Site icon Sumber Informasi

6 Cara Mengubah File PDF ke Word dengan Mudah (Anti Ribet)

Cara Mengubah File PDF ke Word – Saat Anda membaca buku atau jurnal digital, tentunya akan menyadari bahwa sebagian besar berformat .pdf. Hal tersebut memang dimaksudkan untuk menjaga isi jurnal agar tidak bisa diubah semaunya. Akan tetapi, masih ada cara mengubah file PDF ke Word demi keperluan tertentu.

Konversi file .pdf ke .doc/ .docx biasanya dimaksudkan untuk merevisi dokumen maupun menyalin teks di dalamnya. Konversi tersebut perlu dilakukan karena teks dalam dokumen PDF tidak bisa disalin sedemikian rupa.

6 Cara Mengubah File Pdf Ke Word

Terdapat beberapa cara untuk mengubah file PDF ke Word, baik secara online maupun offline. Pengguna hanya perlu memilih cara yang sesuai dengan fasilitas miliknya, agar dapat memperoleh hasil seperti yang diharapkan.

Di bawah ini, akan diuraikan mengenai beberapa cara mengubah file PDF ke Word dengan mudah. Simak dan praktekan demi kepentingan Anda!

1. Menggunakan Google Docs – Versi PC/ Laptop

Google Docs merupakan program pengolah kata besutan Google yang bisa diakses secara online. File yang dibuat dengan program ini akan langsung tersimpan pada drive online Anda. Penggunaanya yang fleksibel dan dapat diakses menggunakan browser membuat keberadaannya semakin populer.

Tidak hanya berfungsi sebagai pembuat dokumen, ternyata Google Docs juga mampu mengubah file PDF menjadi Word. Bagian pentingnya adalah, perangkat yang digunakan harus terhubung dengan jaringan internet yang cukup kencang.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini agar cara mengubah file PDF ke word menggunakan platform Google Docs dapat berjalan lancar:

2. Menggunakan Google Docs – Versi Android

Tidak hanya tersedia untuk perangkat PC saja, Google Docs juga bisa digunakan pada perangkat smartphone khususnya Android. Keuntungan menggunakan versi ini adalah pengguna bisa membuat dokumen di mana pun dia mau. Asal perangkat itu terkoneksi dengan internet.

Tidak hanya membuat dokumen baru, namun Google Docs versi Android juga mampu mengubah file PDF menjadi Word. Agar proses bisa dijalankan, Anda memerlukan aplikasi Google Drive dan Google Docs yang dapat ditemukan pada Google Play Store.

Di bawah ini merupakan langkah-langkah yang wajib diikuti untuk mengubah file .pdf menjadi .doc/.docx menggunakan aplikasi Google Docs:

3. Menggunakan Adobe Acrobat Pro

Sebagai salah satu aplikasi untuk membaca file PDF, Adobe Acrobat juga menyediakan fitur untuk mengubah file berformat .pdf menjadi .docx/ .doc. Akan tetapi, Anda harus menggunakan versi Pro untuk bisa menggunakan fitur tersebut.

Apabila hendak menggunakan Adobe Acrobat Pro, pengguna diwajibkan untuk membayar biaya berlangganan terlebih dahulu. Meski begitu, dokumen Word yang dibuat oleh software ini lebih berkualitas dibandingkan saat menggunakan cara lainnya.

Di bawah ini merupakan langkah yang perlu diikuti untuk mengubah file PDF memakai software Adobe Acrobat Pro:

4. Menggunakan UniPDF

Nama UniPDF memang masih sedikit asing ditelinga sebagian orang. Meski begitu, software ini termasuk kedalam aplikasi yang sangat direkomendasikan untuk mengkonversi File PDF menjadi Word. Tidak hanya itu, UniPDF juga mampu mengubah PDF menjadi gambar, HTML, dan teks.

Ada pilihan dua versi aplikasi, yaitu  versi gratis serta versi berbayar. Keduanya memang memiliki perbedaan signifikan. Namun, hanya versi gratis pun tetap mampu mengkonversi file dengan sangat baik.

Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memakai cara mengubah file PDF ke Word menggunakan UniPDF dengan baik:

5. Menggunakan Website Converter

Seperti yang sudah diketahui bersama, bahwa mengubah PDF menjadi Word tidak bisa dilakukan sembarangan. Sebab, hanya sedikit sekali platform yang menyediakan fitur konversi ini. Di samping itu, kualitas yang dihasilkan juga cukup berbeda-beda.

Tidak hanya menggunakan software, kegiatan konversi dokumen juga bisa dilakukan melalui website. Penggunaan website jauh lebih efisien dibandingkan menggunakan aplikasi. Sebab, Anda tidak membutuhkan penyimpanan pada ponsel maupun PC.

Akan tetapi, koneksi internet yang berkualitas menjadi sebuah keharusan karena sangat dibutuhkan pada bagian upload dan download file. Jika koneksi lemah, potensi proses gagal akan semakin besar sehingga harus diulang dari awal.

Anda bisa memilih salah satu dari beberapa website berikut untuk mengubah PDF menjadi doc:

Cara mengubah file PDF ke Word dapat dijalankan dengan mengikuti prosedur di bawah ini:

6. Menggunakan Aplikasi Foxit

Foxit dikhususkan untuk kebutuhan konversi dokumen. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakannya untuk mengubah file .pdf menjadi .docx maupun sebaliknya. Foxit juga cukup ringan dan tidak membebani kerja processor.

Di bawah ini merupakan cara untuk menggunakan aplikasi Foxit:

Mengubah file PDF menjadi format lainnya cukup penting. Sebab, teks dan gambar pada file PDF selalu dienkripsi agar tidak bisa diubah sembarangan. Untuk melakukannya, Anda memerlukan cara mengubah file PDF ke Word seperti ulasan di atas.

Cara tersebut cukup mudah dilakukan serta tidak membutuhkan sumberdaya yang besar. Hanya beberapa aplikasi dan sedikit koneksi internet, proses konversi dokumen sudah bisa berjalan lancar. Segera uji coba dan rasakan semua manfaatnya.

6 Cara Mengubah File PDF ke Word dengan Mudah (Anti Ribet)

Exit mobile version