Site icon Sumber Informasi

Cara Membuat Google Form Paling Lengkap dan Mudah 2021

Cara Membuat Google Form Paling Lengkap dan Mudah 2020

Bagaimana cara membuat Google Form yang paling mudah dan tidak ribet? Mungkin tidak sedikit yang sudah paham apa itu Google Form. Wajar karena fitur dari Google ini termasuk yang paling populer dan banyak digunakan saat ini.

Google Form merupakan inovasi Google Docs yang membuat penggunanya bisa membuat template kuisoner atau formulir pendaftaran online di Google. Untuk membuat Google Form, pastikan sudah memiliki akun email di Google terlebih dahulu.

Cara Membuat Google Form Untuk Kuisoner

Setelah mengetahui Google Form, kini saatnya membuat Google Form dalam bentuk kuisoner. Seperti yang telah disebutkan di awal, pastikan Anda sudah memiliki akun Gmail untuk memulainya./ Setelah memiliki email dari Gmail tinggal membuka web browser saja.

Pastikan mengakses Gmail dan kemudian masuk ke halaman Google Docs dan milih Form. Jangan lupa siapkan koneksi internet yang lancar juga. Setelah masuk di halaman tersebut,. Anda bisa mengikuti proses langkahnya sebagai berikut

1. Memilih template

Setelah masuk di halaman Google Docs, Anda dihadapkan dengan beberapa pilihan template yang bisa digunakan untuk Google Form yang diinginkan. Bagi yang merasa templatenya tidak sesuai bisa memilih blank dengan gambar + background putih. Anda tinggal klik saja di tanda tersebut saja.

2. Isi title dan form description

Setelah memasuki Google Docs dan menggunakan template blank, kini Anda bisa mengisi kebutuhan kuisoner yang dibutuhkan. Di halaman tersebut, Anda akan menemukan kolom Unlimited Form dengan huruf yang bisa dibilang cukup besar.

Anda tinggal mengklik bagian tersebut dan mengetikkan judul sesuai yang dibutuhkan. Gunakan judul yang sesuai dengan tema kuisoner yang dimiliki. Setelah mengisi judul, perhatikan bagian bawah judul, nantinya ada kolom Form Description.

Di kolom tersebut, Anda bisa mengisinya dengan informasi deskripsi dari kuisoner yang dibuat. Tentu saja gunakan deskripsi yang jelas agar membuat orang memahami tujuan kuisoner yang sedang Anda buat tadi.

3. Membuat pertanyaan

Cara membuat Google Form berikutnya, Anda sudah masuk ke tahap pengajuan pertanyaan dari kuisoner yang dibutuhkan. Di bagian bawah kolom Form Description tadi, ada kolom yang namanya Question. Anda tinggal mengetikkan pertanyaan yang diinginkan di kolom tersebut.

Selain itu, Anda bisa memilih jenis pertanyaan yang mau diajukan. Contohnya seperti pilihan jawaban pertanyaan yang mengguinakan konsep Ya atau Tidak atau Mungkin. Jika menginginkan ini, Anda tinggal memilih jenis Multiple Choise.

Bagi yang membutuhkan jawaban atas pertanyaan yang berisi deskripsi, Anda dapat memilih short answer ataupun paragraph saja. untuk pilihan ini bisa disesuaikan dengan kuisoner seperti apa yang sedang mau dibuat.

4. Membuat pertanyaan dengan jawaban Multiple Choice

Bagi yang ingin memilih pertanyaan dengan konsep Multiple Choice, tentu saja harus menyiapkan jawabannya. Misal Anda membutuhkan jawaban, Ya, Tidak dan Mungkin. Maka tulis di bagian Add Option dengan jawaban Ya.

Jika ingin menulis bentuk jawaban lainnya, Anda bisa mengklik bagian Add Another di bagian add option. Anda dapat mengikuti step seperti ini agar bisa membuat jenis pertanyaan Dropdown dan juga Checkboxes yang saat ini sedang tenar

5. Membuat pertanyaan yang jawabannya Paragraph atau Short Answer

Jika sebelumnya sudah membuat pertanyaan dengan jawaban yang sudah ada, maka kali ini Anda juga bisa membuat pengisi kuisoner mengisi jawaban atas kehendak mereka sendiri. Anda dapat membuat pertanyaan dengan memilih bagian Short Answer atau

Paragraph.

Apa perbedaan dari keduanya? Jadi, jika Short Answer ini, pengisi kuisoner hanya bisa mengetikkan beberapa kata saja. Berbeda dengan pilihan paragraph yang membuatnya bisa mengetikkan jawaban dengan lengkap.

Cara membuat Google Form untuk dengan jawaban short answer dan paragraph bisa dibilang sangat mudah. Anda tinggal menuliskan pertanyaan yang diinginkan serta memilih jenis short answer atau paragraph saja.

6. Kirim kuisonernya sekarang

Setelah selesai dengan pertanyaan kuisoner yang diinginkan, berikutnya adalah mengirimkan kuisoner tersebut ke orang yang telah dipilih sebelumnya. Untuk mengirimkannya tidak ada hal yang rumit. Anda bisa mengirimkan lewat email atau mengcopy link dari Google Form yang telah dibuat.

Pertama Anda tinggal mengklik bagian Send yang ada di bagian kanan atas. Setelah itu, nantinya Anda akan diberi pilihan untuk mengirim form dengan memakai email. Anda dapat langsung menuliskan alamat email yang diinginkan dan klik include form in email. Setelah itu klik send di bagian kanan bawah.

Selain cara ini, Anda juga bisa copy paste untuk mengirim link kuisoner yang sudah dibuat. Anda tinggal klik simbol peniti dan nanti muncul link yang dapat di-copy. Jika link yang dipakai terlalu panjang, Anda bisa menyiasati dengan klik Shorten URL. Selanjutnya copy link yang telah ada.

Cara Membuat Google Form Untuk Formulir Pendaftaran

Setelah tahu bagaimana cara membuat kuisoner dengan memakai Google Form, kini berikutnya cara membuat formulit pendaftaran dengan bantuan Google Form. Sebenarnya caranya tidak terlalu berbeda. Hanya saja ada beberapa perbedaan di step tertentu saja.

Formulir yang dibuat ini dapat digunakan untuk pendaftaran siswa, pendaftaran acara tertentu atau kebutuhan lainnya. Tidak jauh beda dengan sebelumnya, langkah awal harus masuk ke Gmail masing-masing terlebih dahulu.

Selanjutnya masuk ke Google Docs dan pilih Form. Selanjutnya tinggal ikuti caranya seperti berikut

1. Menentukan template yang dibutuhkan

Sama dengan membuat kuisoner, Anda dapat langsung memilih blank template untuk membuat formulir pendaftaran ini. Mengapa harus blank template? Sebenarnya Anda bebas mau menggunakan template yang mana saja.

Namun dengan memilih template ini, Anda lebih bebas menggunakan Google Docs sesuai kebutuhan masing-masing. Meskipun begitu, ada banyak template dari Google Docs yang tersedia. Jadi kembali lagi, Anda tinggal menyesuaikannya dengan kebutuhan saja.

2. Isi judul dan form Description

Langkah selanjutnya sama dengan pembuatan kuisoner seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Anda tinggal mengisi judul dari form pendaftaran yang ingin dibuat, jangan lupa untuk mengisi bagian deskripsi dari formulir pendaftarannya juga.

Di sini Anda bisa menulisnya dengan singkat, padat tapi tetap mudah dipahami dan sesuai dengan tujuan pembuatan formulir pendaftaran.

3. Buat pertanyaan yang diperlukan

Berbeda sedikit dengan cara membuat Google Form untuk kuisoner, di sini Anda tidak membutuhkan pilihan jawaban multiplace ataupun sebaaginya. Jadi lebih sederhana dan tidak ribet.

Sebagai gantinya, Anda tinggal memilih jenis jawaban short answer ataupun paragraph saja. di sini Anda dapat juga menambahkan umur, nama, tempat tinggal dan berbagai pertanyaan lain di bagian untitled question.

4. Kirim dan bagikan formulir pendaftaran

Setelah selesai menambahkan pertanyaan yang dibutuhkan di formulir pendaftaran ini, Anda tinggal menyebar atau membagikan formulir pendaftaran yang telah dibuat melalui layanan Google Form ini.

Sama dengan kuisoner, Anda bisa langsung klik send di bagian kanan atas saja. Anda dapat juga membagikan formulir ini lewat email dengan langkah yang sama seperti cara membuat kuisoner yang sudah dibahas sebelumnya.

Anda dapat menambahkan email yang ingin dituju. Jangan lupa klik bagian include form in email. Dan selanjutnya klik Send. Bagi yang membutuhkan link untuk membagikan formulir, Anda bisa klik simbol yang mirip seperti peniti saja.

Setelah itu, link dari formulir pendaftaran yang telah dibuat langsung muncul dan bisa di-copy sesuai keinginan. Bagi yang mau memperpendek link juga bisa karena tinggal klik Shorten URL dan selanjutnya klik Copy saja. Sangat mudah bukan?

Melihat Hasil Survei

Bagi yang sudah membuat kuisoner dan formulir pendaftaran, berikutnya Anda juga bisa melihat hasil survei yang sudah dilakukan dengan Google Form tersebut. Caranya bisa dibilang tidak ribet dan sangat sederhana. Untuk caranya sebagai berikut

1. Masuk ke Form yang sudah dibuat

Langkah pertama, Anda tinggal masuk ke bagian form yang telah dibuat sebelumnya. Masuk saja seperti pertama kali ingin membuat Google Form seperti di atas. Untuk memudahkan, klik saja link berikut https://docs.google.com/form/u/0/

Di bagian bawahnya ada Google Form yang sudah dibuat. Klik di salah satu form yang ingin dilihat hasil surveinya.

2. Lihat hasil

Selanjutnya, Anda dapat melihat form dari yang telah dibuat sebelumnya. Di bagian Questions, ada yang namanya Responses. Di menu atau pilihan tersebut Anda bisa melihat orang yang telah mengisi kuisoner yang sudah dibuat sebelumnya.

Selanjutnya, ada juga informasi mengenai berapa banyak pengunjung yang sudah merespon kuisoner yang telah dibuat. Bukan hanya jumlah orangnya saja tapi juga nama lengkap dan jawaban yang telah diisikan oleh pengisi kuisoner yang ada.

Di sini Anda bisa melihatnya lewat dua jenis, yaitu Summary dan juga Individual. Untuk hasil respon Summary, nanti akan diberi rangkuman dari seluruh jawaban pengirim kuisoner. Sedangkan hasil individual lebih merujuk pada jawaban detail pengirim kuisinor itu sendiri.

Cara membuat google Form sebenarnya sangat mudah dan tidak ribet sama sekali. Bagi yang pemula mungkin saja akan sedikit sulit karena belum terlalu berpengalaman. Dengan tutorial yang telah kami bahas, bisa menjadi referensi bagi yang kebingungan.

Cara Membuat Google Form Paling Lengkap dan Mudah 2021

Exit mobile version