20 Aplikasi Kamera Terbaik (Blur, Bokeh, Selfie, Cantik) Wajib Install

Aplikasi Kamera – Di dunia yang serba praktis ini, banyak orang ketergantungan dengan kecanggihan smartphone. Terutama pada fitur kamera yang banyak digunakan untuk merekam momen-momen spesial ketika liburan dan sebagainya. Bahkan tidak jarang pula banyak aplikasi kamera yang bisa diunduh untuk menambah kualitas foto terbaik. Dibandingkan kamera default smartphone, aplikasi pihak ketiga ini memiliki fitur-fitur yang mencolok seperti filter dan juga pengeditan gambar.

Camera MX

Aplikasi Kamera
Aplikasi Kamera

Camera MX merupakan aplikasi yang hampir memiliki semua fitur terkait fotografi seluler dan pengeditan gambar. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar berkualitas tinggi dengan fitur autofokus dan HDR yang dioptimalkan. Selain itu, Anda juga bisa menyesuaikan kualitas gambar JPEG, kecerahan, suhu warna, dan kontras dalam pengaturan kamera. Bahkan aplikasi ini juga memungkinkan Anda mengubah gambar langsung menjadi bentuk GIF.

Camera MX ini cukup populer dan telah diunduh lebih dari 20 juta pengguna di Play Store. Selain itu, aplikasi ini juga bisa bekerja dengan baik meskipun Anda masih tahap pemula. Dengan menggunakan Camera MX, Anda bisa membuat video animasi dengan tambahan berbagai efek dan filter. Bahkan Anda juga bisa dengan mudah memotong video dan melakukan editing untuk gerakan slow motion.

Google Camera

Aplikasi Kamera
Aplikasi Kamera

Google Camera merupakan aplikasi gratis yang dikembangkan oleh raksasa Google dengan menawarkan beberapa fitur yang mudah dioperasikan. Sayangnya, aplikasi ini hanya compatible untuk beberapa jenis smartphone Android Nougat dengan seri prosesor Snapdragon 820 ke atas. Aplikasi kamera Google ini memiliki fitur seperti HDR+ dan Photosphere 360°, yang memungkinkan Anda mengambil gambar melingkar dengan kualitas tajam meskipun dalam keadaan minim cahaya.

Selain itu, Anda juga bisa mengambil gambar dengan background efek bokeh menggunakan fitur lens blur. Dan membuat aliran foto menjadi GIF bergerak dengan menggunakan mode smartburst. Tidak hanya berhenti disitu saja, Google Camera juga menawarkan fitur stabilisasi video yang memungkinkan Anda mengabadikan momen video secara halus. Bahkan aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk merekam video slow motion hingga 240 fps.

Camera 360

Aplikasi Kamera
Aplikasi Kamera

Berbeda dari kamera lain yang mengutamakan pemotretan berkualitas, Camera 360 lebih dikenal karena fitur-fiturnya yang unik dan menyenangkan. Camera 360 memungkinkan pengeditan  gambar dengan filter animasi dan stiker bertema AR (Augmented Reality). Aplikasi ini juga memungkinkan Anda mengupload gambar secara langsung ke jejaring sosial.  Anda bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis, namun juga terdapat harga khusus untuk beberapa filter tambahan.

Aplikasi Kamera VSCO

Aplikasi Kamera
Aplikasi Kamera

VSCO merupakan aplikasi dari Visual Supply Company yang cukup populer dalam fitur memotret dan mengedit gambar. Aplikasi kamera ini bahkan telah diunduh lebih dari 50 juta kali di play store, dengan menyajikan kontrol dan fitur canggih seperti mode RAW, ISO, white balance, dan overlay kisi. Bahkan Anda bisa membuat profil pribadi untuk menghubungkan, berbagi, dan bergabung dengan komunitas besar VSCO.

Komunitas VSCO-X merupakan keanggotaan untuk orang-orang yang memiliki antusiasme tinggi terhadap fotografi. Namun untuk menikmatinya, Anda harus beralih ke versi PRO dengan membayar keanggotaan setiap tahunnya. Meskipun harga yang harus dibayar cukup mahal, namun Anda berkesempatan untuk memperoleh lebih dari 100 pengaturan ulang. Anda bisa menikmati preset VSCO klasik serta preset Film X™ eksklusif dan revolusioner yang diperbarui setiap bulannya.

Open Camera

Aplikasi Kamera
Aplikasi Kamera

Open Camera merupakan aplikasi yang populer dan telah diunduh gratis lebih dari 10 juta pengguna di play store. Aplikasi ini memungkinkan pengguna smartphone untuk mencoba kontrol manual dengan Camera 2 API. Sesuai namanya, Open Camera merupakan aplikasi open source yang masih terus dikembangkan dengan fitur-fitur baru secara teratur. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang ringan dengan dilengkapi fitur yang sangat lengkap.

Adapun fitur-fitur Open Camera sangat dibutuhkan untuk membentuk kamera ideal. Beberapa di antaranya terdiri dari deteksi wajah, penstabil otomatis, kunci eksposure, geo-tagging, serta GUI yang bisa diatur. Selain itu, ada juga fitur voice instruction yang bisa mengklik gambar dengan memberikan perintah suara. Serta ada juga dukungan HDR dengan beberapa mode fokus serta mode pengurangan noise untuk gambar yang lebih baik.

Footej Camera

Aplikasi Kamera
Aplikasi Kamera

Footej Camera merupakan salah satu aplikasi kamera manual terbaik dengan dilengkapi user interface (UI) yang menarik. Aplikasi ini memungkinkan pengguna mengambil gambar dan video dengan kualitas tinggi. Sebagai aplikasi yang populer di kalangan pengguna smartphone, Footej Camera juga menawarkan berbagai fitur dasar hingga fitur canggih yang diperlukan untuk fotografi profesional. Bahkan aplikasi juga mendukung camera 2 API untuk beberapa perangkat.

Fitur utama Footej Camera meliputi ISO manual, HDR+, mode panorama, kontrol kecepatan rana, video slow motion, serta dukungan gambar RAW dan pengaturan eksposure. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan pembuatan GIF dan pengambilan gambar dengan mode burst. Semua kelebihan aplikasi bisa Anda nikmati secara gratis, namun ada juga versi premium untuk meningkatkan mode burst, GIF, dan beberapa fitur tambahan lainnya.

DSLR Camera Pro

Aplikasi Kamera
Aplikasi Kamera

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memungkinkan Anda mengambil beberapa foto profesional layaknya fungsi kamera DSLR asli. Beberapa pengguna bahkan mengklaim jika aplikasi ini adalah tiruan DSLR asli, sehubungan dengan beberapa fitur yang ditawarkan. Aplikasi ini menawarkan Anda fungsi kamera yang bisa disetel, seperti jendela bidik yang dapat bergerak, fokus otomatis yang bisa diatur, pengaturan awal, rana dua tahap, dan lain-lain.

Menggunakan DSLR Camera Pro ini, bisa membuat Anda menjadi seperti seorang fotografer profesional dengan beragam fitur yang manual. Namun, sayangnya jika ingin menggunakan aplikasi ini dengan fitur terbaik, Anda harus membelinya secara premium.

A Better Camera

Aplikasi Kamera
Aplikasi Kamera

A Better Camera merupakan aplikasi kamera yang dilengkapi dengan fitur khusus untuk membuat gambar fenomenal. Adapun fitur yang ditawarkan meliputi HDR, panorama, night mode, multishot dan lain-lain. Anda juga bebas mengatur fokus, mengatur white balance dan juga bagaimana cara pengambilan gambar. Selain itu Anda juga bisa menikmati fitur best shot, yang secara otomatis akan mengidentifikasi bidikan terbaik dari serangkaian foto.

Manual Camera

Aplikasi Kamera
Aplikasi Kamera

Sama seperti namanya, kamera ini memiliki banyak pengaturan manual yang lebih cocok digunakan untuk para fotografer handal. Aplikasi ini memanfaatkan Camera 2 API untuk mengontrol kamera secara langsung. Jadi Anda akan memegang kontrol penuh atas jarak fokus, ISO, white balance, kecepatan rana, pencahayaan, dan lain-lain. Melalui aplikasi ini keterampilan fotografer Anda akan diuji, karena semua pengaturan berada di tangan Anda.

B612

Aplikasi Kamera
Aplikasi Kamera

B612 adalah salah satu aplikasi selfie terbaik yang telah diunduh lebih dari 100 juta pengguna di play store. Aplikasi ini menawarkan koleksi filter dan sketsa unik untuk membuat foto selfie Anda terlihat berkesan. Selain itu, B612 juga dilengkapi pengeditan foto yang compatible dengan perangkat android dan iOS. Anda juga bisa menemukan lebih dari 1500 stiker unik untuk merubah wajah Anda.

Yang menarik dari B612 adalah memiliki filter analog untuk mencerahkan setiap foto dan video yang Anda buat. Selain itu aplikasi ini juga bisa mengubah warna kulit dan bentuk wajah menjadi sempurna. Adapun antarmuka aplikasi juga lebih ringan digunakan, dan telah terhubung dengan beberapa jejaring sosial. Jadi Anda bisa berbagi hasil potret gambar atau video Anda secara langsung ke media sosial.

ProShot

Aplikasi Kamera
Aplikasi Kamera

ProShot merupakan aplikasi berbayar yang cukup populer di Windows App dan juga Google Play. Aplikasi ini memiliki fitur kamera dengan kontrol otomatis serta kontrol manual yang mudah dipelajari. ProShot memungkinkan Anda mempelajari dasar-dasar fotografi manual, seperti pengaturan rasio, level kompresi JPEG, dan sebagainya. Selain itu, ProShot juga memiliki fitur untuk menekankan titik fokus dengan mengaburkan latar depan atau belakang foto.

Untuk menikmati aplikasi ini maka Anda harus rela membayar biaya $ 3,99 untuk pengguna Android dan Apple, serta $ 2,99 untuk pengguna ponsel Windows. Namun mengingat DSLR asli cukup mahal, maka harga tersebut tidaklah berarti. Apalagi dalam ProShot juga dilengkapi tutorial interaktif yang akan memandu Anda mengoperasikan aplikasi dari awal hingga akhir. Jadi Anda tidak akan terpaku dengan mode otomatis.

Candy Camera

Aplikasi Kamera
Aplikasi Kamera

Candy Camera termasuk aplikasi pengeditan foto yang cukup populer, dan telah diunduh lebih dari 100 juta pengguna di play store. Aplikasi ini memungkinkan Anda mengambil foto dan mengeditnya secara real time. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan filter dan koleksi stiker untuk membuatnya lebih menarik. Tidak hanya itu saja, Candy Camera juga memiliki fungsi penghilang noda atau ketidaksempurnaan dari foto.

Aplikasi ini bisa Anda nikmati secara gratis dengan didukung beberapa iklan. Sayangnya Candy Camera hanya untuk memuaskan pecinta foto selfie, bukan untuk fotografi yang serius. Selain filter dan koleksi stiker-nya, Candy Camera juga didukung fitur kecantikan seperti pelangsingan wajah, perona pipi, maskara, eyeliner dan sebagainya. Selain itu ada juga fitur kolase untuk membuat selfie Anda lebih berkesan dengan beberapa kisi.

Cymera

Aplikasi Kamera
Aplikasi Kamera

Satu lagi aplikasi foto selfie yang cukup populer dengan jumlah unduhan lebih dari 300 juta di play store yaitu Cymera. Aplikasi gratis ini memungkinkan Anda memodifikasi foto selfie dengan tambahan stiker, teks latar belakang, rias wajah, dan sebagainya. Selain itu Anda juga bisa membuat kolase dari beberapa foto terbaik Anda. Ditambah lagi 150 lebih filter swafoto dan UI yang sederhana.

Selain untuk mengedit wajah, aplikasi Cymera juga mendukung pengeditan tubuh agar terlihar lebih ramping dan juga lebih tinggi. Aplikasi Cymera ini juga menawarkan pengaturan efek dasar seperti kontras dan kecerahan. Selain itu ada juga konfigurasi untuk opsi seperti anti-guncangan, pemfokusan, timer, dan mode diam untuk proses foto yang tidak berisik. Bahkan ada juga koneksi Bluetooth untuk disambungkan dengan tongkat selfie.

Camera ZOOM FX

Aplikasi Kamera
Aplikasi Kamera

Camera Zoom FX merupakan aplikasi kamera populer yang hadir dalam versi gratis dan juga premium. Aplikasi ini dilengkapi dengan kontrol DSLR manual penuh dan didukung Camera 2 API. Adapun beberapa fitur besar dalam aplikasi meliputi penangkapan RAW untuk beberapa perangkat yang mendukung, serta pengaturan ISO, pencahayaan, jarak fokus, dan kecepatan rana. Selain itu, antarmuka aplikasi juga lebih cepat dan kuat.

Camera Zoom FX termasuk salah satu aplikasi kamera tercepat di Android. Kamera ini mampu merekam hingga 50 frame per detik, serta memiliki fitur penstabil gambar untuk memastikan foto agar tidak buram. Beberapa fitur reguler lainnya juga termasuk seperti pembuat kolase, mode HDR PRO, mode burst kecepatan tinggi, dan 100 efek terbaik seperti retro, bokeh, vignette, holga, hipster, lomo, dan sebagainya.

Camera FV-5

Aplikasi Kamera
Aplikasi Kamera

Untuk Anda yang mencari aplikasi kamera dengan fungsi kurang lebih sama seperti DSLR asli maka Camera FV-5 adalah pilihan yang baik. Aplikasi ini menyediakan fitur layaknya kamera profesional dengan sensitivitas ISO, white balance, kecepatan rana manual, jarak fokus, pencahayaan, dan masih banyak lagi. Beberapa orang juga sependapat jika Camera FV-5 adalah aplikasi yang khusus dirancang untuk memudahkan fotografer yang handal.

Beberapa fitur Camera FV-5  juga mendukung format gambar dengan bentuk JPEG, RAW (DNG) dan PNG lossless. Jadi Anda memiliki opsi yang besar, bahkan juga dilengkapi dengan 30 lebih bahasa. Selain itu ada juga fitur intervalometer built-in untuk membuat timelap yang cukup memukau. Aplikasi ini tersedia dalam dua versi, yaitu lite yang gratis dan versi pro dengan fitur yang lebih lengkap.

Vignette

Aplikasi Kamera
Aplikasi Kamera

Vignette merupakan aplikasi kamera dengan fitur yang lengkap untuk mengedit gambar. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur dasar dan lanjutan seperti komposisi rasio emas, self timer, best shot, serta 10x digital zoom. Vignette juga menawarkan fleksibilitas dalam mengontrol volume, pencahayaan, atau sebagai tombol rana. Selain itu, Anda juga bisa menikmati puluhan filter dan efek dengan disertai label waktu, tanggal, dan juga lokasi.

Retrica

Aplikasi Kamera
Aplikasi Kamera

Retrica merupakan aplikasi yang dilengkapi dengan 100 filter menawan, terutama filter untuk membuat foto vintage. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan pengambilan gambar secara multi-shot dan mengubahnya menjadi kolase yang indah. Anda juga bisa membuat dan mengedit video atau kolase untuk diubah menjadi gambar bergerak (GIF). Bahkan, Retrica juga menyediakan komunitas dan mendukung jejaring sosial untuk berbagi foto secara langsung.

Motion Stills

Aplikasi Kamera
Aplikasi Kamera

Motion Stills merupakan aplikasi yang relatif baru dan hanya berfokus pada pembuatan video. Aplikasi ini kurang mendukung untuk fitur pengambilan foto. Beberapa fungsinya digunakan untuk membuat GIF dari rekaman video pendek. Atau menggabungkan beberapa klip untuk dijadikan video berdurasi panjang. Anda bisa mengandalkan aplikasi ini untuk editing video secara gratis, namun Anda juga harus mengosongkan beberapa ruang memori untuk menyimpannya.

ProCapture

Aplikasi Kamera
Aplikasi Kamera

ProCapture merupakan aplikasi yang sedikit kurang populer. Namun kini banyak menarik minat di kalangan pengguna Android. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengakses semua fitur kamera dengan mudah, karena memiliki UI yang cukup ringan. Selain itu, aplikasi ProCapture juga mendukung beberapa mode seperti panorama, pengurangan noise, dan bidikan lebar. Bahkan dalam ProCapture juga terdapat histogram untuk menampilkan gambar secara real time.

Pro Camera

Aplikasi Kamera
Aplikasi Kamera

Bagi pengguna iOS, ProCamera merupakan aplikasi berbayar yang cukup profesional untuk kalangan fotografer handal. Aplikasi ini menawarkan pengaturan kamera secara manual dengan tambahan fitur learning, meskipun awalnya bersifat otomatis. Selain itu ProCamera juga dilengkapi dengan fitur penyeimbang HDR, dan fitur long exposure atau pengatur kecepatan rana dalam mode lowlight+. Jadi Anda bisa menangkap lebih banyak cahaya ketika proses mengambil foto.

Jika Anda bosan menggunakan kamera default smartphone yang itu-itu saja, maka aplikasi kamera di atas bisa menjadi pilihan yang menyenangkan. Terutama jika aplikasi tersebut mampu menjalankan sejumlah fungsi seperti alat pengeditan, mode bidikan berganda, dan beberapa efek khusus yang ditenagai AI. Namun saran kami adalah lakukan uji coba terlebih dahulu, mengingat masih banyak aplikasi baru yang juga dirilis setiap harinya.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Aplikasi Kamera

Add Comment