40 Contoh Desain Rumah Kayu Minimalis (Modern dan Klasik)

Desain Rumah Kayu – Rumah kayu bagi sebagian orang memang merupakan tipe rumah yang menawan dan mengesankan nilai seni yang tinggi dalam pembuatannya. Di bawah ini ada 40 contoh desain rumah kayu minimalis yang bisa Anda coba untuk menampilkan rumah kayu dengan nilai seni yang tinggi.

Selain tampilannya yang unik, rumah yang terbuat dari kayu juga terlihat mahal karena memang pembuatannya yang memakan waktu dan biaya lebih terutama dalam pembuatan bagian kayunya.

1. Desain Rumah Kayu Artistik nan Minimalis

Desain Rumah Kayu Artistik nan Minimalis

Meskipun bernama minimalis, desain rumah di atas sangat luar biasa karena memiliki tingkat seni yang cukup tinggi. Bagian atas rumah yang ditutupi mirip tirai kayu yang miring 45° terlihat artistik dan beda dari rumah-rumah biasanya.

2. Rumah Kayu Mewah di Pinggiran Kota

Rumah Kayu Mewah di Pinggiran Kota

Memiliki rumah mewah di pusat kota memang sudah menjadi hal yang biasa. Namun apa jadinya jika Anda membangun rumah kayu mewah di pinggiran kota? Tentu akan terlihat unik karena Anda telah memadukan 2 unsur yang berbeda antara kayu yang identik dengan pedesaan dan kemewahan rumah.

3. Desain Rumah Kayu Minimalis Villa

Desain Rumah Kayu Minimalis Villa

Villa bagi sebagian orang merupakan rumah idaman. Letaknya yang jauh dengan kehidupan perkotaan yang identik dengan kebisingan dan panas menjadi alasan mengapa villa dipilih. Bagi Anda yang ingin membangun rumah villa dengan bahan utama kayu, desain rumah di atas bisa Anda coba.

4. Kombinasi Kayu dan Kaca

Kombinasi Kayu dan Kaca

Desain rumah kaca yang dikombinasikan dengan kayu bisa menjadi inspirasi rumah unik nan mewah Anda. Terlebih jika Anda membangun rumah tersebut di pedesaan yang masih hijau dengan kayu-kayu tingginya seperti di pinggir hutan. Meski rumah kaca namun terlihat asri jika dipandang.

5. Rumah Kayu Minimalis Sederhana

Rumah Kayu Minimalis Sederhana

Contoh desain rumah minimalis sederhana di atas cocok untuk kamu yang tidak terlalu menginginkan rumah yang terlihat megah dan mewah. Desainnya yang minimalis cocok untuk rumah dengan tanah yang tidak terlalu luas, ditambah dengan bahan kayu yang membuat teduh.

6. Rumah Kayu Minimalis Tradisional

Rumah Kayu Minimalis Tradisional

Bagi Anda yang mencintai budaya tradisional, mungkin desain rumah di atas menjadi rumah idaman Anda. Pasalnya tak hanya penggunaan kayu yang menggambarkan kekhasan rumah tradisional zaman dahulu, namun juga bentuk rumah yang masih tradisional serta berbentuk ukiran-ukiran.

7. Rumah Kayu Minimalis Rindang

Rumah Kayu Minimalis Rindang

Contoh desain rumah kayu minimalis di atas terlihat rindang dan asri. Melihatnya pikiran jenuh akan menjadi terobati karena hijaunya pemandangan meski tidak terlalu rimbun dengan pepohonan. Desain rumah di atas cocok untuk Anda yang mencintai ketenangan dan cocok untuk area bermain anak.

8. Rumah Kayu di Pegunungan

Rumah Kayu di Pegunungan

Pegunungan yang sejuk merupakan area yang cocok untuk membangun desain rumah yang satu ini. Kayu-kayu yang tebal cocok untuk menanggulangi hawa dingin pegunungan di malam dan pagi hari. Meskipun begitu bagian depan rumah yang sederhana juga terlihat nyaman dan hangat ditinggali.

9. Rumah Kayu Klasik

Rumah Kayu Klasik

Rumah kayu yang satu ini cocok digunakan sebagai rumah tinggal kedua Anda yang terletak di pedesaan sejuk. Desain rumah yang minimalis ditambah aksen kayu yang akan membuat Anda tenang dan bisa menjadi tempat tinggal tatkala berlibur dan merehatkan pikiran.

10. Rumah Kayu Minimalis Hutan Belantara

Rumah Kayu Minimalis Hutan Belantara

Jika lingkungan yang akan Anda bangun rumah adalah tempat yang belum banyak terakses maka desain rumah di atas sangat cocok dibangun di sana. Hampir semua bagian yang membangun rumah tersebut adalah kayu-kayu dengan warna yang masih alami.

11. Rumah Kayu dengan Kombinasi Jendela Khas Rumah di Jepang

Rumah Kayu dengan Kombinasi Jendela Khas Rumah di Jepang

Jika Anda pernah melihat bentuk rumah-rumah orang Jepang pasti Anda hafal dengan bentuk jendela rumah tersebut. Ya, jendela rumah tradisional di Jepang memiliki bentuk yang unik dengan kotak-kotak yang kecil dalam satu pintu jendela.
Jendela rumah Jepang bisa Anda terapkan pada rumah kayu yang ingin Anda bangun. Perpaduan rumah kayu dengan jendela kotak-kotak kecil akan menambah keunikan rumah kayu yang Anda miliki.

12. Rumah Kayu Padat Penduduk

Rumah Kayu Padat Penduduk

Meski Anda tinggal di kawasan yang padat dengan penduduk, Anda masih bisa berkreasi dengan rumah kayu. Desain rumah kayu di atas nampaknya cocok dengan kawasan perumahan dengan kabel-kabel yang menjulur di sepanjang kota.
Terlebih sempitnya lahan di kawasan tersebut membuat desain rumah seperti gambar di atas cocok untuk Anda bangun.

13. Rumah Kayu Mewah

Rumah Kayu Mewah

Rumah kayu tidak hanya identik dengan kesederhanaan dan tradisional. Namun rumah kayu yang dibangun dengan desain yang indah bisa menjadikan rumah kayu Anda terlihat sangat mewah baik dalam segi tampilan maupun memang bagian rumah yang mewah.

Seperti desain rumah kayu mewah di atas, terlihat mewah karena penataan kayu di sepanjang dinding luar rumah dan juga adanya kolam renang dibagian tengah depan rumah menjadikan rumah terlihat sangat mahal dan juga mewah.

14. Rumah Kayu Vertikal

Rumah Kayu Vertikal

Penataan kayu pada rumah tidak hanya disusun dengan bentuk horizontal terutama untuk kayu dengan lebar yang tidak terlalu lebar. Penataan bentuk vertikal juga bisa menjadikan rumah kayu Anda terlihat unik dan berbeda seperti rumah pada gambar di atas.

15. Rumah Minimalis Dinding Kayu

Rumah Minimalis Dinding Kayu

Contoh desain rumah kayu minimalis yang satu ini lebih memfokuskan penggunaan kayu untuk melapisi dinding atau memang dijadikan sebagai dinding. Melihat rumah ini mungkin Anda akan berpikir mengenai kombinasi antara tradisional dan modern.

16. Rumah Kayu Model Sarang Lebah

Rumah Kayu Model Sarang Lebah

Disebut model sarang lebah karena memang kayu yang digunakan untuk melapisi bagian rumah berbentuk lubang-lubang seperti lubang pada sarang lebah. Desain unik ini memberikan warna tersendiri bagi rumah Anda.

17. Rumah Panggung Kayu

Rumah Panggung Kayu

Rumah panggung dengan bagian bawah yang kosong dan juga identik dengan kayu penyangga rumah bisa menjadi inspirasi Anda saat akan membangun rumah. Seperti desain rumah panggung di atas yang hampir semua bagiannya terbuat dari kayu, sangat terlihat mempesona.

18. Rumah Kayu Minimalis dengan Halaman Luas

Rumah Kayu Minimalis dengan Halaman Luas

Meskipun dengan bentuk rumah kayu yang minimalis, desain rumah ini memperlihatkan halaman rumah yang luas dan menghijau. Rumah seperti ini cocok dibangun di area pegunungan atau dataran tinggi. Bentuk rumah juga memiliki balkon yang bisa digunakan untuk bersantai menikmati udara sejuk.

19. Rumah Panggung Kayu Minimalis

Rumah Panggung Kayu Minimalis

Rumah kayu yang biasanya berwarna coklat khas warna kayu bisa Anda modifikasi sedikit dengan memberi warna pada bagian-bagian tertentu seperti contoh desain rumah minimalis di atas. Bagian atas rumah berwarna biru membuat rumah kayu semakin berwarna.

20. Rumah Plafon Kayu Mewah

Rumah Plafon Kayu Mewah

Rumah mewah biasanya identik dengan rumah yang luas, memiliki banyak lantai, dan tentunya barang-barang yang mewah. Namun berbeda dengan desain rumah mewah di atas yang memperlihatkan kemewahannya melalui penataan arsitektur kayu dan juga barang-barang yang terlihat mewah.

Meski begitu rumah ini hanya terdiri dari satu lantai dengan desain yang sangat minimalis. Namun desain yang minimalis tersebut tetap membuatnya terlihat mewah. Perpaduan cahaya yang memancar ke langit-langit kayu menambah indah rumah yang satu ini.

21. Rumah Minimalis 2 Lantai Warna Putih

Rumah Minimalis 2 Lantai Warna Putih

Siapa bilang rumah minimalis hanya bisa dibuat dua lantai, buktinya desain rumah minimalis di atas cocok untuk kamu bangun di atas tanah yang tidak terlalu luas. Terlebih penggunaan kayu yang dicat dengan warna putih, terlihat sangat mewah dan menarik, bukan?

22. Rumah Minimalis Coklat 3 Lantai

Rumah Minimalis Coklat 3 Lantai

Bisa dibilang contoh desain rumah kayu minimalis kali ini merupakan desain cerdas dari permasalahan luas tanah yang mini. Meskipun namanya minimalis, namun pembuatan rumah yang memanfaatkan luas tanah secara vertikal membuat rumah ini memiliki banyak ruangan.
Tak hanya 2 lantai, rumah ini memiliki lantai bawah yang bisa digunakan sebagai area bersantai maupun ruang makan. Sangat berguna untuk Anda yang memiliki masalah yang sama dengan luas tanah.

23. Desain Rumah Minimalis Kayu dan Genteng

Desain Rumah Minimalis Kayu dan Genteng

Rumah ini terlihat sangat nyaman karena adem dan terlihat tidak panas alias sejuk. Hal ini dikarenakan warna coklat yang mendominasi warna rumah. Warna coklat ada pada semua bagian rumah mulai dari dinding hingga atapnya.
Warna coklat tersebut didapatkan dari warna kayu yang ada pada bagian rumah seperti dinding rumah, tiang, dan bahkan lantai rumah, serta coklat yang didapatkan dari penggunaan genteng.

24. Contoh Desain Rumah Kayu Motif Waffle

Contoh Desain Rumah Kayu Motif Waffle

Motif unik waffle terlihat pada gerbang kayu di desain rumah yang satu ini. Tak hanya gerbang, motif waffle zig-zag juga terlihat pada bagian tembok belakang yang berwarna hitam. Rumah ini hampir tidak memperlihatkan adanya jendela yang memperlihatkan bagian dalam rumah.

25. Rumah Gerbang Kayu Minimalis

Rumah Gerbang Kayu Minimalis

Selain pada bagian dinding, kayu juga bisa mempercantik bagian gerbang rumah Anda. Bagian yang menutup sebagian rumah tersebut akan terlihat adem dan juga lebih awet dan artistik dibandingkan dengan besi.

26. Rumah Minimalis dengan Kolam Renang Mini

Rumah Minimalis dengan Kolam Renang Mini

Bagian rumah yang hampir keseluruhan terbuat dari kayu dan juga memiliki jendela kaca yang besar dipercantik dengan adanya kolam mini pada bagian samping rumah yang masih masuk pada bagian dalam rumah. Terlihat teduh dan nyaman untuk menghabiskan waktu di rumah.

27. Desain Rumah Kayu Mini Khas Rumah Jepang

Desain Rumah Kayu Mini Khas Rumah Jepang

Satu lagi bagian rumah orang Jepang yang bisa kita ambil sebagai inspirasi desain rumah yang unik dan berbeda. Salah satunya adalah bagian genkan, yakni bagian depan rumah orang Jepang yang memisahkan bagian dalam dan bagian luar rumah.

Pada bagian ini terlihat seperti sebuah ruangan penyambutan berbentuk lorong. Di ruangan penyambutan tamu tersebut terdapat beberapa benda yang mengiasinya dan juga di bagian tersebut terdapat rak sepatu untuk menaruh sepatu kotor dan menggantinya dengan sandal rumah yang bersih.

28. Rumah Kayu Garis-Garis

Rumah Kayu Garis-Garis

Kayu pada desain rumah ini terlihat menutupi bagian rumah yang lain dan bukan dijadikan sebagai dinding ataupun pelapis dinding. Bagian kayu yang menutupi menjadikan rumah ini terlihat sangat privasi dan terkurung.

29. Rumah Kayu Halloween

Rumah Kayu Halloween

Nama Halloween mungkin cocok untuk rumah ini karena desainnya yang terbuat dari kayu dan masih alami. Selain itu bagian jendela yang kecil-kecil dan juga memancarkan sinar berwarna kuning layaknya cahaya-cahaya khas yang ada pada perayaan Halloween. Terlihat unik dan juga menarik.

30. Rumah Kayu Inspirasi Apartemen

Rumah Kayu Inspirasi Apartemen

Rumah kayu yang satu ini terlihat seperti rumah untuk bisnis besar. Pasalnya bentuk dinding dengan jendela yang minim yang menjulang ke atas memenuhi bagian rumah. Meskipun dibangun di lahan sempit, desain ini cocok untuk keperluan markas bisnis Anda.

31. Desain Rumah Kayu di Padang Rumput

Desain Rumah Kayu di Padang Rumput

Memiliki hunian di area yang mirip dengan padang rumput mungkin kurang banyak diminati oleh banyak orang karena cuaca yang cukup panas. Namun jika Anda terpaksa harus membangun rumah di sana karena memiliki banyak ternak, desain rumah di atas cocok untuk Anda bangun di sana.

Selain itu rumah ini juga cocok untuk Anda yang mencari contoh desain rumah minimalis 2 kamar, karena rumah ini hanya memiliki 2 kamar yang ada di bagian kiri dan kanan rumah.

32. Rumah Kayu Model Bata

Rumah Kayu Model Bata

Bentuk kayu yang dijadikan dinding pada rumah kayu bisa dimodifikasi dengan mengubah bentuknya. Salah satu bentuk yang cocok untuk diterapkan adalah bentuk kayu yang menyerupai bata yang disusun. Dengan begitu Anda akan mendapatkan rumah kayu dengan bentuk unik.

33. Contoh Desain Rumah Kayu Minimalis Dua Lantai dengan Batu

Contoh Desain Rumah Kayu Minimalis Dua Lantai dengan Batu

Selain penggunaan batu untuk dinding rumah yang dikombinasikan dengan kayu, Anda juga bisa menggunakan batu-batu yang lumayan besar untuk bagian bawah rumah. Rumah kayu yang satu ini terlihat cantik terlebih adanya gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai.

34. Rumah Kayu Bertingkat Bentuk Rumah Panggung

Rumah Kayu Bertingkat Bentuk Rumah Panggung

Rumah panggung kayu yang satu ini terlihat lebih tinggi dari desain rumah panggung sebelumnya. Penggunaan genteng yang masih tradisional menambah teduh rumah, serta adanya gazebo kecil di bagian rumah dan juga tangga-tangga di samping rumah menjadikan rumah ini unik.

35. Rumah Kayu Warna Tembaga

Rumah Kayu Warna Tembaga

Memang jika kita melihat secara sekilas rumah tersebut memiliki warna tembaga terutama pada bagian gerbang dan juga bagian yang menghias rumah bagian atas yang berbentuk ukiran berwarna tembaga.

36. Rumah Minimalis Full Kayu

Rumah Minimalis Full Kayu

Jika sebelumnya rumah dikombinasikan dengan bahan bangunan lain seperti marmer, granit, dan batu-batu alam, berbeda halnya dengan rumah kali ini. Semua elemen rumah terbuat dari kayu dan hanya memperlihatkan sedikit bagian jendela kaca yang terdapat tirai kain berwarna putih.

37. Rumah Kayu Diagonal

Rumah Kayu Diagonal

Jika Anda bosan dengan bentuk rumah yang itu-itu saja, desain rumah ini cocok untuk mengatasi kebosanan Anda. Bentuk rumah yang berbentuk diagonal dengan penggunaan kayu untuk dinding-dindingnya.

38. Desain Rumah Kayu dengan Balkon Kaca

Desain Rumah Kayu dengan Balkon Kaca

Jika balkon biasanya dibatasi dengan besi atau kayu, Anda bisa mencoba menggantinya dengan kaca. Selain terlihat lebih menarik, balkon kaca juga terlihat lebih alami karena memperlihatkan bagian atas rumah.

39. Rumah Minimalis Dinding Motif Kayu

Rumah Minimalis Dinding Motif Kayu

Penggunaan kayu yang bisa rapuh seiring berjalannya waktu dapat Anda atasi dengan menggunakan pelapis dinding yang berbentuk seperti kayu atau berwarna seperti kayu.

40. Kayu, Kaca, dan Kolam Biru

Kayu, Kaca, dan Kolam Biru

Desain rumah yang terakhir memperlihatkan bentuk rumah kaca yang memadukan unsur kayu pada bagian plafon dan juga menambahkan bagian kolam berwarna biru jernih di bagian luar rumah. Terlihat asri dan nyaman, bukan?
Beberapa contoh desain rumah kayu minimalis di atas dapat menjadi solusi Anda yang bingung menentukan rumah apa yang cocok untuk Anda bangun dengan konsep kayu.

40 Contoh Desain Rumah Kayu Minimalis (Modern dan Klasik)

Add Comment