Ingin Jadi Polisi ? Pelajari Dulu Urutan Pangkat Polisi Ini !

Pangkat Polisi – POLRI atau kepanjangannya adalah Kepolisian Republik Indonesia. POLRI merupakan salah satu instusi kepolisian di Indonesia yang bertugas pada bidang ketertiban dan keamanan masyarakat, melindungi, mengayomi masyarakat Indonesia dan menegakkan hukum di seluruh Indonesia. POLRI memiliki tujuan untuk menjaga keamanan dalam negeri, mencangkup ketertiban masyarakat, kestabilan dan keamanan.

Selain itu, juga diadakannya pelayanan, pengayoman dan perlindungan hukum terhadap masyarakat Indoensia untuk menghormati hak asasi manusia. Lalu, apa sajakah nama- nama pangkat polisi dari pangkat yang tertinggi sampai pangkat terendah? Berikut ini, ulasan singkat tentang pangkat polisi di Negara Republik Indonesia.

Pangkat Polisi Tantama

Tantama POLRI adalah seorang prajurit kepolisisan dan disiapkan sebagai pelaksana tugas tertentu dalam kepolisisan. Dalam posisi pangkat Tantama Polisi dituntut untuk menjadi prajurit yang paling siap atas perintah atasan. Memiliki loyalitas tinggi, profesionalisme, terampir dan mahir menjadikan Tantama sebagai pelaksana tugas yang paling ulet, jujur dan pantang menyerah.

Di negara lain, polisi di tingkat tantama di sebut juga private. Pangkat Tantama POLRI yaitu golongan pangkat di kepolisian yang terendah. Jabatan yang termasuk golongan pangkat Tantama POLRI terdiri dari Bhayangkara Dua (Bharada), Bhayangkara Satu (Bharatu), Bhayangkara Kepala (Bharaka), Ajun Brigadir Polisi Dua (Abripda), Ajun Brigadir Polisi Satu (Abriptu) dan terakhir Ajun Brigadir Polisi (Abrip)

• Bharada (Bhayangkara Dua)

Pangkat Polisi
Pangkat Polisi

Dulunya pangkat ini namanya hampir sama dengan pangkat Militer yaitu Prajurit Dua. Nah, saat ini sebagai pembeda dan untuk mempertegas identitas kemudian namanya diganti menjadi Bhayangkara Dua atau sering di sebut Bharada.

Anda dapat melihat Bharada sering berperan sebagai pendamai berbagai penyebab konflik agama, penyebab konflik antar suku yang sering terjadi dalam masyarakat.

• Bharatu (Bhayangkara Satu)

Pangkat Polisi
Pangkat Polisi

Setelah pangkat Bharada kemudian ada pangkat yang sedikit lebih tinggi di atasnya yaitu Bhayangkara Satu (Bharatu). Nama ini juga sudah mengalami perubahan, sebelum tahun 2001 namanya masih Prajurit Satu. Nama tersebut sama di tingkat kemiliteran Indonesia termasuk dalam militer terkuat di Asia Tenggara.

• Bharaka (Bhayangkara Kepala)

Pangkat Polisi
Pangkat Polisi

Setelah pangkat Bhayangkara Kepala (Bharaka), ada pangkat di atasnya lagi yang lebih tinggi yaitu Bhayangkara Satu atau disingkat Bharatu. Pangkat Bharaka dilambangkan dengan tanda tiga garis miring berwarna merah. Dulunya nama pangkat ini masih Prajurit Kepala atau disingkat Praka.

Pada tahun 2001 di Indonesia mengalami perombakan nama pangkat di kepolisian. Nama sebelumnya adalah Prajurit Kepala kemudian diganti namanya menjadi Bhayangkara Kepala atau disingkat Bharaka.

• Abripda (Ajun Brigadir Polisi Dua)

Pangkat Polisi
Pangkat Polisi

Di atas pangkat Bhayangkara Kepala juga masih ada pangkat yang lebih tinggi lagi. Pangkat di atas Bhayangkara Kepala adalah Ajun Brigadir Polisi Dua atau disingkat Abripda. Pangkat ini juga pernah mengalami perombakan nama hingga dua kali. Nama yang pertama adalah Kopral Kepala, sama seperti posisi kemiliteran Indonesia yang termasuk personel militer terbaik dunia.

Pangkat Abripda ini memegang posisi terbawah di posisi Ajun Brigadir. Pangkat ini di lambangkan dengan tanda V terbalik dengan warna merah.

• Abriptu (Ajun Brigadi Kepala Satu)

Pangkat Polisi
Pangkat Polisi

Selanjutnya pangkat yang lebih tinggi lagi yaitu Ajun Briadi Kepala Satu atau disingkat Abriptu. Nama pangkat ini juga sudah mengalami perubahan, dulu namanya Kopral Satu dan sekarang menjadi Abriptu.

• Abripol (Ajun Brigadir Polisi)

Pangkat Polisi
Pangkat Polisi

Pangkat selanjutnya yaitu Ajun Brigadir Polisi atau Abripol. Nama Abrip sendiri sudah mengalami perubahan sampai dua kali. Nama yang pertama adalah Kopral Kepala yang mana termasuk dalam personel militer terbaik di dunia.

Kemudian nama perubahan yang ke dua adalah Bhyangkara Utama I. Pangkat ini merupakan yang tertingi di kelas Tantama dan masih di bawah Bintara.

Pangkat Polisi Bintara

Bintara Polisi atau Bintara POLRI adalah pelayan untuk masyarakat terdepan dari Kepolisian Negara Republik Indonesia. Seluruh anggota masyarakat yang memerlukan pelayanan dari pihak kepolisian, hampir semuanya berhadapan dengan polisi pangkat Bintara. Mulai dari mengurus SIM, melaporkan perkara bahkan menanyakan jalan.

Bintara merupakan salah satu tulang punggung di kesatuan militer yang berperan sebagai penghubung antara polisi Tantama dan polisi Perwira dalam segi operasional. Pelatih dalam instasi POLRI berasal dari golongan Bintara untuk merekrut aparat yang professional.

Pangkat Bintara POLRI terdiri dari Brigadir Polisi Dua (Bripda), Brigadir Polisi Satu (Briptu), Brigadir Polisi (Brigpol) dan Brigadir Polisi Kepala (Bripka)

• Brigadir Polisi Dua (Bripda)

Pangkat Polisi
Pangkat Polisi

Brigadir Polisi Dua atau di singkat Bripda merupakan pangkat terbawah di kelas Bintara. Dulu sebelum mengalami perubahan, nama Bripda adalah Sersan Dua Polisi. Bripda sendiri memiliki posisi yang sama dengan Sersan Dua di dalam kemiliteran.

• Brigadir Polisi Satu (Briptu)

Pangkat Polisi
Pangkat Polisi

Kemiliteran Indonesia juga termasuk dalam angkatan bersenjata terbaik di dunia dan memiliki pangkat Sersan Satu. Sersan Satu merupakan tingkat yang sama dengan salah satu pangkat di kepolisian yaitu Brigadir Polisi Satu yang membawahi Bripda atau Brigadir Polisi Dua. Sebelum namanya berubah menjadi Briptu, dulu namanya adalah Sersan Satu Polisi.

• Brigadir Polisi (Brigpol)

Pangkat Polisi
Pangkat Polisi

Selanjutnya ada pangkat yang lebih tinggi dari Briptu yaitu Brigadir Polisi. Pangkat Brigadir Polisi inilah yang memastikan bahwa pangkat Brigadir Polisi satu dan Brigadir Polisi Dua sudah menjalankan tugasnya secara tertip dan konsisten.

Selain itu, pangkat Brigadir Polisi juga sudah mengalami perubahan nama, dulu namanya adalah Sersan Kepala Polisi. Pangkat Brigadir Polisi dilambangkan dengan tanda tiga v terbalik dan berwarna perak.

• Brigadir Polisi Kepala (Bripka)

Pangkat Polisi
Pangkat Polisi

Setelah pangkat ke tiga di atas, Bripda, Briptu dan Brigpol tentunya masih ada lagi pangkat yang lebih tinggi yaitu Brigadir Polisi Kepala atau disingkat Bripka. Pada posisi ini, mereka sangat berperan penting di kelas Bintara. Bripka memiliki tugas untuk melakukan controlling dan pengawasan terhadap semua Brigadir- Brigadir bawahannya.

Bripka sendiri dulunya memiliki nama Sersan Mayor sebelum ada perubahan nama pada tahun 2011 dan diganti namanya menjadi Brigadir Polisi Kepala (Bripka)

Pangkat Polisi Bintara Tinggi

Bintara Tinggi POLRI adalah pangkat dalam kepolisian yang tingkatannya satu tingkat di bawah Perwira Pertama dan satu tingkat di atas Bintara. Bintara Tinggi terdiri dari Ajun Inspektur Polisi Satu ( Aiptu dan Ajun Inspektur Polisi Dua (Aipda). Golongan pangkat Bintara Tinggi POLRI posisinya di tengah- tengah atau satu tingkat di atas kelompok Bintara.

Bintara POLRI memiliki tugas yang tidak kalah penting dengan Perwira, bahkan Bintara Tinggi Polisi merupakan perpanjangan tangan oleh para Perwira untuk melaksanakan perintah langsung dari atasan. Para Bintara Tinggi selalu dituntut oleh atasan dalam pengembangan diri, pengalaman lapangan yang cukup, kesiapan moral, mental dan pengetahuan untuk mewujudkan suatu misi pekerjaan tertentu.

• Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu)

Pangkat Polisi
Pangkat Polisi

 

Pangkat satu di atasnya yaitu Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu). Apabila Aipda tugasnya membantu sebagai pembantu Letnan Dua. Sedangkan Aiptu tugasnya untuk membantu Letnan Satu. Aipda dan Aiptu memiliki lambang yang sangat unik yaitu huruf v terbalik dan terhubung seperti ombak yang berada di laut dan berwarna perak.

Ajun Inspektur Polisi dalam tingkatan Bintara Tinggi harus memiliki keahlian khusus yang dapat merealisasikan perintah supaya menjadi tindakan yang nyata, fokus, fektif, efisien dan tepat pada sasaran.

• Ajun Inspektur Polisi Dua (Aipda)

Pangkat Polisi
Pangkat Polisi

Ajun Inspektur Polisi Dua atau Aiptu tugasnya adalah membantu keperluan letnan satu. Aipda dan Aiptu memiliki lambang yang sangat unik yaitu huruf v terbalik seperti lambang pada tingkatan Aiptu.

Sebagai senior dari pangkat Bintara, para Bintara Tinggi harus bisa memberikan contoh yang baik kepada para Bintara. Tanpa bantuan para Bintara tinggi maka para Bintara yang rata- rata anggotanya masih muda akan kehilangan arah dan pegangan dalam menghadapi sebuah konflik baik konflik internal maupun eksternal.

Pangkat Polisi Perwira Pertama

Perwira merupakan salah satu pangkat tertinggi dalam jabatan polisi. Pada pangkat Perwira POLRI terdiri dari tiga urutan lagi yaitu Perwira Pertama, Perwira Menengah dan Perwira Tinggi. Jadi, Perwira Pertama merupakan urutan pangkat polisi satu tingkat di atas bintara tinggi dan satu tingkat lebih rendah di bawah pangkat Perwira Menengah.

Perwira Pertama terdiri dari Senior Inspektur Polisi, Inspektur Polisi Tinggi dan Inspektur Polisi Dua. Sedangkan yang termasuk Perwira POLRI golongan pertama adalah Inspektur Polisi Dua atau sering disingkat Ipda dan selanjutnya adalah Inspektur Polisi Satu atau disingkat Iptu dan yang terakhir adalah Ajun Komersaris Polisi atau disingkat AKP.

• Inspektur Polisi Dua (Ipda)

Pangkat Polisi
Pangkat Polisi

Setelah melewati kelas Bintara Tinggi, tingkat selanjutnya yaitu jenjang Perwira. Dalam kelas perwira ada yang namanya pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda). Inspektur Polisi Duat akan dibantu oleh Aipda. Sedangkan Ipda sendiri memiliki tingkat kemiliteran yaitu Letnan Dua. Lambang dari pangkat Ipda yaitu satu balok dengan warna emas.

• Inspektur Polisi Satu (Iptu)

Pangkat Polisi
Pangkat Polisi

Berbeda dengan pangkat Ipda, Iptu akan dibantu dengan pangkat yang berbeda dengan Ipda dibawahnya yaitu Ajun Inspektur Polisi Satu (Iptu). Iptu sendiri memiliki nama kemiliteran yaitu Letnan Satu, yang berada lebih tinggi dari pada Letnan Dua. Apabila Letnan Dua memiliki satu balok emas, maka Iptu memiliki dua balok emas sebagai lambang pangkat ini.

• Ajun Komisari Polisi (AKP)

Pangkat Polisi
Pangkat Polisi

Selanjutnya merupakan pangkat tertingi dalam Perwira Pertama yaitu Ajun Komisaris Polisi atu AKP. Akp menjabat sebagai senior dari ke dua komisaris yang ada dibawahnya. Apabila komisaris menjabat seperti Letnan dalam kemiliteran, maka Akp tersebut seperti halnya dengan kaptennya. Tuganya adalah memegang kontrol untuk bawahannya. Pangkat Akp sendiri dilambangkan dengan tiga balok berwarna emas.

Pangkat Polisi Perwira Menengah

Urutan pangkat selanjutnya adalah Perwira Menengah. Pangkat Perwira Menengah lebih tinggi satu tingkat dari Perwira Tinggi dan lebih rendah satu tingkat dari Perwira Pertama. Perwira Menengah terdiri dari Senior Superentenden, Superentenden dan Asisten Superentenden.

Sedangkan yang termasuk golongannya adalah Komisaris Polisi (Kompol), Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) dan Komisi Besar Polisi atau disingkat Kombes Pol.

• Komisaris Polisi (Kompol)

Pangkat Polisi
Pangkat Polisi

Meskipun kita sudah melewati ketiga tingkat pada kelas Bintara Tinggi. Tetapi masih ada lagi kelas yang harus kita mengerti yaitu Perwira menengah. Dalam tingkatan Perwira, pangkat yang paling rendah adalah pangkat Komisaris Polisi (Kompol). Komisaris Polisi atau Kompol bertugas sebagai asisten Ajun Komisaris Besar Polisi yang mana tingkatnya di atas satu tingkat dari Perwira Pertama.

Pangkat Komisari Polisi (Kompol) dilambangkan dengan satu diamond atau bunga berwarna emas. Lambang ini merupakan pangkat Mayor dalam kepolisian. Perlu Anda ketahui, meskipun kepolisian tidak ikut turut langsung dalam menangani penyebab pelanggaran HAM vertical, tetapi disini tugas kepolisian sangat penting.

• Ajun Komisi Besar Polisi (AKBP)

Pangkat Polisi
Pangkat Polisi

Selanjutnya adalah Ajun Komisi Besar Polisi (AKBP) dan pada saat bertugas dibantu oleh Komisaris Polisi atau Kompol. Pangkat ini disebut Superintendent, tetapi sebelum tahun 2011. Pangkat AKBP ini masih memiliki senior yang terletak di atasnya bernama Komisaris Besar Polisi atau disingkat Kombes Pol. Pangkat ini dilambangkan dengan dua diamond berwarna emas.

• Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol)

Pangkat Polisi
Pangkat Polisi

Komisaris Besar Polisi merupakan pangkat tertinggi di tingkat Pewira. Komisaris Besar Polisi atau yang disingkat Kombes Pol dulunya juga memiliki senior yang disebut superintendent atau senior yang disebut Ajun Komesaris Besar Polisi (AKBP).

Ajun Komisiris Besar Polisi sama halnya pangkatnya dengan Kolonel kemiiteran yang membawahi adalah Letnan Kolonel dan Mayor. Pangkat Ajun Komisiris Besar Polisi dilambangkan dengan tiga buah diamond atau bunga berwarna emas.

Pangkat Polisi Perwira Tinggi

Urutan pangkat polisi yang terakhir adalah Perwira Tinggi. Jadi jabatan yang tertinggi di kepolisian Negara Republik Indonesia adalah Perwira Tinggi. Jabatan dalam Perwira Tinggi meliputi Jendral Polisi, Komisaris Jendral Polisi, Inspektur Jendral Polisi disingkat dengan Komjen Pol dan yang terakhir adalah Jendral Polisi atau disingkat Jendral Pol.

Untuk golongannya yang termasuk dalam golongan Pangkat Perwira Tinggi POLRI meliputi Brigadir Jendral Polisi atau disingkat Brigjen Pol, Inspektur Jendral Polisi atau disingkat dengan Irjen Pol, Komisaris Jendral Pol atau biasa disingkat Komjen Pol dan yang terakhir adalah Jendral Polisi yang disingkat Jendral Pol.

• Brigadir Jendral Polisi (Brigjen Pol)

Pangkat Polisi
Pangkat Polisi

Pangkat tertinggi dalam kepolisian adalah Perwira Tinggi. Tingkat yang pertama adalah Brigadir Jendral Polisi atau disingkat Brigjen Pol. Brigadir Jendral Polisi ini memiliki pangkat yang setara dengan Brigadir Jendral atau yang disingkat Brigjen Pol. Pangkat ini dilambangkan dengan satu bintang emas.

Dan perlu kita ketahui bahwa polisi juga memiliki peran penting dalam menangani beberapa faktor pelanggaran HAM yang termasuk didalamnya adalah penyebab konflik horizontal. Brigadir Polisi ini yang harus memastikan apakah brigadir satu dan brigadir dua menjalankan tugasnya dengan tertib dan konsisten atau tidak.

• Inspektur Jendral Polisi (Irjen Pol)

Pangkat Polisi
Pangkat Polisi

Pangkat yang ke dua adalah Inspektur Jendral Polisi atau disingkat Irjen Pol dan tingkatanya berada di atas satu tingkat dari Brigjen Pol. Inspektur Jendral Polisi ini memiliki pangkat yang setara dengan Mayor Jendral yang membawahi Brigadir Jendral. Pangkat ini dilambangkan dengan dua buah bintang.

• Komiaris Jendral Polisi (Komjen Pol)

Pangkat Polisi
Pangkat Polisi

Selanjutnya adalah Komisaris Jendral Polisi atau disingkat Komjen Pol memiliki pangkat yang setara dengan pangkat Letnan Jendral yang berada di kepolisian Indonesia. Komisaris Jendral ini membawahi dua perangkat penting yaitu Brigadir Jendral dan Inspektur Jendral Polisi. Komjen Pol ini dilambangkan dengan tiga bintang emas.

• Jendral Polisi (Jendral Pol)

Pangkat Polisi
Pangkat Polisi

Pangkat terakhir dalam kepolisian adalah Jendral Polisi (Jendral Pol) dan merupakan pangkat tertinggi di Indonesia. Jedral Polisi saat ini di jabat oleh Tirto Karnavian. Terakhir menjabat sebagai Kepala Badan penanggulangan terorisme Indonesia. Tetapi ada satu lagi Jendral Polisi di Indonesia adalah Budi Gunawan. Dua Jendral Polisi tersebut memiliki empat bintang emas.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Pangkat Polisi

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: