IKAN LOUHAN : Cara Merawat, Budidaya, Pakan, Harga Jual (Lengkap)

Ikan Louhan atau ikan flowerhorn merupakan salah satu jenis ikan hias yang sangat khas karena memiliki bentuk kepala yang berbeda dibandingkan dengan ikan hias lainnya. Ikan louhan ini merupakan ikan endemik dari Negeri Jiran Malaysia dan juga Negeri Taiwan. Ikan louhan ini memiliki julukan ikan keberuntungan sehingga banyak dipelihara oleh banyak orang.

Beberapa orang percaya dan menganggap ikan louhan ini akan memberikan keberuntungan bagi pemeliharanya. Ya, benjolan pada bagaian kepala ikan louhan yang semakin besar maka peluang mendapat keberuntungan bagi pemeliharanya pun juga semakin besar.

Ciri-Ciri Ikan Louhan

Ikan Louhan

Ikan Louhan

Selain memiliki benjolan pada bagian kepala, terdapat beberapa ciri-ciri lain dari ikan louhan ini yang perlu Anda amati. Beberapa ciri dari ikan louhan tersebut memang menjadi ciri yang spesifik dan juga sangat mudah untuk diamati. Oleh sebab itu, inilah beberapa ciri spesifik dari ikan louhan yang perlu untuk Anda ketahui. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Memiliki Warna Cerah

Hampir semua ikan louhan memiliki karakter dan ciri yang spesifik yaitu memiliki warna cerah seperti warna merah, silver, dan juga oranye. Selain itu, ikan louhan juga memiliki bintik sisik berwarna hitam memanjang.

Oleh karena itulah, mengapa ikan louhan dikategorikan sebagai ikan hias sebab memiliki corak warna cerah yang dipadukan dengan sisik yang bermotif unik. Tak jarang ikan louhan ini dipelihara oleh beberapa konglomerat karena selain memiliki warna dan motif unik, ikan louhan juga dipercaya mendatangkan keberuntungan bagi sang pemeliharanya.

2. Bentuk Tubuh Yang Unik

Bentuk tubuh dari ikan louhan ini memang sedikit unik. Ya, selain terdapat benjolan pada bagian kepala, ikan louhan juga memiliki memiliki ukuran kepala yang cukup kecil dan juga bibir yang sedikit manyun.

3. Jenis Ikan Air Tawar

Nah, yang perlu Anda ketahui dari ikan louhan ini adalah termasuk jenis ikan tawar yang hanya dapat hidup di kolam air tawar sehingga ikan louhan tidak dapat hidup di jenis air lain seperti air asin ataupun air payau.

4. Ikan Karnivora (Pemakan Daging)

Mungkin banyak orang yang menduga bahwa ikan louhan ini hanya memakan tumbuhan air atau hewan-hewan kecil. Namun sebaliknya. Ikan louhan ini adalah jenis ikan karnivora atau ikan pemakan daging sehingga untuk pakan ikan louhan sendiri terbuat dari jenis daging ikan atau sejenisnya.

Variasi Jenis-Jenis Ikan Louhan

Ikan Louhan

Ikan Louhan

Nah, di Indonesia sendiri terdapat beberapa variasi jenis-jenis ikan louhan yang banyak dipelihara serta dibudidayakan oleh peternak ikan louhan yang ada di Indonesia. Memang, banyak peternak yang membudidayakan ikan louhan karena tergiur akan keuntungan yang mungkin di dapatkan oleh peternak dari hasil panen ikan louhan.

Maka dari itu, inilah beberapa variasi jenis-jenis ikan louhan yang sangat laku dan paling dicari di pasaran. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Ikan Louhan Cencu

Variasi jenis ikan louhan yang banyak dijual di pasaran adalah jenis ikan louhan cencu. Ya, ikan louhan cencu atau yang dalam bahasa mandari bernama Zhen Zhu ini memang sangat populer dan banyak dicari oleh para pecinta ikan hias louhan.

Mengapa demikian ? Sebab, ikan louhan cencu ini memiliki warna dan motif sisi yang cukup eksotis dan menawan sehingga louhan cencu ini banyak dicari dan dipelihara oleh kalangan konglomerat.

Ikan louhan cencu ini memiliki corak warna cerah seperti warna merah dengan bintik sisik warna hitam di bagian kepala hingga ujung ekor. Ikan louhan cencu ini memiliki bentuk tubuh yang lebih “bongsor” dibandingkan dengan jenis ikan louhan lainnya. Tak heran apabila ikan louhan cencu ini memiliki porsi makan yang lebih banyak dibanding jenis lain.

2. Ikan Louhan Golden Red

Variasi jenis ikan louhan lainnya yang banyak dijual dipasaran adalah jenis ikan louhan golder red. Louhan golden red ini adalah salah satau dari jenis ikan louhan dengan kategori ikan hias termahal dan tereksotik dikelasnya. Sebab, dari segi corak maupun warna, ikan louhan golden red ini memiliki warna yang cerah dipadukan dengan motif sisik yang eksotik.

Maka tak heran apabila harga dari ikan louhan golden red ini dijual antara jutaan hingga puluhan juta rupiah untuk 1 ekor ikan louhan golden red.

3. Ikan Louhan Kamfa

Variasi jenis ikan louhan selanjutnya adalah ikan louhan kamfa. Ya, ikan louhan kamfa ini memang sangat mudah dikenali karena benjolan yang terdapat di bagian kepala dari jenis ikan louhan kamfa ini sangat besar dan bahkan paling besar dibandingkan dengan jenis ikan louhan lainnya.

Maka dari itu, jenis ikan louhan kamfa ini sangat mudah untuk dikenali. Selain itu, ikan louhan kamfa ini juga dikenal sebagai ikan louhan golden flower karena memiliki corak warna dan sisik motif yang cukup kalem namun tetap eksotis apabila Anda lihat dari dekat.

Jenis ikan louhan kamfa ini juga sangat diminati oleh para pecinta ikan hias di Indonesia karena memiliki benjolan kepala yang sangat besar dibandingkan jenis louhan lainnya. Konon katanya, apabila memelihara ikan louhan yang memiliki benjolan kepala yang besar, maka keberuntungan juga akan menghampiri pemeliharanya..

4. Ikan Louhan Bonsai

Ikan louhan bonsai juga menjadi salah satu jenis variasi louhan yang juga cukup populer dan banyak dipelihara oleh beberapa pecinta louhan Indonesia. Ya, louhan bonsai ini dari segi ukuran memang tidak terlalu besar.

Akan tetapi, ikan louhan bonsai ini memiliki perpaduan corak warna beserta motif bintik hitam yang sangat eksotik sehingga ikan louhan bonsai hingga kini juga menjadi ikan louhan paling dicari oleh para pecinta maupun kolektor ikan hias.

5. Ikan Louhan Storm

Variasi jenis ikan louhan yang tidak banyak dibudidayakan di Indonesia ini adalah ikan louhan storm. Ya, ikan louhan storm ini memang banyak dibudidayakan oleh para peternak louhan dari Negeri Gajah Putih atau Thailand.

Berbeda dengan ikan louhan yang banyak dipelihara oleh pembudidaya louhan di Indonesia dengan memiliki corak warna merah beserta bintik sisik warna hitam pada tubuhnya.

Namun, ikan louhan storm ini memiliki corak warna yang sedikit berbeda yakni tubuhnya memiliki warna kuning keemasan, merah, dan juga biru serta hanya memiliki bintik warna putih di beberapa bagian tubuhnya terutama pada bagian kepalanya

Keunikan Ikan Louhan

Ikan Louhan

Ikan Louhan

Sebagai ikan hias, tentu saja ikan louhan memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan jenis ikan hias lainnya. Ya, hingga saat ini banyak orang percaya bahwa dengan memelihara ikan louhan ini tentu saja akan membawa hokyatau keberuntungan bagi seseorang yang memelihara ikan yang memiliki benjola di bagian kepala ini.

Ya, semakin besar benjolan di kepala ikan louhan yang dipeliharanya maka semakin besar pula peluang seorang pemelihara tersebut mendapatkan peluang meraih keberuntungan entah dari sisi finansial maupun pekerjaan.

Maka tak heran apabila banyak para konglomerat hingga pejabat Negara memilih memelihara ikan louhan sebagai ikan hias di dalam akuarium rumahnya. Namun, tahukah Anda bahwa terdapat beberapa keunikan ikan louhan yang tidak dimiliki oleh ikan hias lainnya. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Harga Beli yang Cukup Tinggi

Keunikan yang pertama dari ikan louhan dengan jenis ikan hias lainnya ini terdapat pada harga beli. Ya, harga beli dari ikan louhan ini memang cukup tinggi karena proses pembudidayaan ikan louhan sendiri juga cukup sulit serta jenis ikan louhan yang dibelinya pun juga cukup mempengaruhi harga penjualan.

Selain itu, bobot total ikan lohan juga mempengaruhi harga dan keunikan corak dan motif sisik pun juga meningkatkan harga jualnya. Tercatat, harga jual ikan louhan termurah berkisar antara Rp. 700.000,00 hingga ikan louhan termahal sekitar Rp. 3.000.000,00. Maka tak heran bila ikan louhan termasuk ikan hias termahal di dunia

2. Mampu Menghilangkan Stress Pemeliharanya

Keunikan yang kedua dari ikan louhan dibandingkan dengan jenis ikan hias lainnya adalah mampu menghilangkan rasa stress seorang pemeliharanya. Bagaimana bisa? Sebab, ikan louhan ini termasuk ikan yang penurut. Apabila Anda menaruh jari Anda di dinding akuarium, maka ikan louhan akan mengikuti jari Anda.

Jadi, apabila jari Anda bergerak kemanapun Anda inginkan, maka ikan louhan pun akan tertarik dengan pergerakan jari Anda yang sebelumnya telah Anda tempelkan pada akuarium.

Cara Merawat Ikan Louhan Dewasa

Ikan Louhan

Ikan Louhan

Secara harfiah, merawat ikan louhan ini memang bisa dibilang gampang-gampang susah. Memang, apabila Anda merawat ikan louhan secara baik dan benar tentu saja Anda akan mendapatkan keberhasilan dalam proses pengembangbiakan. Namun, apabila Anda tidak mengerti dan mengetahui cara merawatnya, maka Anda akan menemui kegagalan dalam proses perawatannya.

Oleh sebab itu, Anda perlu mengerti dan mengetahui tantang bagaimana cara merawat ikan louhan berusia dewasa. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Pindahkan Ikan Louhan Dewasa dalam Akuarium Ukuran Tanggung

Cara merawat ikan louhan dewasa yang pertama adalah memindahkannya ke akuarium berukuran tanggung sekitar 25×35 cm. Umumnya, ikan louhan dewasa ini berukuran antara 7 hingga 8 cm. Maka, apabila ikan louhan telah mencapai ukuran tersebut telah wajib dipinndahkan ke akuarium yang lebih besar.

Namun, guna menghindari stress yang dialami oleh ikan louhan, maka jangan pernah memindahkan ke akuarium ukuran besar. Setelah itu, ajari dan latih mental dari ikan louhan guna melatih ketangkasan dan melatih responsif dari ikan louhan. Caranya adalah letakkan kaca di depan ikan louhan, apabila ia mendekati kaca maka mentalnya dikatakan bagus.

Selain guna melatih ketangkasan dan responsif, tujuan dari pelatihan tersebut adalah mencegah agar ikan louhan yang Anda budidayakan tidak mengalami stress yang dapat berujung pada kematian ikan louhan.

2. Beri Makan Pelet dan Asupan Spirulina

Bila ikan louhan masih dalam tahap perkembangan, maka untuk pemberian pakan Anda dapat menggunakan pelet louhan sesuai dengan jenis ikan louhan yang tengah Anda budidayakan.

Selain itu, guna mempercantik corak warna dari ikan louhan sendiri, maka Anda dapat memberi asupa spirulina guna mempercantik tampilan kulit sisik dari ikan louhan yang tengah Anda budidayakan.

3. Beri Pakan Tambahan Berupa Udang

Ikan louhan ini memang termasuk dalam kategori ikan karnivora yang cukup “rakus”dalam urusan makanan. Oleh sebab itu, para pembudidaya ikan louhan biasanya memberi pakan tambahan berupa udang yang telah dipotong-potong pada bagian kepalanya. Usahakan memberi pakan tambahan setiap 1 haru 2 kali.

5. Pindahkan Kembali Ikan Louhan ke KolamLebih Besar

Setelah ikan louhan semakin dewasa maka bertambah besar pula tubuhnya sehingga Anda perlu menyiapkan kolam louhan dewasa dengan berukuran yang relatif lebih besar dibandingkan dengan kolam pertumbuhan dari usia remaja ke dewasa.

Maka dari itu, setelah ikan louhan memasuki masa dewasa, maka Anda wajib memindahkannya ke kolam yang memiliki ukuran lebih besar.

Cara Merawat Anak Ikan Louhan

Ikan Louhan

Ikan Louhan

Selain Anda perlu mengetahui cara merawat ikan louhan yang telah berusia dewasa, maka Anda juga perlu mengerti bagaimana cara merawat ikan louhan yang masih anakan. Oleh sebab itu, inilah beberapa cara merawat anak ikan louhan yang baik dan benar diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Siapkan Kolam Untuk Anakan Ikan Louhan

Cara merawat anak ikan louhan yang pertama adalah dengan menyiapkan kolam untuk bibit atau anakan ikan louhan. Ya, untuk kolam khusus anakan ikan louhan ini memiliki ukuran antara 15×20 cm. Selain itu, pastikan Anda menyekat satu persatu ikan louhan agar tidak saling menyerang nantinya. Selain itu, pastikan pula Anda mengisi air bersih di akuarium.

Sebab, apabila Anda tidak menjaga kualitas air maka bukan tidak munngkin bibit ikan louhan dapat mati akibat kualitas air akuarium tidak memenuhi standart. Oleh sebab itu, pastikan bahwa air untuk akuarium tidak kotor dan berkualitas.

2. Berikan Pakan Anakan Louhan Sesuai dengan Porsinya

Untuk pemberian pakan bagi anakan ikan louhan juga wajib Anda jaga. Sebab, Anda wajib memberikan pakan anakan ikan louhan sesuai dengan porsinya. Biasanya, ikan louhan anakan ini diberi pakan berupa cacing sutera ataupun cacing beku untuk 3 kali dalam 1 hari. Pastikan pula jenis pakan louhan ini terjamin akan kebersihan dan juga kesehatannya.

Sebab, apabila Anda memberikan pakan yang kotor dan tidak sehat maka nantinya kotoran ikan louhan anakan akan menjadi putih. Hal tersebut menandakan bahwa anakan ikan louhan mengalami sakit yang dapat berujung pada kematian.

3. Pindahkan Ikan Louhan Remaja ke Kolam Akuarium yang Lebih Besar

Setelah ikan louhan beranjak ke usia remaja, maka Anda wajib memindahkan ikan louhan remaja ke kolam yang lebih besar serta mulai mengganti jenis pakan yang sebelumnya menggunakan pakan jenis cacing sutera atau ikan beku, maka mulai biasakan menggunakan pakan pelet khusus ikan louhan yang mengandung spirulina

Cara Mengawinkan Ikan Louhan

Ikan Louhan

Ikan Louhan

Cara mengawinkan atau membudidayakan ikan louhan ini juga perlu untuk Anda cermati. Sebab, mengawinkan ikan louhan memang sedikit rumit. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara perkawinan ikan louhan jantan dengan betina. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Siapkan Ikan Louhan Dewasa

Langkah pertama adalah menyiapkan ikan louhan jantan dan betina dewasa yang tentunya sehat. Setelah Anda menyiapkan dan memasukkannya dalam 1 kolam, maka kemudian pisahkan ikan louhan jantan dewasa di sisi kiri dan ikan louhan betina dewasa di sisi kakan atau sebaliknya.

3. Diamkan Hingga Beberapa hari

Setelah Anda menyekat antara ikan louhan jantan dengan betina, maka diamkan hingga beberapa hari. Tujuannya adalah agar ikan louhan jantan dan betina dapat mengenal sat sama lain sehingga tidak akan bertengkar antar dua ikan louhan yang akan dikawinkan tersebut.

4. Amati Ikan Louhan Betina Dewasa yang Telah Siap Dibuahi

Setelah beberapa hari Anda diamkan, maka Anda juga wajib mengamati ikan louhan betina apakan telah siap untuk dibuahi. Caranya adalah dengan munculnya pen yang semakin menonjol pada ikan louhan betina maka artinya ia telah siap untuk dibuahi.

5. Pisahkan Louhan Dewasa

Langkah keempat adalah mengambil sekat kaca yang Anda gunakan untuk memisahkan ikan louhan dewasa tersebut. Kemudian amati apabila kedua indukan tersebut telah saling menggesekkan ekornya, maka kedua ikan louhan tersebut telah siap untuk memasuki masa kawin.

6. Tutup Akuarium Hingga Masa Kawin Selesai

Langkah terakhir adalah dengan menutup akuarium dengan kertas warna hitam agar ikan louhan tidak terganggu dengan suasana disekitar. Sebab, apabila Anda tidak menutup akuraium tersebut bukan tidak mungkin fase perkawinan ikan louhan akan mengalami kegagalan.

Pakan Terbaik Dari Ikan Louhan

Ikan Louhan

Ikan Louhan

Pemilihan pakan terbaik ini juga menentukan kesehatan hingga kecerahan warna sisik dari ikan louhan itu sendiri. Sebab, apabila Anda salah dalam pemberian pakan maka bukan tidak mungkin ikan louhan yang Anda budidaya akan memiliki corak warna yang gelap dan mungkin akan mengalami berbagai penyakit yang berujung pada kematian.

Oleh sebab itu, inilah beberapa jenis pakan terbaik dari ikan louhan dari usia benih hingga dewasa. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Pakan Ikan Louhan Anakan

Untuk ikan louhan anakan, maka pakan terbaik yang dapat Anda cacing sutra atau cacing rambut. Ya, karena cacing sutra atau cacing rambut ini mengandung banyak protein sehingga dapat membantu mempercepat pertumbuhan ikan louhan itu sendiri.

Maka tak heran apabila banyak peternak ikan louhan menyediakan banyak jenis cacing sutra untuk diberikan pada ikan louhan anakan

2. Pakan Ikan Louhan Dewasa

Setelah memasuki usia dewasa maka pakan terbaik untuk ikan louhan  bukan lagi cacing sutra atau cacing rambut. Melainkan ada beberapa jenis pakan terbaik untuk ikan louhan yang telah memasuki usia dewasa.

Salah satu jenis pakan terbaik untuk ikan louhan dewasa adalah pelet louhan yang mengandung spirulina dan juga protein. Ya, kedua kandungan tersebut sangat penting bagi pertumbuhan ikan louhan karena dapat mempercepat pertumbuhan hingga 40%.

Selain itu, Anda juga dapat menambakan pakan seperti udang yang berguna untuk mempercantik tampilan sisik ikan louhan dewasa dan juga jangkrik untuk memperpanjang sirip louhan dewasa

Perawatan Kolam Ikan Louhan

Ikan Louhan

Ikan Louhan

Selain wajib mengerti tentang tata cara pengembangbiakan serta tata cara tentang pengawinan ikan louhan, maka Anda juga perlu mengerti tentang tata cara perawatan kolam ikan louhan. Memang, ikan louhan ini tidak dapat hidup di kolam akuarium dengan air yang kotor dan suhu yang tidak terkendali.

Akibatnya, ikan louhan dapat mengalami stress dan kemudian akan mati secara perlahan karena mengalami stress atau depresi

Untuk itu, inilah tata cara perawatan kolam ikan louhan yang patut untuk Anda cermati. Diantaranya adalah :

1. Gunakan Akuarium Berukuran 3 Kali Lipat dari Ukuran Ikan Louhan

Sebelum membahas tentang cara perawatan kolam akuarium ikan louhan, maka yang perlu Anda ketahui yang pertama adalah gunakan kolam akuarium dengan ukuran 3 kali lebih besar dibanding dengan ukuran ikan louhan. Tujuannya adalah agar ikan louhan dapat bebas bergerak kemanapun sehingga dapat mengurangis stress dan juga depresi dari ikan louhan.

2. Lakukan Pengontrolan Suhu dan Kandungan Air Akuarium

Setelah itu, langkan yang perlu Anda lakukan untuk perawatan kolam ikan adalah lakukan pengontrolan berkala untuk mengetahui suhu dan juga kandungan air akuarium.

Pastikan bahwa kolam ikan louhan tetap berada pada pH skala 7 atau 8 sehingga kualitas air tidak terlalu asam atau asin serta usahakan suhu kolam akuarium ikan louhan ini tetap berada di suhu 28 hingga 30 derajat celcius.

3. Pasang Filter Air

Langkah kedua untuk perawatan kolam ikan louhan adalah dengan memasang filter air yang bertujuan untuk mengurangi kadar racun ammonia dan nitrat yang mungkin tercampur di air kolam akuarium louhan. Ya, munculnya racun tersebut karena sisa pakan ikan louhan yang mungkin larut pada air.

Oleh sebab itu, dengan adanya filter air tersebut maka racun-racun tersebut dapat ditanggulangi dan tersaring di filter air kolam akuarium Anda.

4. Kuras Kolam Akuarium Ikan Louhan 2 Minggu Sekali

Langkah terakhir dalam perawatan kolam akuarium ikan louhan adalah dengan cara menguras akuarium ikan louhan minimal 1 kali dalam 2 minggu.

Tujuannya adalah guna menjaga kualitas air akuarium ikan louhan agar tetap bersih dan tentunya tidak mengandung beberapa racun-racun berbahaya yang terkandung dalam air akuarium sebelumnya.

Harga Ikan Louhan Di Pasaran

Ikan Louhan

Ikan Louhan

Nah, untuk Anda yang berencana membeli ikan louhan sebagai ikan hias di rumah, maka Anda perlu mengerti tentang harga ikan louhan yang banyak dijual di pasaran. Maka dari itu, inilah harga ikan louhan di pasaran sesuai dengan jenisnya.

Jenis Ikan LouhanHarga Per Satuan
Ikan Louhan CencuRp. 100.000 – Rp. 1.000.000 (tergantung ukuran)
Ikan Louhan Golden RedRp. 650.000 – Rp. 3.000.000 (tergantung ukuran)
Ikan Louhan KamfaRp. 850.000 – Rp. 3.500.000 (tergantung ukuran
Ikan Louhan BonsaiRp. 250.000 – Rp. 800.000 (tergantung ukuran)
Ikan Louhan StormRp. 650.000 – Rp. 2.500.000 (tergantung ukuran)

Jenis Ikan Louhan yang Favorit untuk Diternakkan

Ikan Louhan

Ikan Louhan

Hampir semua peternak membudidayakan ikan louhan jenis apapun karena hampir semua jenis ikan louhan tersebut memang memiliki harga jual yang cukup tinggi sehingga peternak tidak akan mengalami kerugian apabila memilih membudidayakan salah satu jenis ikan louhan. Akan tetapi terdapat beberapa peternak memilih membudidayakan salah satu dari jenis ikan louhan potensial.

Ya, ikan louhan jenis kamfa dan juga golden red ini memang banyak dibudidayakan oleh para peternak ikan louhan karena memiliki harga jual yang cukup tinggi serta banyak peminatnya sehingga para peternak akan mendapat banyak keuntungan dengan membudidayakan jenis ikan louhan kamfa dan golden red.

Modal Budidaya Ikan Louhan

Ikan Louhan

Ikan Louhan

Meskipun biaya modal awal yang dibutuhkan lumayan besar. Namun, keuntungan yang Anda dapatkan dari hasil penjualan ikan louhan pun juga cukup besar. Untuk modal awal, Anda hanya butuh mengeluarkan modal uang untuk membeli bibit louhan sesuai jenis yang akan Anda budidayakan serta membeli perlengkapan untuk proses perkembangbiakan ikan louhan.

Bibit ikan louhan ini dijual berkisar antara Rp. 100.000 hingga Rp. 250.000 (sesuai dengan jenisnya). Selain itu, Anda juga wajib membeli akuarium berukuran kecil hingga besar. Sebab, ikan louhan yang telah berusia dewasa membutuhkan kolam akuarium yang cukup besar.

Selain itu, Anda juga wajib menyediakan air bersih selama proses pengembangbiakan dan jua memberi pakan ikan louhan seperti cacing sutera, udang, hingga pelet khusus ikan louhan. Untuk modal memulai bisnis ikan louhan ini maka Anda membutuhkan modal keseluruhan berkisar antara Rp. 2.500.000 hingga Rp. 3.000.000.

Namun tenang saja, Anda dapat menjual ikan louhan yang telah Anda budidayakan dengan harga termurah antara Rp. 650.000 hingga yang termahal sekitar Rp. 3.500.000 per ekor

Resiko Budidaya Ikan Louhan

Ikan Louhan

Ikan Louhan

Resiko terbesar yang mungkin dialami oleh para peternak ikan louhan adalah kesalahan dalam perawatan ikan louhan, kesalahan dalam perawatan kolam akuarium, hingga kesalahan dalam pemberian pakan ikan louhan.

Karena kesalahan tersebut resiko yang mungkin dialami adalah corak warna sisik ikan louhan tidak terlalu menonjol, ikan louhan cacat, hingga yang terparah adalah mengalami stress dan depresi sehingga tidak menutup kemungkinan ikan louhan akan mati sebelum diperjualbelikan

Nah, itulah ulasan singkat tentang ikan louhan yang perlu untuk Anda ketahui. Apabila Anda ingin membudidayakan ikan louhan, maka ketahui terlebih dahulu tentang cara merawat ikan louhan dari bibit hingga dewasa, cara perawatan kolam akuarium ikan louhan dan juga ketahui harga pasaran ikan louhan sesuai jenis agar Anda tidak merugi ketika memperjualbelikan ikan louhan di pasaran. 

Ikan Louhan

Leave a Reply