Peta Jepang : Geografi, Keadaan Alam dan Kondisi Masyarakat

Peta Jepang – Jepang adalah salah satu negara yang berada di kawasan Asia Timur. Negara ini memiliki luas wilayah sekitar 377,915.00 km2 dimana 13,430.00 km2 nya terdiri atas perairan dan 364,485.00 km2 merupakan daratan. Jepang memiliki ketinggian rata-rata 438 km di atas permukaan laut, dan negara ini merupakan negara kepulauan yang memiliki 6000 pulau.

Negara ini adalah negara yang memiliki iklim tropis dan musim dingin. Jepang bertetangga dengan negara-negara Asia Timur lainnya seperti Korea, Cina, dan Rusia. Jepang menjadi negara maju terutama pada bidang ekonomi.

Gambar Peta Jepang

Gambar Peta Jepang

Berdasarkan peta diatas, dapat dilihat bahwa batas wilayah Jepang yaitu sebagai berikut:

  1. Sebelah Timur : Dibatasi oleh Samudera Pasifik
  2. Sebelah Selatan : Dibatasi oleh Laut Filipina
  3. Sebelah Barat Daya : Dibatasi oleh Laut Cina Timur
  4. Sebelah Barat Sampai Utara : Dibatasi oleh Laut Jepang

Gambar Peta Negara Jepang

Gambar Peta Negara Jepang

Kondisi Geografis Jepang

Kondisi Geografis Jepang

Jepang memiliki ribuan pulau-pulau, tetapi memiliki empat pula terbesar yaitu pulau Hokkaido, Honshu, Kyushu, dan Shikoku. Secara astronomis Jepang terletak di antara 30°LU-47°LU dan 128°BT-146°BT dan secara geografis negara Jepang terletak di Asia Timur yang terpisah dari benua Asia atau terletak di sebelah timur benua Asia dan sebelah barat Samudera Pasifik.

Di bagian utara Jepang berbatasan dengan Laut Okhstosk, di sebelah timur berbatasan dengan samudera pasifik, lalu batas sebelah selatannya yaitu Laut Cina Timur dan Laut Filipina. Kemudian di bagian barat, Jepang berbatasan dengan Laut Jepang dan Selat Korea.

Kondisi Musim dan Iklim di Jepang

Kondisi Musim dan Iklim di Jepang

Pada negara Jepang terdapat 4 iklim yaitu musim dingin, musim panas, musim gugur dan musim semi. Iklim di Jepang terbagi atas 6 zona iklim:

1. Hokkaido

Hokkaido berada di kawasan paling utara Jepang dan beriklim sedang. dengan musim dingin yang panjang dan salju turun banyak serta musim panas yang menyejukkan.

2. Laut Jepang

Tiupan angin dari barat laut membawa salju yang lebat, dan pada musim panas daerah ini lebih sejuk dibandingkan dengan kawasan pasifik.

3. Dataran tinggi rendah

Wilayah ini memiliki iklim pedalaman dengan perbedaan suhu rata-rata pada musim panas dan musim dingin sangat berbeda. Perbedaan suhu disaat malam hari dan siang hari juga sangat berbeda.

4. Laut pedalaman seto

Kawasan ini beriklim sedang, karena pegunungan di wilayah Chugoko dan Shikoku menghalangi jalur tiupan angina musim.

5. Samudera pasifik

Apabila di saat musim panas kawasan ini begitu lembap akibat tiupan angin dari tenggara, berbeda apabila musim dingin datang. Disaat musim dingin daerah ini sangat dingin namun tidak banyak turunnya salju .

6. Kepulauan ryuku

Termasuk yang beriklim subtropis hangat sewaktu musim dingin dan suhu yang tinggi sepanjang musim panas. Wilayah ini sering terjadi taifun dan presipitasi yang tinggi selama musim hujan.

Provinsi Yang Ada di Jepang

Provinsi Yang Ada di Jepang

1. Hokkaido

Wilayah ini terletak di bagian paling utara Jepang. Pulau ini menjadi pulau terbesar urutan kedua, dan Selat Tsugaru menjadi pemisah antara pulau Hokkaido dengan pulau Honshu. Hokkaido dibagi menjadi empat bagian yaitu Douhu, Doutou, Douou, dan Dounan.

2. Touhoku

Wilayah Touhoku terletak di pulau Honshu sebelah timur laut dan dipisahkan oleh selat Tsugaru. Wilayah Touhoku memiliki 6 prefektur yaitu Aomori, Iwate, Miyagi, Akita, Yamagata, dan Fukushima.

3. Kantou

Kantou terletak di pulau Honshu bagian tenggara Jepang dan berhadapan dengan Samudera Pasifik. Wilayah Kantou memiliki 7 prefektur yaitu Ibaraki, Tochigi, Gunma, Saitama, Chiba, Tokyo dan Kanagawa.

4. Chuubu

Wilayah ini terletak di bagian tengah pulau Honshu dan juga menjadi wilayah yang paling luas di wilayah pulau Honshu. Chuubu memiliki 9 wilayah prefektur yaitu Niigata, Toyama, Ishikawa, Fukui, Yamanashi, Nagano, Gifu, Shizouka dan Aichi.

5. Kinki

Wilayah ini berada di bagian tengah pulau Honshu yang agak berada di barat. Wilayah ini memiliki 7 prefektur yaitu Mie, Shiga, Kyoto, Osaka, Hyogo, Nara dan Wakayama.

6. Chuugoka

Wilayah yang berada di pulau Honshu bagian barat. Wilayah ini memiliki 5 prefektur yaitu Tottori, Shimane, Okayama, Hiroshima, dan Yamaguchi. Wilayah ini juga dibagi menjadi 2 yaitu wilayah San-in yang menghadap laut Jepang dan wilayah San’you yang menghadap laut pedalaman Seto.

7. Shikoku

Wilayah ini merupakan wilayah paling kecil di Jepang, dan berada di sebelah barat daya pulau Honshu. Pulau ini memiliki 4 wilayah prefektur yaitu Tokushima, Kagawa, Ehime dan Kochi.

8. Kyuushuu

Terletak di bagian paling barat daya Jepang, dan menjadi pulau terbesar di urutan ketiga di Jepang. Wilayah ini memiliki 8 prefektur yaitu Fukuoka, Nagasaki, Kumamoto, Oita, Miyazaki, Kagoshima dan Okinawa. Negara ini juga dibagi menjadi 3 bagian yaitu Kyushu bagian utara, Kyushu selatan dan Kyushu bagian tengah.

Masalah Lingkungan di Jepang

Masalah Lingkungan di Jepang

Masalah tingginya tingkat pencemaran udara di Jepang, dapat menurunkan kualitas air dan mengakibatkan hujan asam. Jepang menjadi konsumen ikan dan kayu terbesar, sehingga mengakibatkan menipisnya sumber daya ikan dan kayu di benua asia maupun di tempat lain.

Sehingga untuk mengurangi pencemaran tersebut, Jepang aktif dalam mengembangkan dan menerapkan energi bersih sebagai cara untuk menanggulangi pencemaran. Dan juga cara lain untuk menanggulanginya adalah dengan menggunakan bentuk energi bersih yang tidak mengeluarkan gas buangan, seperti energi surya angin dan geothermal (panas bumi).

Kekayaan Alam Jepang

Kekayaan Alam Jepang

Jepang memang tidak memiliki banyak sumber daya alam, sehingga kebanyakan di impor dari negara lain. walau begitu Jepang merupakan negara maju dan menghasilkan banyak barang yang di ekspor ke luar negeri seperti mobil, komputer, semikonduktor, tembaga dan masih banyak lagi.

Kebudayaan Jepang

Kebudayaan Jepang

1. Origami

Origami adalah kesenian membuat segala bentuk denganselembar kertas. Budaya ini terkenal di seluruh dunia, banyak dipelajari oleh anak-anak, karena sangat menarik untuk dipelajari. Bahkan banyak turis mancanegara yang mendalami kebudayaan Jepang yang satu ini.

2. Ikebana

Budaya Jepang yang satu ini adalah kesenian merangkai bunga. Bagi masyarakat Jepang, bunga adalah hal yang istimewa, dan mereka selalu merangkai bunga di altar utama. Pada awalnya ikebana di rangkai dengan sederhana dan langsung di letakkan di altar utama.

Tetapi pada zaman sekarang, ikebana mulai rumit saat dirangkai, bahkan ada pelajaran untuk merangkai bunga.

3. Matsuri

Kebudayaan ini adalah semacam festival budaya Jepang yang diselenggarakan di saat musim panas tiba. Acara ini sebetulnya adalah acara untuk bersembahyang dan berdoa, tetapi hal tersebut tidak terlalu ditekankan untuk para pengunjung yang datang karena banyak pengunjung yang datang hanya untuk melihat festival ini.

4. Kabuki

Budaya ini adalah seni teater yang memadukan tari dan musik yang membuat para pengunjung yang melihatnya akan tertarik. Untuk menonjolkan karakter para pemainnya, make up yang digunakannya dibuat dramatis dan juga pakaian yang digunakan dibuat mewah untuk membuat para penonton fokus saat menontonnya.

5. Menyeruput mie

Bagi masyarakat Jepang, menyeruput mie adalah hal yang unik. Karena saat kita menyeruput mie, itu menandakan bahwa mie yang kita makan itu sangat enak. Sehingga hal itu merupakan hal biasa di negara Jepang dan menjadi ciri khas negara tersebut.

6. Upacara minum teh

Upacara minum teh adalah cara untuk menjamu para tamu yang datang. Kita bisa melihat cara berpikir sang penyaji teh dan juga bagaimana tujuan hidupnya. Sehingga acara ini dapat mencerminkan kepribadian sang penyaji teh.

7. Sumo

Budaya Jepang ini adalah yang paling terkenal di dunia. Sumo adalah gulat versi Jepang, pertandingan ini akan dimulai dengan para pegulat yang saling dorong agar lawannya bisa keluar dari cincin yang sudah diatur. Apabila para pe-sumo sudah keluar dari cincin, maka ia dinyatakan kalah dari pertandingan. Biasanya pertandingan ini berlangsung beberapa detik atau menit.

8. Tako

Budaya jepang yang satu ini adalah dimana orang-orang berkumpul di lapangan yang luas dan menerbangkan layang-layang mereka. Desain layang-layang juga dibuat unik dan terlihat berbeda dengan layang-layang di negara lain.

9. Kimono

Kimono adalah pakaian yang digunakan sehari-hari pada zaman dahulu. Namun pada zaman modern ini, kimono sudah jarang dipakai, dan hanya digunakan pada acara-acara khusus saja.

Tempat Wisata Jepang Yang Harus Dikunjungi

Tempat Wisata Jepang Yang Harus Dikunjungi

1. Gunung Fuji

Gunung ini merupakan gunung tertinggi yang ada di Jepang. Yang memiliki ketinggian 3.776 meter. Sudah banyak orang yang mendaki gunung ini yang 30% pendakinya adalah turis asing. Gunung ini terletak di antara Yamanashi dan Shizouka. Anda bisa menikmati pemandangan gunung ini dari Tokyo dan Yokohama.

Terdapat lima danau yang berada di sekitar gunung fuji yaitu danau Yamanakako, Motosuka, Saiko, Shojiko, dan Kawaguchiko. Selain itu anda juga dapat beristirahat di rest area Fujigoko yang menyediakan area kolam pemancingan, resort, museum dan juga camping ground.

2. Tokyo Disneyland

Disneyland menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi dan ramai pengunjung. Di tempat ini kita bisa menikmati wahana bermain dengan tema film-film produksi dari Disney. Tempat ini dibuka pertama kali pada tahun 1983.

Dineyland Tokyo dibagi menjadi 7 area yaitu World Bazaar, Tomorrowland, Toontown, Adventureland, Westernland, Critter Country, dan Fantasyland yang masing-masing zona memiliki ke unikan tersendiri. Bagi anda yang membawa anak-anak zona Toontown adalah tempat yang tepat. Lokasinya terletak di 1-1 Maihama, Urayasu, Chiba Prefecture 279-0031.

3. Harajuku

Di tempat ini banyak orang yang mengenakan kostum anime favorit mereka. Dan juga bagi anda yang menjadi penggemar anime, anda bisa berfoto dengan cosplay favorit anda. Tempat ini biasanya ramai di hari-hari tertentu, karena pada hari-hari biasa banyak orang yang masih beraktivitas sehingga menjadi sepi.

4. Sanrio Puroland

Bagi anda pencinta Hello Kitty, tempat ini akan menjadi tempat wisata favorit anda. Tempat ini memiliki berbagai wahana bermain dengan tema Hello Kitty, bahkan apabila perut anda para anda bisa menikmati restoran dengan tema interiornya Hello Kitty.

5. Tempozan Ferris Wheel

Tempat ini terletak di teluk Osaka, sehingga anda bisa menikmati pemandangan laut, gedung bertingkat, hingga pemandangan kota.

6. Dotonburi

Dotonbori street menjadi tempat yang wajib dikunjungi apabila anda berkunjung ke Jepang. Ditempat ini anda bisa berwisata kuliner dan mendapatkan spot foto yang dengan latar belakang Dotonbori street. Dan juga di tempat ini terdapat logo Mr. Gloco yang menjadi salah satu daya tarik tempat ini.

7. Okinawa Churaumi Aquarium

Wahana tempat wisata ini adalah aquarium raksasa, dimana para pengunjung dapat melihat kehidupan laut melalui Kuroshio Tank. Selain itu anda juga bisa melihat atraksi pertunjukkan binatang laut seperti lumba-lumba dan singa laut secara outdoor. Tempat ini terletak di 424 Ishikawa, Motobu, Kunigami District, Okinawa Prefecture 905-0206, Japan.

8. Zoorasia

Kebun binatang ini adalah yang terbesar di Jepang. Selain berwisata, anda dan keluarga juga mendapatkan edukasi yang menarik. Selain melihat satwa, disini juga terdapat taman bermain yang dekat dengan satwa.

9. Nabana No Sato

Wahana ini menawarkan iluminasi yang menarik untuk menarik para pengunjungnya di hari-hari tertentu. Tempat ini terletak di resort Nagashima dan setiap tahunnya menghadirkan iluminasi yang indah bagi para pengunjungnya yang ingin menikmati keindahan panorama dari hiasan-hiasan lampunya.

10. Spa World Osaka

Di sini anda bisa menikmati berbagai wahana air dan kolam air panas. Spa World Osaka memberikan suasana berbeda bagi anda yang ingin merilekskan badan sambil menikmati suasana.

Keistimewaan Negara Jepang

Keistimewaan Negara Jepang

Jepang, salah satu negara besar yang ada di Asia memiliki banyak sekali keistimewaan yang beberapa diantaranya tidak dipunyai oleh negara lain, termasuk Indonesia. Keistimewaan negara Jepang ini membuat Jepang menjadi negara yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Namun tidak hanya itu, berkat keistimewaannya, Jepang juga sering dijadikan negara percontohan bagi negara lain terutama dalam hal teknologi dan pendidikan.

Beberapa keistimewaan lain yang dipunyai oleh negara Bunga Sakura ini antara lain yaitu:

1. Teknologi mutakhir

Jepang memang menjadi negara yang terkenal dengan teknologinya yang canggih dan diakui di dunia. Teknologi paling unggul yang dimiliki Jepang adalah robot, dimensional elevator dan juga mesin terbaik seperti ac, mesin cuci, motor, mobil yang hampir kita semua gunakan sebagai penunjang aktivitas sehari-hari.

2. Makanan yang beragam

Menu andalan yang berasal dari Jepang adalah sushi, sukiyaki, yakiniki, sashimi dan masih banyak lagi. Banyak makanan sehat yang berasal dari Jepang dengan kandungan protein, rendah kalori, dan berbagai zat gizi lainnya. Rata-rata makanan Jepang berasal dari daging, ikan-ikanan, sayuran yang biasanya direbus atau dalam kondisi setengah matang.

3. Festival yang menarik

Di Jepang festival biasanya terdiri dari festival musim dingin, musim gugur, musim panas, dan musim semi. contoh festival terkenal di Jepang adalah Gion Matsuri, Suki Matsori Snow Festival, Kochi Yasakoi, Hakata Dontaku Matsuri, Awa Odori, Kishiwada Danjiri Matsuri dan masih banyak lagi yang akan membuat anda terpukau saat melihatnya.

4. Arsitektur bangunan yang unik

Bangunan di Jepang memiliki gaya arsitektur yang khas seperti benteng bersejarah, kuil dan bangunan modernnya. Jepang juga memiliki Prinsip Monozukuri yang sukses dalam menyelesaikan permasalahan kota-kota di Jepang dalam pembuatan fasilitas publik seperti guidig blok, transportasi publik agar mudah di akses oleh lansia dan difabel.

5. Transportasi

Industri otomotif Jepang sangat terkenal di dunia. Hasil produk otomotif Jepang seperti Toyota, Daihatsu, Mitsubishi, Mazda, Kawasaki, Yamaha adalah sebagian produk Jepang yang tidak diragukan lagi standar kualitasnya.

6. Karakter penduduk Jepang

Orang Jepang terkenal dengan kedisiplinannya yang sangat dijunjung tinggi. Selain itu orang Jepang juga bertindak tepat waktu dan menjaga kebersihan, sehingga orang Jepang lebih memilih menggunakan kereta saat beraktivitas karena lebih cepat, efisien, dan mengurangi polusi.

Itulah beberapa informasi yang bisa anda dapatkan dari negara Jepang. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan bisa menambah wawasan anda mengenai negara Jepang ini. Masih banyak informasi lain yang bisa anda cari mengenai fakta dan ke unikan negara Jepang, dan juga banyak negara-negara lain di dunia.

Peta Jepang : Geografi, Keadaan Alam dan Kondisi Masyarakat

Add Comment