DMCA.com Protection Status

DOA PENENANG HATI : Keutamaan, Bahasa Arab, Latin, Artinya (Lengkap)

Doa Penenang Hati – Setiap manusia selalu merasakan rasa senang hingga sedih di dalam hatinya. Tak dapat dipungkiri, saat sedang merasakan sedih, pasti akan diikuti stress, gelisah hingga putus asa. Sebagai manusia yang memiliki agama, tentu anda akan berserah diri kepada Allah SWT bukan? Itulah hal yang kadang tidak dipikirkan oleh para manusia. Kesedihan yang berlarut-larut mungkin akan lebih mendominasi di pikiran. Doa penenang hati akan membantu mengatasinya.

Tak hanya itu, anda juga perlu memikirkan bagaimana selama ini anda beribadah kepada Allah SWT., bagaimana kita memenuhi kebutuhan rohani di samping kebutuhan jasmani kita. Sebagai seorang muslimin dan muslimat, mungkin anda lupa bahwa kita diajarkan untuk berserah diri kepada Allah SWT. yang mungkin bisa dilakukan melalui doa penenang hati.

Bacaan Doa Penenang Hati (Arab, Latin, Artinya)

Doa Penenang Hati

Doa Penenang Hati

اَللّٰهُمَّ اِنِّىْ اَعُوْذُبِكَ مِنْ جَهْدِالْبَلَاءِ وَدَرْكِ الشَّقَاءِ وَسُوْءِ الْقَضَاءِ و شَمَاتَةِ الْاَعْدَاءِ

Allahumma inni a’uuzubika min jahdil bala’. Wa darkish shaqa’. Wa suu il qadhaa’. Wa shamaamatil a’daa’

Dari Hadist Shahih Bukhari yang artinya adalah : Ya Allah, aku berlindung kepada Engkau dari menemui penderitaan, dari takdir yang buruk serta dari keberhasilan musuh.

Doa penenang hati yang pertama ini merupakan doa yang berasal dari Hadist Shahih Bukhari. Dalam doa penenang hati ini dijelaskan bahwa meminta berlindung kepada Allah SWT untuk melalui penderitaan, untuk berbagai takdir yang buruk, hingga dari keberhasilan musuh yang membuat rugi bagi hambaNya.

يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْث

Yaa hayyu yaa qayyuumm. Bi rahmatika astaghiiths

Dari Hadist Riwayat Tirmidzi yang artinya di sini adalah : Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Maha Berdiri Sendiri tidak memerlukan segala sesuatu, dengan rahmat Engkau, aku meminta pertolongan.

Doa penenang hati yang kedua berasal dari hadist yang diriwayatkan oleh Tirmidzi. Doa yang satu ini meminta dan yakin kepada Allah SWT yang merupakan Dzat Yang Maha Hidup, Yang Maha Berdiri Sendiri tanpa bantuan siapapun dan apapun, serta benar-benar memohon pertolongan kepada Allah SWT.

اللهُمَّ لا سَهْلَ إلا مَا جَعَلتَهُ سَهْلا وَ أنتَ تَجْعَلُ الحزْنَ إذا شِئْتَ سَهْلا

Allahumma la sahla illa ma ja’altahu sahla wa anta taj’alul hazna iza syi’ta sahla

Dari Hadist Sahih Ibnu Hibban yang artinya di sini adalah : “Wahai Tuhanku, tidak ada kemudahan melainkan apa yang Engkau jadikan mudah dan perkara yang susah dapat Engkau jadikan mudah, jika Engkau mengkehendakinya.”

Untuk doa penenang hati yang ketiga ini memohon kepada Allah SWT memohon apa yang sekiranya terlihat mudah dapat menjadi susah karena kehendak Allah SWT. Dan meyakini sebaliknya, sesuatu yang susah, mampu dijadikan mudah oleh Allah SWT Yang Maha Pengasih.

اَللَّهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ
وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ
وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ
وَاَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّ جَالِ

Allahumma inni a’uuzubika minal hammi wal hazan. wa a’udzubika minal ajzi wal kasali, wa a’udzubika minal jubni wal bukhli, wa a’udzubika min ghalabatid daini wa qahrir rijaal

Dari Hadist Shahih Bukhari yang artinya di sini adalah : Ya Allah, hamba berlindung pada Engkau dari rasa sedih dan gelisah, aku memohon perlindungan daripada sifat lemah dan malas, dan aku berlindung pada Engkau dari sikap pengecut dan bakhil, dan aku berlindung pada Engkau dari hutang-hutang serta penindasan orang.

Doa Penenang Hati Lainnya

Doa Penenang Hati

Doa Penenang Hati

لا إلهَ إلا أنتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظّالِمِيْنَ

Laa ilaaha illa anta subhaanaka inni kuntu minaz zholimin

Yang di sini arti dari Surah Al-Anbiya’ Ayat 87 adalah : Tiada Tuhan melainkan Engkau (ya Allah)! Maha Suci Engkau, Sesungguhnya aku adalah dari pada orang-orang yang menganiaya diri sendiri.

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Rabbish rahli sadri. Wayassirli amri. Wahlul uqdatam millisani. Yafqahu qauli

Yang di sini merupakan Surah Taha Ayat 25-28 maksudnya adalah : Wahai Tuhanku, lapangkanlah bagiku dadaku, dan mudahkanlah bagiku urusanku, dan lancarkanlah lidahku supaya mereka faham ucapanku.

Usaha Singkirkan Keresahan Disamping Doa Penenang Hati

Doa Penenang Hati

Doa Penenang Hati

Pikiran yang gelisah, tidak tenang, stress, resah jelas akan sulit membuat anda bernapas lega dalam setiap aktivitas dan membuat Anda tidak akan bisa beristirahat. Hal itu jelas akan membuat rasa cemas dan khawatir berputar-putar dalam diri saja. Tidak harus seperti ini, anda dapat merubahnya dengan usaha dan doa penenang hati.

Demi mencapai ketenangan hati dan menstabilkan emosi agar tidak menganggu dalam kegiatan sehari-hari anda, anda perlu mencari kegiatan atau sebuah usaha untuk mengentaskan rasa tidak aman dan rasa tidak tenang. Jangan lupa deretan usaha ini harus diikuti dengan doa dalam setiap ibadah kepada Allah SWT.

1. Singkirkan Beban Hati yang Tidak Perlu

Hal ini merupakan salah satu hal yang paling utama dilakukan saat hati tidak tenang dan resah, Nah, untuk menemukan kedamaian di dalam diri ini, Anda tidak perlu membawa beban hati di dalam pikiran. Terkadang, sebenarnya kita di kelilingi oleh orang yang tidak memberikan energi positif pada diri kita, namun anda malah mengambil hati atas hal itu dan anda pikirkan.

Maka dari itu, pilih dimana saja apa saja yang bermanfaat yang tepat untuk diri Anda dan mana yang tidak perlu anda pikirkan dalam-dalam. Anda perlu memahami bahwa terkadang hal yang lebih sedikit, bisa jadi menghasilkan sesuatu yang lebih banyak.

2. Hentikan Berpikir Buruk, Tarik Napas Dalam-dalam dan Berdiam Diri

Saat menghadapi masa lalu, maka anda harus membiarkannya terlewati. Masa lalu memang tidak akan pernah bisa merubah hal itu dari hidup kita. Namun, anda perlu menghadapi masa depan yang belum terjadi dan jangan jadikan masa lalu ini berkutat di dalam pikiran anda. Hal ini termasuk pada masalah-masalah yang membuat anda resah dan tidak tenang.

Pikirkan dengan fokus dan jadikan pusat perhatian saat ini pada rencana masa depan anda. Hal ini sangat berguna untuk menemukan diri sendiri di masa sekarang dan bagaimana merancang dengan baik masa depan anda.

Tak hanya memikirkan hal itu, anda juga perlu berdiam diri dan bernapas. Cobalah dengan sederhana tarik napas yang dalam-dalam dan tahan napas hingga lima detik. Kemudian, anda dapat menghembuskannya dengan keras agar lebih lega.

Latihan pernapasan sederhana ini akan mudah membebaskan pikiran dari hal-hal yang bisa mengganggu mental, termasuk dengan resah dan gelisah. Cara ini juga bisa membawa oksigen ke otak yang membantu tetap tenang. Tidak lupa, hal ini perlu diikuti dengan doa penenang hati yang telah dijelaskan di awal.

3. Membangun Dinding Hati

Pikiran yang menyebabkan kacau, kegelisah, tidak tenang dan bisa jadi hal ini datang karena lingkungan di sekitar kita. Untuk itu, hal ini cukup penting membangun dinding pelindung bagi diri sendiri. Maka dari itu, memilih lingkungan yang baik, teman-teman yang memiliki pikiran positif, tidakmembawa amarah pada saat-saat yang tenang. Bangun dinding dengan bagi mereka yang tidak menghormati Anda, dan biarkan lingkungan yang tidak baik jauh-jauh dari anda.

4. Menenangkan Diri dengan Keheningan

Paling tidak sekali sehari, selama satu setengah hingga dua jam, Anda perlu menenangkan diri misalnya, mandi, merenung dalam keheningan. Namun saat waktu-waktu tenang ini tetaplah mengingat Allah SWT sambil berdoa. Waktu tenang ini akan memungkinan diri terhubung dengan apa yang dibutuhkan untuk menenangkan pikiran yang gelisah.

Pikiran yang seperti ini biasanya muncul karena lupa akan jati diri sendiri, lupa kepada Allah SWT Maha Pengasih dan Penyayang. Manusia yang tidak tenang luput akan rasa cinta yang Allah SWT berikan. Hal ini juga memicu tidak lagi mengingat betapa berharganya dan pentingnya diri sendiri.

Coba bersantailah dalam keheningan, matikan rasa takut dan suara negatif dalam diri dan selalu mengingat Allah SWT yang telah memberikan segala nikmat karunia kepada anda. Biarkan tubuh dikelilingi perasaan puas, damai, dan keseimbangan antara hati dan pikiran dengan doa penenang hati.

5. Menanamkan Rasa Syukur Kepada Allah

Ucapkanlah terima kasih kepada hal-hal kecil, seseorang dan yang paling penting adalah Allah SWT. yang mungkin telah terabaikan. Bersyukurlah karena lingkungan yang baik membawa anda kepada peningkatan kesehatan secara fisik, atau memiliki orang-orang yang mengelilingi dan mencintai Anda.

Dari sini patutnya anda bersyukur kepada Allah SWT telah melalui berbagai peluang mencapai tujuan yang anda inginkan. Tidak lupa terus menenangkan hati dengan lantunan doa penenang hati dan mengingat kepada Allah SWT.

Kumpulan Doa Kesembuhan dan Menjenguk Orang Sakit (Lengkap)

Memaknai Doa Penenang Hati

Doa Penenang Hati

Doa Penenang Hati

Doa penenang hati di sini memiliki maksud untuk mengatasi sedih, marah, gelisah, stress, hingga mengusir segala pikiran negative yang ada di kepala kita. Dengan usaha-usaha di atas dan doa penenang hati, diharapkan kita senantiasa ada di bawah lindungan Allah SWT yang Maha Pengasih dan Penyayang.

Pada hakekatnya, setiap doa kepada Allah SWT lebih baik diucapkan dengan baik, penuh harap meminta hanya kepada Allah. Doa penenang hati ini juga memang merupakan salah satu bentuk amal ibadah yang menujukkan bahwa hanya Allah SWT lah tempat anda berlindung dari marabahaya, segala perasaan sedih, gusar dan gelisah.

Adalah wajar bagi setiap manusia untuk merasakan kesedihan, kekecewaan, gusar, gelisah terhadap apa yang terjadi kepadanya, namun perlu ditekankan segala usaha yang diperbuat tidaklah akan sia-sia. Hal itu merupakan sebuah ujian dari Allah SWT agar kita senantiasa mengingatnya dan kembali mengadu dan pasrah kepada Allah SWT.

Doa penenang hati ini juga menunjukkan jikalau hamba Allah SWT meminta dengan harap apa saja yang terjadi di kemudian hari merupakan sesuatu yang lebih baik dari apa yang diinginkan, namun tidak tercapai. Yang paling penting adalah, sabar dan minta pertolongan kepada Allah, karena Allah SWT merupakan Dzat Yang Maha Berkuasa atas segala sesuatu.

Zikir Penenang Hati

Doa Penenang Hati

Doa Penenang Hati

Zikir kepada Allah SWT adalah bacaan yang biasa dibaca secara rutin setiap usai shalat fardlu atau waktu-waktu tertentu, atau mengisi waktu lainnya. Yang dibaca saat sedang zikir tersebut adalah kalimat kalimat thoyyibah atau kalimat yang baik seperti istighfar, tasbih, tahmid, tahlil dan takbir atau bacaan-bacaan lainnya baik dibaca sendiri atau dibaca secara jama’ah atau bersama-sama.

Anjuran untuk berzikir kepada Allah SWT juga disampaikan di dalam Al-Qur’an di surat Al Baqarah ayat 152 yang berbunyi :

فَٱذْكُرُونِىٓ أَذْكُرْكُمْ وَٱشْكُرُوا۟ لِى وَلَا تَكْفُرُونِ

Fadzkuruunii adzkurkum wasykuruu lii walaa takfuruun

“Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya aku ingat (pula) kepadamu[98], dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku”. (QS. Al Baqarah ; 152).
[98] Maksudnya di sini adalah : aku limpahkan rahmat dan ampunan-Ku kepadamu.

Tidak hanya doa penenang hati saja yang bisa kamu curahkan kepada Allah SWT. Saat sedang gundah gulana, dibandingkan dengan melamun saja, anda dapat berzikir kepada Allah SWT. Hal ini karena melafalkan zikir dari Al-Qur’an dan As-sunnah sangat spesial. Dzikir kepada Allah SWT juga secara umum merupakan salah satu bentuk ibadah yang sangat spesial.

Dari mana zikir penenang hati kepada Allah menjadi sesuatu yang spesial? Hal ini karena terlalu spesialnya, zikir kepada Allah SWT dapat berfungsi sebagai penutup kekurangan dan pengganti. Maksud dari kekurangan dan pengganti adalah dari aspek nilai dan pahala, bukan secara hukum. Lebih spesifiknya zikir dapat menutupi ibadah-ibadah lain yang terlewatkan penunaiannya.

1. Lafalkan Subhaanallaah 100 x yang memiliki arti yakni Maha Suci Allah
2. Subhaanallaah Wa Bihamdihii 100 x yang memiliki arti yakni Maha Suci Allah dan Maha Terpuji
3. Subhaanallaah Wa Bihamdihi Subhaanallaahil azhiim yang artinya adalah Maha Suci Allah dan Maha Terpuji, Maha Suci Allah dan Maha Agung
4. Subhaanallaah walhamdulillah wa laa ilaaha illallaah wallaahu akbar yang artinya adalah Maha Suci Allah, Segala Puji Bagi Allah, Tiada Tuhan Selain Allah dan Allah Maha Besar
5. Laa Haula wa la quwwata illa billah yang memiliki arti Tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan Allah.
6. Laa ilaaha illallaah wahdahu laa syariikalah lahul mulku wa lahul hamdu, wahdahuwa ‘ala kulli syai’in qadiir 100 x dalam satu hari yang memiliki arti Tiada tuhan selain Allah Yang maha esa, tiada sekutu bagi-Nya, baginya kerajaan dan pujian, Dia maha kuasa atas segala sesuatu.
7. Astaghfirullah al azhiim wa atuubu ilaaihi >70 x yang memiliki arti Demi Allah, sesungguhnya aku minta ampun kepada Allah dan bertobat kepada-Nya.
8. Membaca Shalawat Nabi Muhammad 1 x, Shallallahu ‘ala Muhammad / Allhumma shalli ‘ala Muhammad. Yang memiliki arti yakni semoga Rahamat Allah senantiasa dilimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW.

TATA CARA SHOLAT JENAZAH : Doa, Niat, Rukun, Keutamaan

Keutamaan Membaca Doa Penenang Hati

Doa Penenang Hati

Doa Penenang Hati

1. Menghapus Dosa

Keutamaaan membaca doa penenang hati dan zikir adalah seribu hasanat. Maksud seribu hasanat disini adalah hapus seribu dosa. Hal ini karena saat berdoa penenang hati juga meminta ampun kepada Allah SWT. Bahkan, jika dosa-dosanya sebanyak buih di laut, doa penenang hati dan zikir kepada Allah SWT akan membantu menghapuskannya.

2. Disukai oleh Allah SWT

Keutamaan doa penenang hati dan zikir kepada Allah SWT adalah disukai oleh Allah SWT. Dengan berdoa kepada Allah SWT dan berzikir kepadaNya, maka anda mengingat kepada pencipta langit dan bumi ini. Selain itu, anda meminta ampun kepada Allah SWT Tuhan yang Maha Kuasa.

Karena disukai oleh Allah SWT, doa penenang hati dan banyak berzikir kepada Allah SWT ini akan memberatkan amal kebaikan anda. Maka dari itu, doa penenang hati selain menenangkan rasa gelisah anda, juga mampu meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.

3. Harta Simpanan di Surga

Dengan kejadian yang mengecewakan anda, anda akan terus mengingat Allah SWT. Meminta hati agar lebih tenang dan tidak gusar. Dengan menambah zikir kepada Allah SWT, anda juga dapat menambah pahala.

Pahala ini dapat menyimpankan harta anda di surga nanti. Zikir kepada Allah SWT juga seperti memerdekakan 10 budak, mendapat 100 kebaikan, minus 100 keburukan. Zikir kepada Allah SWT juga melindungi anda dari godaan Syaithon.

Tidak harus makin bersedih, dengan mengingat Allah SWT, maka hati anda akan lebih tenang terutama setelah berdoa penenang hati. Dapat disimpulkan dari penjelasan di atas yang paling penting adalah, sabar dan minta pertolongan kepada Allah, karena Allah SWT merupakan Dzat Yang Maha Berkuasa atas segala sesuatu.

99 Nama Nama Allah (Asmaul Husna) Beserta Keterangannya !

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Doa Penenang Hati

Leave a Reply