Cara Mudah Membuat Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar

Contoh Surat Pengunduran Diri – Setiap orang pasti memiliki pekerjaan atau pun mengikuti organisasi yang berada di lingkungannya. Sebagai seorang manusia, tentu terkadang ada masalah yang dihadapinya, sehingga membuat mereka memiliki permasalahan dalam pekerjaan.

Termasuk mengundurkan diri dari pekerjaan yang telah mereka tekuni selama beberapa waktu. Jika anda salah seorang yang ingin keluar dari pekerjaan, namun tidak mengetahui cara membuat surat pengunduran diri. Berikut ini adalah contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar.

Mengajukan surat pengunduran diri tidak selamanya bisa dikaitkan dengan hal negatif, bukan berarti memiliki masalah di perusahaan tersebut sehingga memutuskan untuk berhenti dari perusahaan, tempat di mana mereka bekerja selama ini. Terkadang juga ada situasi yang terkesan sensitive dari pengunduran diri ini, sehingga dibutuhkan penyampain dan komunikasi yang tepat pada saat mengungkapkan niat mengundurkan diri dalam pembuatan surat mengundurkan diri.

Dengan demikian dibutuhkan pembuatan surat pengunduran diri yang baik dan benar. Mulai dari tata cara penulisan yang benar, isi surat pengunduran diri yang mudah dipahami, serta penggunaan kalimat yang sopan. Agar kalimat dan kata-kata yang digunakan sopan anda juga harus menggunakan etika serta aturan yang baik dalam penulisan surat pengunduran diri dari perusahaan mau pun organisasi yang sedang anda ikuti.

Surat pengunduran diri dari pekerjaan memang ditujukan untuk menyatakan jika anda ingin memutuskan ikatan kerja dengan perusahaan yang telah anda tempati selama ini. Jika dilihat secara administratif, surat pengunduran diri dibutuhkan untuk arsip perusahaan yang membutuhkannya sebagai bukti hukum jika anda sudah tidak memiliki hubungan apa pun dengan perusahaan tersebut. Selain surat pengunduran diri dari pekerjaan, ada juga surat pengunduran diri dari organisasi yang dikuti selama ini.

Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi seseorang memilih untuk berhenti bekerja. Mulai dari alasan pribadi hingga alasan sensitif yang berhubungan dengan perusahaan yang ditempatinya.

Untuk masalah pribadi biasanya berhubungan dengan kepindahan seseorang dari daerah selama ini dia tinggal, dan pindah ke kota lain sehingga tidak dapat meneruskan pekerjaan di perusahaan tersebut. Selain itu ada beberapa alasan seperti, hamil yang membuat mereka tidak dapat meneruskan pekerjaan, atau juga mengidap sakit keras yang tidak memungkinkan seseorang tersebut untuk tetap bekerja.

Selain itu, masalah sensitif yang berhubungan dengan perusahaan juga bisa menjadi alasan seseorang lebih memilih untuk berhenti bekerja. Mulai dari bosan bekerja menjadi pegawai perusahaan, hingga memutuskan untuk berhenti bekerja agar dapat membuka usaha dan menjadi pelaku bisnis.

Dengan begitu mereka akan memutuskan hubungan mereka dengan perusahaan yang ditempati selama ini. Selain itu, ketidak puasan seseorang terhadap sebuah perusahaan yang selama ini mereka tempati. Mulai dari gaji yang tidak sesuai, jam kerja yang berat hingga suasana perusahaan yang tidak kondusif. Sehingga membuat seseorang lebih memilih untuk berhenti bekerja dan memilih untuk mencari pekerjaan lain.

Karena terkadang dalam berorganisasi seseorang juga akan mengalami beberapa hambatan dan masalah hingga membuat mereka memutuskan untuk meninggalkan organisasi yang sudah mereka ikuti selama ini.

Oleh sebab itu, surat pengunduran diri dianggap sebagai surat yang cukup senstif karena dapat menimbulkan banyak spekulisi terhadap banyak orang. Untuk itu, penulisan surat resmi yang dimengerti dengan bahasa yang jelas dibutuhkan dalam penyusunan surat pengunduran diri nantinya. Selain menggunakan bahasa yang dimengerti, anda juga wajib menggunakan kalimat dan kata kata yang sopan.

Dalam pembuatan surat pengunduran diri, ada beberapa hal yang harus diperhatikan selain penggunaan kata-kata yang mudah dimengerti dan sopan. Tapi juga harus mencantumkan beberapa poin seperti di bawah ini :

  • Tanggal surat lamaran dibuat
  • Kepada siapa surat lamaran diajukan
  • Nama perusahaan yang bersangkutan
  • Alamat perusahaan tersebut
  • Pengungkapan permohonan mengundurkan diri
  • Alasan mengundurkan diri dari perusahaan
  • Tanggal efektif berhenti dari perusahaan

Untuk memudahkan anda dalam pembuatan surat pengunduran diri, artikel ini akan memberikan contoh surat pengunduran diri, agar anda bisa dengan mudah membuat surat pengunduran diri dari tempat anda bekerja atau pun organisasi yang anda ikuti.

Berikut Ini Contoh Surat Pengunduran Diri Lengkap. Mulai dari contoh surat pengunduran diri guru, contoh surat pengunduran diri organisasi, contoh surat pengunduran diri dari perusahaan, contoh surat pengunduran diri dari jabatan, contoh surat pengunduran diri kerja, contoh surat pengunduran diri karyawan, contoh surat pengunduran diri sekolah.

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi
Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi | Sumber : 500px.com

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi

Kepada

Yth. Ketua Osis dan Pembina Osis SMA N 3 JAKARTA UTARA

di Tempat

Yang bertanda tangan dibawah ini, saya :

Nama: Bara Wijayanto
Jabatan: Bendahara II

Dengan ini saya mengajukan permohonan izin untuk mengundurkan diri dari Organisasi resmi ( OSIS ) SMA Tugu Satu. Adapun alasan dari pengunduran diri ini adalah :

Orang tua tidak menyetujui
Jadwal rapat OSIS yang terlalu padat dan menyita waktu belajar
Minat saya untuk berada di organisasi OSIS sudah tidak ada

Selama setahun memegang tanggung jawab di organisasi OSIS sebagai bendahara II saya mendapatkan banyak pengalaman dan pelajaran serta mengasah kemampuan saya dalam hal berorganisasi. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua jajaran Pengurus dan Pembina SMA Tugu Satu dan mohon maaf yang sedalam-dalamnya apabila ada perilaku yang kurang berkenan selama saya ada di dalam organisasi OSIS.

Besar harapan saya bahwa anda memberikan izin kepada saya untuk mengundurkan diri. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Mengetahui:

Orang Tua Murid

………………….

NIS 200578

 

Menyetujui:

Pembina Osis

…………………..

Ketua Osis 2013

………………….

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Pekerjaan

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Pekerjaan
Contoh Surat Pengunduran Diri dari Pekerjaan | Sumber : 500px.com

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Pekerjaan

Jakarta, 12 Oktober 2017

Kepada Yth:
Ibu Elissabeth Rukmana
Direktur Utama
PT SEJAHTERA
Jl. Semeru III No. 1023
Jakarta Utara 12650

Perihal: Permohonan Pengunduran Diri

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini saya sampaikan. Saya Bara Wijayanto yang sekarang ini bekerja di PT SEJAHTERA. Dengan ini saya sampaikan pengunduran diri saya sebagai pegawai di perusahaan yang Ibu pimpin efektif tertanggal 12 November 2017.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas pengalaman dan kesempatan yang diperoleh selama bekerja di perusahaan yang Ibu pimpin. Semoga Ibu dapat memahami keputusan yang telah saya buat dan Semoga juga PT. SEJAHTERA selalu maju, berkembang dan sukses selalu kedepannya.

Hormat saya,

Bara Wijayanto

Cara Membuat Surat Izin yang Baik dan Benar, Lengkap dengan Contoh !

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan
Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan | Sumber : 500px.com

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan

Jakarta, 12 Januari 2018

Kepada Yth:
Bpk. Slamet Sunaryo
Direktur Utama
PT BANGKIT ABADI
Jl. Cendrawasih III No. 1023
Jakarta Utara 12650

Perihal: Permohonan Pengunduran Diri

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini saya sampaikan. Saya Bara Wijayanto yang selama ini menjadi karyawan di PT BANGKIT ABADI. Dengan ini saya sampaikan pengunduran diri saya sebagai karyawan di perusahaan yang Bapak pimpin efektif tertanggal 5 Februari.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas pengalaman dan kesempatan yang diperoleh selama bekerja di perusahaan yang Ibu pimpin. Semoga Bapak dapat memahami keputusan yang telah saya buat dan Semoga juga PT. Bangkit ABADI selalu maju, berkembang dan sukses selalu kedepannya.

Hormat saya,

BARA WIJAYANTO

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Jabatan

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Jabatan
Contoh Surat Pengunduran Diri dari Jabatan | Sumber : 500px.com

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Jabatan

Jakarta, 12 Januari 2018

Kepada Yth:
Ibu Elis Rimawati
Direktur Utama
PT BUMI PUTERA
Jl. Ijen III No. 1023
Jakarta Utara 12650

Perihal: Permohonan Pengunduran Diri

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini saya sampaikan. Saya Bara Wijayanto dengan jabatan terakhir sebagai Manajer Produksi di departemen Teknik. Dengan ini saya sampaikan pengunduran diri saya sebagai pegawai di perusahaan yang Ibu pimpin efektif tertanggal 12 Februari 2018.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas pengalaman dan kesempatan yang diperoleh selama bekerja di perusahaan yang Ibu pimpin. Semoga Ibu dapat memahami keputusan yang telah saya buat dan Semoga juga PT. BUMI PUTERA selalu maju, berkembang dan sukses selalu kedepannya.

Hormat saya,

BARA WIJAYANTO

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik Dan Sopan

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja
Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja | Sumber : 500px.com

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Sopan

Jakarta, 12 Januari 2018

Kepada Yth:
Bapak Rudi Santoso
Direktur Utama
PT MAJU
Jl. Bawal No. 1023
Jakarta Utara 12650

Perihal: Permohonan Pengunduran Diri

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini saya sampaikan. Saya Bara Wijayanto dengan ini saya sampaikan pengunduran diri saya sebagai pegawai di perusahaan yang Ibu pimpin efektif tertanggal 12 Februari 2018. Dikarenakan saya akan pindah ke luar kota, sehingga saya tidak dapat meneruskan untuk bekerja di Perusahaan anda.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas pengalaman dan kesempatan yang diperoleh selama bekerja di perusahaan yang Ibu pimpin. Semoga Bapak dapat memahami keputusan yang telah saya buat dan Semoga juga PT. MAJU selalu maju, berkembang dan sukses selalu kedepannya.

Hormat saya,

Bara Wijayanto

Referensi Surat Kuasa Terlengkap, Dibuat Oleh Notaris Berpengalaman

Contoh Surat Pengunduran Diri Guru

Contoh Surat Pengunduran Diri Guru
Contoh Surat Pengunduran Diri Guru | Sumber : 500px.com

Contoh Surat Pengunduran Diri Guru

Jakarta, 12 Januari 2018

Kepada Yth:
Bapak Rudi Santoso
Direktur Utama
PT MAJU
Jl. Bawal No. 1023
Jakarta Utara 12650

Perihal: Permohonan Pengunduran Diri

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini saya sampaikan. Saya Bara Wijayanto dengan ini saya sampaikan pengunduran diri saya sebagai pegawai di perusahaan yang Ibu pimpin efektif tertanggal 12 Februari 2018. Dikarenakan saya akan pindah ke luar kota, sehingga saya tidak dapat meneruskan untuk bekerja di Perusahaan anda.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas pengalaman dan kesempatan yang diperoleh selama bekerja di perusahaan yang Ibu pimpin. Semoga Bapak dapat memahami keputusan yang telah saya buat dan Semoga juga PT. MAJU selalu maju, berkembang dan sukses selalu kedepannya.

Hormat saya,

Bara Wijayanto

Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Partai

Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Partai
Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Partai | Sumber : 500px.com

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Partai

Perihal : Surat Pengunduran Diri

Kepada Yth. Ketua PAC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDIP ) Kec. Lambitu Di Tempat

Dengan hormat, Bersama ini saya sampaikan bahwa ini :

Nama : BARA WIJAYANTO
Alamat : RT 01 RW 01 Desa Lumbung Kecamatan Boa Jakarta Utara
Jabatan : Wakil Ketua PAC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kec. Boa

Dengan ini menyatakan bahwa mengundurkan diri dari Kepengurusan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan PAC Kecamatan Boa. Dikarenakan saya memiliki kesibukkan lain, yang membuat saya tidak dapat secara efektif mengurus dan bertanggung jawab dengan jabatan saya sebagai pengurus Partai. Untuk itu saya memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai Wakil Ketua PAC. Mohon, maklumi keputusan saya.

Demikian surat pengunduran diri ini dibuat dengan sebenar-benarnya tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

Boa, 27 Agustus 2017

Hormat saya,

Bara Wijayanto

Tembusan : – Para Pengurus PAC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kec. Lambitu

Contoh Surat Pengunduran Diri Resmi

Contoh Surat Pengunduran Diri Resmi
Contoh Surat Pengunduran Diri Resmi | Sumber : 500px.com

Contoh Surat Pengunduran Diri Resmi

Jakarta, 12 Januari 2018

Kepada Yth:
Bapak Rudi Santoso
Direktur Utama
PT MAJU
Jl. Bawal No. 1023
Jakarta Utara 12650

Perihal: Permohonan Pengunduran Diri

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini saya sampaikan. Saya Bara Wijayanto dengan ini saya sampaikan pengunduran diri saya sebagai pegawai di perusahaan yang Ibu pimpin efektif tertanggal 12 Februari 2018. Dikarenakan saya akan pindah ke luar kota, sehingga saya tidak dapat meneruskan untuk bekerja di Perusahaan anda.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas pengalaman dan kesempatan yang diperoleh selama bekerja di perusahaan yang Ibu pimpin. Semoga Ibu dapat memahami keputusan yang telah saya buat dan Semoga juga PT. MAJU selalu maju, berkembang dan sukses selalu kedepannya.

Hormat saya,

Bara Wijayanto

Referensi Surat Lamaran Kerja yang Menarik, Cocok untuk Kamu yang Fresh Graduate

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Pabrik

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Pabrik
Contoh Surat Pengunduran Diri dari Pabrik | Sumber : 500px.com

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Pabrik

Jakarta, 12 Januari 2017

Kepada Yth:
Bapak Hadi Suwarno
Direktur Utama
PT MAJU JAYA
Jl. Tongkol No. 10
Jakarta Utara 12650

Perihal: Permohonan Pengunduran Diri

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini saya sampaikan. Saya Bara Wijayanto dengan ini saya sampaikan pengunduran diri saya sebagai pegawai di Pabrik yang anda pimpin efektif tertanggal 12 Februari 2017. Dikarenakan saya telah diterima bekerja di perusahaan lain, sehingga saya tidak dapat melanjutkan pekerjaan saya di Pabrik yang anda kelola.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas pengalaman dan kesempatan yang diperoleh selama bekerja di Pabrik yang Bapak kelola. Semoga Bapak dapat memahami keputusan yang telah saya buat dan Semoga juga PT. MAJU JAYA selalu maju, berkembang dan sukses selalu kedepannya.

Hormat saya,

Bara Wijayanto

Contoh Surat Pengunduran Diri Sederhana

Contoh Surat Pengunduran Diri Sederhana
Contoh Surat Pengunduran Diri Sederhana | Sumber : 500px.com

Contoh Surat Pengunduran Diri Sederha

Jakarta, 12 Januari 2018

Kepada Yth:
Ibu Melisa
Direktur Utama
PT JAYA RAYA
Jl. Kenikir No. 1023
Jakarta Utara 12650

Perihal: Permohonan Pengunduran Diri

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini saya sampaikan. Saya Bara Wijayanto dengan ini saya sampaikan pengunduran diri saya sebagai pegawai di perusahaan yang Ibu pimpin, efektif tertanggal 12 Februari 2018. Dengan ini saya nyatakan saya tidak dapat bekerja di perusahaan anda.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas pengalaman dan kesempatan yang diperoleh selama bekerja di perusahaan yang Ibu pimpin. Semoga Ibu dapat memahami keputusan yang telah saya buat dan Semoga juga PT. JAYA RAYA selalu maju, berkembang dan sukses selalu kedepannya.

Hormat saya,

Bara Wijayanto

Itu lah contoh surat pengunduran diri yang bisa anda gunakan sebagai contoh dalam pembuatan surat pengunduran diri.

Yang harus anda ingat dalam surat pengunduran diri, selain harus menggunakan bahasa yang mudah dimengerti, anda juga harus menjelaskan alasan anda mengundurkan diri dengan menggunakan bahasa yang sopan. Agar tidak menimbulkan banyak spekulasi baik dari atasan anda atau pun rekan bekerja anda.

Sehingga anda dapat mengundurkan diri dari perusahaan secara baik-baik dan anda dapat meninggalkan kesan baik bagi perusahaan tempat anda bekerja dan rekan bekerja anda. Dengan begitu anda dapat bekerja atau mencari pekerjaan di perusahaan lain dengan mudah, karena anda memiliki nama baik dari perusahaan sebelumnya.

Itulah pembahasan singkat mengenai contoh surat pengunduran diri yang sopan, resmi, baik dan benar. Mulai dari contoh surat pengunduran diri guru, contoh surat pengunduran diri organisasi, contoh surat pengunduran diri dari perusahaan, contoh surat pengunduran diri dari jabatan, contoh surat pengunduran diri kerja, contoh surat pengunduran diri karyawan, contoh surat pengunduran diri sekolah, contoh surat pengunduran diri dari jabatan ketua, dari pt, dari kuliah, dll. Semoga bermanfaat.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Contoh Surat Pengunduran Diri

3 thoughts on “Cara Mudah Membuat Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: