Kumpulan Contoh Kliping yang Bisa Kamu Jadikan Referensi Tugas Sekolah !

Contoh Kliping – Kliping bila hendak didefinisikan adalah guntingan artikel-artikel yang berasal dari buletin, surat kabar, majalah, koran atau sumber dan media lainnya yang ditempelkan pada kertas biasa atau kertas putih. Tujuan pembuatan kliping ini biasanya untuk dokumentasi atau mengumpulkan beberapa informasi tema tertentu..

Karena memiliki tujuan tersebut, maka dalam proses pembuatan kliping ini harus diperhatikan cara-caranya. Adapun urutan carapembuatan kliping tersebut adalah menentukan tema, mengumpulkan data dan bahan, menyiapkan alat, menggunting data dan bahan lalu menempelkannya pada kertas biasa, membuat cover kliping, serta menyusun kliping sesuai dengan sistematikanya.

Adapun sistematika kliping itu sendiri terdiri atas cover kliping, kata pengantar, daftar isi, susunan kliping sesuai daftar isi, kesimpulan dan daftar pustaka. Buat cover yang semenarik mungkin sehingga pembaca bisa tertarik untuk membuka kliping tersebut. Untuk kata pengantar ini sifatnya opsional, jadi kalau Anda suka, Anda bisa membuatnya. Sementara untuk yang lain sebaiknya Anda cantumkan saja dalam kliping.

Berikut ini ulasan singkat contoh contoh kliping, mulai dari Contoh kliping PKN, contoh kliping olahraga, contoh kliping bencana alam, contoh kliping bahasa indonesia, contoh kliping pemanasan global, contoh kliping seni budaya, contoh kliping globalisasi, contoh kliping sejarah, dll.

Contoh Kliping PKN

Contoh Kliping
Contoh Kliping PKN | Sumber : 500px.com

Rentetan Kasus Pelanggaran HAM yang Pernah Terjadi di Indonesia

Kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) masih saja terus terjadi hingga saat ini. Undang-undang yang berusaha menegakkan hal ini seolah tidak ada fungsinya, kecuali saat pelanggaran tersebut benar-benar terjadi. Dan jika kita hendak flashback ke beberapa waktu yang lalu, ada serentetan kasus pelanggaran HAM berat yang pernah terjadi di Indonesia.

Beberapa kasus pelanggaran HAM yang tersebut antara lain:

1. Tahun 1984 – Peristiwa Tanjung Priok

Pada tahun 1984 terjadi bentrok antara warga sekitar dengan aparat. Bentrokan ini terjadi berawal dari permasalahan SARA serta unsur politis. Warga sekitar sendiri awalnya memang melakukan demontrasi pada aparat sekaligus pemerintah yang berniat memindahkan makam keramat Mbah Priok.

Demontrasi ini merupakan bentuk penolakan warga terhadap niatan tersebut. Dalam peristiwa ini juga diduga telah terjadi pelanggaran HAM dan ada banyak korban yang meninggal dunia karena penembakan dan kekerasan.

2. Tahun 1991 – Pembantaian Santa Cruz

Pembantaian yang terjadi pada tanggal 12 November tahun 1991 ini juga termasuk dalam catatan kasus pelanggaran HAM di Indonesia. Ironisnya, pembantaian ini dilakukan oleh anggota militer dengan menembak para warga sipil yang saat itu tengah menghadiri pemakaman salah satu rekannya di Pemakaman Santa Cruz. Banyak yang menilai bahwa kejadian ini adalah murni pembunuhan.

3. Tahun 1993 – Kasus Marsinah

Tahun 1993, tepatnya tanggal 3 – 4 Mei 1993 terjadi kasus Marsinah yang merupakan seorang pekerja sekaligus aktivis wanita PT. Catur Putera Surya Porong, Jawa Timur. Peristiwa ini terjadi karena dilakukannya aksi mogok kerja oleh Marsinah serta karyawan di PT tersebut.

Mereka meminta kepastian pada perusahaan yang sudah mem-PHK mereka tanpa adanya alasan. Setelah aksi tersebut, Marsinah kemudian ditemukan meninggal dunia di kawasan Hutan Wilangan, Nganjuk 5 hari kemudian. Kondisinya sendiri sangat mengenaskan dan dia diduga telah menjadi korban pelanggaran HAM yang berupa penculikan, penganiayaan hingga pembunuhan.

4. Tahun 1996 – Kasus Penganiayaan Wartawan Udin

Salah seorang wartawan bernama Udin atau Fuad Muhammad Syafruddin telah mengalami penganiayaan hingga meninggal dunia. Peristiwa ini terjadi pada 6 Agustus 1996 di Yogyakarta. Sebelum meninggal, sang wartawan sendiri sering menulis artikel kritis mengenai kebijakan pemerintah militer serta Orde Baru.

Dia diduga telah diculik serta dianiaya oleh orang yang tak dikenal hingga akhirnya dia ditemukan dalam kondisitewas.

5. Tahun 1996 – Peristiwa 27 Juli

Masih dari tahun 1996, pendukung Megawati Soekarno Putri menyerbu serta mengambil alih kantor DPP PDI yang ada di Jakarta Pusat. Kerusuhan jelas meluas hingga ke jalan, dimana massa juga merusak bangunan serta rambu-rambu lalu lintas. Dan menurut Komnas HAM,di dalam peristiwa ini terbukti adanya pelanggaran HAM.

6. Tahun 1998 – Peristiwa Trisakti dan Semanggi

Pada 12 Mei 1998 terjadi tragediTrisakti, yang merupakan gerakan pada era reformasi. Gerakan ini dipicu oleh krisis moneter serta tindakan KKN oleh Presiden Soeharto, sehingga banyak mahasiswa yang kemudian melakukan demo di berbagai wilayah. Demo ini selanjutnya berujung pada bentrok antara aparat kepolisian dengan para mahasiswa tersebut.

Tragedi Trisaksi sendiri telah menimbulkan 4 orang mahasiswa meninggal dunia dan masih banyak lagi yang menderita luka. Sementara untuk Tragedi Semanggi terjadi sebanyak 2 kali, dimana yang pertama terjadi pada 11 – 13 November 1998 dan tragedi yang kedua terjadi pada 24 September 1999.Baik tragedi Semanggi I maupun tragedi Semanggi II sama-sama menimbulkan korban jiwa.

7. Tahun 1998 – Kasus Dukun Santet di Banyuwangi

Di tahun 1998 pula Banyuwangi diwarnai oleh kasus pelanggaran HAM yakni pembunuhan terhadap orang yang dianggap dukun santet.

8. Tahun 2002 – Aksi Bom Bali

Tahun 2002 ramai oleh berita yang mengabarkan bahwa sebuah bom telah diletakkan di daerah Legian, Kuta, Bali. Pelaku pengeboman ini adalah kelompok jaringan teroris. Tak ayal peristiwa ini menimbulkan kepanikan yang besar di Indonesia, tetapi sekaligus juga memicu tindakan terorisme yang serupa di kemudian hari.

Peristiwa ini bahkan menjadi salah satu aksi terorisme yang paling besar di Indonesia. Akibatnya, banyak ratusan jiwa yang meninggal dunia, termasuk turis asing.

9. Tahun 2004 – Kasus Pembunuhan Munir

Pada tahun 2004, tepatnya tanggal 7 September 2004, terjadi peristiwa dimana Munir Said Thalib meninggal dunia di dalam pesawat Garuda Indonesia. Saat itu yang bersangkutan tengah melakukan perjalanan ke Amsterdam, Belanda. Berbagai spekulasi kemudian muncul setelah kematian sang aktifis HAM ini.

Ada yang menduga bahwa Munir meninggal akibat serangan jantung, dibunuh hingga diracuni. Tapi, sebagian orang mempercayai bahwasanya Munir ini meninggal dunia akibat diracuni melalui makanan atau minuman saat di dalam pesawat.

Dan benar saja, tahun 2005 sang pilot pesawat Garuda Indonesia tersebut dijatuhi hukuman selama 14 tahun penjara. Dia adalah tersangka dalam kasus pembunuhan Munir ini.

10. Pelanggaran HAM yang terjadi di DOM (Daerah Operasi Militer), Aceh

Pelanggaran HAM ini terjadi pada warga sipil yang berupa pemerkosaan, penganiayaan hingga penyiksaan yeng berulang. Kasus yang dialami oleh perempuan ini sejatinya belum pernah terungkap karena berbagai alasan, terutama karena adanya ancaman dari sang pelaku dan pihak tertentu lainnya.

Contoh kliping PKN, contoh kliping olahraga, contoh kliping bencana alam, contoh kliping bahasa indonesia, contoh kliping pemanasan global, contoh kliping seni budaya, contoh kliping globalisasi, contoh kliping sejarah, dll.

Contoh Berita Acara Terlengkap, Cocok untuk Dijadikan Sebagai Referensi !

Contoh Kliping Bencana Alam

Contoh Kliping
Contoh Kliping Bencana Alam | Sumber : 50pp.xocm

Bencana Tsunami di Aceh

Tsunami yang sempat terjadi di Aceh tahun 2004 silam termasuk sebagai bencana alam yang dahsyat, yang pernah terjadi di Indonesia bahkan juga di dunia selama kurun waktu 40 tahun terakhir.Gempa yang berkekuatan 9.3 SR ini juga telah menghancurkan Aceh yang bagian utara, Pantai Barat Semenanjung Malaysia, Sumatera Utara, Pantai Timur India, Sri Lanka, Thailand hingga Pantai Timur Afrika.

Bencana ini sekaligus juga merupakan kematian yang terbesar disepanjang sejarah Indonesia, dimana tercatat sebanyak 126 ribu jiwa yang melayang karenanya. Sementara lebih dari 30 ribu jiwa lainnya dinyatakan hilang.

Letusan Gunung Merapi di Yogyakarta

Gunung Merapi yang ada di Jawa Tengah adalah gunung api aktif yang mempunyai siklus erupsi 2 hingga 5 tahun. Dalam kurun waktu 10 yang terakhir ini, ada 2 letusan besar yang sudah pernah terjadi, dimana letusan yang pertama terjadi saat Juni tahun 2006 dan letusan yang kedua terjadi saat 5 November tahun 2010.
Letusan yang terjadi pada 5 November tahun 2010 inilah yang dikatakan sebagai letusan terbesar sejak 1872. Luncuran awan panasnya saja mencapai 15 km dan energinya juga lebih besar bila dibandingkan dengan yang tahun 2006. Letusan ini juga telah mengakibatkan hilangnya nyawa 200 orang lebih.

Gempa Bumi yang Terjadi di Sumatera Barat

Gempa bumi juga pernah mengguncang Sumatera Barat dan mengakibatkan beberapa wilayah yang ada di sana mengalami kerusakan yang parah. Wilayah-wilayah tersebut adalah Kabupaten Pasaman Barat, Kota Solok, Kabupaten Agam, Kota Padangpanjang, Kota Bukittinggi, Kota Pariaman, Kabupaten pesisir Selatan, Kota Padang dan Kabupaten Padang Pariaman.

Selain menimbulkan kerusakan, gempa bumi yang berkekuatan 7,6 SR ini juga menimbulkan korban jiwa. Berdasarkan data dari Satkorlak PB, ada sekitar 6.234 orang yang meninggal karenanya, dimana korban-korban ini tersebar di 3 kota dan 4 kabupaten. Untuk korban yang luka berat sebanyak 1.214 orang, korban luka ringan 1.688 orang dan korban hilang sebanyak 1 orang.

Selain menimbulkan kerusakan dan korban jiwa, gempa dahsyat ini juga menyebabkan kebakaran di beberapa titik serta putusnya jaringan telekomunikasi.

Cara Membuat Surat Dinas yang Baik dan Benar, Lengkap dengan Contohnya !

Contoh Kliping Olahraga

Contoh Kliping
Contoh Kliping Olahraga| Sumber : 500px.com

Uang Saku Terlambat, Atlet Eki Febri Curhat

Perhelatan akbar yang diadakan tahun 2017 yang lalu, yakni SEA Games menuai banyak kecaman yang ditujukan pada Malaysia selaku pihak penyelenggara. Diantara sekian banyak kecaman tersebut, salah satu atlet tolak peluru Indonesia, yakni Eki Febri Ekawati justru melayangkan kritikan yang lumayan pedas pada pemerintah Indonesia.

Hal ini dikarenakan uang akomodasi selama latihan tak kunjung dibayar oleh pemerintah. Dan ternyata hal yang sama juga dialami oleh beberapa atlet yang lainnya. Jelas ini adalah sesuatu yang miris mengingat mereka telah berjuang dan berprestasi dalam ajang tersebut untuk mengharumkan nama Indonesia, dimana untuk Eki sendiri telah berhasil menyumbang medali emas untuk negaranya.

Semestinya, ketika orang berhasil memenangkan pertandingan merasa bahagia. tetapi Eki tidak. Dia dan beberapa atlet lain justru merasa sedih karena masalah uang saku ini. Eki juga mengeluhkan tentang rumitnya birokrasi serta sistem olahraga yang ada di Indonesia.

6 Olahraga Unik yang Benar-Benar Ada

Olahraga memang sangat disarankan untuk dilakukan setiap hari demi menjaga kesehatan tubuh. Biasanya, olahraga ini akan mempunyai pola gerakan yang teratur ya, tetapi 6 olahraga yang ada di bawah ini gerakannya malah aneh. Meski demikian, 6 olahraga ini ternyata mampu memberikan kebugaran pada tubuh loh. Adapun keenam olahraga aneh tersebut adalah sebagai berikut:

1. Merangkak

Olahraga yang satu ini pernah menjadi tren di Zhenhzhou, Cina, tahun 2015 yang lalu. Berdasarkan informasi, olahraga ini bahkan sudah ada sejak zaman Dinasti Han sekitar 2000 tahun yang lalu. Merangkak di sini tidak sama dengan merangkaknya bayi ya, dimana pada olahraga ini yang menjadi tumpuan sepenuhnya adalah tangan dan kaki, bukan tangan dan lutut.

2. Lempar Ponsel

Biasanya kegiatan melempar ponsel ini sering dilakukan oleh orang yang sedang emosi. Tetapi anehnya, gerakan ini justru menjadi olahraga yang resmi di Finlandia, dimana tiap beberapa tahun sekali negara asal ponsel legendaris Nokia ini mengadakan Mobile Phone Throwing World Championship.

3. Melempar Tuna

Ikan tuna yang sangat terkenal dengan rasa dan gizinya justru dijadikan sebagai objek olahraga di Australia, tepatnya di Port Lincoln’s. Bahkan katanya, festival melempar tuna ini diadakan setiap bulan Januari di sana.

4. Menyelam dalam Kubangan Lumpur

Tak kalah aneh, Inggris juga selalu mengadakan World Bug Snorkeling Championship setiap bulan Agustus. Olahraga ini telah dimulai sejak 1976 yang lalu dan minimal usia pesertanya adalah 14 tahun. Untuk peralatannya sendiri hanya alat snorkeling plus dengan masker.

5. Panco Jempol Kaki

Masih dari Inggris, ada olahraga nyeleneh lainnya yang bahkan telah menjadi event internasional, namanya adalah panco jempol kaki. Olahraga ini memiliki peraturan yang sama seperti panco-panco yang lainnya.

6. Balap Kasur

Masih dari Inggris, ada olahraga aneh lain yang sangat populer yaitu balap kasur. Olahraga ini diadakan untuk pertama kalinya pada tahun 1966 yang lalu di Knaresborough, North Yorkshire, Inggris. Dan karena namanya adalah balap, sudah pasti yang pertama mencapai garis finish-lah pemenangnya.

Kumpulan Paper Terlengkap yang Bisa Kamu Jadikan Sebagai Referensi !

Contoh Kliping Sejarah

Contoh Kliping
Contoh Kliping Sejarah | Sumber : 500px.com

Perang Besar yang Pernah Terjadi Akibat Hoax

Hoax memang selalu bisa memecahkan persatuan, memicu perselisihan bahkan hingga menimbulkan perang antar kedua belah pihak. Dan kenyataannya, sejarah juga telah mencatat adanya perang besar yang diakibatkan oleh hoax, baik yang disengaja maupun yang niatnya hanya iseng saja. Berikut adalah perang besar yang dimaksud:

1. Polandia dan Jerman

Catatan umum telah menyebutkan bahwasanya Perang Dunia ke II meletus setelah Jerman menyerang wilayah Polandia tanggal 1 September tahun 1939 yang lalu. Alasan yang diungkapkan adalah Jerman yang saat itu dipimpin oleh Adolf Hitler telah memperoleh invasi dari pihak Polandia sehari sebelumnya.

Namun, alasan sebenarnya tidak demikian. Ada jenderal SS yang namanya adalah Alfred Naujocks dengan 6 perwira lain melakukan penyamaran menjadi tentara pemberontak Polandia. Mereka menculik satu orang petani Polandia yaitu Francisze Honiok, membius lalu membawanya ke radio milik Jerman yang ada di Kota Gliwice.

Di sana, orang-orang yang menyamar ini menyiarkan berita bahwasanya stasiun radio itu sudah dikuasai oleh Polandia dan dalam waktu dekat juga akan menyerang Jerman. Inilah yang kemudian dijadikan alasan oleh Jerman untuk menyerang Polandia sehingga terjadi perang aliansi besar-besaran di Eropa.

2. Israel dan Mesir

Jelang akhir tahun 1950-an, Inggris dan Amerika Serikat sudah dibuat kagum terhadap Presiden Gamal Abdel Nasser di Messir. Hal ini tidak disukai oleh Israel sehingga Israel kemudian melakukan taktik provokasi yang licik dengan meledakkan bom pada beberapa target Amerika Serikat serta Inggris di Mesir. Setelah itu, Israel pun menyebut penduduk Muslim di Mesir sebagai pelakunya.

3. Tentara Rusia ‘palsu’

Raja Gustav III yang dari kerajaan Swedia tengah mengalami kegundahan pada tahun 1788 yang lalu. Kegundahan ini dialaminya karena reputasi dan wibawanya tengah menurun di mata publik.

Di waktu yang bersamaan, ada kabar bahwa Rusia berupaya untuk meluaskan daerah kekuasaannya ke daerah barat, sehingga kemudian Raja Gustav III menganggap ini sebagai waktu yang tepat untuk menunjukkan kewibawaannya kembali.

Tapi sayang, dia tidak memiliki hak dan alasan yang jelas untuk menyerang, dan dia juga tidak tahu kapankah penyerangan itu akan dilakukan, sehingga dia kemudian memikirkan ide licik untuk ‘mengadakan’ satu peristiwa.

Dia kemudian menyuruh tim penjahit kerajaan agar membuat seragam pasukan Rusia dalam jumlah puluhan. Dia juga memilih sebagian pasukan di kerajaannya untuk mengenakan seragam tersebut lalu berpura-pura menyerang.

Dia melakukan hal itu dengan harapan supaya Rusia menjadi tersinggung dan melakukan serangan balasan sehingga dengan demikian dia juga memilki alasan untuk menyerang. Tetapi, dia juga lupa bahwa saat itu Rusia melakukan mobilisasi angkatan laut secara besar-besaran untuk berperang menghadapi Kekaisaran Turki Ottoman.

Dengan begitu, yang terjadi adalah perang antara Rusia dan Swedia sangat panjang bahkan sampai hampir 2 tahun lamanya. Ada banyak sekali yang tewas dalam pertempuran tersebut.

4. Prussia dan Prancis

Kerajaan Prussia (yang mencakup Austria, Jerman dan Polandia) termasuk monarki yang berpengaruh di Eropa pada abad 19 yang lalu. Ada salah satu negarawan Prussia yang berperan besar terhadap pecahnya perang antara Prancis dengan Prussia.

Orang tersebut adalah Otto Von Bismarck yang oleh sejarahwan disebut sangat berambisi untuk merebut kekuasaan monarki dengan cara diplomasi yang licik. Tahun 1870, Raja William I dari Prussia telah menerima utusan dari Prancis, yakni Count Vincent Benedetti. Misi ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep demokrasi yang saat itu banyak diminati oleh pemimpin Eropa.

Setelah pertemuan ini, Raja William I kemudian mengirimkan telegram pada sang negarawan yakni Otto Von Bismarck yang isinya adalah hasil pembahasan dengan Count Vincent Benedetti. Tujuan dikirimkannya telegram ini adalah supaya hasil pertemuan bisa disiarkan dengan segera.

Tetapi, Otto Von Bismarck secara diam-diam telah merubah isi telegram itu dan memangkasnya hingga hampir 200 kata, sehingga isi telegram tersebut lebih banyak mengulas tentang pesan negatif. Pihak Prussia dan Prancis jadi sama-sama terprovokasi karenanya.

Prancis jadi menganggap Prussia telah melecehkan utusan yang dikirimkannya dengan sengaja. Sementara, Prussia juga menuduh Prancis telah menyebarkan berita palsu tentang isi telegram itu. Kurang dari seminggu sejak hal tersebut, Prancis mulai menyatakan perang pada Prussia.

Contoh kliping PKN, contoh kliping olahraga, contoh kliping bencana alam, contoh kliping bahasa indonesia, contoh kliping pemanasan global, contoh kliping seni budaya, contoh kliping globalisasi, contoh kliping sejarah, dll.

Contoh Kliping Bahasa Indonesia

Contoh Kliping
Contoh Kliping Bahasa Indonesia | Sumber : 500px.com

Bahasa Indonesia Masuk dalam Bahasa yang Paling tidak Dikenal di Dunia

Berdasarkan informasi dari laman Indy100.com, disebutkan bahwasanya Bahasa Kanada adalah bahasa yang paling tidak dikenal di dunia. Pernyataan ini ada karena sebuah studi linguistik telah mengadakan semacam permainan tebak online yaitu The Great Language Game, dimana pemainnya akan diminta untuk mendengarkan satu cuplikan suara saja lalu menebak bahasa apakah yang diucapkan tersebut.

Yang menarik adalah, hasil game ini menunjukkan bahwasanya Bahasa Indonesia menduduki peringkat yang ke-10 sebagai bahasa yang sulit untuk dikenali di dunia. Katanya, Bahasa Indonesia ini mempunyai logat yang lurus, yaitu hampir tidak ada irama tatkala diucapkan, sehingga susah untuk dikenali.

Berikut ini adalah urutan bahasa-bahasa yang tidak dikenal di dunia selain Bahasa Indonesia dimana persentasenya didasarkan pada jawaban mengenali atau yang benar pada game tersebut, antara lain:

1. Kanada 39%
2. Fiji 41,5%
3. Shona 43,87%
4. Dinka 44,13%
5. Hausa 44,5%
6. Tigrinya 45,53%
7. Efate Selatan 45,86%
8. Dari 46,38%
9. Maltese 47,98%
10. Indonesia 49,38%

Bahasa Indonesia Terlupakan oleh Sekolah Internasional Jakarta

Salah satu sekolah yang berstandar Internasional di Jakarta menggunakan bahasa asing sebagai bahasa pengantarnya. Ini adalah bahasa pertama yang biasa mereka gunakan. Namun ironisnya, mereka justru kesulitan untuk berbahasa Indonesia, khususnya siswa WNI yang jumlahnya mencapai 70% dari total siswa di sekolah tersebut, sementara 30% yang lainnya adalah WNA.
Tak hanya di sekolah saja, bahkan di rumah pun para siswa tersebut biasa menggunakan bahasa asing dan Bahasa Indonesia hanya dijadikan sebagai bahasa yang kedua.

Contoh Kliping Seni Budaya

Contoh Kliping
Contoh Kliping Seni Budaya | Sumber : 500px.com

Inilah 10 Tari Tradisional Indonesia yang Paling Populer

Indonesia memiliki banyak sekali tari tradisional, namun diantara sekian banyak tari tradisional tersebut, ada 10 diantaranya yang paling populer berdasarkan survei Koran Sindo. Kesepuluh tari tradisional tersebut antara lain:

1. Tari Jaipong yang berasal dari Jawa Barat
2. Tari Kecak yang berasal dari Bali
3. Tari Remong yang berasal dari Jawa Timur
4. Tari Pendet yang berasal dari Bali
5. Tari Gambyong yang berasal dari Jawa Tengah
6. Tari Serimpi yang berasal dari Yogyakarta
7. Tari Yapong yang berasal dari Jakarta
8. Tari Tor Tor yang berasal dari Sumatera Utara
9. Tari Piring yang berasal dari Sumatera Barat
10. Tari Saman yang berasal dari Aceh

Ini Para Maestro Tari Indonesia

Indonesia sendiri memiliki beberapa maestro yang telah menciptakan karya tari yang khas dan indah yaitu sebagai berikut:

1. Bagong Kussudiardjo
2. Sujana Arja
3. Sasmita Mardawa
4. Didik Nini Towok
5. Tjetje Sumantri
6. Gugun Gumbira

Contoh Kliping Globalisasi

Contoh Kliping
Contoh Kliping Globalisasi | Sumber : 500px,com

Menag: Sisi Negatif Globalisasi Harus Kita Waspadai

Lukman Hakim Saifuddin yang merupakan Menteri Agama mengajak semua komponen bangsa untuk menghadapi perkembangan globalisasi dengan cara yang bijak. Menurutnya, kemajuan teknologi informasi memang perlu disyukuri sebagai nikmat, karena tidak bisa dipungkiri, kemajuan ini telah memberikan kita banyak manfaat di dalam kehidupan sehari-hari.

Tetapi, dia sekaligus juga menambahkan supaya kemajuan teknologi informasi ini jangan sampai memberikan keburukan, apalagi di zaman sekarang pesan bisa disampaikan secara mudah, termasuk pesan hoax. Lukman Hakim Saifuddin juga menambahkan bahwa pada masa kekhalifahan Islam, pemimpin umat islam dibunuh oleh orang yang seagama hanya karena gara-gara hoax.

Kabar palsu ini bisa menggerakkan seseorang untuk membunuh pemimpinnya sendiri. Lukman mencontohkan kisah Khalifah Utsman bin Affan serta Khalifah Ali bin Abi Thalib yang dibunuh gara-gara berita bohong. Kholifah Ustman dibunuh karena beliau diisukan telah melakukan praktik KKN, sementara khalifah Ali bin Abi Thalib dibunuh karena salah paham.

Cara Mengembangkan Diri supaya Siap Menghadapi Globalisasi

Era globalisasi seperti yang ada sekarang membuat semuanya tampak modern dan simpel. Kondisi ini juga sekaligus menuntut kita agar menjadi manusia yang modern pula. Dalam rangka hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan supaya kualitas diri kita bisa meningkat, antara lain:

1. Belajar Bahasa Asing

Yang pertama adalah belajar bahasa asing atau bisa juga fokus mempelajari bahasa internasional. Jika Anda sudah menguasai bahasa ini, jelas nanti Anda mudah untuk memahami sesuatu di era yang modern ini.

2. Terbuka dengan Hal Positif

Selanjutnya, belajarlah untuk mempunyai pikiran yang terbuka, terutama pada hal yang positif. Belajar pula untuk menerima pendapat orang lain, jangan hanya menganggap bahwa pendapat sendirilah yang paling benar. Tetapi, pastikan juga bahwa Anda bisa membedakan mana yang baik dan mana yang tidak baik ya.

3. Asah Skill

Cari dan kuasai skill Anda sendiri. Kenapa? Karena skill ini akan memberikan Anda nilai lebih. Berhentilah menganggap bahwa skill hanya keterampilan yang biasa, karena tidak sedikit orang yang sukses finansialnya karena skill yang dimilikinya.

4. Rencanakan Hidup dengan Baik

Kenapa kita harus merencanakan hal ini? Karena rencana apalagi rencana yang benar-benar telah matang akan membuat kita jadi lebih mudah untuk memperoleh sesuatu yang baru.

5. Kritis dalam Berpikir

Kritis dalam berpikir juga sangat diperlukan untuk menghadapi era globalisasi. Anda harus memiliki kemampuan untuk mengolah apa saja yang terlintas dalam pikiran Anda.

6. Sadar Teknologi

Asah pula kemampuan teknologi Anda supaya Anda tidak tertinggal. Anda bisa menggunakan smartphone ataupun laptop untuk urusan ini dan jangan terlalu terpaku dengan hal-hal yang sudah kuno, karena bagaimanapun juga sesuatu yang kuno terkadang kurang baik bila diterapkan di era globalisasi seperti sekarang ini.

Contoh kliping PKN, contoh kliping olahraga, contoh kliping bencana alam, contoh kliping bahasa indonesia, contoh kliping pemanasan global, contoh kliping seni budaya, contoh kliping globalisasi, contoh kliping sejarah, dll.

Contoh Kliping Demokrasi

Contoh Kliping
Contoh Kliping Demokrasi | Sumber : 500px.com

Demokrasi Indonesia Dinilai Masih Dalam Kondisi yang Sedang

BPS atau yang merupakan kepanjangan dari Badan Pusat Statistik telah merilis hasil IDI atau Indeks Demokrasi Indonesia 2016. Kecuk Suhariyanto yang merupakan kepala BPS menjelaskan bahwa IDI adalah indikator komposit yang memperlihatkan tingkat perkembangan demokrasi Indonesia.

Dia juga menjelaskan bahwasanya IDI untuk level nasional 2016 itu telah mencapai angka 70,09 untuk rentang skala antara 0 hingga 100. Angka ini diketahui turun dari tahun yang sebelumnya yang sudah pernah mencapai angka 78,82.

Setidaknya ada 3 hal yang berpengaruh terhadap IDI, yaitu lembaga-lembaga demokrasi, hak-hak politik serta kebebasan sipil. Ketiga hal tersebut menurun, dimana penurunan yang terbanyak terjadi pada lembaga demokrasi.

Negara-Negara yang Paling Atas dalam Indeks Demokrasi Dunia

Indeks Demokrasi Dunia 2017 telah dirilis oleh The Economist yang merupakan media ternama Amerika Serikat pada 30 Januari 2018 yang lalu. Indeks ini memberitahukan masalah penilaian keberlangsungan demokrasi di setiap negara yang ada di dunia, yang dinilai dengan berdasarkan pada 5 variabel.

Kelima variabel yang dimaksud adalah kebebasan sipil, kultur politik, partisipasi politik, keberfungsian pemerintahan dan proses elektoral dan pluralisme. Hasil yang didapat adalah skor rata-rata yang dijadikan tolok ukur dalam penetapan peringkat indeks.

Negara-negara yang ada di peringkat 19 teratas berdasarkan hasil indeks tersebut dinyatakan sebagai negara yang menerapkan demokrasi secara penuh. Dan berdasarkan hasil indeks tersebut pula, berikut ada 5 negara yang dinyatakan sebagai negara yang paling demokratis di dunia, antara lain:

1. Norwegia
2. Islandia
3. Swedia
4. Selandia Baru
5. Denmark

Contoh Kliping Pemanasan Global

Contoh Kliping
Contoh Kliping Pemanasan Global | Sumber : 500px.com

Inilah Daftar Negara yang Aman dari Pemanasan Global

Pemanasan global telah membawa perubahan suhu yang berakibat pada anomali cuaca. Ini sekaligus mengakibatkan setiap negara harus bersiap untuk menghadapi berbagai bencana akibat hal tersebut. Berkenaan dengan hal ini, Universita Norte Darme telah menyusun indeks penilaian mengenai kesiapan masing-masing negara untuk menghadapi pemanasan global.

Indeks ini disebut sebagai Norte Dame Global Adaptation Initiative atau yang disingkat dengan dengan ND-GAIN. Tak hanya menilai masalah kesiapan saja, indeks ini juga menilai pasal kerentanan terhadap pemanasan global. Lalu, negara apa sajakah yang dinilai paling siap serta paling aman untuk dihuni tatkala pemanasan global ini merajalela? Berikut jawabannya:

1. Denmark
2. Selandia Baru
3. Norwegia
4. Inggris
5. Singapura

Nah itulah penjelasan singkat terkait Contoh kliping PKN, contoh kliping olahraga, contoh kliping bencana alam, contoh kliping bahasa indonesia, contoh kliping pemanasan global, contoh kliping seni budaya, contoh kliping globalisasi, contoh kliping sejarah, dll.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Contoh Kliping

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: