasannya:

  1. Merupakan jenis dari ikan anadromus, yang melahirkan pada air tawar dan juga menghabiskan waktu di laut di sebagian besar dalam hidupnya. Dan kembali lagi ke sungai untuk bertelur saja.
  2. Ikan salmon juga memiliki banyak jenis, Chum salmon menjadi jenis ikan salmon yang memiliki harga terjangkau dari semua jenisnya. Dan Salmon Atlantik merupakan jenis yang paling mudah di budidayakan dan terbaik untuk di konsumsi.
  3. Tidak semua ikan salmon lahir di alam liar. Sebagian juga lahir dari pembenihan yang dilakukan oleh manusia dan dibiarkan tumbuh besar di alam liar untuk mencapai ukuran tubuh yang besar untuk dikonsumsi.
  4. Merupakan sumber dari omega 3 terbaik dari semua hewan yang ada. Selain itu dengan mengkonsumsi ikan salmon juga dapat menjaga kesehatan otak dan sistem saraf pada seseorang, dan juga bagian tubuh lainnya seperti kulit dan rambut.

Cara Memberi Makan Ikan Salmon

Ikan Salmon

Sebelum memberi dan sesudah makan, pastikan air akuarium tetap bersih dan segar. Ikan salmon sangat mudah terserang penyakit terhadap bakteri yang ditularkan melalui air. Pastikan juga ikan salmon melihatnya saat anda memberi makan. Biarkan ikan salmon melihat dengan anda menjatuhkan makanan di depan mulutnya pada permukaan atas akuarium.

Pastikan juga  telah menyiapkan makanan kesukaan ikan salmon seperti pelet, jentik nyamuk, atau cacing merah. karena ikan ini terkenal rewel dalam urusan makanan. Berikan makanan secara bertahap dan sedikit – demi sedikit. Hal ini dilakukan untuk menghindari kotornya akuarium akibat pemberian makanan yang berlebih.

Berikan ikan salmonmakanan yang lebih banyak pada saat masa bertelur karenaikan salmon membutuhkan banyak energi. Anda bisa berikan sebanyak 4 kali sehari. Dan bagi anaknya yang sudah panen anda bisa berikan makanan dalam sehari maksimal 5 kali, dan juga berikan makanan yang sudah direkomendasikan supaya baik dalam hal tumbuh kembangnya.

Sekilas Seputar Ikan Salmon

Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan sebuah hewan yang berasal dari perarian Alaskan sampai Kanada. Ikan ini terkenal dengan kandungan gizinya yang kaya dan juga ukurannya yang besar. Ikan salmon merupakan satu – satunya ikan yang mampu hidup di 2 jenis air yang berbeda, yaitu tawar dan laut. Ikan salmon dewasa akan pergi ke perairan sungai untuk bertelur. Ikan ini terkenal cara berkoloni.

Sejak baru menetas, ikan salmon sudah ditinggal oleh para induknya yang selalu mengalami perjalanan jauh hanya untuk sekadar bermigrasi. Jadi, dari menetas sampai siap untuk pergi ke lautan lepas mereka harus mencari makan dan bertahan hidup sendiri. sampai saat ini ikan salmon masih menjadi ikan yang paling digemari di dunia, karena memiliki tekstur yang lembut dan kaya akan nutrisi.

Ikan salmon yang paling besar berjenis King Salmon dimana bisa mencapai bobot 27 kg untuk ukuran dewasanya. Olahan ikan salmon ini juga bermacam-macam. Anda bisa mengolahnya menjadi makanan sushi atau dipanggang dengan sedikit minyak. Rasanya pun cukup segar dan unik. Cocok untuk santapan keluarga anda.

Cara Agar Ikan Salmon Bertahan Lama

Ikan Salmon

Untuk di Indonesia sendiri, mungkin akan terasa sulit untuk mengembang biakkan ikan salmon. Tapi dengan memiliki ketekunan yang baik dan juga disiplin dalam perawatan, tidak menutup kemungkinan jika hal ini akan berjalan sukses. Hal yang paling utama untuk memiliki ikan salmon dalam ukuran yang besar anda harus memiliki wadah yang agak besar, karena memang cara hidupnya berkelompok.

Perhatikan juga cara memberi makannya supaya pertumbuhannya berjalan dengan normal. Anda juga harus memahami waktu – waktu kapan saja ikan salmon dapat tumbuh dengan baik dan juga waktu bertelurnya. Supaya anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai harapan.

Ikan Salmon

Leave a Reply