Cara Mudah Belajar Bermain Gitar, Pelajari Chordnya Terlebih Dahulu !

Chord Gitar – Bisa memainkan alat musik menjadi kebanggaan tersendiri, apalagi jika memainkan alat musik tersebut bisa membuat anda mendapat suatu prestasi. Misalnya menjadi seorang gitaris, keyaboardis, atau drumer terkenal atau menjadi seorang guru musik. Salah satu alat musik yang paling mudah dimainkan dan proses belajarnya tidak terlalu lama adalah gitar.

Tak heran jika banyak orang yang bisa memainkan gitar karena pembelajarannya juga sulit dan tidak membutuhkan waktu yang lama, seperti alat musik lainnya seperti piano atau biola. Dalam bermain musik tentu terdapat beberapa kunci dasar yang wajib dikuasai khususnya di awal-awal anda belajar. Dalam bermain atau belajar gitar, anda bisa belajar sendiri alias otodidak.

Selama anda menguasai chord gitar tersebut, dan kunci-kunci tertentu maka anda bisa belajar sendiri di rumah. Apalagi kini dengan kecanggihan teknologi internet, anda bisa belajar melalui banyak media misalnya di youtube. Untuk pelajaran dasarnya anda bisa mempelajari terlebih dahulu chord gitar yang seperti yang tertera di bawah ini.

Kunci A – Chord Gitar

Kunci A - Chord Gitar
Kunci A – Chord Gitar

Jari telunjuk berada di senar ke 4 dan kolom ke 2, lalu jari tengah di senar yang ke 3 dan kolom ke 2. Sedangkan untuk jari manis berada di senar ke 2 dan kolom ke 2. Untuk senar ke 6 anda tidak memerlukan genjreng tetapi senar ke 1 dan ke 5 harus ikut dibunyikan.

Kunci Am – Chord Gitar

Kunci Am - Chord Gitar
Kunci Am – Chord Gitar

Untuk kunci A minor maka jari telunjuk berada di senar ke 2 dan kolom ke 1, jari tengah berada di senar ke 4 dan kolom ke 2, sedangkan jari manis harus berada di senar ke 3 kolom ke 2. Sama halnya dengan kunci A maka senar ke 6 tak perlu dibunyikan, tetapi yang dibunyikan adalah senar ke 1 dan senar ke 5.

Kunci B – Chord Gitar

Kunci B - Chord Gitar
Kunci B – Chord Gitar

Kunci berikutnya terbilang lebih rumit dari kunci sebelumnya, yaitu kunci B. Jika memainkan kunci B ini maka dibutuhkan kelenturan pada jari tangan anda. Dengan posisi jari sebagai berikut jari telunjuk menekan senar ke 1 dan ke 5 di kolom ke 2 sehingga jari menjadi lebih lurus. Kemudian jari manis berada di senar ke 4 dan kolom ke 3.

Untuk posisi jari kelilingking berada di senar ke 3 dan kolom ke 3, untuk jari tengah sebaiknya digunakan untuk menutup senar ke 6 agar tidak berbunyi.

Kunci Bm – Chord Gitar

Kunci Bm - Chord Gitar
Kunci Bm – Chord Gitar

Posisi jari pada kunci B minor hampir sama dengan kunci B, perbedaannya hanya terletak pada jari tengah. Jika pada kunci B jari tengah digunakan untuk menutup senar ke 6, maka di kunci B minor jari tengah digunakan untuk menekan senar ke 2 dan kolom ke 2. Untuk senar yang ke 6 juga tidak perlu dibunyikan.

Kunci C – Chord Gitar

Kunci C - Chord Gitar
Kunci C – Chord Gitar

Lain lagi dengan kunci C yang lebih mudah dibanding kunci B, posisi jari telunjuk pada senar ke 2 dan kolom ke 1, jari tengah berada di senar ke 4 dan kolom ke 2, sedangkan jari manis berada di senar ke 5 dan kolom ke 3. Sama halnya dengan kunci lainnya, untuk bagian senar ke 6 tak perlu dibunyikan sedangkan yang lain ikut dibunyikan.

Kunci D – Chord Gitar

Kunci D - Chord Gitar
Kunci D – Chord Gitar

Kunci yang berikutnya adalah kunci D, yang lebih sederhana. Yaitu jari telunjuk terletak pada senar ke 3 dan kolom ke 2, lalu jari tengah berada di senar ke 1 dan kolom ke 2, untuk jari manis berada di senar ke 2 dan kolom yang ke 3. Senar 5 dan senar ke 6 tak perlu dibunyikan sedangkan senar ke 4 ikut dibunyikan karena terdapat nada D di sana.

Kunci E – Chord Gitar

Kunci E - Chord Gitar
Kunci E – Chord Gitar

Chord atau kunci gitar yang berikutnya adalah kunci E, yang berada di posisi jari telunjuk ada di senar ke 3 dan kolom ke 1, jari tengah berada di senar ke 5 dan kolom ke 2, sedangkan untuk jari manis berada di senar ke 4 dan kolom ke 2. Untuk memainkan kunci E ini semua senar dapat dibunyikan.

Kunci Em – Chord Gitar

Kunci Em - Chord Gitar
Kunci Em – Chord Gitar

Kunci E minor juga menjadi jenis kunci yang sangat mudah, karena anda hanya memerlukan 2 jari untuk membentuknya. Misalnya jari tengah berada di senar ke 5 dan kolom ke 2, dan jari manis berada di senar ke 4 dan kolom ke 2. Sama dengan kunci E maka semua senar dapat dibunyikan.

Kunci F – Chord Gitar

Kunci F - Chord Gitar
Kunci F – Chord Gitar

Kunci F agak mirip dengan kunci C, kunci F memiliki posisi jari telunjuk yang menekan senar 1 dan 2 di kolom 2. Lalu jari tengah menekan senar ke 3 kolom ke 2, yang terakhir yaitu jari manis yang berada di senar ke 4 dan kolom ke 3. Senar yang tidak dibunyikan hanya senar yang ke 6.

Kunci G – Chord Gitar

Kunci G - Chord Gitar
Kunci G – Chord Gitar

Kunci dasar yang berikutnya pada permainan gitar adalah kunci G, yang di mana jari telunjuk berada di senar ke 5 dan kolom ke 2. Jari tengah berada di senar ke 1 dan kolom ke 3, di kunci G ini semua senar dapat dibunyikan.

Kunci D7 – Chord Gitar

Kunci D7 - Chord Gitar
Kunci D7 – Chord Gitar

Posisi pada kunci D7 adalah jari telunjuk berada di senar ke 2 dan kolom ke 1, jari tengah menekan senar ke 3 dan kolom ke 2, sedangkan posisi jari manis berada di senar ke 1 dan kolom ke 2.

Mempelajari Senar Terbuka Atau Nada Di Setiap Senar Fret

Mempelajari Senar Terbuka Atau Nada Di Setiap Senar Fret
Mempelajari Senar Terbuka Atau Nada Di Setiap Senar Fret

Alat musik gitar terdiri dari 6 senar, diantaranya yaitu senar yang paling tebal dan senar yang paling berat berada di bagian atas. Sedangkan senar yang paling tipis berada di bagian paling bawah. Senar gitar ini dihitung dari bawah ke atas, sehingga senar ke-1 adalah senar yang paling tipis. Sedangkan senar ke-6 adalah senar yang paling tebal.

Urutan nada gitar dari bawah ke atas adalah E B G D A E, ada beberapa cara mudah dalam mengingat senar dengan cara yang sederhana. Diantaranya yaitu :

  1. E : Ekspor
  2. B : Biji
  3. G : Gandum
  4. D : Dari
  5. A : Amerika
  6. E : Eropa

Memahami Nada Dinilai Berdasarkan Abjad Dari A Sampai G

Memahami Nada Dinilai Berdasarkan Abjad Dari A Sampai G
Memahami Nada Dinilai Berdasarkan Abjad Dari A Sampai G

Di dalam musik barat biasanya nada-nada akan ditulis sebagai huruf A-G. Setelah berada di nada G pasti akan kembali lagi ke nada A. Tetapi dengan nada A yang lebih tinggi, kemudian setelah bergerak ke bawah papan fret yang menuju ke badan gitar maka anda bisa mengulangi nada. Maka dari itu fret nada E lebih tinggi daripada nada F dan G lalu ke nada A.

Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini :

  1. Nada yang muncul sebelum siklus akan dianggap sebagai lebih rendah, jadi nada B akan lebih rendah daripada nada C yang selanjutnya.
  2. Nada yang muncul setelah siklus akan dianggap sebagai nada yang lebih tinggi, sehingga nada E lebih tinggi daripada nada D yang sebelumnya.

Mengidentifikasi Nada-Nada Kres Dan Mol Di Huruf

Mengidentifikasi Nada-Nada Kres Dan Mol Di Huruf
Mengidentifikasi Nada-Nada Kres Dan Mol Di Huruf

Nada yang berada di antaranya adalah nada kres dan mol, sedangkan pengertian dari kres itu sendiri adalah nada yang tepat berada setelah huruf. Sedangkan mol merupakan nada yang tepat berada sebelum nada. Nada kres dan mol ini bisa berganti-ganti, misalnya nada diantara C dan D bisa dikatakan C kres atau B mol.

Nada 1 set lengkap diantaranya sebagai berikut :

  1. A, A#, B, C, C#, D, D#, E, F, F#, G, G#
  2. Anda bisa memperhatikan nada di atas, bahwa tidak ada B dan E kres karena E dan B tidak memiliki kres. Sehingga nada pun akan langsung meloncat ke F. Dengan demikian tidak ada juga nada C atau F mol. Jika anda menghapal rumus tersebut maka anda bisa belajar gitar dengan lebih mudah lagi.

Menggeser 1 Fret Ke Bawah Untuk Menaikkan Setengah Nada

Menggeser 1 Fret Ke Bawah Untuk Menaikkan Setengah Nada
Menggeser 1 Fret Ke Bawah Untuk Menaikkan Setengah Nada

Fret di alat musik gitar ini sudah diberi nomor untuk lebih memudahkan, misalnya nomor 0 adalah bagian senar yang terbuka dan nomor 1 adalah bagian fret yang paling dekat dengan kepala gitar. Begitulah seterusnya anda bisa menggeser 1 fret dari 1 nada menuju nada yang selanjutnya, dengan menaikkan setengah nada.

Termasuk juga nada kres dan mol, dan 1 langkah penuh yaitu dengan melompati 2 nada. Kenaikan 1 fret merupakan kenaikan setengah nada dari nada yang sebelumnya. Sehingga penjelasan secara lengkapnya begini :

  1. Di bagian senar yang paling atas yang merupakan nada yang pertama, atau senar terbuka adalah nada E.
  2. Fret pertama yang ada pada senar paling atas adalah nada F.
  3. Fret yang kedua pada senar paling atas adalah F kres.
  4. Fret yang ketiga pada senar yang paling atas adalah G.
  5. Begitulah seterusnya sampai ke bagian yang paling bawah, anda bisa memberi nama pada setiap senar dan jika sudah benar anda bisa kembali ke nada E di fret yang ke-12.

Mencari Semua Nada Dasar Di Senar Yang Pertama

Mencari Semua Nada Dasar Di Senar Yang Pertama
Mencari Semua Nada Dasar Di Senar Yang Pertama

Nada dasar merupakan nada-nada yang tidak diikuti dengan tanda kres atau mol. Senar yang paling atas adalah senar ke-6 yaitu nada E, dan merupakan tempat yang baik untuk anda yang sedang belajar. Di senar ini ada beberapa nada penting yang ditandai dengan titik pada papan fret. Penjelasannya yaitu sebagai berikut :

  1. E adalah senar terbuka
  2. F berada di fret yang paling pertama
  3. G berada di fret yang ketiga
  4. A berada di fret yang kelima
  5. B berada di fret yang ketujuh
  6. C berada di fret yang kedelapan
  7. D berada di fret yang kesepuluh
  8. E berada di fret yang kedua bela, lalu siklus pola nada tersebut pun berulang

Memahami Bahwa Gitar Memiliki 12 Fret

Memahami Bahwa Gitar Memiliki 12 Fret
Memahami Bahwa Gitar Memiliki 12 Fret

Fret merupakan batang logam yang berada di bagian leher gitar, yang pada saat anda menekan senar pada fret maka hal itu akan memberikan sebuah nada. Jika hal itu digeser dengan cara bertahap. Namun di bagian fret yang kedua belas nada gitar pun akan terulang kembali. Biasanya bagian itu ditandai dengan 2 titik pada gitar.

Fret yang kedua belas ini identik dengan nada pada senar yang terbuka, dan begitulah seterusnya. Artinya anda hanya perlu mempelajari nada pada fret 0-12 karena setelah fret yang kedua belas, nada pun akan menjadi sama. Berikut penjelasan secara lengkapnya :

  1. Di bagian fret yang kedua belas sebagai contoh, nada yang semestinya adalah E B G D A E dari senar yang paling bawah ke senar yang paling atas.
  2. Hal tersebut di atas bisa terjadi karena di kebanyakan musik barat total nada hanya ada 12. Setelah nada yang kedua belas maka anda akan kembali ke nada awal.

Tips Mudah Belajar Gitar Dari Nol

Tips Mudah Belajar Gitar Dari Nol
Tips Mudah Belajar Gitar Dari Nol

1. Mempelajari nada

Nada adalah unsur utama di dalam sebuah musik, nadalah yang mengiringi suatu alat musik sehingga bisa terdengar indah. Nada dasar seperti do re mi fa so la si do pasti sudah dihapal dan diketahui banyak orang. Tetapi dalam belajar musik minimal anda harus tahu dan hafal nada dari suara tersebut.

Jika anda mempelajari nada pada tingkat lanjut maka hal itu akan lebih baik untuk kelihaian bermain gitar. Namun yang paling mudah untuk dipelajari di awal bermain gitar adalah mempelajari nada dasar terlebih dahulu.

2. Mempelajari kunci dasar pada gitar

Anda harus mempelajari nada dasar yang terdapat di alat musik gitar ini, karena nada dasar inilah yang akan menggiring anda ke permainan gitar pada sebuah lagu. Hapalkan kunci-kunci dasar pada gitar kemudian praktekan sampai anda hapal. Untuk membiasakan jari anda, belajarlah untuk berpindah-pindah kunci dan melakukan senam jari.

3. Mempelajari kunci tingkat lanjut

Jika kunci dasar pada gitar tersebut sudah anda kuasai maka kini saatnya untuk belajar kunci gitar tingkat lanjut. Yang di mana terdapat nada kres dan mol, minor, dan lain sebagainya. Selain kunci-kunci tersebut masih ada juga yang namanya kunci tegak. Tapi anda bisa mempelajarinya perlahan.

4. Latihan bermain gitar dengan suatu lagu

Setelah hapal kunci-kunci pada gitar baik kunci dasar maupun kunci tingkat lanjut, maka kini saatnya untuk mempraktekkan keahlian anda pada sebuah lagu. Minimal anda harus sudah hapal kunci minor dan mayor. Anda bisa memilih jenis lagu yang memiliki chord yang mudah, jika sudah bisa anda bisa belajar lagu yang energik dan mengandung banyak kunci.

5. Berlatih secara teratur

Pada tahap inilah yang biasanya sulit dilakukan, karena jika anda tidak berlatih secara teratur maka anda bisa saja lupa dengan kunci-kuncinya. Walaupun anda memiliki pengetahuan yang banyak tentang gitar, tetapi tidak pernah latihan maka percuma saja. Namun sebaliknya jika anda banyak berlatih, lama kelamaan anda bisa menguasai banyak lagu.

Mulai dari lagu yang mudah sampai lagu yang sulit, semua bisa dilahap sampai habis. Khususnya bagi anda yang bermain atau belajar secara otodidak, latihan teratur sangat penting dilakukan. Dalam belajar gitar anda harus rajin memainkan alat tersebut, agar membiasakan jari anda untuk memainkan kunci – kuncinya.

Jika anda sudah mahir bermain gitar maka anda bisa mencoba memainkan berbagai jenis gitar, karena biasanya masing-masing jenis gitar tersebut memiliki aturan nada yang berbeda-beda. Walaupun kunci dasarnya sama saja. Beberapa jenis gitar yang bisa anda coba mainkan adalah gitar akustik, gitar bass, gitar dua belas senar, gitar double neck, gitar semi – akustik, gitar elektrik dan masih banyak lagi.

Sebenarnya gitar terbagi menjadi empat kategori ataupun tipe yaitu gitar akustik, gitar elektrik, gitar bass dan gitar mini. Dari keempat ketegori tersebut gitar terbagi lagi menjadi beberapa jenis yang berjumlah sekitar 18 jenis gitar.

Dengan memainkan berbagai jenis gitar yang ada maka anda akan terbiasa dengan suara gitar yang varian suaranya berbeda-beda. Hal ini akan menjadi keunggulan atau prestasi tersendiri bagi anda yang sudah bisa bermain gitar. Semakin banyak jenis gitar yang dapat anda kuasai, maka akan semakin mudah bagi anda untuk menjadi pemain gitar yang handal.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Chord Gitar

1 thought on “Cara Mudah Belajar Bermain Gitar, Pelajari Chordnya Terlebih Dahulu !”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: