Cara Cek Garansi Iphone (100% Berhasil) Silahkan Coba

Cara Cek Garansi Iphone – Hati-hati saat membeli perangkat elektronik! Hal tersebut merupakan peringatan yang mungkin sangat sering Anda dengar. Sebab, memang marak sekali peredaran barang palsu yang tentunya sangat merugikan. Untuk itulah cara cek garansi iphone perlu untuk diketahui.

Iphone sendiri merupakan perangkat smartphone yang berharga cukup mahal. Harga tersebut memang sebanding dengan kualitas yang akan diterima. Melihat hal tersebut, banyak orang tidak bertanggung jawab mulai menjual Iphone palsu yang tentunya akan sangat merugikan Anda.

Apa itu Garansi?

Apa-itu-Garansi

Saat Anda membeli sebuah perangkat dengan harga cukup mahal, misalnya Iphone, biasanya akan memperoleh garansi dalam waktu tertentu. Garansi tersebut bisa ditagihkan jika Iphone mengalami kerusakan apabila memenuhi syarat awal serta masih berada di tenggat waktu yang ditentukan.

Mungkin Anda sekarang bertanya, mengapa garansi perangkat elektronik biasanya satu tahun? Jawabanya sangat sederhana, bahwa secara umum smartphone Anda akan memiliki performa bagus dalam tenggat waktu tersebut. Lebih dari itu, kualitas smartphone akan mulai terdegradasi.

Cara Cek Garansi Iphone dengan Mudah

Garansi merupakan keterangan sebuah produk bahwa produsen akan bertanggung jawab untuk mengganti atau memperbaiki tanpa biaya tambahan jika produk tersebut rusak asalkan memenuhi persyaratan dan masih dalam batas waktu yang ditentukan.

Garansi produk juga bisa menjadi indikator keaslian. Sebab, barang palsu tidak akan mungkin bisa memiliki garansi dari produsen resminya. Oleh karena itu, Anda memang wajib mengetahui cara cek garansi Iphone agar terhindar dari hal-hal tidak diinginkan.

Dibawah ini merupakan ulasan mengenai cara untuk melakukan pengecekan terhadap masa garansi Iphone.

1. Menggunakan Kartu Garansi

Menggunakan Kartu Garansi

Setiap kali Anda membeli sebuah produk yang dimana produk tersebut menyediakan garansi dalam jangka waktu tertentu, pastinya akan menyediakan kartu garansi. Kartu ini menjadi tanda bukti tentang waktu pembelian produk, garansi dimulai, sampai kapan berakhirnya.

Apabila Anda membeli Iphone pada toko resmi, sudah dipastikan kartu garansi ini akan didapatkan. jika kartu ini sampai tidak diberikan, Anda perlu mempertanyakan keaslian smartphone tersebut. Akan lebih baik untuk berganti toko membeli jika memang hal tersebut terjadi.

Anda juga diperbolehkan untuk menggunakan cara satu ini untuk mengecek keaslian Iphone saat membeli bekas. Perlu diperhatikan untuk selalu menyesuaikan informasi pada smartphone, seperti IMEI, Jenis Iphone, Warna, dan berbagai informasi lain dengan Informasi yang tertera di dalam kartu.

Sayangnya, cara ini tidak bisa digunakan apabila pemakai lama telah menghilangkan kartu tersebut. Sehingga, harus menggunakan cara cek garansi Iphone yang lain untuk memastikan keasliannya.

2. Menggunakan Pengaturan Bawaan

Menggunakan Pengaturan Bawaan

Settings digunakan untuk mengatur smartphone secara keseluruhan. Berbeda dengan Android, pengaturan pada Iphone sedikit lebih rumit dan memiliki fungsi yang tidak terlalu krusial. Pengguna sangat dibatasi dalam berbagai hal dengan alasan keamanan.

Berikut ini merupakan prosedur yang diperlukan untuk melakukan pengecekan garansi Iphone menggunakan menu settings.

  • Ketuk menu settings untuk membukanya,
  • Ketuk menu General untuk memilihnya,
  • Pilih About,
  • Catat serial number yang ditampilkan,
  • Buka alamat https://checkcoverage.apple.com/id/in/,
  • Masukan serial number yang tadi ditampilkan,
  • Masukan kode negara lokasi iphone dibeli,
  • Buka bagian menu Service and Repair,
  • Pilih bagian See your service and support coverage,
  • Informasi garansi Iphone secara mendetail akan ditampilkan,
  • Selesai

Catatan : informasi yang akan ditampilkan oleh web tersebut sangat terperinci. Anda akan memperoleh tentang jenis Iphone, tanggal dibeli, tanggal garansi dimulai, kapan garansi berakhir, IMEI, dan masih banyak informasi penting lainnya.

Jenis-Jenis Garansi

Apakah Anda mengetahui ada berapa jenis garansi yang mungkin didapatkan? Informasi ini sangat penting sebelum melakukan pembelian barang apapun. Jangan sampai Anda menagih garansi ke pihak yang salah akibat tidak mengetahui siapa yang berwenang untuk memberikannya.

Berikut ini merupakan ulasan tentang beberapa garansi yang sering diberikan oleh beberapa pihak.

1. Garansi Internasional

Garansi Internasional

Pada saat Anda membeli Iphone di luar negeri, maka biasanya akan memperoleh garansi Internasional. Garansi ini jauh lebih fleksibel apabila dibandingkan dengan jenis garansi lainnya. Sebab, Anda dapat mengklaim garansi di seluruh negara yang terdapat reseller resmi Iphone.

Garansi ini sangat menguntungkan pembeli. Sebab, hampir di seluruh dunia sudah tersedia authorized reseller Iphone. Syarat dari garansi ini juga sama saja dengan jenis lainnya. Hanya kerusakan yang disebabkan oleh kesalahan produksi saja yang akan mendapatkan ganti rugi.

2. Garansi Resmi

Garansi Resmi

Jenis ini merupakan garansi paling sering didapatkan saat membeli sebuah barang. Anda pasti akan mendapatkan garansi jenis ini apabila membeli Iphone pada toko resmi yang terverifikasi. Jangka waktunya juga lumayan panjang, yaitu sekitar 1 tahun.

Saat membeli Iphone bekas, ada  baiknya Anda menanyakan tentang garansi resminya. Walaupun masa berlakunya juga sudah berakhir. Hal ini berguna untuk mengetahui keaslian Iphone tersebut. Jika tidak ada, bisa digunakan cara cek garansi Iphone di atas.

3. Garansi Distributor

Garansi Distributor

Seperti namanya, garansi ini hanya bisa ditagihkan pada pihak distributor saja. Dengan kata lain, perusahaan Apple Inc tidak menanggung penggantian ataupun perbaikan yang disebabkan oleh kesalahan produksi.

Sebab, biasanya garansi ini diberikan untuk barang yang masuk secara tidak resmi. Sehingga, tidak perlu membayar bea masuk barang. Akibatnya, harga Iphone selundupan seperti ini memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan yang asli.

Sangat tidak disarankan untuk Anda membeli barang seperti ini. Sebab, tersedia banyak sekali barang palsu maupun rekondisi yang beredar dipasaran. Sehingga, sudah dapat dipastikan apabila kualitas mutunya tidak akan sebaik yang diharapkan.

4. Garansi Toko

Garansi Toko

Tidak semua penjual menyediakan garansi jenis ini. Apalagi jika toko penjual tersebut masih kecil dengan omset yang kecil pula. Oleh karena itu, disarankan pada Anda untuk membeli Iphone pada toko yang sudah cukup besar dan ramai.

Biasanya, lama garansi toko hanya berlaku satu minggu atau paling lama 1 bulan. Apabila terjadi masalah dan masih dalam jangka waktu tersebut, Anda dapat mengembalikannya ke toko untuk ditukarkan dengan yang baru maupun diperbaiki.

Tapi tetap, smartphone harus sesuai dengan persyaratan yang telah disepakati sebelumnya. Jika Anda sudah pernah membuka segel smartphone, maka sudah dipastikan bahwa garansi tersebut tidak akan berlaku lagi.

5. Tips dalam Membeli Iphone

Tips dalam Membeli Iphone

Saat sekarang ini, banyak beredar barang palsu di pasaran. Tentunya hal ini sangat meresahkan, sebab kualitasnya sangat jauh dibawah barang asli. Meskipun harganya juga jauh lebih murah dibandingkan yang asli. Pada saat ingin membeli Iphone, Anda bisa mengikuti tips berikut.

  • Gunakan cara cek garansi Iphone,
  • Beli Iphone pada distributor resmi,
  • Buka produk di toko dan pastikan kelengkapannya,
  • Pastikan kartu garansi diisi dengan baik,
  • Cocokan IMEI di kotak, kartu garansi, dan smartphone.

Sangat disarankan untuk membeli Iphone maupun perangkat elektronik lainnya pada toko yang sudah jelas. Hal tersebut dilakukan agar ada jaminan garansi. Jika Anda membeli barang bekas, Anda bisa menggunakan cara cek garansi Iphone yang telah dibahas sebelumnya.

Cara Cek Garansi Iphone (100% Berhasil) Silahkan Coba

Add Comment