Ikan Mas

IKAN MAS : Cara Merawat, Pakan, Harga Jual (Lengkap)

Ikan Mas – Ikan merupakan hewan yang tinggal di perairan, salah satu jenis ikan yang termasuk banyak diketahui oleh banyak orang adalah ikan mas. Ikan mas ini adalah jenis ikan yang biasanya dikonsumsi oleh masyarakat, selain itu ada juga jenis ikan mas merupakan ikan hias yang dijadikan sebagai hewan peliharaan untuk menemani dan menghias rumah.

Bagi Anda yang ingin mengetahui mengenai ikan mas secara lebih lengkap, sebaiknya Anda mulai membaca banyak tulisan mengenai ikan mas. Mungkin Anda akan tertarik untuk budidaya ikan mas yang bisa dijadikan sumber penghasilan dan akan sangat menguntungkan, jika tidak, Anda juga bisa menjadikan ikan mas sebagai hewan peliharaan di rumah Anda.

Ciri Ciri Ikan Mas

Ikan Mas

Ikan Mas

Hal yang membedakan ikan mas dengan jenis ikan lainnya adalah ikan mas memiliki ciri-ciri tersendiri. Berdasarkan morfologinya, ikan mas memiliki ciri-ciri yaitu ikan mas merupakan ikan yang bernapas menggunakan insang, ikan mas memiliki sisik dengan warna merah keemasan, gerakan ikan mas gesit dan lincah, dan ikan mas memiliki bentuk badan yang gendut.

Umumnya, ikan mas memiliki bentuk tubuh yang pipih tegah dan juga panjang. Mulut ikan mas terletak di bagian tengah ujung kepala dan mulutnya juga dapat disembulkan atau disebut dengan protaktif. Ikan mas memiliki dua pasang sungut pada bagian anterior mulutnya.

Selain itu, ikan mas juga memiliki bentuk sirip punggung yang memanjang. Bagian belakang sirip ini mempunyai jari yang keras. Ikan mas mempunyai sepasang sirip perut, sirip punggung, dan sirip dada. Sementara itu, sirip ekor ikan mas memiliki tipe homoserkal, dilihat dari bentuk ekor yang sama panjang dan bercabang dua.

Biasanya. Ikan mas dewasa memiliki berat tubuh sekitar 0,5 kg sampai 4 kg dengan panjang tubuh kira-kira sekitar 30 cm sampai 60 cm.

Ikan mas termasuk ke dalam ikan omnivora. Ikan mas dapat mengkonsumsi ikan yang ukurannya lebih kecil dari ukuran tubuhnya dan mengkonsumsi tanaman air. Secara alami, ikan mas hidup di danau atau sungai dengan arus yang pelan, jernih, dan juga segar.

Variasi Jenis Ikan Mas

Ikan Mas

Ikan Mas

Jika ternyata kita hanya tahu bahwa ikan mas hanya untuk dikonsumsi saja, sebenarnya anda salah! Ternyata ada banyak kolektor ikan mas yang lebih memilih jenis ikan mas hias loh! Berdasarkan jenisnya ikan mas dapat dibedakan menjadi dua, yaitu ikan mas hias dan ikan mas konsumsi.

1. Ikan Mas Hias

Berbeda dengan ikan untuk dikonsumsi, sebagian orang juga suka memelihara ikan sebagai penghias rumah di dalam kolam atau akuarium. Terdapat beberapa jenis ikan mas yang termasuk ke dalam jenis ikan mas hias, yaitu ikan mas kancra domas, ikan mas kumpay, ikan mas fancy, ikan mas kaca, dan ikan mas koki.

2. Ikan Mas Konsumsi

Ikan mas konsumsi adalah jenis ikan mas yang biasanya sering dikonsumsi oleh masyarakat agar mendapatkan sumber protein hewani yang berasal dari ikan. Ada beberapa jenis ikan yang umumnya dikonsumsi oleh manusia, yaitu ikan mas sinyonya (putri yoga), ikan mas punten, ikan mas merah, ikan mas majalaya, ikan mas taiwan, dan ikan mas yamato.

Keunikan Ikan Mas

Ikan Mas

Ikan Mas

Ikan mas merupakan ikan yang banyak dikenal oleh masyarakat, ada yang suka mengkonsumsinya dan ada juga yang menjadikan ikan mas sebagai hewan peliharaan di kolam dan akuarium rumah. Selain itu, ada beberapa hal unik yang berhubungan dengan ikan mas yang mungkin belum banyak orang ketahui, yaitu:

  1. Ikan mas adalah ikan yang dapat menghasilkan pigmen cahaya. Apabila ikan mas tinggal di tempat yang gelap, maka saat pagi hari ikan mas akan kelihatan lebih cerah. Tetapi, jika mas berada di tempat yang gelap dalam waktu yang lama, maka warna pada ikan mas lama kelamaan akan hilang.
  2. Ikan mas koki bisa berubah warna menyesuaikan dengan tempat tinggal ikan tersebut.
  3. Ikan mas koki dapat hidup dalam kolam yang memiliki permukaan yang beku, selama kolam tersebut masih memiliki oksigen.
  4. Ikan mas koki dapat memiliki bobot hingga sebesar 4,5 kg dan panjang mencapai sekitar 58,42 cm.
  5. Ikan mas koki paling panjang di dunia saat ini ditemukan di Belanda dengan panjang 47,7 cm.
  6. Ikan mas koki merupakan ikan yang memiliki masa hidup yang lama bisa sampai 20 tahun.
  7. Ikan mas koki yang paling tua ditemukan berumur 49 tahun.
  8. Di Roma, ikan mas koki dilarang untuk dipelihara di dalam toples. Menurut orang roma, tindakan memelihara ikan di dalam tempat yang kecil dan sempit adalah perilaku yang kejam.
  9. DI Italia, ikan mas koki tidak boleh dijadikan hadiah karnaval.
  • Ikan mas merupakan ikan yang memiliki saluran pencernaan yang sangat sederhana, sehingga sulit dalam mencerna protein.

Cara Merawat Ikan Mas Dewasa

Ikan Mas

Ikan Mas

Ikan mas merupakan salah satu jenis ikan yang sering dipelihara dan dijadikan hobi oleh sebagian orang. Merawat ikan mas ini cenderung mudah untuk dilakukan dan jika pemula ingin mencoba memelihara ikan, ikan mas bisa menjadi pilihan awal. Pemeliharaan yang mudah, bukan berarti ikan mas tidak membutuhkan perlengkapan dan perawatan yang sembarangan.

Hal pertama yang harus Anda siapkan adalah akuarium. Ikan mas memerlukan akuarium yang lumayan besar, tubuh ikan mas dapat membesar dan memanjang sehingga salah jika Anda menempatkannya dalam akuarium bulat yang kecil. Pastikan untuk membeli akuarium terlebih dahulu dan mempersiapkan tempat tinggal ikan, sebelum Anda membeli ikan mas.

Isi akuarium dengan menggunakan kerikil yang tidak akan tersangkut di kerongkongan ikan. Jangan lupa untuk memberi makan ikan mas, beri ikan mas makanan sebanyak 1 sampai 2 kali dalam sehari. Beri makanan ikan secukupnya, ikan mas yang makan berlebihan dapat mengakibatkan kematian.

Anda harus selalu memeriksa kadar oksigen dalam akuarium, ada dapat menggunakan pompa air dan perangkat gelembung untuk memastikan air dapat mengalir dengan baik di dalam akuarium. Seperti hewan peliharaan lain, ikan mas peliharaan Anda juga harus selalu diperhatikan dari tanda-tanda terjadinya penyakit. Anda bisa memisahkan ikan yang sakit dari ikan yang lainnya.

Cara Merawat Anak Ikan Mas

Ikan Mas

Ikan Mas

Merawat anak ikan mas perlu dilakukan secara terpisah dari ikan yang besar. Anak ikan mas bisa dipelihara dalam tempat tersendiri untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Telur ikan yang telah dibuahi akan menetas dalam waktu yang singkat sekitar 2 sampai 4 hari dalam bentuk larva. Jika ada telur yang tidak kunjung menetas, Anda bisa memisahkannya agar kualitas air dalam kolam tidak memburuk. Larva ikan akan memiliki kantung kuning di sekitar perutnya, bulatan tersebut adalah makanan yang digunakan untuk memenuhi gizi anak ikan mas untuk 4 hari.

Cara Mengawinkan Ikan Mas

Ikan Mas

Ikan Mas

Untuk mendapatkan banyak anakan ikan mas, Anda perlu mengawinkan indukan ikan mas dengan sifat yang bagus. Anda bisa memulai dengan menyiapkan kolam untuk pemijahan ikan mas. Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan kakaban, kakabab berguna sebagai tempat untuk menempatkan telur-telur ikan mas yang telah dibuahi. Kakaban ini terbuat dari ijuk yang dijepit oleh bilah bambu.

Ada dua cara dalam pemijahan ikan mas, yaitu dengan cara alami dan buatan. Cara yang alami yaitu dengan mengawinkan ikan jantan dan betina dalam satu kolam hingga ikan melakukan perkawinan dengan sendiri. Sementara itu, cara buatan yaitu dengan menyuntikkan hormon oleh manusia ke dalam indukan betina dan pembuahan akan dilakukan degan in vitro.

Untuk pemijahan secara buatan, biasanya dilakukan oleh peternak ikan mas yang menjual bibit ikan mas dalam jumlah yang sangat banyak dan kontinu.

Pakan Terbaik Untuk Ikan Mas

Ikan Mas

Ikan Mas

Untuk pemberian pakan ikan mas yang dibudidayakan, ada beberapa jenis pakan yang memang baik untuk dikonsumsi ikan mas agar memiliki pertumbuhan yang bagus.

1. Cacing sutera

Cacing sutera merupakan pakan yang biasanya diberikan untuk anak ikan mas agar dapat tumbuh dengan besar dalam waktu yang cepat. Cacing sutera ini berwarna merah mudah dan ukurannya yang halus.

Tetapi, cacing sutera ini juga sering membawa penyakit untuk ikan mas. Sehingga, penting bagi Anda untuk membersihkan cacing sutera terlebih dahulu. Cara membersihkan cacing sutera yaitu  dengan merendam cacing dalam air bersih selama 3 hari.

2. Cacing tanah

Cacing tanah memiliki kandungan protein yang sangat baik untuk perkembangan ikan mas agar tumbuh lebih cepat. Cacing tanah juga merupakan jenis makanan yang biasanya disukai oleh ikan mas. Pakan ini adalah pakan yang paling populer dan dikenal oleh peternak. Sebelum memberikan cacing tanah sebagai pakan, jangan lupa untuk dicuci sampai bersih terlebih dahulu.

3. Sekam padi

Ikan mas adalah hewan omnivora, tidak hanya memakan hewan, ikan mas juga bisa memakan berbagai jenis makanan. Bagi para petani ikan mas, sekam padi dapat dimanfaatkan sebagai pakan ikan mas agar lebih murah. Caranya adalah dengan mencampurkan sekam padi dengan tepung ikan, kotoran sapi, tetes tebu, dan arang kelapa yang dibuat menjadi pelet.

4. Ulat daun pisang

Diantaranya banyaknya jenis ulat, ulat daun pisang ini merupakan hewan yang disarankan sebagai pakan ikan mas karena ulat ini memiliki kandungan nutrisi yang lumayan lengkap. Selain itu, ulat daun pisang ini bisa menjadi makanan pokok untuk ikan mas yang dibudidayakan.

Jika Anda sedang memancing, Anda bisa menggunakan ulat daun pisang ini sebagai umpan untuk menangkap ikan mas.

5. Kroto

Kroto merupakan telur dari semut rang-rang. Kroto ini memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, sehingga kroto cocok untuk dijadikan pakan ikan mas agar ikan mas cepat besar. Kroto dapat dicari di pohon-pohon yang memiliki daun yang rimbun. Anda dapat memberikannya dengan cara menebar kroto secara langsung ke kolam ikan mas.

Pakan Organik Untuk Ikan Mas

Ikan Mas

Ikan Mas

Jika Anda tidak mau memberi pakan berupa binatang seperti cacing dan lainnya, Anda juga bisa membuat atau membeli sendiri pakan ikan mas yang merupakan pakan ikan organik, hal tersebut tentu akan lebih sehat dan tidak mengeluarkan budget yang banyak. Beberapa pilihan pakan organik untuk ikan mas, yaitu:

1. Kotoran ternak

Kotoran ternak bisa Anda gunakan sebagai pakan ikan mas. Kotoran hewan ternak yang bisa digunakan sebagai pakan yaitu kotoran kerbau, sapi, ayam, kambing, kelici, dan puyuh. Kotoran hewan mengandung karbohidrat, lemak, protein, dan berbagai senyawa organik yang lain.

Saat ini banyak peternak yang membudidayakan ikan mas menggunakan kotoran hewan sebagai bahan pembuatan pelet. Perlu diingat, Anda tidak bisa langsung saja memberikan kotoran hewan untuk ikan mas.

Jika ingin membuat bahan baku cepat terurai, maka dibutuhkan unsur hara berupa nitrogen dengan tingkat yang tinggi. Oleh karena itu, jasad renik pengurai sangat diperlukan dalam proses ini untuk menambah unsur nitrogen.

2. Dedak

Dedak adalah hasil dari pengolahan gabah yang tidak digunakan untuk dikonsumsi manusia, sehingga tidak begitu memiliki nilai guna. Tetapi, dedak ini akan berguna jika dimanfaatkan sebagai pakan untuk segala jenis ikan mas, misalnya ikan mas taiwan atau ikan mas punten.

Kandungan nutrisi dalam dedak cenderung besar, terdapat serat halus, serat kasar, protein kasar, dan lemak kasar.

Peluang Budidaya Ikan Mas

Ikan Mas

Ikan Mas

Apabila saat ini Anda sedang bingung ingin memulai usaha, mungkin Anda bisa mencoba untuk bisnis ternak. Bisnis ternak merupakan bisnis yang selalu hidup selama orang-orang masih membutuhkan makanan untuk dikonsumsi. Salah satu bisnis ternak yang bisa Anda coba ialah bisnis ternak ikan mas.

Ternak ikan mas ini bisa jadi sangat menguntungkan dan Anda tidak membutuhkan modal yang besar untuk memulai bisnis ini. Usaha budidaya ikan mas ini cocok untuk dilakukan semua orang. Anda hanya membutuhkan kemauan dan niat yang besar untuk belajar dan terjun langsung dalam usaha ternak ikan mas.

Saat Anda akan memulai usaha, tentu Anda harus memikirkan konsumen yang akan Anda tuju. Jika Anda akan memulai usaha ternak ikan mas, Anda tidak perlu bingung. Konsumen ikan mas ini sangat luas, Anda bisa memasarkannya ke pasar, rumah makan, bahkan hingga hotel dan restoran besar.

Peluang pasar ini sangat luas, asalkan jika Anda ingin memasarkannya ke tempat seperti hotel atau swalayan dengan harga yang tinggi, Anda juga harus dapat memberikan ikan mas yang memenuhi standar dengan kualitas yang bagus.

Peralatan Budidaya Ikan Mas

Ikan Mas

Ikan Mas

Sebagai bentuk pandangan untuk Anda yang ingin memulai bisnis dalam bidang ternak ikan mas, ada beberapa peralatan yang perlu Anda persiapkan terlebih dahulu untuk memulai bisnis ini. Anda perlu menyewa lahan agar dapat beternak dengan skala yang besar atau Anda juga bisa memulai terlebih dahulu di rumah dengan skala yang kecil.

Selain itu, Anda juga membutuhkan pompa air, paralon, selang, jaring, jerigen, timba, drum, dan terpal. Paling penting, Anda harus memiliki pengadaan bibit ikan mas yang akan Anda budidayakan. Dengan peralatan dan persiapan tersebut, Anda sudah bisa memulai usaha budidaya ikan mas.

Cara Budidaya Ikan Mas

Ikan Mas

Ikan Mas

Budidaya ikan mas dapat dilakukan di beberapa jenis kolam, mulai dari kolam tanah, kolam beton, kantong jaring apung, kolam air deras, dan kolam lainnya yang dapat disesuaikan dengan keadaan dan kondisi lokasi budidaya ikan mas. Hal yang harus selalu diperhatikan adalah kualitas air yang berada dalam media budidaya tersebut.

1. Pembenihan ikan mas

Pertama, Anda haru memilih calon indukan atau bibit. Calon indukan yang bagus adalah yang berasal dari keturunan ikan mas dengan sifat unggul. Bibit yang unggul akan menghasilkan benih ikan mas yang mempunyai tingkat produktivitas tinggi.

Calon indukan dipelihara dalam kolam terpisah untuk pembibitan antara indukan betina dan jantan. Kemudian, proses pemijahan dilakukan di kolam khusus yang telah dilengkapi dengan kakaban.

2. Pembesaran ikan mas

Benih ikan mas yang umumnya digunakan dalam budidaya ikan mas berukuran 10 sampai 12 cm dan memiliki berat kira-kira 80 sampai 1—gram per ikan. Ukuran ini adalah hal yang penting untuk memastikan ikan mas sudah cukup kuat dan mengurangi berbagai risiko. Proses pembesaran ikan mas bisa berlangsung selama 2 sampai 3 bulan.

Budidaya ikan mas berdasarkan jenis kolam

1. Kolam tanah

Banyak petani ikan mas yang menggunakan media dan teknik kolam tanah dengan air tenang untuk melakukan budidaya ikan mas. Biasanya teknik ini digunakan karena proses dan cara pembuatan yang bisa dikatakan paling murah dibandingkan dengan cara lainnya.

Pada teknik tipe kolam tanah ini dibagi, yaitu kolam tanah dengan tanggul berupa tembok atau batu serta kolam tanah dengan tanggul tanah.

Keuntungan dari teknik kolam tanah ini yaitu tanah dapat menyediakan pakan alami untuk ikan mas. Organisme yang terdapat di dalam kolam tanah, yaitu cacing, ikan kecil, dan tumbuhan air, sehingga dapat mengurangi biaya untuk pakan ikan.

2. Kolam air deras

Kolam air deras merupakan kolam untuk tempat budidaya ikan yang menggunakan sirkulasi air yang cepat. Apabila anda ingin menggunakan kolam dengan air deras untuk budidaya ikan mas, Anda perlu membuat kolam dengan debit serta arus air yang kuat.

Kelebihan dari kolam air deras yaitu memiliki kandungan oksigen dalam air yang cenderung lebih tinggi dan menjadikan kapasitas padat tebar ikan yang akan lebih besar dibandingkan kolam air tenang. Kolam air deras juga tidak membutuhkan ruang yang luas seperti kolam air tenang. Area kolam dibentuk berpetak-petak supaya memiliki aliran air yang deras.

Kedalaman kolam dibuat lebih dalam dari kolam air tenang, serta dinding harus terbuat dari tembok agar dapat mencegah erosi karena kikisan air.

3. Jaring apung

Budidaya dengan jaring apung dapat dilakukan di wilayah yang terdapat danau atau waduk besar. Jaring ini terbuat dari Polyethylene yang dapat tahan lama. Jaring dibuat dengan bentuk menggantung pada kerangka rakit berbentuk segi empat. Bahan yang digunakan untuk membuat kerangka kolam adalah bambu atau kayu.

Jaring apung umumnya dilengkapi dengan saung yang dapat digunakan untuk tempat petimpanan pakan dan peralatan budidaya ikan mas.

Perawatan Kolam Ikan Mas

Ikan Mas

Ikan Mas

Agar ikan mas dapat tumbuh secara baik, bukan hanya pakan yang harus selalu diperhatikan, tetapi perawatan kolam juga tidak boleh dilupakan. Kolam ikan dan semua peralatan perlu dirawat dengan baik.

Saat masa pemeliharaan, kolam ikan akan selalu dalam keadaan tergenang air, tercemar lumpur, terguyur hujan, dan terkena sinar matahari. Karena hal tersebut, kolam ikan mas bisa mengalami kerusakan.

Kerusakan yang terjadi biasanya berupa, tanggul retak atau bocor, pintu air yang tersumbat, dan lain sebagainya. Selain itu, terdapat banyak organisme yang hidup di sekitar atau di dalam kolam yang termasuk ke dalam hewan perusak.

Perawatan kolam ikan non permanen:

  • Setelah panen, tanggul pada kedua sisi dan bagian atas harus selalu dibersihkan dengan cara dikepras miring dengan menggunakan cangkul.
  • Keluarkan sampah, lumpur, dan endapan lainnya yang terdapat dan tertimbun di dalam caren. Perbaiki atau buat caren baru dengan ukuran dan bentuk yang sama seperti sebelumnya.
  • Padatkan bagian dasar tanggul di sekitar pintu air. Apabila tanggul bocor, perbaiki pada bagian yang rusak.
  • Saringan air yang sudah rusak perlu diganti menggunakan saringan yang baru.
  • Pintu air yang dibuat secara permanen juga perlu dibersihkan. Celah penempatan saringan dibersihkan dari lumpur dan lumut.

Perawatan kolam ikan permanen:

  • Menambal tanggul pada bagian yang rusak dengan menggunakan semen atau campuran pasir dan semen. Kerusakan kecil pada tanggul permanen biasanya berupa geripis atau kebocoran.
  • Menyumbat lubang kecil yang berada di bawah pondasi tanggul menggunakan tanah liat berpasir.
  • Mengeluarkan sisa pakan, lumpur, kotoran, dan sampah yang tertimbun di dalam caren. Kemudian, buat caren yang baru lagi dengan bentuk yang sama.
  • Membersihkan saluran air yang ada di sekitar kola.
  • Bata atau batu yang mulai goyah dilekatkan kembali menggunakan semen.

Tips Merawat Ikan Mas

Ikan Mas

Ikan Mas

Ada beberapa tips dalam memelihara ikan mas bagi Anda yang dapat Anda ketahui dan terapkan saat memelihara ikan mas sebagai ikan hias di dalam rumah, yaitu:

  1. Beli akuarium untuk ikan mas yang berukuran relatif besar. Ikan mas membutuhkan banyak ruang untuk bermain dan berenang.
  2. Beli filter untuk memelihara tangki. Ikan mas memerlukan jumlah oksigen yang lebih banyak dibandingkan ikan tropis lainnya.
  3. Anda bisa membeli kerikil untuk aksesori akuarium, tetapi kerikil harus berukuran besar. Perlu diperhatikan bila membeli kerikil yang ukurannya cenderung kecil, jangan sampai ikan mas memakan kerikil tersebut.
  4. Beri makan ikan mas dalam jumlah yang pas dan tidak terlalu banyak.
  5. Selalu periksa air dalam tangki dengan teratur.

Macam-Macam Bisnis Ikan Mas

Ikan Mas

Ikan Mas

Jika anda merasa sudah tertarik dengan ikan mas, Anda mungkin ingin memulai bisnis ikan mas. Sebenarnya bisnis ikan mas ini tidak hanya mengenai budidaya saja, ada macam-macam bisnis yang bisa Anda geluti.

Contoh bisnis ikan mas, yaitu bisnis pembenihan ikan mas, pembesaran ikan mas, pembuatan dan penyediaan pakan ikan mas, jual peralatan untuk memelihara ikan mas, jual aksesori dan ikan hias, serta bisnis kuliner ikan mas.

Harga Ikan Mas di Pasaran

Ikan Mas

Ikan Mas

Harga ikan mas di seluruh wilayah Indonesia memiliki harga yang berbeda-beda. Jika Anda membeli ikan mas langsung di tempat peternakan, Anda akan mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan Anda membeli di tempat lain.

Harga ikan mas di tempat peternakan

Tempat PeternakanHarga per Kg
Harga ikan mas BandungRp. 24.000
Harga ikan mas SubangRp. 25.000
Harga ikan mas CirataRp. 24.000
Harga ikan mas JatiluhurRp. 25.000
Harga ikan mas PadangRp. 28.000
Harga ikan mas MalaysiaRp. 35.000

Harga ikan mas di berbagai daerah

DaerahHarga per Kg
CikarangRp. 34.000
KarawangRp. 33.000
TangerangRp. 36.000
Muara AngkeRp. 34.000
JakartaRp. 35.000
SukabumiRp. 32.000
CirebonRp. 33.000
BogorRp. 33.000
SerangRp. 35.000
BekasiRp. 34.000
GarutRp. 32.000
SumedangRp. 33.000
BandungRp. 32.000
TasikmalayaRp. 32.000
PurwokertoRp. 32.000
SemarangRp. 34.000
YogyakartaRp. 35.000
MalangRp. 36.000
SurabayaRp. 35.000
DenpasarRp. 40.000
MakasarRp. 36.000
BalikpapanRp. 36.000
AcehRp. 38.000
MedanRp. 38.000
PadangRp. 35.000
PalembangRp. 36.000

Jika Anda berminat untuk membuka usaha yang berhubungan dengan ternak ikan, misalnya budidaya, membuat tempat makan, atau menjual ikan mas hias, sebaiknya Anda fokus pada satu hal terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar usaha yang dijalankan lebih optimal dan Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih besar dari bidang tersebut.

Ikan Mas

Leave a Reply