Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar, Lengkap dengan Contohnya !

Contoh Makalah – Bagi sebagian orang khususnya pelajar Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas dan mahasiswa pasti tak asing dengan kata makalah. Makalah adalah sebuah karya yang ditulis dan memiliki sifat ilmiah dan di dalamnya berisi pembahasan mengenai suatu topik tertentu. Makalah dibuat dengan aturan-aturan tertentu yang dilandasi suatu teori atau penelitian yang telah dilakukan di lapangan.

Struktur pembuatan makalah yaitu dimulai dari halaman depan atau cover, kata pengantar, daftar isi, bab-bab, dan kesimpulan serta daftar pustaka. Pada halaman depan ditampilkan judul makalah, nama penulis, dan tambahan lain seperti gambar logo atau sejenisnya. Bagian kedua yaitu kata pengantar yang di dalamnya berisi ucapan terima kasih dan harapan ke berbagai pihak.

Pada bagian ketiga yaitu daftar isi yang jelas di dalamnya berisi letak-letak halaman materi yang ada di makalah. Bagian selanjutnya yaitu bab-bab, bagian ini terdiri dari bab I pendahuluan yang berisi latar belakang, rumusan masalah dan tujuan. Pada bab II berisi tentang pembahasan mengenai rumusan masalah dan hal-hal yang bersangkutan lainnya.

Ciri Ciri Makalah

1. Isinya menjabarkan tentang seberapa besar pemahaman siswa atau mahasiswa mengenai suatu permasalahan.
2. Bahasa yang digunakan formal dan sesuai Ejaan yang Disempurnakan (EYD).
3. Berisi tentang gabungan dari beberapa sumber yang telah disaring sesuai topik bahasan.

Berikut ini adalah contoh makalah yang baik dan benar. Mulai dari contoh makalah amdal, contoh makalah atletik, contoh makalah asuransi, contoh makalah bahasa indonesia, contoh makalah bola voli, bola basket, bulu tangkis, contoh makalah demokrasi, contoh makalah ekonomi islam, contoh makalah etika bisnis, contoh makalah filsafat ilmu, biologi, kimia, fisika, contoh makalah globalisasi, contoh makalah ham, contoh makalah hic aids, contoh makalah ilmiah, contoh makalah identitas nasional, dll.

Contoh Makalah Penelitian

Contoh Makalah Penelitian
Contoh Makalah Penelitian | Sumber : 500px.com

Sebab-Sebab Pengangguran

Kata Pengantar

Puji syukur selalu dipanjatkan atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat dan hidayahnya makalah ini dapat dibuat. Makalah ini dibuat dengan tujuan untuk memenuhi tugas mata kuliah Hubungan Sosial yang diampu oleh Bapak Dr. Syahruji Imam. Tidak lupa diucapkan lupa terima kasih kepada teman-teman dan keluarga yang selalu mendukung saya dalam menyelesaikan makalah.

Saya menyadari bahwa dalam proses pembuatan makalah ini dan hasil dari makalah terdapat banyak kekurangan dan kesalahan. Sehingga saya sangat membuka bagi siapa pun yang ingin memberikan kritik dan saran yang membangun bagi saya. Saya berharap dengan selesainya makalah dengan judul Pengaruh Tingkah Pendidikan dengan Pengangguran dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca, amin.

BAB I

PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Pengangguran memang menjadi salah satu masalah utama yang dihadapi pemerintah Indonesia selain berkembangnya korupsi, perjudian dan masalah ekonomi. Jumlah penduduk tiap tahun semakin meningkat bahkan hingga tak terkendali membuat tingkat pengangguran meningkat pula. Namun, meningkatnya jumlah penduduk tak diikuti dengan melebarnya lapangan kerja .

Dampak dari hal itu ialah munculnya ribuan jiwa yang lulus dari suatu tingkat pendidikan menjadi pengangguran setiap tahun. Lapangan kerja yang sangat terbatas mengakibatkan tak semua pelajar yang lulus langsung mendapat pekerjaan sesuai harapan atau jurusan mereka. Selain minimnya jumlah lapangan kerja, kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) juga cukup rendah.

2. Rumusan masalah

Bagaimana pengaruh tingkat pendidikan terhadap pengangguran?

3. Tujuan penelitian

Untuk mengetahui dan memahami pengaruh tingkat pendidikan terhadap pengangguran.

BAB II

PEMBAHASAN

Sebab-Sebab Pengangguran

Masalah pengangguran memang belum terpecahkan hingga saat ini, bahkan dengan bergantinya sistem kabinet atau pemerintahan dan Presiden yang memimpin. Setelah dilakukan penelitian, pengangguran tak hanya disebabkan oleh tingkat pendidikan yang ditempuh, namun juga hal-hal lain. Hal-hal itu ialah soft skills yang dimiliki seseorang meliputi kecakapan berkomunikasi, dan kemampuan berbahasa asing.

Soft skills adalah suatu keterampilan yang dipunya misalnya kecakapan berbahasa asing, keterampilan memakai komputer, dan kemampuan berselancar di dunia maya (internet). Kini, bahasa asing khususnya bahasa Inggris sangat perlu dikembangkan karena posisinya sebagai bahasa Internasional hampir di seluruh belahan dunia. Orang yang memiliki kemampuan berbahasa asing mendapat nilai tambahan.

Selain itu, kemajuan teknologi juga mengharuskan seseorang untuk memiliki kecakapan dalam bidang IT khususnya komputer dan internet. Pada masa lalu, belum banyak orang yang dapat menggunakan komputer seperti aplikasi presentasi dan memakai internet. Oleh karena itu, seseorang yang tinggal di masa kini jangan sampai menjadi orang yang gaptek atau gagap teknologi.

Sebutan gagap teknologi ditujukan ke orang-orang yang tak mengerti dan tidak dapat mengoperasikan hal-hal terkait penemuan teknologi masa kini. Biasanya, sebutan itu diberikan kepada orang berumur lanjut. Jika seseorang yang tinggal pada masa kini, maka mereka semua diwajibkan setidaknya mengerti hal-hal terkait teknologi itu. Alangkah lebih baiknya bila dapat menggunakan teknologi yang ada.

Sebab-sebab pengangguran kini tak hanya soal tingkat pendidikan saja, namun juga terkait dengan hal-hal yang disebutkan diatas. Fenomena lulusan sarjana yang terjangkit pengangguran telah banyak terjadi, padahal mereka menghabiskan empat tahun mereka untuk menuntut ilmu di universitas. Sehingga dapat dikatakan bila seorang berpendidikan tinggi tanpa soft skills juga bukan apa-apa.

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Makalah dengan judul “Sebab-Sebab Pengangguran” membahas tentang apa saja yang menjadi sebab-sebab melimpahnya pengangguran yang ada. Dari bab kedua yaitu pada bab pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa penyebab pengangguran tak hanya tingkat pendidikan, namun juga keterampilan. Maka dari itu, seseorang yang lulus dari suatu jenjang pendidikan harus memiliki kelebihan pula.

Macam Macam Majas Lengkap dengan Pengertian dan Contohnya !

Contoh Makalah Karya Ilmiah

Contoh Makalah Karya Ilmiah
Contoh Makalah Karya Ilmiah | Sumber : 500px.com

Dampak Globalisasi

Kata Pengantar

Puji syukur yang luar biasa saya haturkan atas kehadirat Tuhan karena atas kuasaNya saya dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik. Makalah ini bertujuan untuk mengikuti ujian ulang mata kuliah Keadaan Sosial Dunia yang diampu Ibu Khadijah Maheswari. Makalah ini tidak akan selesai tepat pada waktunya tanpa bantuan dan dukungan kedua orang tua dan teman-teman.

Ucapan terima kasih juga saya sampaikan kepada seluruh orang yang terkait dalam pembuatan makalah ini. Saya membuat makalah ini tentu ada kurang dan salahnya sehingga saya memiliki harapan besar kepada pembaca agar memberikan kritik membangun. Kekurangan dan kesalahan hanyalah milik saya sebagai manusia dan kebenaran hadirnya dari Tuhan Yang Maha Esa.

BAB I

PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Globalisasi adalah suatu proses yang mana sesama manusia tidak memiliki batasan apa pun entah itu batasan jenis kelamin, wilayah dan agama. Contoh dari globalisasi yaitu penggunaan internet, semua pengguna internet dapat berhubungan dengan manusia dimana pun dengan jarak sejauh apa pun. Kejadian ini memiliki faktor pendukung utama yaitu perkembangan iptek.

Selain perkembangan iptek, kemajuan di bidang transportasi juga menjadi faktor terjadinya globalisasi. Salah satu contoh dari kemajuan transportasi yaitu adanya kereta cepat yang sering disebut KRL. Kereta cepat ini sudah banyak ada di beberapa negara maju contohnya negara sakura, Jepang. Di negara kita, ada sejenis kereta ini namun penggunaannya masih lalai.

Faktor lain pendukung globalisasi yaitu adanya perdangan bebas dan mudahnya seseorang dalam melakukan migrasi serta hubungan antar negara. Oleh karena didukung hal-hal yang besar, hal ini sulit bahkan tidak dapat dihentikan pergerakannya dengan cara apa pun. Sehingga memang sudah sewajarnya bila globalisasi hadir dan terus ada di dunia dan selalu berkembang.

2. Rumusan masalah

Apa dampak globalisasi bagi pendidikan?

3. Tujuan

Untuk mengetahui dampak globalisasi.

BAB II

PEMBAHASAN

Dampak Globalisasi

Globalisasi memiliki dampak baik dan dampak yang buruk bagi segala bidang kehidupan salah satunya bagi pendidikan. Beberapa dampak positif globalisasi yaitu berkembangnya cara ajar dengan bantuan multimedia, kemudahan dalam akses informasi pendidikan di seluruh dunia dan meningkatnya kualitas pendidikan. Selain itu, warna atau gaya pendidikan juga ikut berubah ke arah yang lebih baik.

Tak hanya dampak positif saja, globalisasi juga memiliki dampak buruk untuk kehidupan makhluk yang tinggal dan berkembang di seluruh dunia. Globalisasi akan menurunkan kualitas moral seorang siswa, meningkatkan kesenjangan sosial dan siswa lebih menyukai hal-hal yang bersifat instan (cepat). Selain itu, globalisasi juga memberikan dampak buruk bagi budaya lokal yang tergerus secara perlahan.

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Globalisasi memang tidak dapat dihindari hadirnya dan tidak dapat pula diberhentikan pergeraknnya. Namun, peristiwa ini tak hanya berdampak buruk bagi kehidupan makhluk yang ada di bumi khususnya manusia. Sebagian besar dampak buruk globalisasi berkutat sekitar moral dan akhlak anak-anak di dunia dan mengenai kesenjangan sosial di masyarakat.

Tetapi yang perlu diingat yaitu globalisasi juga memberikan dampak positif bagi dunia pendidikan seperti yang telah dijelaskan pada bab sebelumnya. Sehingga tak ada yang perlu diperdebatkan mengenai globalisasi. Kita sebagai makhluk Tuhan yang paling sempurna dengan cara dan daya pikir yang baik harus menyelaraskan globalisasi dengan kehidupan sewajarnya.

Kumpulan Soal Psikotes Terlengkap Beserta Jawabannya !

Contoh Makalah Kewirausahaan

Contoh Makalah Kewirausahaan
Contoh Makalah Kewirausahaan | Sumber : 500px.com

Peluang Bisnis Perlengkapan Pesta Ulang Tahun

Kata Pengantar

Puji syukur dipanjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat nikmatnya saya diizinkan untuk dapat menyelesaikan makalah ini. Makalah berjudul “Peluang Bisnis Perlengkapan Pesta Ulang Tahun” bertujuan untuk memenuhi tugas mata pelajaran Kewirausahaan yang diampu Ibu Marziah. Ucapan terima kasih juga saya sampaikan kepada seluruh teman dan kerabat yang telah membantu.

Tak hanya itu, ucapan terima kasih juga saya haturkan kepada kedua orang tua saya yang selalu mendukung saya selama ini. Makalah ini memiliki berbagai kesalahan dan kekurangan sehingga saya sangat mengharap kritik yang membangun dari pembaca. Saya berharap makalah yang telah saya buat dapat memberi pengetahuan dan informasi ke seluruh pembaca.

BAB I

PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Bisnis yang dijalani para pengusaha kini tak hanya seputar dengan bidang kuliner, properti, pakaian, make up, dan bisnis populer lainnya. Melebarnya dunia usaha atau bisnis sebanding dengan majunya zaman yang ada di dunia. Kreativitas para generasi penerus bangsa bermunculan, sehingga kini muncul berbagai bisnis yang belum pernah ada dan sangat unik.

Ide jenius, dan variatif serta brilian para pemuda bangsa memang patut diberikan apresiasi karena menambah jenis usaha dalam berbisnis. Para pemuda bangsa berani mengambil keputusan penting yaitu dengan membuka usaha kecil-kecilan yang terus mereka kembangkan hingga usaha itu berjalan sukses. Selain itu, mereka pun memberi lapangan kerja bagi orang lain.

2. Rumusan Masalah

Bagaimana peluang bisnis perlengkapan pesta ulang tahun?

3. Tujuan

Untuk mengetahui seberapa peluang dalam berbisnis perlengkapan pesta ulang tahun.

BAB II

PEMBAHASAN

1. Bisnis Perlengkapan Pesta Ulang Tahun

Bisnis adalah suatu usaha atau cara yang dilakukan seseorang untuk menghasilkan uang yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Berbisnis dapat dilakukan di berbagai bidang seperti bisnis kuliner, bisnis pakaian, dan bisnis properti hingga bisnis online shop. Bisnis online shop kerap disingkat dengan kata olshop atau disebut pula dengan toko online.

Bisnis unik yang kini sedang naik daun yaitu bisnis perlengkapan pesta ulang tahun, bisnis ini menjual barang seperti balon. Tak hanya balon, bisnis ini menjual perlengkapan lain seperti topi ulang tahun, alat peniup balon, lilin karakter dan bunting flag. Hal yang perlu ditekankan pada kali ini yaitu mengenai bunting flag yang menarik dan dicari banyak anak-anak muda.

Bunting flag merupakan suatu benda seperti bendera yang dimodel sedemikian rupa hingga mempunyai hasil yang menarik. Bendera ini diberi latar gambar-gambar yang indah lalu diberi tulisan abjad per satuan benderanya. Sebagai contoh, pada bendera pertama diberi huruf “H”, kedua “B”, ketiga “D” yang bila digabung akan menjadi tulisan “HBD” (happy birthday).

Bendera ini tak juga hanya ditulis dengan kata happy birthday (selamat ulang tahun), dapat pula diisi dengan tulisan lain yang diinginkan. Sebagai pelengkapnya diberi pita di setiap ujung bendera yang berguna untuk menyatukan seluruh bendera, lalu dipasangkan di suatu tempat. Bendera ini dapat dipilih sebagai penghias ruangan, acara keluarga dan pesta ulang tahun.

2. Peluang Bisnis Perlengkapan Pesta Ulang Tahun

Peluang bisnis perlengkapan pesta ulang tahun khususnya bunting flag sangat terbuka lebar bagi siapa pun yang tertarik menjalankannya. Bisnis ini tak memerlukan modal yang besar karena yang diperlukan hanya biaya untuk mencetak bendera di percetakan terdekat dan pembelian tali. Keterampilan yang diperlukan yaitu keterampilan memakai aplikasi desain seperti corel draw.

Peluang ini juga ditambah bila bendera ulang tahun yang dijual menerima pesanan sesuai apa yang diinginkan pembeli atau disebut custom. Toko-toko yang menjual bendera ini biasanya telah mematok desain apa yang dibuat sehingga pembeli tidak dapat memilih desain sesuai yang didambakan. Namun, sistem juga harus diubah menjadi sitem Pre Order tidak Ready Stock.

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Kesimpulan yang diperoleh dari penjelasan mengenai topik peluang berbisnis perlengkapan pesta ulang tahun yaitu peluangnya besar dan terbuka lebar. Modal yang diperlukan tidak besar dan cara menjalankannya mudah serta untung yang akan diperoleh besar. Maka dari itu, bagi siapa pun yang ingin mencoba membuka bisnis dapat memulai dengan membuka bisnis perlengkapan pesta ulang tahun.

Cara Membuat Daftar Pustaka yang Baik dan Benar !

Contoh Makalah Tentang Narkoba

Contoh Makalah Tentang Narkoba
Contoh Makalah Tentang Narkoba | Sumber : 500px.com

Pengaruh Narkoba Bagi Pemakai

Kata Pengantar

Puji syukur saya panjatkan atas kehadirat Allah S.W.T yang telah memberikan ribuan nikmat-Nya kepada saya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah. Makalah ini dibuat dengan tujuan untuk mengikuti Ujian Tengah Semester Gasal pada tahun ajaran 2017/2018 mata kuliah Kimia Analitik. Ucapan terima kasih juga saya sampaikan kepada dosen pembimbing yang membantu proses pembuatan makalah.

Terima kasih pula saya ucapkan kepada kedua orang tua saya yang setia mendukung selama pembuatan makalah ini. Teruntuk teman-teman yang banyak meringankan beban saya juga saya mengucapkan banyak terima kasih. Besar harapan saya kepada pembaca agar dapat memberikan saran membangun karena di dalam makalah masih banyak kekurangan dan kesalahan apa pun itu.

BAB I

PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Pergaulan bebas menjadi masalah terburuk yang dihadapi para orang tua dalam mendidik anaknya terutama saat mereka memasuki usia remaja. Salah satu efek pergaulan bebas yaitu penyalahgunaan obat terlarang seperti narkoba, namun tak hanya narkoba saja karena minuman keras juga mengintai. Pergaulan bebas memberi efek yang buruk ke anak fisik dan mental.

Seperti yang diketahui, narkoba ialah salah satu obat-obat terlarang dengan varian jenis dan efekmasing-masing. Narkoba kini telah memakan banyak mangsa terutama para remaja dengan meracuni otak menggunakan efek candu yang terdapat di dalamnya. Barang ini memberi efek menenangkan, meningkatkan percaya diri dan dapat menurunkan berat badan si pemakai pula.

2. Rumusan Masalah

Apa dan bagaimana pengaruh narkoba terhadap sang pemakai?

3. Tujuan

Untuk mengetahui apa saja dan bagaimana pengaruh narkoba terhadap pemakainya.

BAB II

PEMBAHASAN

Pengaruh Narkoba

1. Memberi efek kecanduan

Narkoba adalah salah satu barang dengan efek kecanduan yang tinggi selain rokok karena di dalamnya terkandung zat-zat pendukung candu. Maka tak heran bila banyak orang yang berkata jangan sekalipun sentuh dan memakai narkoba atau akan kecanduan selamanya. Hal itu memang benar dan nyata adanya, setiap pemakai narkoba akan mendapat rasa kecanduan.

2. Menurunkan berat badan

Bukan rahasia umum lagi bila pemakai narkoba akan kehilangan banyak kilo gram dari berat awal tubuhnya. Pemakai narkoba dapat diidentifikasi dengan anjloknya berat badan yang ia miliki dan juga perubahan bentuk wajah. Wajah seorang pemakai akan terlihat lesu, lemas dengan mata sayu dan juga rahang pipi yang semakin tirus dari keadaan awal.

3. Menghabiskan uang

Narkoba dijual tidak dengan harga murah, namun barang haram ini dijual dengan harga yang sangat mahal. Orang dengan ekonomi kurang tak akan mampu membeli satu gram pun barang tak dibolehkan ini. Narkoba membuat sang pemakai menghamburkan jutaan bahkan puluhan juta rupiah hanya untuk menghisap agar mendapat ketenangan dalam diri saat risau.

4. Menjerumuskan ke penjara

Pemakai narkoba akan hidup dengan kewaspadaan karena suatu hari ia dapat diamankan pihak berwajib terkait penggunaan narkoba. Baru-baru ini kasus artis pengguna narkoba sedang marak terjadi bahkan yang memakainya ialah duta anti narkoba. Barang haram ini menjerumuskan para pemakainya ke jeruji besi ditambah dengan denda yang harus dibayarkan sesuai hukuman.

5. Penyebab kematian

Narkoba ialah salah satu penyebab kematian tertinggi di seluruh dunia selain penyakit-penyakit mematikan seperti kanker, jantung dan stroke. Para pemakai narkoba bersugesti bahwa dengan memakai barang ini akan menghapus rasa galau padahal penimbul atau membuat sakau. Pengguna narkoba yang melebihi dosis akan mengalami overdosis (OD) lalu meninggal dunia.

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Pengaruh narkoba yaitu membuat kecanduan, menurunkan berat badan, menghabiskan uang karena harganya yang mahal, menjerumuskan ke penjara dan penyebab kematian. Seperti hal-hal yang telah dijelaskan di atas, maka sebagai generasi penerus bangsa tak seharusnya memakai barang haram itu. Semua pemuda harapan bangsa harus menjauhinya dan melarang orang menyentuhnya sekali pun.

Nah itulah contoh makalah yang baik dan benar. Mulai dari contoh makalah jaringan komputer, contoh makalah kesehatan, contoh makalah kepemimpinan, contoh makalah kewirausahaan, contoh makalah lingkungan hidup, contoh makalah media pembelajaran, contoh manajemen pemasaran, contoh makalah narkoba, contoh makalah otonomi daerah, contoh makalah olahraga, contoh makalah pemanasan global, contoh makalah pancasila, contoh makalah renang, dll.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih.

Contoh Makalah

2 thoughts on “Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar, Lengkap dengan Contohnya !”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: