40+ Contoh Desain Dapur Warna Hitam (Modern dan minimalis)

Contoh Desain Dapur Warna Hitam – Hitam merupakan warna netral yang kerap diaplikasikan dalam berbagai kesempatan. Mulai dari perkakas hingga ruangan. Di dalam ruangan sendiri, penggunaan warna hitam kerap menjadi pilihan aman untuk menggantikan warna putih maupun kuning gading yang sudah terlalu sering muncul.

Hitam juga membuat ruangan terlihat elegan dan dramatis jika dipadukan dengan gradasi dan perkakas yang tepat. Berikut ini beberapa contoh desain dapur warna hitam anti-mainstream agar kegiatan memasak Anda tak membosankan.

1. Desain dapur minimalis hitam aneka gradasi

Desain dapur minimalis hitam aneka gradasi

Daripada bersusah payah memikirkan warna dasar untuk dapur, cobalah sesekali aplikasikan hitam. Penampakannya yang pekat tak akan menyeramkan jika dipadukan dengan dekorasi dan gradasi yang pas. Hitam pekat bisa Anda balurkan di table top dan kabinet serta lampu gantung.

Di sisi tatakan atas, gunakan marmer kuat berwarna metal. Beri sentuhan keabuan di bagian backsplash dan kabinet bagian atas agar tak terlalu suram. Anda bisa mengadopsi gaya ini hanya jika memiliki akses pencahayaan lewat jendela kaca yang cukup, agar tak terkesan mencekam.

2. Desain dapur modern metalik midnight

Desain dapur modern metalik midnight

Variasi midnight yang pekat akan menghasilkan tampilan dapur nan elegan. Aplikasikan warna ini pada kabinet yang memenuhi ruangan. Untuk mendapat efek terang, sisipkan beberapa dekorasi metalik di bagian backsplash, kitchen sink, dan lampu gantung.

Berikan pula aksen putih di beberapa tempat seperti table top berbahan keramik putih. Di pantry depan sebagai meja makan, gantikan hitam dengan warna charcoal yang menawan.

3. Desain dapur hitam klasik tradisional

Desain dapur hitam klasik tradisional

Contoh desain dapur warna hitam cocok pula diterapkan pada model dapur klasik tradisional. Perkakas berbau kayu dan keramik tanah liat menetralisir ruangan menjadi terlihat lebih bernyawa. Keberadaan beberapa material ini memberikan aksen berbeda nan indah dipandang.

4. Desain dapur kolonial dark lime

Desain dapur kolonial dark lime

Tak seperti gaya kolonial klasik pada umumnya, Anda patut mencoba memoles tampilan dengan dark lime yang menawan. Tak terkesan kelam dan menakutkan, warna ini malah menampilkan kesan elegan. Terlebih, penggunaan kursi kayu dan table top dengan permukaan terang.

5. Desain dapur minimalis modern monokrom

Desain dapur minimalis modern monokrom

Paduan hitam-putih alias monokrom selalu berhasil diaplikasikan untuk berbagai situasi dan keadaan, termasuk desain dapur ini. Meja metalik beton yang kuat makin mengukuhkan kehadirannya dengan warna hitam jet nan mentereng, senada dengan kursi.

Sementara bagian lain di sekelilingnya mencoba menyeimbangkan dengan warna putih. Baik dalam balutan dinding beton, maupun keramik yang terpasang di dinding.

6. Desain dapur modern ebony

Desain dapur modern ebony

Dapur bermaterial kayu sangatlah mahal dan menawarkan kemewahan tersendiri. Terlihat dari penggunaan lantai kayu bergradasi, senada dengan dinding table pantry. Sementara warna pekat ebony membalut lemari kabinet hampir setinggi ruangan. Sangat gagah dan elegan.

7. Desain kitchen island monokrom

Desain kitchen island monokrom

Dapur berbentuk L dengan meja penyajian terpisah membuktikan konsep kitchen island selalu apik disematkan di sudut dapur. Material keramik yang membalut backsplash haruslah disusun rapat, agar kotoran tak menempel di sela nat.

Permukaan table top yang putih mengkilap sengaja dipilih agar noda terlihat jelas dan mudah dibersihkan. Tampilan epic ini dipertegas dengan kabinet serba kayu jet black yang kuat.

8. Desain dapur serba hitam konsep terbuka

Desain dapur serba hitam konsep terbuka

Jika memiliki pencahayaan yang bagus, tak perlu ragu untuk memilih warna hitam di keseluruhan area dapur. Seperti pada contoh desain dapur warna hitam berikut, Anda akan mendapati seluruh kabinet bahkan cooker hood berwarna senada, hitam. Selama pencahayaan cukup, tak akan terlihat seram kok.

9. Desain dapur Scandinavian monokrom

Desain dapur Scandinavian monokrom

Sesuai dengan konsep Scandinavian yang pucat dan dingin, gaya monokrom pada dapur ini menampilkan hal yang sama. Meski warna hitam hanya diusung dalam kabinet dan table top saja, keduanya memberi cukup mendominasi ruangan.

Agar tak mencekam, biarkan sebagian dinding terekspos di sela kabinet atas-bawah. Tambahkan pula perkakas dengan warna cerah seperti putih atau warna lain.

10. Desain dapur Mediteranian nuansa coal

Desain dapur Mediteranian nuansa coal

Lain dengan Skandinavia yang bernuansa kelabu, desain dapur Mediterania terasa lebih hangat dan ramah. Warna hitam hanya disapukan pada dasar table top saja. Lainnya, didominasi warna putih nan bersih dan cerah. Bahkan, ada aksen warna khas kayu yang coklat kekuningan di meja samping.

11. Desain dapur modern mewah midnight glossy

Desain dapur modern mewah midnight glossy

Tampilan hitam midnight yang mencekam makin tampak berkelas dengan finishing glossy yang cemerlang. Model seperti ini cocok untuk Anda yang memiliki lahan luas tak terbatas. Selain tampilan mewah yang makin kentara, permukaan glossy juga lebih mudah dibersihkan.

12. Desain dapur modern etnik yang kreatif

Desain dapur modern etnik yang kreatif

Tak sekedar memadukan warna hitam dengan aneka warna lainnya, desain juga mengusung kreatifitas dalam arsitektur. Penempatan mozaik segi enam di beberapa bagian backsplash membuktikan bahwa desain modern tak memiliki batasan pakem.
Di sisi depan sebagai penyajian, gunakan meja kayu biasa dengan kursi varian merah dan hitam. Berikan alas karpet motif etnik agar kursi dan meja tak mudah bergeser.

13. Desain dapur minimalis kabinet hitam

Desain dapur minimalis kabinet hitam

Kabinet hitam selalu jadi jawaban untuk tampilan dapur nan menawan. Sekalipun posisinya di pojok dekat pintu keluar, namun dapur minimalis ini tetap apik disawang. Dengan kabinet hitam dan tatakan permukaan dengan warna senaga yang mengkilap, dapur Anda kian tampak memikat.

14. Desain dapur industrialis beton

Desain dapur industrialis beton

Untuk dapur permanen yang hemat biaya perawatan, Anda bisa mengusung model industrialis dengan meja beton. Di sisi dinding, biarkan kabinet kayu ebony menutupi dinding. Sisakan beberapa celah untuk corak, senada dengan meja beton.

15. Desain dapur gothic dengan sentuhan pink

Desain dapur gothic dengan sentuhan pink

Mengusung tema gothic dengan keseluruhan perkakas, dinding dan kabinet berwarna hitam tidaklah seseram yang dibayangkan. Asal, masih ada warna lain untuk memancarkan cahaya. Seperti di dinding dan lantai keramik berwarna terang.

Di sisi lain, contoh desain dapur warna pink di sela konsep gothic yang kuat ini nampak pada pemilihan meja saji. Meski hanya sekelumit pink saja di permukaan meja, namun kehadirannya cukup mencairkan suasana.

16. Desain dapur Victorian elegan

Desain dapur Victorian elegan

Jika ingin tampil lebih cerah, Anda bisa menerapkan konsep Victorian style yang mewah namun dinamis. Segala perkakas kabinet dalam balutan warna putih gading mengesankan look yang mewah. Terlebih batuan marmer hitam mengkilap di permukaan table top, makin menambah kemewahannya.

17. Desain dapur kontemporer modern matte

Desain dapur kontemporer modern matte

Look modern sangat nampak dari berbagai alat dan pernak pernik yang dipilih di dapur ini. Namun, kesemuanya makin diimbangi dengan aksen kayu ebony hitam. Beberapa perkakas, seperti lampu gantung, elemen kaca, dan perabot kayu menambah cantik dapur Anda.

18. Desain dapur minimalis silver-black

Desain dapur minimalis silver-black

Tak perlu aneka dekorasi berlebihan, cukup pilih perabotan berwarna senada, silver misalnya, untuk mendapatkan look stylish nan elegan. Perpaduan keduanya dengan finishing mengkilap sangat bagus tanpa perlu saling menonjolkan. Agar berwarna, Anda bisa menghadirkan kursi kuning yang eye-catching.

19. Desain dapur minimalis industrial black and white

Desain dapur minimalis industrial black and white

Selain memperhatikan aspek fungsional, desain minimalis industrial juga mempertimbangkan aspek visual. Meski demikian, semua disajikan dalam desain yang simpel. Tak heran konsep ini sangat cocok dibungkus dalam warna monokrom.
Pemilihan dekorasi yang sederhana bisa berubah wah jika dipadukan dengan sempurna. Seperti pada lampu gantung yang simpel tapi unik.

20. Desain dapur rustic nan unik

Desain dapur rustic nan unik

Gaya rustic memang selalu berhasil menghadirkan kesan yang berbeda. Sentuhan perabotan kayu dalam aneka tekstur dan warna berbeda, membuat ruangan nampak ramai. Alih-alih menggunakan kabinet atas, gantilah dekor dengan rak kayu yang kuat untuk menopang peralatan makan.

Perpaduan klasik kayu di dapur bawah berbaur sempurna dengan kesan modern di sisi atas. Tak ada salahnya menggunakan lapak karpet kain agar air tak langsung terciprat ke lantai kayu.

21. Desain dapur black island

Desain dapur black island

Konsep berbeda bisa dieksekusi dengan memisahkan aksen monokrom pada ruangan. Biarkan kabinet dan dinding serta perkakas bernuansa putih mendominasi di bagian belakang. Sementara untuk penyajian, pilih material dark di keseluruhan perkakas. Cantik, kan?

22. Desain dapur warna charcoal

Desain dapur warna charcoal

Selain hitam pekat, Anda bisa mengombinasikan warna ini dengan unsur keabuan agar nampak sedikit lebih terang. Warna charcoal nampak apik dan tak terlalu kontras dengan perkakas. Di bagian dinding dan permukaan table top, biarkan warna putih memancarkan sinarnya.

23. Desain dapur glittery black

Desain dapur glittery black

Dapur hitam elegan dengan glittery efek yang menampilkan look mengkilap sangatlah cocok untuk desain rumah split level. Dapur lurus terbuka ini juga menyatu dengan ruangan lain tanpa sekat. Jika tak sedang digunakan, kabinet, oven, hob dan segala perkakas bisa berdiri sebagai bagian dari dekorasi.

24. Desain dapur industrial modern

Desain dapur industrial modern

Contoh desain dapur warna hitam yang pas dengan perkembangan zaman adalah model industrial modern ini. Hampir semua aspek diperhatikan dengan detail dan disatukan dalam satu ruangan.

Meja saji beton putih, kursi dan kabinet material kayu hitam, batu granit di permukaan table top, hingga mozaik vertikal di bagian backsplash merupakan aksen berbeda nan berpadu sempurna.

25. Desan dapur kontemporer granit

Desan dapur kontemporer granit

Konsep kontemporer yang disematkan terlihat kentara berkat adanya beberapa bagian yang menggunakan bahan stainless. Seperti di kitchen sink, hob, oven, maupun cooker hood. Selain itu, detail table top menggunakan batuan granit nan cerah sangat pas, tak berlebihan.

Meski terkesan mahal, dapur ini nyatanya lebih mudah dibersihkan. Tinggal lap saja, semua kinclong seperti semula.

26. Dapur minimalis desain mozaik

Dapur minimalis desain mozaik

Dapur minimalis sederhana dengan mengadopsi peninsula sangatlah pas untuk area ruang yang sempit. Anda bisa bermain motif dengan menambahkan mozaik bergradasi di dinding dapur. Tak perlu mencolok, cukup bermain aman dengan memilih warna hitam, bahkan untuk cooker hood sekalipun.

27. Desain dapur modern minimalis nan simple

Desain dapur modern minimalis nan simple

Lebih mengutamakan fungsionalnya sebagai dapur, desain ini mengedepankan tiap part untuk bisa difungsikan secara maksimal. Tak banyak perkakas disematkan, model beton pun hanya geometris balok saja. Namun, justru kesederhanaan dekorasi yang effortless inilah yang menjadi daya jualnya.

28. Desain dapur minimalis monokrom bergaris

Desain dapur minimalis monokrom bergaris

Anda bisa mendapati contoh desain dapur warna merah yang tenggelam dalam balutan konsep monokrom bergaris vertikal ini. Meski hanya sekilas, namun kehadiran warna merah di beberapa perkakas membuat dapur terkesan makin luxurious.

29. Desain marble kitchen yang futuristik

Desain marble kitchen yang futuristik

Dapur futuristik ini berhasil menggabungkan aneka konsep dalam satu wadah dan menjadi indah. Table top dengan guratan yang epic, dinding dengan bulatan timbul, kursi dan meja dari material baja, hingga lampion yang menjadi penerang ruangan. Bagus, ya.

30. Desain dapur Italian kontemporer

Desain dapur Italian kontemporer

Modern Elegant Dark Kitchens Rosewood Cupboard Oval Island

Dapur gaya Italia bisa diwujudkan dalam desain monokrom yang mempesona. Konsep kitchen island sangatlah unik dengan adanya meja saji berbentuk curvy nan estetis. Dipadukan dengan konsep terbuka menghadap jendela, desain ini memang sangat mempesona.

31. Desain dapur transisional kekinian

Desain dapur transisional kekinian

Tampilan dapur nan elegan dan kekinian bisa diaplikasikan dengan gaya transisional. Walaupun nuansa modern begitu terasa kental, namun dapur ini masih mengusung material kayu, freestanding hob, hingga aksen kaca yang sangat klasik. Nyatanya, semua berbaur dengan sempurna dan indah.

32. Desain dapur industrial loft

Desain dapur industrial loft

Tampilan ala dapur yang nampak seperti di loteng bisa jadi ciamik jika dieksekusi dengan baik. Karena pencahayaan panel surya di loteng sudah bagus, Anda bisa menggunakan warna hitam di mana pun tanpa takut akan terlihat suram. Tambahkan lampu gantung dengan kabel berulir agar makin chic.

33. Desain dapur minimalis manipulatif

Desain dapur minimalis manipulatif

Di ruang yang sempit seperti apartemen, Anda bisa mengakali dapur dengan menambahkan aksen kaca di dinding. Dengan begitu ruangan akan tampak luas berkat pantulannya. Tak perlu tambahan aksesoris berlebihan karena akan membuatnya makin nampak sesak.

34. Desain dapur eco-friendly

Desain dapur eco-friendly

Jika punya rumah di lahan yang bersih, Anda tak perlu takut membuat dapur dengan konsep terbuka. konsep ini akan membuat dapur Anda lebih menyatu dengan lingkungan sekitar dan menghemat pencahayaan. Adanya tirai buka-tutup di jendela bisa membantu sirkulasi udara tetap terjaga.

35. Desain dapur Jawa modern

Desain dapur Jawa modern

Arsitektur Jawa erat hubungannya dengan penggunaan kayu, terutama jati. Nah, konsep ini ternyata bisa diusung lebih modern dengan menghadirkan bentuk L dan segala kabinet kayunya yang kokoh. Di bagian backsplash, berikan sentuhan lain dengan mozaik gradasi hitam abu-abu.

36. Desain dapur modern satu banjar

Desain dapur modern satu banjar

Tak perlu repot soal tatanan, Anda dapat menggelar dapur satu banjar dengan meja makan. Kombinasi hitam, grey, warna keemasan, dan aksen kayu ini membuat dapur terlihat nyentrik dan eksotik. Terlebih, berkat adanya dinding bersisik emas di background belakang.

37. Desain dapur industrial ala café

Desain dapur industrial ala café

Tak melulu soal ragam dekorasi yang indah, desain dapur industrial juga bisa hhadir dalam suasana kalem. Penggunaan meja dan kursi berbahan jati dengan ulir kayu yang masih terlihat jelas bersatu apik dengan segala aksen glossy di dapur ini.

38. Desain dapur minimalis sederhana

Desain dapur minimalis sederhana

Tak perlu neko-neko, contoh desain dapur sederhana dan murah ini bisa diaplikasikan pada rumah Anda. Tak ada tekstur dan aksen yang ditonjolkan. Dapur ini sengaja dibuat hanya untuk keperluan memasak. Sentuhan warna terang seperti orange bisa jadi langkah untuk menambah kesan cerah.

39. Desain dapur Victorian

Desain dapur Victorian

Desain Victorian selalu saja erat kaitannya dengan kesan mewah. Alih-alih menggunakan marmer, Anda bisa mengganti table top dengan menonjolkan aksen kayu. Begitu pun di bagian dinding, bisa diakali dengan menggunakan material granit.

Yang tak boleh dilewatkan dari desain Victorian adalah keberadaan lampu gantung. Hal ini sangat vital dan tak boleh ditinggalkan.

40. Desain modern kitchen nan elegan

Desain modern kitchen nan elegan

Tampilan elegan bisa Anda dapatkan dari penggunaan aneka material terbaik untuk dapur. Mulai dari kabinet kayu dan dasar table top yang berwarna charcoal. Permukaan table top berbahan marmer. Hingga paket hob dan cooker hood berbalut warna keemasan.

Selain beberapa contoh desain dapur warna hitam di atas, masih banyak kombinasi warna lain untuk dijajal. Anda lebih suka kombinasi warna apa untuk dapur idaman?

40+ Contoh Desain Dapur Warna Hitam (Modern dan minimalis)

Leave a Reply