Cara Mudah Bermain Gitar Khusus untuk Kamu yang Pemula !

Cara Bermain Gitar – Bermain gitar merupakan hal yang sangat mengasyikan, apalagi jika bermain gitar sudah menjadi hobi dan kesukaan kita. Misalnya untuk mengisi waktu luang atau untuk sekadar pelepas lelah setelah bekerja. Tapi tak sedikit juga orang yang bermain gitar sebagai salah satu profesinya. Misalnya bermain gitar akustik atau gitar bass.

Gitar merupakan salah satu alat musik berdawai yang cara memainkannya adalah dengan cara memetik. Pada umumnya permainan gitar ini dilakukan dengan cara memetiknya menggunakan jari atau juga menggunakan alat bantu seperti spektrum. Gitar ini dibuat atas 1 bagian tubuh pokok, dengan bagian leher yang padat yang berfungsi sebagai tempat senar yang jumlahnya ada 6 senar.

Pada awalnya gitar digunakan sebagai alat musik tradisional Spanyol, sehingga banyak yang menyebutkan bahwa gitar berasal dari negara Spanyol. Ada juga beberapa orang yang menyebutkan bahwa asal usul alat musik gitar ini dimulai jauh sebelum Masehi, yaitu di zaman Babilonia. Seiring dengan perkembangan zaman alat musik ini mulai digunakan di seluruh negara di dunia.

Berikut ini penjelasan lengkap seputar cara bermain gitar. Mulai dari Kunci dasar gitar, chord gitar, cara bermain gitar untuk pemula, cara bermain gitar akustik, cara bermain gitar bass, cara bermain gitar melodi, dll.

Cara Bermain Gitar Akustik

Cara Bermain Gitar
Cara Bermain Gitar

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan dalam memainkan gitar tersebut, salah satunya adalah bermain gitar akustik. Beberapa tahap dalam belajar bermain gitar akustik diantaranya yaitu sebagai berikut :

Secara umum gitar memiliki 6 senar atau dawai, yang diawali dari yang paling bawah atau yang paling kecil. Sampai dengan yang paling atas atau yang paling besar, hal ini berlaku untuk permainan pada gitar akustik maupun gitar elektrik. Keduanya memiliki nada senar gitar yang hampir mirip, di setiap senarnya.

Salah satu perbedaan yang terdapat pada gitar akustik dan gitar elektrik terletak pada bagian tuningnya. Berikut ini beberapa cara senar gitar pada saat menghasilkan masing-masing nada, diantaranya yaitu sebagai berikut :

  1. Senar ke 1 atau senar yang paling bawah akan menghasilkan E’  1 : E’
  2. Senar yang ke 2 menghasilkan nada B  2 : B
  3. Senar yang ke 3 menghasilkan nada G  3 : G
  4. Senar yang ke 4 menghasilkan nada D  4 : D
  5. Senar yang ke 5 menghasilkan nada A  5 : A
  6. Senar yang ke 6 atau senar yang paling atas menghasilkan nada E  6 : E

Kemudian kunci-kunci dasar permainan gitar akustik tersebut akan menghasilkan 2 bagian yaitu kunci dasar yang biasa, dan kunci dasar gitar minor. Tetapi kunci yang paling utama yaitu C Mayor, A Mayor, G Mayor, E Mayor, D Mayor. Setelah mengetahui kunci-kunci dasar yang tepat pada permainan gitar akustik, anda juga harus belajar bagaimana cara menyetem gitar.

Karena gitar merupakan alat musik yang dipetik, maka anda bisa belajar memainkan gitar ini dengan melatih memori otot tangan. Pada saat kita membiasakan jari tangan agar sesuai dengan chord gitar yang ada, maka mainkan gitar tanpa harus melihat senar sama sekali. apabila tangan anda sudah terbiasa, maka hal itu dapat dilakukan dengan mudah.

Cobalah untuk berkonsentrasi pada sebuah lagu, agar ketika anda memainkan lagu tersebut anda bisa mencoba bermain tanpa melihat senarnya. Bukan hanya melatih memori tangan, tetapi anda juga harus mencoba mengelola kepalan yang ada di ujung jari. Hal ini sangat penting dilakukan jika ukuran tangan anda kecil dan tidak bisa memainkan gitar secara penuh.

Cara Bermain Gitar Bass

Cara Bermain Gitar
Cara Bermain Gitar

Belajar bermain gitar bass akan membuat hidup anda menjadi lebih berwarna, dengan bermain musik maka hidup anda tidak akan membosankan. Untuk itu anda bisa belajar bermain gitar bass dengan beberapa langkah dan tahapan berikut ini :

1. Memegang gitar bass dengan cara yang benar

Untuk dapat memainkan suatu alat musik dengan cara yang benar, maka anda harus tahu cara memegangnya dengan baik. Misalnya pastikan anda menopang gitar sesuai dengan ketinggian yang sama, baik pada saat anda duduk atau berdiri. Letakkan gitar di antara tulang leher dan pinggang.

Sebaiknya posisi gitar dimiringkan sekitar 30 derajat, agar anda tak perlu menekuk pergelangan tangan anda terlalu jauh.

2. Mengatur nada gitar dengan baik

Pengaturan nada standar pada gitar bersenar 4 adalah E-A-D-G, kunci E merupakan senar yang paling bawah dan kunci G sebagai senar yang paling atas. Anda dapat mengatur senar gitar tersebut, dengan mendengarkan nadanya terlebih dahulu. Untuk mengatur pitch nada di setiap senar, anda hanya bisa memutar bagian atas gitarnya saja.

3. Berlatih memetik gitar bass

Memainkan gitar bass sebenarnya tidak sama dengan gitar lainnya, yang cara memetiknya yaitu dengan memetik seluruh senar. Tetapi cara memainkan gitar bass ini adalah dengan memetik satu per satu senar. Walaupun gitar bass ini dapat dimainkan seperti gitar yang biasa, hal itu tergantung pada musik atau lagu yang dimainkan.

Petiklah senar dengan menggunakan 2 jari untuk meningkatkan efisiensi dalam bermain gitar bass. Petik gitar dengan menggunakan jari tengah dan jari telunjuk secara bergantian. Petik senar dengan cara berdekatan dengan leher gitar untuk musik yang bernada lembut. Lalu petik senar dengan menggesekkan ujung jari anda ke senar.

4. Mematikan suara senar yang tidak anda mainkan

Jika ingin menghasilkan suara senar yang lebih jelas, maka matikan suara getaran senar dengan cara menahannya dengan jari anda. Jagalah ibu jari anda sedekat mungkin dengan tetap dekat dengan senar E sesering mungkin. Jika harus melewati senar saat memainkan nada yang berbeda, gunakan beberapa jari anda sekaligus.

Jika sedang memainkan nada tinggi, anda bisa memindahkan ibu jari ke senar selain senar E untuk mematikan suara senar. Jangan menekan senar ke arah bawah, tetapi letakkan jari atau ibu jari anda pada senar untuk mencegah getaran senar yang mampu menghasilkan suara.

5. Pelajari cara bermain root

Root merupakan nada dasar dari chord yang anda mainkan, bunyikan chord A dengan cara membunyikan beberapa senar. Karena biasanya bermain bass hanya akan fokus pada root yang ada di setiap chord.

Kunci Dasar Gitar Akustik

1. Cara Bermain gitar akustik di chord A

Cara Bermain Gitar
Cara Bermain Gitar

Cara memainkan chord gitar A adalah dengan cara menekan 3 senar, yang berada di dalam kotak yang kedua di bagian ujung dari gitar tersebut.

2. Cara Bermain gitar akustik di chord B

Cara Bermain Gitar
Cara Bermain Gitar

Cara memainkan chord gitar yang berikutnya dengan gitar akustik adalah chord B, yaitu dengan cara menekan senar pertama yang ada di bawah. Yaitu kotak kedua dari ujung dengan menekan senar yang kedua, ketiga dan keempat di kotak yang kedua dan juga kotak yang ke empat.

3. Cara Bermain gitar akustik di chord C

Cara Bermain Gitar
Cara Bermain Gitar

Cara memainkan chord gitar C dengan menggunakan gitar akustik yaitu dengan cara, menekan senar kedua yang berada di bawah kotak pertama. Kemudian menekan kembali senar keempat yang berada di bawah kotak kedua. Setelah itu menekan kelima yang berada di bawah kotak ketiga yang ada di ujung gitar.

4. Cara Bermain gitar akustik di chord D

Cara Bermain Gitar
Cara Bermain Gitar

Memainkan gitar akustik di chord D caranya yaitu, dengan menekan senar yang pertama di kotak yang kedua dari ujung. Setelah itu senar yang kedua kemudian senar yang ketiga di kotak yang pertama.

5. Cara Bermain gitar akustik di chord E

Cara Bermain Gitar
Cara Bermain Gitar

Cara memainkan chord gitar E di gitar akustik adalah dengan cara, menekan senar ketiga yang berada di bawah kotak pertama. Kemudian menekan senar yang kelima di kotak kedua dan senar keempat di kotak yang kedua.

6. Cara Bermain gitar akustik di chord F

Cara Bermain Gitar
Cara Bermain Gitar

Cara memainkan gitar akustik di chord F adalah dengan cara, menekan senar yang pertama dan yang kedua dari bawah. Yang berada di kotak yang pertama, dengan menggunakan jari telunjuk saja. Setelah itu menekan senar yang ketiga, di dalam kotak kedua dengan menggunakan jari tengah.

Lalu menekan senar yang keempat di dalam kotak yang ketiga, dengan menggunakan jari kelingking. Selanjutnya menekan senar yang kelima di kotak yang ketiga, dengan menggunakan jari manis.

7. Cara bermain gitar akustik di chord G

Cara Bermain Gitar
Cara Bermain Gitar

Cara bermain gitar akustik di chord G adalah dengan cara, menekan senar yang pertama ke dalam kotak yang ketiga dari ujung dengan menggunakan jari manis. Setelah itu menekan senar yang kelima, di dalam kotak yang kedua dengan menggunakan jari telunjuk.

Kunci Dasar Gitar Bass

Cara Bermain Gitar
Cara Bermain Gitar

Sebelum memahami bagaimana cara bermain gitar bass dengan benar dan enak didengar, ada beberapa hal yang harus anda pelajari terlebih dahulu. Anda harus tahu bagaimana seluk beluk bagaimana cara bermain bass yang benar. Dalam memainkan jari-jari yang bermain pada papan fret gitar bass, maka anda harus mengetahui terlebih dahulu kunci dasar pada gitar bass tersebut.

Senar yang paling bawah disebut dengan senar yang pertama, lalu senar kedua, senar ketiga, dan yang paling atas adalah senar keempat. Suara yang dihasilkan oleh gitar bass memang lebih mantap dibanding gitar biasa, tak heran jika banyak orang yang lebih tertarik untuk belajar dan memainkan gitar bass dibanding gitar biasa.

Banyak gitaris atau bassis yang masih bingung dalam belajar chord gitar ataupun bass, sehingga mereka lebih senang menghafalkan bentuk tangan dari kunci gitar yang terdapat pada gambar kunci gitar yang kini sudah bisa didapatkan di internet. Dengan mengetahui kunci dasar pada gitar bass maka anda bisa memainkannya dengan benar.

Berikut gambar dari kunci dasar gitar bass yang bisa anda pelajari, diantaranya yaitu :

Gambar Posisi Kunci Gitar Akustik

Cara Bermain Gitar
Cara Bermain Gitar

Gambar Posisi Kunci Gitar Bass

Cara Bermain Gitar
Cara Bermain Gitar

Cara Cepat Dan Pintar Dalam Bermain Gitar

Cara Bermain Gitar
Cara Bermain Gitar

Bagi anda yang ingin belajar gitar dengan cepat maka ada beberapa hal yang harus anda ketahui seperti misalnya :

1. Memiliki gitar sendiri tanpa meminjam

Jika anda ingin belajar bermain gitar dengan cepat, maka sebaiknya anda memiliki gitar sendiri dan tidak usah meminjamnya. Karena dengan memiliki gitar sendiri maka proses belajar tidak akan terganggu. Kamu memiliki banyak waktu luang untuk bermain gitar, dan bisa belajar bermain gitar kapan saja anda bisa.

2. Belajar kunci gitar dan menghafalkannya

Tentu di dalam belajar bermain gitar ada beberapa kunci gitar yang harus anda ketahui, anda harus mengenal dan belajar kunci gitar dengan cara menghafalkannya.

3. Memotong kuku anda

Sebaiknya belajar memainkan gitar tidak dengan kuku yang panjang, karena jika kuku anda panjang maka hal itu bisa menghambat proses belajar bermain gitar. Jika kuku anda sudah dipotong pendek, maka anda bisa langsung mempraktekkan dengan cara menekan senar-senar gitar dengan jari kiri anda.

4. Melatih jari anda

Setelah memotong kuku, maka anda bisa mulai melatih jari-jari tangan anda dengan melakukan senam jari. Tujuan dari senam jari tersebut adalah untuk melatih dan membiasakan jari anda, pada senar gitar. Karena diawal bermain gitar biasanya jari masih terasa kaku saat memainkan senar gitar.

Bagi mereka yang belum terbiasa dengan memainkan senar gitar, maka ujung jari anda akan terasa sakit ketika sedang memainkan gitar tersebut.

5. Mulai belajar memainkan sebuah lagu dengan gitar tersebut

Jika sudah belajar senam jari dan melatih jari-jari anda agar lebih lentur, serta sudah bisa menghapal kunci dasar maka anda bisa naik ke tahap selanjutnya yaitu memainkan sebuah lagu. Untuk tahap awal anda bisa memainkan lagu yang anda sukai, dengan irama yang slow atau lembut.

Langkah-Langkah Dalam Bermain Gitar Untuk Pemula

Cara Bermain Gitar
Cara Bermain Gitar

Ada tahapan yang harus anda lalui ketika belajar bermain gitar, tahap ini bisa anda lakukan bagi anda yang belajar bermain gitar secara otodidak. Tahap-tahap tersebut diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Belajar cara menyetel senar pada gitar

Biasanya senar gitar tidak selalu mengeluarkan suara yang merdu ketika baru pertama kali dipetik. Maka dari itu senar gitar harus dituning terlebih dahulu, atau disetel agar tegangannya pas dan menghasilkan suara yang merdu ketika dipetik. Berikut ini cara menyetel tuning senar gitar tersebut, yaitu :

  • Mengetahui nama-nama senar terlebih dahulu, mulai dari yang paling atas yaitu yang paling tebal sampai yang paling bawah yaitu yang paling tipis. Urutan senar tersebut adalah E, A, D, G, B dan juga E.
  • Mengatur tuner atau putaran yang berada di kepala gitar, disesuaikan dengan kebutuhan anda dalam bermain gitar. Jika anda ingin nada tinggi maka kencangkanlah senar gitar anda. Jika ingin nada rendah anda bisa mengendurkan senar dengan tepat.

2. Mainkan kunci gitar sambil menonton TV atau sambil mengobrol

Di awal mula belajar bermain gitar anda pasti belum percaya diri dan takut salah, sehingga masih sering menunduk dan fokus pada pergerakan jari tangan anda. Jika ingin lebih percaya diri dalam bermain gitar tersebut, sebaiknya anda bermain gitar sambil mengobrol atau sambil menonton TV.

Sehingga fokus anda tidak akan selalu menunduk ke senar gitar tersebut. perhatian anda akan teralihkan dan tidak akan terfokus pada pergerakan jari. Cara ini juga bisa melatih jari anda agar lebih lihai dalam memainkan gitar tersebut.

3. Jika sudah mulai lancar, mainkan sebuah lagu di hadapan teman, keluarga atau pasangan

Jika anda sudah mulai merasa permainan gitar anda lancar dan bisa memainkan beberapa lagu dengan mudah, sudah waktunya anda menunjukkan permainan gitar di hadapan orang-orang terdekat anda. Kemudian minta pendapat atau komentar mereka tentang permainan gitar anda.

Tak perlu merasa malu atau takut dengan komentar mereka, jika menurut mereka permainan anda sudah bagus maka sudah waktunya untuk menaikkan tingkat kesulitas dalam sebuah lagu. Tapi jika menurut mereka masih kurang, maka anda bisa kembali berlatih agar permainan anda lebih baik lagi.

Kunci dasar gitar, chord gitar, cara bermain gitar untuk pemula, cara bermain gitar akustik, cara bermain gitar bass, cara bermain gitar melodi, dll.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Cara Bermain Gitar

loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.