Site icon Thegorbalsla

Kumpulan Cara Mengunci WhatsApp di Android (Teraman)

Kumpulan-Cara-Mengunci-WhatsApp-Di-Android

Cara Mengunci WhatsApp – Aplikasi WhatsApp digunakan untuk berkomunikasi antar sesama pengguna smartphone. Untuk menjaga kerahasiaan pesan maupun percakapan tersebut, Anda bisa menggunakan beberapa cara mengunci WhatsApp sehingga orang lain tidak akan bisa membukanya.

Penguncian tersebut amat diperlukan untuk melindungi aplikasi saat ponsel tidak ada di genggaman Anda. Sebab, beberapa percakapan dalam WA cukup rahasia sehingga tidak boleh diketahui orang lain meskipun orang terdekat sekalipun. Itu menunjukan pentingnya penguncian aplikasi ini.

Cara Mengunci WhatsApp

Mengunci sebuah aplikasi bisa dilakukan dengan berbagai cara. Ada yang menggunakan aplikasi tambahan maupun tidak. Beberapa cara mengunci WhatsApp sendiri cukup mudah dilakukan. Anda hanya perlu memilih dan mengikuti ulasan berikut ini:

1. Menggunakan Aplikasi AppLock

Seperti namanya, AppLock digunakan untuk mengunci aplikasi yang ada di perangkat Android. Kunci tersebut bisa berupa kata sandi, pola, angka, dan beberapa hal lainnya. Dengan adanya variasi tersebut, pengguna semakin dimudahkan sebab bisa memilih kunci yang paling mudah diingat.

Berikut ini merupakan langkah-langkah yang haru ditempuh untuk mengunci aplikasi WA menggunakan aplikasi AppLock:

Catatan: terdapat salah satu cara mengunci WhatsApp terbaik pada AppLock, yaitu fingerprint. Cara ini dinilai sangat aman karena sulit untuk dibobol oleh orang lain.

2. Menggunakan Fitur Pengunci Layar Bawaan

Setiap smartphone selalu menghadirkan fitur penguncian layar. Oleh karena itu, Anda pasti bisa memasang password pada ponsel pintar tersebut untuk melindungi segala jenis data dan aplikasi yang terkandung di dalamnya, tidak terkecuali WhatsApp

Meskipun fitur penguncian layar ini tidak secara langsung melindungi aplikasi secara spesifik, namun tetap bisa disebut sebagai salah satu cara mengunci WhatsApp. Sebab, manfaat yang diperoleh juga tidak jauh berbeda, yaitu perlindungan terhadap percakapan di WA.

Langkah demi langkah berikut ini bisa diikuti jika Anda ingin mengunci WA menggunakan fitur penguncian layar:

3. Menggunakan Fingerprint Bawaan WhatsApp

Fingerprint Lock digunakan untuk mengunci aplikasi WhatsApp yang hanya bisa dibuka menggunakan sidik jari yang sudah didaftarkan terlebih dahulu. Pengamanan ini dinilai lebih baik, sebab keunikan yang dimiliki sidik jari.

Saat penguncian ini dipasang, maka orang lain tidak akan bisa membuka aplikasi WA. Sebab, sidik jari mereka tidak akan bisa digunakan untuk membukanya.

Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan cara mengunci WhatsApp untuk perlindungan lebih baik dengan langkah-langkah di bawah ini:

Catatan: cara yang satu ini tidak bisa dipasang pada semua tipe smartphone dan versi. Anda hanya bisa menggunakan fitur fingerprint lock pada WA versi terbaru saja.

4. Menggunakan Aplikasi LOCKit

LOCKit merupakan salah satu aplikasi untuk melindungi smartphone dari penyusup. Perlindungan bisa diberikan dengan mengunci layar utama sehingga penyusup tidak akan bisa menggunakannya sama sekali. Namun, terkadang perlindungan terhadap aplikasi maupun file spesifik diperlukan.

Menggunakan LOCKit, Anda bisa menyembunyikan berbagai file dan dokumen penting. Tidak hanya itu, penguncian semua jenis aplikasi juga sangat dimungkinkan, tanpa terkecuali software WhatsApp.

Langkah-langkah di bawah ini bisa diikuti untuk mengunci WA menggunakan LOCKit:

5. Menggunakan Aplikasi Smart AppLock

Smart AppLock sendiri merupakan aplikasi besutan SpSoft yang digunakan untuk memberikan perlindungan terhadap smartphone dengan membatasi akses orang lain tanpa sepengetahuan pemiliknya.

Perlindungan ini dilakukan dengan menambahkan kunci seperti fingerprint, pola, sandi dan beberapa lainnya. Menggunakan Smart AppLock, pengguna memakai fitur fake lock untuk mengecek penyusup.

Untuk menggunakan Smart AppLock, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Keuntungan Mengunci Aplikasi WhatsApp

Memang ada banyak cara mengunci WhatsApp yang telah dituliskan di atas. Namun, Anda juga perlu mengetahui tentang keuntungan apa saja yang mungkin diperoleh jika menggunakannya. Hal tersebut dilakukan agar tidak salah mengambil keputusan.

Berikut ini merupakan beberapa keuntungan mengunci aplikasi WA yang perlu Anda ketahui:

1. Menjaga Privasi

Apabila Anda menambahkan kunci atau password pada aplikasi WA, maka orang lain tidak akan bisa membukanya dengan mudah. Oleh karena itu, privasi chat akan tetap aman. Kecuali, Anda menyebarkan kombinasi angka untuk membuka kunci aplikasi pada orang lain.

2.Menjaga Kerahasiaan Dokumen Penting

Saat ini, surat maupun dokumen penting lainnya sudah lazim dikirim lewat aplikasi WA. Oleh sebab itu, WA tidak boleh dibuka oleh sembarang orang agar kerahasiaan dokumen tetap terjaga. Untuk itu, menguncinya dengan berbagai cara cukup menjadi solusi.

3. Menghindari Kejadian yang Tidak Diinginkan

Seperti yang sudah diketahui, aplikasi WhatsApp digunakan untuk berkomunikasi dengan bentuk pesan singkat, pesan suara, telepon, dan video call. Jika ada orang lain yang bisa bebas membukanya, maka ada resiko di mana orang tersebut iseng mengirim pesan singkat menggunakan akun Anda.

Terkadang, hal ini sangat merugikan saat pesan yang dikirimkan malah merusak citra diri Anda. Oleh karena itu, cara mengunci WhatsApp perlu dilakukan untuk mencegah resiko ini terjadi.

Seperti yang sudah dituliskan di atas, bahwa perlindungan terhadap aplikasi mutlak diperlukan agar beberapa resiko yang berpotensi merugikan bisa diminimalisir. Perlindungan aplikasi juga memiliki berbagai alternatif pilihan cara, tidak terkecuali pada WhatsApp

Terdapat berbagai cara mengunci WhatsApp yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta spesifikasi smartphone. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang telah diuraikan dan rasakan manfaatnya.

Kumpulan Cara Mengunci WhatsApp di Android (Teraman)

Exit mobile version