36 Hewan Langka yang Terancam Punah, Sudah Pernah Lihat ?

Hewan Langka – Hewan merupakan salah satu makhluk hidup yang tinggal di muka bumi ini, hewan sendiri memiliki peranan yang sangat penting dalam habitatnya. Hewan memiliki peranan untuk menjaga kelestarian alam, sedangkan bagi manusia hewan dapat digunakan sebagai sumber makanan maupun untuk membantu pekerjaan seorang manusia.

Namun di zaman sekarang banyak hewan yang terancam punah atau biasa disebut dengan Hewan langka, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor mulai rusaknya habitat, iklim yang berubah, hingga perburuan besar-besaran yang dilakukan oleh manusia. Berikut ini adalah hewan-hewan langka yang ada di dunia dan terancam mengalami kepunahan.

Hewan Langka – Komodo

Hewan Langka
Hewan Langka

Hewan langka yang pertama adalah komodo, hewan ini hanya dapat ditemui di wilayah Indonesia tepatnya di pulau komodo. Komodo merupakan hewan karnivora yang memiliki tubuh besar seperti biawak maupun kadal, banyak penelitian yang menduga hewan ini adalah evolusi dari kadal yang berlangsung selama jutaan tahun lamanya.

Komodo sendiri kini telah menjadi hewan yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia dengan dibangunnya Taman Nasional Komodo. Hal ini dikarenakan di habitatnya komodo semakin berkurang jumlahnya, hal ini disebabkan oleh banyak faktor mulai perburuan ilegal hingga lambatnya perkembang biakan yang dilakukan oleh komodo.

Hewan Langka – Burung Jalak Bali

Hewan Langka
Hewan Langka

Burung Jalak Bali atau dalam Bahasa Latin disebut Leucopsar rothschildi merupakan satwa endemis Indonesia yang berasal dari Pulau Bali. Burung ini pertama kali ditemukan pada tahun 1910 yang ditemukan oleh pakar binatang dari Inggris yaitu Walter rothchild. Burung jalak bali sendiri memiliki karakteristik yang begitu cantik dengan bulunya yang putih bersih dan warna biru di sekitar matanya.

Di habitat aslinya burung ini mengalami penurunan jumlah yang sangat signifikan, dan pada tahun 1984 dinyatakan sebagai hewan yang terancam punah dan dilindungi oleh pemerintah Indonesia. Langkanya burung ini dikarenakan adanya perburuan liar dan proses berkembang biak yang lambat karena burung ini hanya dapat menghasilkan maksimal 3 terlis saja setiap perkawinan.

Hewan Langka – Macan Tutul Jawa

Hewan Langka
Hewan Langka

Macan Tutul Jawa adalah hewan yang dinyatakan langka dan terancam punah pada tahun 2007 dan termasuk dalam red list di IUCN. Macan tutul jawa adalah spesies macan tutul yang memiliki ukuran paling kecil dengan penglihatan yang sangat tajam. Macan ini adalah hewan endemis Pulau Jawa.

Kini macan tutul jawa telah dilindungi oleh pemerintah Indonesia dan dapat ditemukan di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, diketahui langkanya macan ini disebabkan oleh rusaknya habitat asli dan adanya perburuan liar yang dilakukan oleh masyarakat.

Hewan Langka – Dugong

Hewan Langka
Hewan Langka

Dugong atau biasa disebut dengan ikan duyung adalah spesies mamalia laut yang hidup indo pasifik, ikan ini juga dapat dijumpai di sekitar perairan sebelah utara dari Australia. Hewan yang merupakan kerabat dekat dari gajah ini memiliki populasi yang semakin menurun setiap tahunnya.

Dugong ini banyak diburu untuk diambil daging dan minyaknya, selain itu penyebab utama langkanya dugong diduga karena perubahan iklim yang sangat ekstrem sehingga sulitnya dugong untuk tetap bertahan hidup di habitat aslinya.

Hewan Langka – Penyu

Hewan Langka
Hewan Langka

Penyu adalah spesies hewan laut yang diduga sudah ada sejak zaman dinosaurus, hewan ini adalah kerabat dari spesies kura-kura. Penyu ini dapat ditemui di seluruh samudra di dunia, namun dikatakan penyu adalah hewan langka yang terancam kepunahan.

Banyak hal yang menyebabkan penyu semakin sulit ditemui di laut, salah satunya adalah banyaknya pemangsa yang mengincar tukik atau anak penyu. Selain itu adanya perburuan telur penyu yang dilakukan oleh manusia membuat hewan ini semakin lama populasinya semakin berkurang.

Hewan Langka – Panda

Hewan Langka
Hewan Langka

Panda adalah hewan langka yang merupakan hewan endemis negara Tiongkok, hewan ini banyak tersebar di wilayah pegunungan Tiongkok seperti Sichuan dan Tibet. Makanan pokok panda yaitu bambu walaupun hewan ini sebenarnya adalah omnivora, di habitat aslinya panda juga memakan serangga untuk memenuhi protein yang dibutuhkan oleh tubuhnya.

Hewan lucu yang satu ini dinyatakan sebagai Hewan langka dan terancam punah karena menurunnya populasi panda yang ada di habitat aslinya. Diduga kuat banyak panda yang mati karena rusaknya habitat sehingga panda kesulitan untuk mencari makan. Selain itu tingkat kelahiran yang sangat rendah adalah penyebab lainnya yang membuat hewan ini semakin terancam.

Hewan Langka – Gajah

Hewan Langka
Hewan Langka

Gajah merupakan salah satu mamalia dengan ukuran yang sangat besar, hewan ini memiliki karakteristik yang unik dengan belalainya serta telinganya yang cukup besar. Gajah ini dinyatakan sebagai hewan langka yang terancam keberadaannya oleh IUCN, hal ini disebabkan penurunan populasi hewan gajah di habitat aslinya.

Terancamnya hewan ini bukanlah karena hewan karnivora seperti singa atau harimau, melainkan karena rusaknya habitat mereka. Dengan rusaknya habitat gajah akan semakin sulit mencari makan karena hewan ini adalah herbivora. Selain itu adanya perburuan liar untuk diambil gadingnya merupakan salah satu pemicu berkurangnya tingkat populasi gajah di habitat aslinya tersebut.

Hewan Langka- Badak

Hewan Langka
Hewan Langka

Badak adalah spesies hewan dengan ciri khas cula yang terdapat pada kepalanya, hewan in banyak dijumpai di kawasan Asia dan Afrika. Namun badak dinyatakan sebagai hewan langka dan terancam di habitat aslinya, hal ini disebabkan adanya kepercayaan bahwa cula badak berguna bagi kesehatan terutama pada ilmu obat-obatan tradisional Cina.

Kini banyak negara yang mengecam tindakan ini seperti Inggris, Afrika, Indonesia, bahkan pemerintah Cina juga menghapuskan cula badak dari daftar obat-obatan tradisional. Namun masih banyak perburuan yang dilakukan terhadap badak karena banyaknya permintaan dari Vietnam dan negara Cina itu sendiri.

Hewan Langka – Merak

Hewan Langka
Hewan Langka

Merak adalah spesies burung yang termasuk dalam genus pavo dan afropavo dan termasuk familia ayam hutan. Merak memiliki karakteristik yang cantik dengan warnanya yang cerah dan ekornya memiliki ukuran besar dan dapat dikembangkan sehingga terlihat indah, hal ini dilakukan merak untuk menarik perhatian lawan jenisnya saat musim kawin telah tiba.

Sayangnya hewan cantik asal Indonesia ini semakin terancam karena banyaknya perburuan merak untuk dijadikan hewan peliharaan maupun untuk diambil bulunya yang indah. Banyak upaya yang telah dilakukan untuk melindungi satwa yang satu ini, bahkan spesies yang benar-benar terancam adalah merak hijau atau pavo maticus yang kini sangat sulit ditemui di habitat aslinya.

Hewan Langka – Burung Cenderawasih

Hewan Langka
Hewan Langka

Burung Cenderawasih adalah burung yang menjadi maskot Pulau Papua ini memiliki sebanyak 30 spesies yang 28 jenis terdapat di Papua. Burung ini dapat ditemui di Papua, Pulau Torres, dan Australia bagian timur. Burung ini memiliki karakteristik yang sangat indah dengan warnanya yang beragam seperti putih, kuning, coklat, dan hijau menjadi satu di bulu seekor burung cenderawasih ini.

Dengan bulunya yang indah di Eropa burung ini bahkan disebut dengan bird of paradise yang artinya burung dari surga. Namun dengan keindahannya ini membuat burung cenderawasih menjadi hewan yang langka karena banyaknya perburuan untuk dijual di pasaran. Habitatnya pun sudah sangat mengkhawatirkan sehingga membuat burung ini semakin terancam keadaannya.

Hewan Langka – Elang Flores

Hewan Langka
Hewan Langka

Elang Flores atau dapat disebut juga dengan spizaetus floris adalah burung endemis yang dimiliki oleh Indonesia, tepatnya terdapat di Pulau Flores Nusa Tenggara. Kini elang ini telah masuk di zona merah IUCN dan dinyatakan kritis. Hal ini disebabkan jumlahnya yang tidak lebih dari 250 ekor saja yang tersisa di habitat asli maupun di pusat Taman Nasional.

Langkanya elang flores diduga karena rusaknya habitat asli dari burung ini yaitu pulau Flores, sehingga membuat elang ini kesulitan untuk mencari makan dan sulit untuk bisa tetap bertahan hidup di habitat aslinya tersebut.

Hewan Langka – Kucing Merah Kalimantan

Hewan Langka
Hewan Langka

Kucing Merah adalah hewan endemis asli Pulau Kalimantan, tidak seperti kucing lainnya kucing ini memiliki warna merah di seluruh tubuhnya. Kucing ini telah masuk sebagai Hewan langka dan terancam punah sejak tahun 2002 yang ditetapkan oleh IUCN. Jumlah populasi di habitat aslinya kucing ini diperkirakan hanya tersisa sebanyak 2.500 ekor saja 2007.

Akibat rusaknya habitat membuat kucing ini mengalami penurunan yang sangat drastis setiap tahunnya, bahkan di beberapa tahun terakhir kucing ini mengalami penurunan populasi sebanyak 20%.

Hewan Langka – Kadal Berduri Australia

Hewan Langka
Hewan Langka

Kadal Berduri adalah salah satu hewan endemis yang dimiliki oleh Australia, hewan ini adalah contoh nyata adanya evolusi yang terjadi karena lingkungan hidup. Kadal ini memiliki duru di seluruh tubuhnya yang berguna untuk melindungi diri dari pemangsa dan panasnya cuaca di gurun Australia.

Hewan ini terancam punah karena adanya perubahan iklim yang sangat ekstrem terjadi di Australia, bahkan bukan hanya di Australia perubahan iklim ini banyak dirasakan di negara-negara dunia.

Hewan Langka – Ikan Arwana Merah

Hewan Langka
Hewan Langka

Ikan Arwana Merah adalah hewan endemis asal Indonesia, ikan tersebar di daerah Kalimantan Barat seperti di Sungai Kapuas dan Danau Sentarum. Hewan ini dinyatakan sebagai hewan langka yang sangat terancam karena adanya penangkapan liar yang dilakukan oleh masyarakat baik untuk di konsumsi maupun untuk di jual sebagai ikan hias.

Selain itu perairan yang tercemar membuat ikan ini sulit untuk bertahan hidup sehingga dinyatakan langka dan terancam.

Hewan Langka – Kura Kura Leher Ular

Hewan Langka
Hewan Langka

Kura-kura Leher Ular adalah salah satu spesies dari kura-kura yang dimasukkan ke dalam hewan langka oleh IUCN. Kura-kura ini berasal dari Pulau Rote Nusa Tenggara Timur. Ciri khas kura-kura ini adalah lehernya yang panjang seperti ular, leher yang panjang ini bahkan membuat kura-kura ini tidak bisa memasukkan kepala dan lehernya ke dalam tempurung.

Hal tersebutlah yang membuat kura-kura ini semakin langka karena mereka tidak bisa sembunyi dari hewan pemangsa di luar sana.

Hewan Langka – Kanguru Pohon

Hewan Langka
Hewan Langka

Kanguru Pohon adalah salah satu spesies dari kanguru, binatang ini banyak ditemukan di Papua Nugini dan Australia. Seperti namanya kanguru pohon adalah spesies yang hidup di pohon dan ukurannya lebih kecil ketimbang kanguru pada umumnya. Hewan ini juga memiliki karakteristik yang sama dengan kanguru lainnya yaitu memiliki kantung untuk membawa anak-anaknya.

Kanguru ini terancam punah karena habitat yang mereka tempati banyak yang rusak dan pohon banyak ditebang sehingga mereka kehilangan habitat.

Hewan Langka – Macan Tutul Amur

Hewan Langka
Hewan Langka

Macan Tutul Amur merupakan salah satu spesies macan yang berasal dari Rusia, di saat ini macan tersebut memiliki jumlah tak lebih dari 30 ekor saja sehingga menjadi hewan langka yang terancam punah. Terdapat perburuan adalah penyebab utamanya, biasanya buru macan ini digunakan untuk membuat jaket dan barang lainnya karena bulunya yang cantik serta sangat tebal.

Banyak negara kini mengupayakan macan ini untuk bisa tetap lestari, salah satunya adalah negara prancis yang menaruh perhatian lebih kepada spesies tersebut.

Hewan Langka – Saola

Hewan Langka
Hewan Langka

Saola adalah spesies yang berkerabat dekat dengan sapi dan kambing, hewan ini memiliki tanduk di kepalanya dan banyak yang menyebutnya sebagai unicorn dari Asia. Hewan ini terlihat pertama kali di daratan Annam sekitar negara Vietnam dan Laos pada tahun 1992.

Hewan ini adalah salah satu hewan yang dalam kondisi kritis dimana hanya terdapat puluhan saja jumlah saola yang ada saat ini.

Hewan Langka – Harimau Sumatra

Hewan Langka
Hewan Langka

Harimau Sumatra atau dalam Bahasa Latin bernama Panthera Tigris Sondaica adalah spesies Hewan langka dan terancam punah ditetapkan oleh IUCN. Harimau ini merupakan satwa atau endemis asli Pulau Sumatra dimana jumlah di habitat aslinya hewan ini hanya tersisa sekitar 400 sampai 500 ekor saja.

Penyebab utama berkurangnya populasi hewan ini diduga disebabkan oleh rusaknya habitat yang ada di Sumatra, bahkan di Taman Nasional Sumatra tercatat banyak harimau ini yang mengalami kematian.

Hewan Langka – Harimau Siberia

Hewan Langka
Hewan Langka

Harimau Siberia merupakan spesies harimau terbesar ketimbang jenis harimau lainnya, hewan ini juga sama dengan Harimau Sumatra yang ditetapkan sebagai hewan langka oleh IUCN. Hal tersebut dikarenakan Harimau Siberia hanya tersisa sebanyak 400 sampai 500 ekor saja di habitat aslinya.

Sama dengan hewan lainnya Harimau Siberia langka karena adanya perburuan serta berkurangnya habitat aslinya.

Hewan Langka – Lemur Bambu Besar

Hewan Langka
Hewan Langka

Lemur merupakan satwa endemis dari Madagaskar Afrika, lemur ini memiliki beberapa jenis yang salah satunya adalah Lemur Bambu Besar. Jenis ini dikatakan mengalami penurunan jumlah populasi di habitat aslinya, hanya sekitar 200 ekor saja yang dapat ditemui di habitatnya tersebut. Hal ini disebabkan oleh perubahan iklim dan cuaca ekstrem yang terjadi di Madagaskar Afrika.

Hewan Langka – Tupai Jepang

Hewan Langka
Hewan Langka

Tupai Jepang adalah spesies tupai yang berasal dari negara matahari terbit ini memiliki ciri khas bulunya yang berwarna merah terang. Di Jepang sendiri tupai ini terdapat di beberapa daerah, namun telah mengalami penurunan secara drastis tingkat populasinya, hal ini lagi-lagi disebabkan oleh berkurangnya habitat karena terdapat banyak pembangunan yang merusak habitat aslinya.

Bahkan di beberapa daerah di Jepang hewan yang satu ini tidak ada sama sekali, atau bisa dikatakan semua populasi tupai di daerah tersebut telah mengalami kematian.

Hewan Langka – Ibis Jepang

Hewan Langka
Hewan Langka

Ibis Jepang adalah sejenis burung yang berasal dari negara Jepang, burung ini merupakan kerabat dekat dari burung bangau. Namun burung ibis jepang memiliki ciri khas yaitu warna bulunya yang merah dan terlihat indah. Namun sayangnya burung ini mengalami penurunan populasi yang sangat drastis dan kini hanya tersisa sekitar 750 ekor saja di habitat aslinya.

Walaupun disebut berasal dari Jepang namun kenyataannya burung ini juga terdapat di negara Korea dan juga negara cina.

Hewan Langka – Kucing Iriomote

Hewan Langka
Hewan Langka

Kucing Iriomote adalah spesies kucing endemis Pulau Iriomote Jepang, spesies ini memililiki warna hitam kemerahan dan ukurannya pun cukup besar. Kucing ini telah masuk ke dalam daftar kritis di IUCN pada tahun 2008 yang lalu, hal ini dikarenakan kucing tersebut mengalami penurunan yang sangat drastis dan hanya tersisa 250 ekor pada tahun 2008 dan setiap tahunnya terus berkurang.

Daya tarik dari kucing ini yaitu bulunya yang sangat tebal terutama di bagian ekornya, dan tubuhnya yang gemuk menjadikan kucing ini tampak lebih lucu ketimbang kucing pada umumnya.

Hewan Langka – Wombat Hidung Berbulu

Hewan Langka
Hewan Langka

Wombat Hidung Berbulu adalah salah satu spesies wombat yang memiliki ciri khas di hidungnya, hewan ini terbilang sangat langka dan hanya bisa dijumpai di negara Australia. Bahkan di habitat aslinya saja hewan ini tak lebih dari 300 ekor saja, hal ini disebabkan oleh rusaknya habitat dan perubahan iklim atau cuaca yang terjadi di Australia.

Tak heran jika hewan ini sangatlah langka karena dulu sudah sempat dikatakan punah selama 5 tahun, namun ditemukan kembali dan jumlahnya pun tidak terlalu banyak sehingga Australia begitu ketat untuk menjaga dan melestarikan hewan ini.

Hewan Langka – Pika Cina

Hewan Langka
Hewan Langka

Pika Cina adalah spesies binatang yang sangat mirip dengan beruang dan kelinci, bentuknya gemuk serta berwarna cokelat. Hewan ini sekilas nampak sangat lucu seperti panda, hal inilah yang menyebabkan banyaknya masyarakat yang menangkapnya dan dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Namun pika cina kini sangat sulit untuk ditemukan di habitat aslinya, bahkan banyak yang berpendapat bahwa hewan menggemaskan ini sudah mengalami kepunahan.

Hewan Langka – Katak Merah atau Katak Api

Hewan Langka
Hewan Langka

Katak Merah atau katak api merupakan salah satu katak yang memiliki karakteristik yang sangat menarik. Katak ini pada umumnya memiliki ukuran yang cukup besar dengan warna yang merah mencolok. Disebut di IUCN bahwa katak ini mengalami penurunan populasinya di habitat asli mereka.

Banyak yang berpendapat bahwa katak ini banyak diburu untuk dijadikan obat, namun banyak juga yang mengatakan penurunan populasi katak merah atau katak api dikarenakan perubahan iklim yang sangat ekstrem di habitat aslinya sehingga menyebabkan katak ini tidak bisa bertahan dan mengalami kematian.

Hewan Langka – Tupai Merah

Hewan Langka
Hewan Langka

Tupai Merah merupakan Hewan langka yang terancam punah, hewan ini adalah spesies tupai yang hidup di utara Inggris dan Skotlandia. Karakteristiknya sendiri tupai ini memiliki warna merah terutama bagian punggung dan ekornya. Namun di habitat aslinya tupai merah sangatlah sedikit.

Bahkan dinyatakan sebagai hewan yang kritis. Hal ini disebabkan oleh hama yang menyerang mereka tahun-tahun terakhir ini, selain itu juga spesies tupai merah mengalami penurunan jumlah karena adanya perubahan cuaca yang cukup ekstrem di wilayah Inggris dan Skotlandia.

Hewan Langka – Landak Hedgehog

Hewan Langka
Hewan Langka

Berbeda dengan landak pada umumnya landak hedgehog memiliki bentuk yang lebih kecil, hewan ini tampak imut sehingga banyak diburu untuk dijadikan hewan peliharaan. Hewan endemis Inggris ini tiap tahun mengalami penurunan populasi terutama pada kurun waktu 70 tahun terakhir.

Walaupun masih terhitung banyak namun spesies landak ini tercatat mengalami penurunan sebesar 66% dari jumlah populasi yang ada hanya dalam kurun waktu 70 tahun tersebut.

Hewan Langka – Katak Natterjack

Hewan Langka
Hewan Langka

Katak Natterjack adalah spesies katak yang banyak ditemui di wilayah Inggris, hewan ini sebenarnya dapat menghasilkan ribuan telur dalam sekali musim kawin. Namun tercatat hewan ini mengalami penurunan tingkat populasi yang diduga kuat disebabkan oleh perubahan kondisi lingkungan dan perubahan iklim serta cuaca yang tidak menentu.

Hal ini dibuktikan dengan suara dari katak ini, yang semula sering di dengar masyarakat setempat kini semakin jarang di dengar oleh masyarakat.

Hewan Langka – Burung Turtle Devos

Hewan Langka
Hewan Langka

Datang satu lagi endemis asal negara Inggris yaitu burung turtle devos, sekilas burung ini memiliki bentuk dan karakteristik yang sama dengan burung merpati di Indonesia. Yang menjadi perbedaannya adalah corak serta warna burung ini cenderung lebih menarik ketimbang burung merpati yang berasal dai Indonesia.

Namun sayangnya burung ini mengalami penurunan populasi yang disebabkan oleh penangkapan maupun perubahan iklim yang ada di sekitarnya. Bahkan tercatat sebanya 93% penurunan yang dialami oleh burung ini sejak tahun 1970 hingga saat ini.

Hewan Langka – Hiu Sentani

Hewan Langka
Hewan Langka

Ikan Hiu Sentani atau biasa disebut dengan hiu gergaji adalah spesies hiu yang dapa dijumpai di perairan Indo pasifik. Selain itu ikan ini juga sering dijumpai di Madagaskar, Afrika, India, Vietnam, dan lain sebagainya. Namun kini ikan ini jarang bahkan sulit untuk ditemui karena sudah termasuk ke dalam hewan yang sangat langka.

Dimana hewan ini banyak yang mengalami kematian akibat perubahan kondisi perairan di tempat habitat aslinya tersebut. Selain itu banyak juga pendapat bahwa berkurangnya jumlah hewan ini adalah karena adanya perburuan liar untuk mengambil moncong dari ikan sentani ini.

Hewan Langka – Ikan Arwana Irian

Hewan Langka
Hewan Langka

Ikan Arwana Irian merupakan satwa endemis Indonesia yang berasal dari Irian Jaya Papua. Ikan ini merupakan salah satu jenis atau spesies ikan arwana yang memiliki corak serta warna yang bagus, sehingga hal inilah yang menjadikan ikan ini banyak digunakan sebagai ikan hias. Banyak sekali masyarakat yang menangkap ikan ini secara ilegal dan dijual belikan di pasaran.

Populasinya yang semakin menurun ini dikarenakan hal tersebut, selain itu banyak juga yang menduga bahwa ikan ini banyak dicari untuk dijadikan sebagai makanan karena memiliki rasa yang nikmat. Walaupun sudah ada peraturan dari pemerintah untuk tidak boleh mengkonsumsi ikan arwana dari segala spesies karena sudah mengalami penurunan yang sangat drastis dan termasuk hewan langka.

Hewan Langka – Kuda Nil

Hewan Langka
Hewan Langka

Kuda Nil atau dalam Bahasa Latin disebut dengan Hippopotamus amphibius merupakan hewan mamalia sekaligus amfibi yang dapat hidup di darat maupun di air. Hewan ini merupakan hewan pemakan segala atau omnivora dan berasal dari Afrika dan tersebar di Tanzania dan Zambia.

Kuda Nil dinyatakan sebagai hewan langka yang terancam punah oleh IUCN karena jumlahnya yang semakin menurun tiap tahunnya. Hal ini disebabkan oleh cuaca yang ekstrem dan juga tingkat reproduksi dari kuda nil itu sendiri sangatlah kecil.

Hewan Langka – Orang Utan

Hewan Langka
Hewan Langka

Orang Utan adalah hewan yang masih berkerabat dekat dengan kera sehingga orang utan sendiri sering juga disebut dengan kera besar. Hewan ini hidup di Malaysia dan juga Indonesia terutama di Pulau Kalimantan dan Sumatra, biasanya hewan ini memiliki warna coklat ataupun kemerahan.

Orang Utan sendiri dikatakan sebagai hewan langka karena hanya terdapat sekitar 7.500 ekor saja saat ini, padahal tahun 1990 orang utan diperkirakan berjumlah lebih dari 200.000 ekor.

Hewan Langka – Gorila

Hewan Langka
Hewan Langka

Gorila adalah Hewan langka terakhir yang berasal dari Afrika, hewan ini memiliki DNA yang 97% mirip dengan DNA manusia. Gorila sendiri adalah hewan omnivora yang sering memakan buah-buahan dan juga serangga. Ciri khas dari hewan ini adalah tubuhnya yang besar dan juga terlihat berotot.

Sayangnya hewan ini juga mengalami penurunan populasi seperti hewan lainnya, hal ini disebabkan oleh banyak faktor seperti berkurangnya habitat asli sehingga mereka kesulitan mencari tempat tinggal dan juga makanan.

Berikut diatas adalah daftar hewan langka yang sudah sepatutnya kita jaga habitatnya. Jangan sampai merusak ekosistemnya dan memburunya secara liar!

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Hewan Langka

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: