Panduan Sholat Hajat Terlengkap Sesuai Sunnah !

Doa Sholat Hajat – Sholat hajat adalah sholat sunnah yang dilaksanakan dengan tujuan memohon kepada Allah dalam permintaan suatu keperluan atau kebutuhan tertentu. Pada dasarnnya setiap manusia mempunyai kebutuhan entah itu kebutuhan yang kecil maupun besar. Walaupun kebutuhan sekecil apapun kita dianjurkan untuk memohon kepada Allah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda:

لِيَسْأَلْأَحَدُكُمْرَبَّهُحَاجَتَهُحَتَّىيَسْأَلَهُالْمِلْحَوَحَتَّىيَسْأَلَهُشِسْعَنَعْلِهِإِذَاانْقَطَعَ

“Hendaklah salah seorang dari kalian senantiasa meminta kebutuhannya kepada Tuhan, sampai pun ketika meminta garam, sampai pun meminta tali sandalnya ketika putus.” (HR. Tirmidzi)

Selain itu jika kita sedang membutuhkan kebutuhan yang dinilai besar sekalipun kita tidak hanya dianjurkan untuk berdoa tetapi juga melaksanakan sholat sunnah 2 rekaat dengan tujuan agar dikabulkannya doa tersebut. Sholat tersebut yang dinamakan sholat hajat. Seperti namannya yang sedang meminta hajat terhadap sesuatu.

Berikut ini kita akan mengulas lengkap seputar Tata cara sholat hajat, manfaat sholat hajat, waktu sholat hajat, niat sholat hajat, doa setelah sholat hajat, doa sholat hajat sesuai sunnah, tata cara sholat hajat yang benar, doa sholat hajat bahasa arab, doa sholat hajat latin, dll.

Doa Sholat Hajat Bahasa Arab

Doa Sholat Hajat

Doa Sholat Hajat Latin

Laa ilaha illallohul haliimul kariimu subhaanallohi robbil ‘arsyil ‘azhiim. Alhamdu lillaahi robbil ‘aalamiin. As `aluka muujibaari rohmatika wa ‘azaaima maghfirotika wal ghoniimata ming kulli birri wassalaamata ming kulli itsmin Laa tada’ lii dzamban illa ghofartahu walaa hamman illaa farojtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimiin.

Arti Doa Sholat Hajat

Tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Lembut dan Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan pemelihara Arsy yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu-lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Paling Pengasih dan Penyayang.

Tata Cara Sholat Hajat

Doa Sholat Hajat
Doa Sholat Hajat | Sumber : 500px.com

Berikut adalah tata cara dilaksanakannya sholat hajat berdasarkan urutan yaitu :

1. Niat sholat hajat kepada Allah SWT
2. Takbiratul ihram
3. Berdiri bagi yang mampu berdiri jika tidak bisa duduk maupun berbaring
4. Di raka’at pertama, membaca surat Al-Fatihah yang kemudian dilanjutkan dengan membaca surat Al-Kafirun sebanyak 10 kali. Di rakaat kedua membaca surat Al-Fatihah dan diteruskan dengan membaca surat Al-Ikhlash sebanyak 10 kali
5. Ruku’
6. ‘Itidal
7. Sujud dua kali
8. Duduk diantara dua sujud
9. Tuma’ninah (tenang sejenak) dalam ruku’, sujud, duduk diantara dua sujud dan i’tidal
10. Tasyahud akhir
11. Membaca sholawat kepada Nabi Muhammad
12. Duduk karena melakukan tasyahud akhir dan sholawat salam
13. Salam yang pertama
14. Tertib dalam menjalankan sholat
15. Setelah Salam melakukan sujud dengan maksud tadzallul (merendahkan diri pada Allah)
16. Pada sujud ini membaca subhahanallah walhamdulillah walaailaaha illallah waallahu akbar walaa haula wa quwwata illaa billahil ‘aliiyil ‘adzim sebanyak 10 kali.
17. Allahumma sholli ‘alaa sayyidina muhammad wa ‘alaa ali sayyidina muhammad sebanyak 10 kali.
18. Dan yang terakhir membaca doa sapu jagad, rabbanaa aatinaa fidunyaa hasanah wa fil’ahirati hasanah wa qinaa ‘adzaabannar sebanyak 10 kali.

Tata cara sholat hajat, manfaat sholat hajat, waktu sholat hajat, niat sholat hajat, doa setelah sholat hajat, doa sholat hajat sesuai sunnah, tata cara sholat hajat yang benar, doa sholat hajat bahasa arab, doa sholat hajat latin, dll.

Panduan Sholat Witir Terlengkap Sesuai dengan Sunnah !

Hukum Sholat Hajat

Doa Sholat Hajat
Doa Sholat Hajat | Sumber : 500px.com

Hukum sholat hajat adalah sunnah yaitu apabila dikerjakan akan mendapat pahala dan jika tidak dikerjakan juga tidak akan berdosa. Namun sholat ini sangat dianjurkan kepada siapa saja yang mempunnyai suatu keperluan apalagi keperluan tersebut termasuk dalam keperluan besar.

hadist Abdullah bin Abi Aufa bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

منكانتلهإلىاللهحاجةأوإلىأحدمنبنيآدمفليتوضأفليحسنالوضوءثمليصلركعتينثمليثنعلىاللهوليصلعلىالنبيصلىاللهعليهوسلمثمليقللاإلهإلااللهالحليمالكريمسبحاناللهربالعرشالعظيمالحمدللهربالعالمينأسئلكموجباترحمتكوعزائممغفرتكوالغنيمةمنكلبروالسلامةمنكلإثملاتدعليذنباإلىغفرتهولاهماإلافرجتهولاحاجةهيلكرضاإلاقضيتهاياأرحمالراحمين

“Barangsiapa yang memiliki keperluan kepada Allah atau kepada seseorang dari anak Adam maka hendaknya dia berwudhu dan memperbaiki wudhunya, kemudian hendaknya dia shalat 2 rakaat kemudian memuji Allah, dan bershalawat kepada nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, kemudian membaca :

لاإلهإلااللهالحليمالكريمسبحان اللهربالعرشالعظيمالحمدللهربالعالمينأسئلكموجباترحمتكوعزائممغفرتكوالغنيمةمنكلبروالسلامةمنكلإثملاتدعليذنباإلىغفرتهولاهماإلافرجتهولاحاجةهيلكرضاإلاقضيتهاياأرحمالراحمين

“Tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah, Al-Halim Al-Karim, Maha Suci Allah Pemilik Arsy yang besar, segala puji bagi Allah, rabb semesta alam, aku memohon kepadaMu apa-apa yang mendatangkan rahmatMu, dan ampunanMu, dan aku memohon kepadaMu untuk mendapatkan setiap kebaikan dan keselamatan dari setiap dosa, janganlah Engkau tinggalkan bagi ku dosa kecuali telah Engkau ampuni, dan jangan Engkau tinggalkan bagiku rasa gelisah kecuali Engkau beri jalan keluar, dan jangan Engkau tinggalkan bagiku keperluanku yang engkau ridhai kecuali Engkau tunaikan untukku, wahai Yang Maha Penyayang.” (HR. At-tirmidzy 2/344, dan Ibnu Majah 1/44, berkata Syeikh Al-Albany)

BerkataAsy-Syuqairyrahimahullah:

وأنتقدعلمتمافيهذاالحديثمنالمقال،فالأفضللكوالأخلصوالأسلمأنتدعواللهتعالىفيجوفالليلوبينالأذانوالإقامةوفيأدبارالصلواتقبلالتسليم،وفيأيامالجمعات،فإنفيهاساعةإجابة،وعندالفطرمنالصوم،وقدقالربكم ( أدعونيأستجبلكم ) وقال : ( وإذاسألكعباديعنيفإنيقريبأجيبدعوةالداعإذادعان ) وقال : ( وللهالأسماءالحسنىفادعوهبها )

“Dan anda sudah tahu bahwa hadist ini (tentang shalat hajat) ada pembicaraan (tentang kelemahannya), maka yang afdhal, lebih ikhlash, dan lebih selamat engkau berdoa kepada Allah di tengah malam, dan antara adzan dan iqamat, di akhir shalat sebelum salam, pada hari jumat karena di dalamnya ada waktu ijabah (dikabulkan doa), dan ketika berbuka puasa,Allahtelahberfirman:

( أدعونيأستجبلكم )

“Berdoalah kepadaKu maka akan kabulkan.”

Dan Allah juga berfirman:

( وإذاسألكعباديعنيفإنيقريبأجيبدعوةالداعإذادعان )

“Dan jika hambaKu bertanya tentang diriKu maka katakanlah bahwasanya Aku dekat, Aku akan mengabulkan doa orang yang berdoa kepadaKu.”

Allah juga berfirman:

( وللهالأسماءالحسنىفادعوهبها )

“Dan bagi Allahlah nama-nama yang baik, maka berdoalah denganNya” (As-Sunan wal Mubtada’at hal: 124).

Tata cara sholat hajat, manfaat sholat hajat, waktu sholat hajat, niat sholat hajat, doa setelah sholat hajat, doa sholat hajat sesuai sunnah, tata cara sholat hajat yang benar, doa sholat hajat bahasa arab, doa sholat hajat latin, dll.

Niat dan Doa Mandi Wajib Lengkap dengan Tata Caranya Sesuai dengan Sunnah !

Waktu Sholat Hajat

Doa Sholat Hajat
Doa Sholat Hajat | Sumber : 500px.com

Dalam melaksanakan sholat hajat tidak mempunyai waktu yang khusus dalam arti kita dapat melaksanakan pada siang hari maupun malam hari. Namun lebih utama jika kita mengerjakannya di sepertiga malam terakhir maka segala keperluan dan doa-doa kita akan lebih mustajab untuk dikabulan Allah.

Seperti sholat tahajut solat hajat juga dapat dikerjakan ketika kita setelah tidur dan bangun untuk sholat. Seperti yang kita ketahui sholat dimalam hri akan lebih khusyu karena suasanannya lebih tenang dan lebih nyaman untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Selain itu pada sepertiga malam Allah turun dari langit dan berjanji akan mengabulkan doa dan permintaan hamba yang tulus dan ikhlas dalam berdoa dan meminta kepadanNya. Selain itu sholat ini juga tidak boleh dikerjakan pada waktu dilarangnya sholat yaitu setelah sholat subuh sampai terbit matahari dan sesudah sholat ashar.
Keutamaan Sholat Hajat

Dalam Fiqih Sunnah, Sayyid Sabiq menyebutkan keutamaan sholat hajat dengan mengutip hadits shahih dari Abu Darda radhiyallahu ‘anhu bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْتَوَضَّأَفَأَسْبَغَالْوُضُوءَثُمَّصَلَّىرَكْعَتَيْنِيُتِمُّهُمَاأَعْطَاهُاللَّهُمَاسَأَلَمُعَجِّلاًأَوْمُؤَخِّراً

Barangsiapa berwudhu dan menyempurnakannya, kemudian mengerjakan sholat dua rakaat dengan sempurna maka Allah memberi apa saja yang ia minta, baik segera maupun lambat (HR. Ahmad)

Tata cara sholat hajat, manfaat sholat hajat, waktu sholat hajat, niat sholat hajat, doa setelah sholat hajat, doa sholat hajat sesuai sunnah, tata cara sholat hajat yang benar, doa sholat hajat bahasa arab, doa sholat hajat latin, dll.

Doa Sebelum Tidur dan Bangun Tidur Terlengkap Sesuai dengan Sunnah

Keutamaan Sholat Hajat

Doa Sholat Hajat
Doa Sholat Hajat | Sumber : 500px.com

Sesuai hadist diatas dapat dijelaskan beberapa keutamaan sholat hajat yaitu :

1. Keinginan dan keperluan akan lebih mudah dikabulkan

Allah selalu menganjurkan agar dalam segala keperluan dan kebutuhan sebesar apapun atau sekecil apapun agar selalu meminta kepadanNya terkecuali keinginan yang besar. Kita tidak hanya dapat berdoa tapi juga disunahkan untuk melakukan sholat 2 rekaat dalam segala keperluan.

Dengan mengerjakan sholat hajat maka keperluan kita akan lebih cepat dikabulkan oleh Allah daripada yang tidak usaha dalam berdoa sama sekali. Seperti yang kita ketahui setiap manusia di dunia ini pasti setiap detiknnya mempunyai kebutuhan bahkan yang mendesak sekalipun.

Seperti contoh jika ada anggota keluarga kita yang sakit serius kita sangat membutuhkan banyak biaya, maka dianjurkan bagi kita untuk melaksanakan sholat hajat dua rekaat untuk memohon dimudahkan dalam memperoleh dana pengobatan. Sebagaimana Allah akan memberi pertolongan dari pintu manapun.

2. Pasrah dengan segala ketentuan Allah

Walaupun kita sudah rutin dalam melakukan sholat hajat namun sebaiknnya kita juga tetap ikhtiar berusaha dalam setiap kebutuhan dan keperluan apapun itu. Selebihnya kita berdoa dan pasrah pada setiap ketentuan yang dberikan oleh Allah SWT.

Dengan segala kepasrahan, entah cepat atau lambat dikabulkannya keperluan atau hajat kita, kita tetap sabar dan menerima dengan lapang dengan dasar iman dari dalam lubuk hati dan juwa kita. Karena kita adalah hamba Allah yang bertaqwa.

3. Ikhlas menerima jika keinginan tidak sesuai dengan rencana

Apapun yang Allah takdirkan kepada setiap hambannya dapat berarti adalah suatu ujian, baik itu ujian kesenangan maupun ujian kesusahan. Ketika doa dan keinginan kita terkabul dengan cepat kita sedang diuji untuk menahan diri dari sifar riya dan sombong.

Begitu juga ketika kita sedang diuji dalam kesusahan berarti kita sedang diuji untuk bersikap lebih sabar dan ikhlas. Karena setiap ujian dari Allah jika kita dapat melewatinnya maka akan memberikan hikmah yang besar dalam kehidupan ini.

4. Dapat mengendalikan segala kebutuhan

Manusia setiap saat selalu memiliki kebutuhan setiap detiknnya bahkan terkadang kebutuhan itu datang secara tiba-tiba atau dadakan. Apalagi di zaman yang serba maju dengan ilmu dan teknologi ini secara tidak langsung kebutuhan kita juga semakin banyak dari jaman sebelumnnya.

Sebagai contoh di zaman modern ini komunikasi serba canggih, setiap otang dituntut untuk memiliki handphone untuk memudahkan dalam berkomunikasi baik degan teman, pasangan ataupun rekan kerja. Otomatis budget kita juga lebih besar dari zaman dulu yang komunikasi jarak jauh hanya menggunakan surat.

Tak hanya itu dalam memasakpun sekarang sudah serba canggih, dulu memasak masih menggunakan tungku kayu bakar sekarang sudah ada kompor gas yang setiap gas habis kita harus mengeluarkan uang untuk membeli gas berbeda dengan zaman dahulu lebih irit karena pasokan kayu dapat didapatkan secara gratis di kebun.

5. Mendekatkan diri kepada Allah

Dengan kita rutin mengerjakan sholat hajat dalam setiap keperluan hal itu berarti secara tidak angsung kita menjadi lebih dekat kepada Allah pada setiap doa-doa dan komunikasi kita setiap sholat. Apalagi ketika kita menunduk sujud dengan begitu khusyu.

Allah sangat senang kepada hambannya yang mau meminta apapun kepadanNya dengan tunduk dan tulus. Apalagi jika sholat hajat tersebut dikerjakan pada sepertiga malam terakhir disaat seorang hamba sangat dekat dengan Allah.

6. Termotivasi untuk berusaha lebih giat

Dengan kita rajin melakukan sholat hajat secara otomatis kita juga akan termotivasi untuk lebih rajin lagi dalam berusaha atau berikhtiar di dunia. Sebagai contoh seorang pekerja yang ingin cepat naik pangkat ketika bekerja ia akan lebih rajin lagi dalam bekerja.

Atau seorang pelajar yang ingin masuk perguruan tinggi negri maka dia akan lebih termotivasi lag dalam belajar dan selebihnya dia serahkan kepada sang kuasa untuk hasil dari setiap usaha dan doa ibadannya selama ini.

7. Mencegah dari bisikan setan

Dimanapun kapanpun setan selalu membujuk kita untuk melakukan hal yang tidak benar. Namun dengan sholat hajat yang kita kerjakan akan mencegah dari segala kemaksiatan ataupun perbuatan yang keji dan munkar.

Sebagaimana contoh ketika seorang partai politik menginginkan uang lebih untuk suatu keperluan jika dia hanyut dalam rayuan setan dia dapat menggunakan kekuasaannya untuk melakukan perbuatan kotor seperti suap dan korupsi. Tapi dengan sholat kita dapat membentengi diri kita dari setan.

Atau ketika kita diberikan kesempurnaan indra untuk dapat melihat mendengar dan berbicara tapi kita memilih untuk mengintai, mengintip sesuatu tanpa ijin pemiliknya, kita berkata kotor berhasut berdusta mencela, atau kita menggunaan pendengaran kita untuk menguping pembicaraan orang lain.

8. Selalu siap dengan apapun yang terjadi

Orang yang beriman dan bertaqwa kepada Allah akan senangtiasa menerima segala takdir Allah dengan kekuatan sabar dan ikhlas. Setelah usaha dan doa bahkan solat hajat kita kerjakan semua kita serahkan kepada Allah dengan penuh kepasrahan dan mengharapkan pemberian yang terbaik dari Tuhan.

Entah itu cepat atau lambat bahkan jika keinginn kita tidak dikabulkan sekalipun kita tetap berfikir positif atau berhusnudzon kepada Allah. Kita selalu berfikir pasti ada hikmah dibalik dibalik segala ketetapan Allah. Jika kita dapat bersabar dan ikhlas maka akan diberi kemuliaan yang tak ternilai.

Nah itulah beberapa ulasan seputar Tata cara sholat hajat, manfaat sholat hajat, waktu sholat hajat, niat sholat hajat, doa setelah sholat hajat, doa sholat hajat sesuai sunnah, tata cara sholat hajat yang benar, doa sholat hajat bahasa arab, doa sholat hajat latin, dll.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Doa Sholat Hajat

1 thought on “Panduan Sholat Hajat Terlengkap Sesuai Sunnah !”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: