Bingung Mencari Nama Bayi Laki Laki untuk Buah Hati Anda ? Ini Solusinya !

Nama Bayi Laki Laki Islami – Di dalam islam memilih nama bayi atau nama anak memiliki etika dan ketentuannya sendiri. Salah satunya adalah anda diminta untuk memberi nama anak yang terinspirasi dari orang-orang yang saleh. Agar kelak anak-anak diharapkan bisa meniru sifat-sifat baik mereka, dan anak juga tidak akan berbuat buruk semasa hidupnya.

Untuk anda yang sedang mencari nama bayi laki-laki islami, beberapa nama di bawah ini bisa menjadi inspirasi dalam memberi nama. Anda juga bisa menggunakan nama-nama nabi, rasul, para sahabat, dan khalifah. Ada pula tokoh-tokoh sejarawan islam seperti sastrawan dan ilmuwan, yang namanya bisa anda gunakan untuk nama anak anda.

Nama bayi yang anda gunakan untuk anak anda, harus bermakna baik agar menjadi doa dan harapan orang tuanya di kemudian hari. Kumpulan nama-nama bayi laki-laki islami berikut ini, dapat menjadi tumpuan dan harapan anda untuk kehidupan mereka di masa mendatang.

Berikut ini penjelasan lengkap seputar nama bayi laki laki. Mulai dari Nama bayi laki laki islami, nama bayi laki laki islam modern, nama bayi laki laki arab, nama bayi laki laki jawa, nama bayi laki laki sansekerta yang bagus, keren, dan unik.

Nama Bayi Laki Laki Islam Yang Terinpirasi Dari Nama Nabi Dan Rasul

Nama Bayi Laki Laki Islam Yang Terinpirasi Dari Nama Nabi Dan Rasul
Nama Bayi Laki Laki Islam Yang Terinpirasi Dari Nama Nabi Dan Rasul

Nabi dan rasul adalah orang-orang terbaik pilihan Allah, yang diutus oleh Allah untuk menyebarkan agama islam. Dengan menggunakan nama dari salah satu nabi dan rasul tersebut, maka akan mengingatkan kita tentang sifat-sifat mereka yang mulia. Sehingga kita berharap jika anak kita diberi nama salah satu nabi dan rasul tersebut, kemuliaannya akan menjadi doa untuk anak-anak kita.

Para ulama sepakat tentang memilihkan nama yang baik untuk anak-anak, yang diambil dari nama nabi dan rasul tersebut. selain Nabi Muhammad SAW masih ada banyak lagi nama nabi lainnya yang bisa anda gunakan untuk memberi nama pada anak anda. Berikut beberapa nama bayi laki-laki islami yang diambil dari nama para nabi :

1. Yahya

Nabi Yahya merupakan 1 dari 25 nabi yang wajib diketahui oleh seluruh umat islam, kelahiran nabi Yahya termasuk kelahiran yang ajaib karena Nabi Zakaria yang tidak punya anak selama bertahun-tahun. Akhirnya memiliki anak setelah ia lanjut usia padahal istrinya mandul, dan lahirlah nabi Yahya.

Kisah dari nabi Yahya ini memang tidak terlalu banyak diceritakan di dalam al quran, tetapi diketahui bahwa ia telah dikaruniai hikmah dan ilmu yang besar oleh Allah SWT sejak ia masih kecil. Beliau juga dikenal sebagai orang yang hormat kepada orang tua, tegas, dan memiliki sikap yang berwibawa.

Nama Yahya ini juga sudah difirmankan di dalam surat Maryam ayat 7, di sana disebutkan bahwa nabi Zakaria akan memiliki anak yang bernama Yahya. Disebutkan juga di sana bahwa Allah belum pernah menciptakan manusia yang serupa dengan Yahya. Dalam bahasa Arab arti dari nama Yahya adalah hidup.

Nama Yahya juga telah banyak digunakan oleh banyak orang terkenal, diantaranya yaitu mantan presiden Gambia dan Pakistan. Serta presenter terkenal asal Indonesia yaitu Helmi Yahya.

2. Musa

Nabi Musa adalah salah satu nabi yang paling banyak disebutkan namanya di al quran, bahkan sampai 136 kali. Para ulama banyak yang berpendapat mengenai namanya yang sering kali disebutkan tersebut, artinya kita harus banyak merenugkan kisah hidupnya. Sebagai seorang nabi dan rasul, Musa memang dikaruniai banyak mukzizat dan kelebihan.

Beliau juga termasuk pada kategori ulul azmi, bersama ke-4 nabi lainnya yang telah dipilih oleh Allah SWT yaitu nabi Isa, nabi Nuh, nabi Ibrahim, dan nabi Muhammad. Nama Musa diperkirakan berasal dari bahasa Mesir kuno, nama ini diturunkan dari kata Mo yang artinya air dan Uses yang artinya selamat.

Sehingga arti dari nama Musa ini adalah diselamatkan dari air, versi lain dari arti nama Musa ini yaitu yang berasal dari bahasa Ibrani. Yaitu Mu yang artinya kotak dan Sa yang artinya kayu, kedua hal tersebut merujuk pada kisah Musa yang diselamatkan oleh istri Firaun yang dihanyutkan di Sungai Nil di dalam sebuah kotak kayu.

3. Ayub

Nabi Ayub adalah salah seorang nabi yang dikenal karena sikap tabahnya yang sangat besar, dalam menghadapi berbagai cobaan. Ia sempat diuji dengan sakit yang sangat berkepanjangan, sampai ia kehilangan harta yang dimilikinya termasuk nyawa anak-anaknya. Tetapi dengan semua cobaan tersebut ia bersikap sangat tabah.

Hingga pada akhirnya Allah pun mengangkat penyakitnya dan menjadikan tubuhnya menjadi lebih sehat dan kuat. Tapi tak hanya itu istri yang telah meninggalkannya pun kembali lagi dalam hidupnya. Meskipun saat itu ia kembali sembuh, tetapi hal itu tidak mengurangi tingkat keimanannya pada Allah.

Ia bahkan memaafkan istrinya yang telah meninggalkannya pergi, dan tak tega melaksanakan sumpah yang sempat diucapkannya mengenai memukul istrinya selama 100 kali. Tetapi agar ia tidak melanggar sumpah tersebut, maka Allah memerintahkan nabi Ayub untuk mengambil segenggam rumput.

Kemudian rumput itu dipukulkan ke tubuh istrinya dengan cara yang lembut, sehingga tak mungkin akan meninggalkan rasa sakit. Kesabaran dari nabi Ayub ini memang sangat mengagumkan dan patut dicontoh oleh kita semua. Nama Ayub pun cocok dijadikan nama anak laki-laki anda, agar anak anda bisa memiliki kesabaran yang luas seperti nabi Ayub.

4. Harun

Nabi Harun adalah salah satu nabi yang merupakan saudara kandung dari nabi Musa, ia memiliki kemampuan bicara dan berdebat yang lebih baik dari nabi Musa. Tak heran jika ia sering setia membantu nabi Musa setiap kali mereka berdakwah. Nabi Harun juga dipercaya memimpin Bani Israel ketika Musa sedang pergi.

Sayangnya pada saat itu sebagian penduduk Bani Israel malah memilih untuk menyembah patung anak lembu, yang terbuat dari emas. Nabi Harun sendiri kala itu sudah mengingatkan mereka untuk tidak melakukan itu, tetapi ia diabaikan. Di dalam bahasa Arab arti dari nama Harun ini adalah unggul, mulia dan juga besar.

Namun di dalam bahasa Mesir kuno, arti nama harun adalah singa prajurit yang kuat dan tangguh. Terbukti bahwa nama Harun memang sangat cocok diberikan kepada seorang anak laki-laki, agar ia menjadi setangguh nabi Harun.

5. Daud

Nabi Daun merupakan nabi yang paling dikenal karena keberaniannya, pada saat ia masih muda ia sudah ikut terjun ke dalam suatu perang dalam melawan pasukan Palestina yang saat itu dipimpin oleh Raksasa Jalut. Padahal saat itu nabi Daud hanya berbekal senjata ketapel dan kerikil, tapi Daud tak takut menghadapi Jalut yang tubuhnya besar.

Dengan izin Allah nabi Daud pun berhasil menumbangkan Jalut dan pasukannya pada saat perang berakhir, dan ia pun dianggaap sebagai seorang pahlawan. Selain memiliki keberanian, nabi Daud juga dikaruniai kelebihan lainnya. Yaitu ia merupakan salah satu manusia yang memiliki suara yang merdu.

Pada saat nabi Daud sedang membaca kitab zabur, maka gunung dan burung pun akan ikut bertasbih. Bahkan nabi Daud memahami bahasa burung, ia dapat melunakkan besi hanya dengan tangannya, dan ia juga dikaruniai otak yang cerdas. Ketika nabi Daud menjadi seorang raja, ia pun mulai membangun Baitul Muqqadis yang sekarang menjadi Masjid Aqsa.

Nama nabi Daud sudah disebut di dalam al quran sebanyak 16 kali, secara etimologi nama anak laki-laki islami yang satu ini memiliki arti sahabat tersayang. Nama Daud berasal dari bahasa Ibrani, yang bisa anda jadikan nama untuk anak laki-laki anda.

Nama Anak Laki Laki Islam Yang Berasal Dari Nama Sahabat Rasulullah

Nama Anak Laki Laki Islam Yang Berasal Dari Nama Sahabat Rasulullah
Nama Anak Laki Laki Islam Yang Berasal Dari Nama Sahabat Rasulullah

Sahabat Rasul adalah mereka yang melihat langsung bagaimana Rasulullah SAW menegakkan dan menyebarkan agama islam. Bahkan mereka juga ikut membantu Rasulullah dalam menegakkan agama islam. Sahabat Rasul berasal dari berbagai kalangan, bahkan ada yang awalnya merupakan musuh dari Rasulullah yang kemudian menjadi sahabat.

Sahabat Rasul adalah inspirasi terbaik bagi para orang tua yang ingin memberi nama anaknya, dengan nama yang bermakna baik. Mereka juga termasuk orang-orang yang saleh, yang memiliki arti nama yang baik. Berikut nama para sahabat Rasul yang bisa anda gunakan dalam memberi nama pada anak laki-laki anda. Diantaranya yaitu :

1. Abizar

Nama Abizar berasal dari nama salah satu sahabat Rasul yaitu Abizar Al Ghifari, ia merupakan orang-orang pertama yang masuk agama islam tanpa paksaan apapun. Ia juga rela berjalan kaki ke mekah untuk menemuia Rasulullah. Abizar ini berasal dari suatu suku yang merupakan kumpulan para perampok.

Tetapi setelah ia masuk islam ia pun menjadi seseorang yang pemberani, setia, dan juga peduli pada orang-orang miskin di sekitarnya. Bahkan ia juga dipercaya sebagai orang yang menyebarkan agama islam, di sukunya tersebut. bukan hanya Ibu dan saudaranya sendiri, tetapi hampir seluruh suku Ghifar yang suka merampok berhasil diislamkan olehnya.

Nama Abizar sendiri berasal dari bahasa Arab yang artinya adalah menyebarkan atau tambang emas. Di Indonesia nama Abiza ini dimiliki oleh seorang artis cilik yang bernama Abizar Alifandra.

2. Ayyas

Ayyas Bin Abu Radiah merupakan salah satu sahabat Nabi yang sangat mencintai ibunya, bahkan ia sempat batal berhijrah ke Madinah karena ia tertipi oleh Abu Jahal yang mengatakan bahwa ibunya sedang sakit. Ayyas juga merupakan salah satu sahabat yang mati sahid pada saat perang Yarmuk.

Pada saat itu ia meninggal sebelum sempat meminum air yang belum sempat diberikan kepadanya. Nama Ayyas ini berasal dari bahasa Arab yang artinya hidup atau memakmurkan. Nama bayi laki-laki islami yang satu ini bisa menjadi inspirasi, bagi anda yang sedang mencari nama yang baik untuk anak laki-laki anda.

Nama Ayyas juga digunakan oleh sahabat rasul lainnya yang bernama Ayyas Bin Alqamah Bin Abdullah. Dengan maknanya yang baik, diharapkan anak laki-laki anda bisa memiliki sifat yang baik seperti Ayyas.

3. Khalid

Khalid Bin Walid adalah salah satu sahabat Nabi juga yang menjadi panglima perang paling penting di dalam sejarah islam. Di bawah komandonya, akhirnya militer Arab bersatu di bawah kekhalifahan untuk pertama kalinya. Khalid telah memimpin peperangan sejak kepemimpinan Nabi Muhammad, Abu Bakar, sampai Umar Bin Khattab.

Ia memiliki julukan pedang Allah yang terhunus, kabarnya ia sudah terjun di ratusan pertempuran dan ia selalu menang. Tak heran jika ia menjadi panglima perang dalam waktu yang cukup lama. Nama Khalid ini juga bisa menjadi indpirasi untuk anak laki-laki anda kelak, nama ini cocok untuk anda yang ingin memiliki anak yang tumbuh dengan kuat.

Juga dapat menegakkan keadilan dan pemberani seperti Khalid Bin Walid ini. secara etimologi nama Khalid berasal dari bahasa Arab yang maknanya yaitu keabadian.

4. Sufyan

Abu Sufyan adalah sepupu dan saudara sepersusuan Rasulullah SAW, pada awalnya mereka sangat akrab. Tetapi Abu Sufyan mulai memusuhi Nabi Muhammad semenjak Beliau diangkat menjadi Nabi. Bahkan selama hampir 20 tahun lamanya, Abu Sufyan ini telah memusuhi Rasulullah SAW berserta seluruh sahabatnya.

Tetapi saat memasuki fase penaklukan di Mekkah, akhirnya Abu Sufyan dan keluarganya ini masuk islam. Sejak ia memeluk agama islam ia pun menjadi orang yang sangat pandai beribadah. Bahkan Rasul pernah berkata bahwa orang yang pertama kali masuk masjid, dan yang terakhir meninggalkannya adalah Abu Sufyan.

Nama Sufyan banyak digunakan di beberapa negara muslim termasuk negara Indonesia. nama anak laki-laki islami yang satu ini diperkirakan berasal dari bahasa Persia, yang artinya adalah badai pasir atau berjalan cepat.

5. Amru

Nama bayi laki-laki islami yang berikutnya adalah Amru, yang terinspirasi dari salah satu sahabat Nabi yang bernama Amru Bin Al Ash. Sahabat Rasul yang satu ini terkenal dengan kecerdasannya dan memiliki talenta di berbagai bidang. Pada awalnya ia hanya seorang pedagang yang biasa berkeliling dari Yaman sampai Mesir.

Setelah mengetahui kemampuan bahasanya yang cukup fasih, ia pun sering dijadikan negosiator oleh orang-orang Quraisy. Amru juga sangat mahir dalam menunggang kuda, dan ia merupakan seorang penyair yang puitis. Amru juga mampu menaklukan Syam pada saat ia ditunjuk sebagai panglima perang.

Bahkan ia mampu memimpin Palestina dan sempat menjadi Gubernur Mesir. Nama Amru diturunkan dari kata Amr, yang artinya kehidupan yang atau berumur panjang. Nama Amru juga dapat diartikan sebagai kekasih.

Nama Anak Laki Laki Islam Yang Berasal Dari Para Khalifah

Nama Anak Laki Laki Islam Yang Berasal Dari Para Khalifah
Nama Anak Laki Laki Islam Yang Berasal Dari Para Khalifah

Banyak orang tua yang mengharapkan bahwa anak laki-lakinya kelak akan menjadi seorang pemimpin, setidaknya ia harus mampu menjadi pemimpin yang baik bagi diri sendiri dan menjadi imam di dalam keluarganya. Maka tak ada salahnya jika anda menggunakan nama para Khalifah atau pemimpin sebagai nama bayi laki-laki anda.

Khalifah tersebut merupakan pemimpin umat setelah Rasulullah SAW wafat, semoga kebaikan mereka dalam memimpin dapat menjadi panutan bagi anak kita yang diberi nama yang sama dengan mereka. Nama-nama tersebut diantaranya sebagai berikut :

1. Hisyam

Nama anak laki-laki yang dapat anda gunakan ini, diambil dari Khalifah Bani Umayyah yang ke-10 yaitu Hisyam Bin Abdul Malik. Pada saat menjadi Khalifah usianya kala itu masih 35 tahun, dan ia pun berkuasa sampai 20 tahun lamanya. Walaupun tergolong masih muda maka Hisyam sangat ahli dalam berstrategi militer.

Bahkan ia juga mampu menangani konflik internal kala itu, yang diwarisi oleh Khalifah yang sebelumnya yaitu Yazid II. Hisyam telah membangun banyak sekolah, dan mendorong perkembangannya di bidang seni. Di bawah kepemimpinannya saat itu, banyak sekali karya sastra dan ilmiah yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Arab.

Nama Hisyam ini memiliki arti murah hati atau dermawan, di dalam bahasa Arab. Nama anak laki-laki islami yang satu ini diturunkan dari kata Hashama atau menghancurkan. Di dunia hiburan nama Hisyam ini digunakan oleh salah satu aktor Amerika yang bernama Hisyam Tawfiq.

2. Umar

Umar Bin Khatab adalah Khalifah kedua setelah Abu Baqar, Umar memiliki karakter yang pemberani, tegas dan juga berwibawa. Rasulullah bahkan pernah bersabda bahwa setan pun akan lari ketakutan jika melihat Umar. Selama 10 tahun ia menjadi seorang Khalifah, islam tumbuh dengan pesat dan berhasil memperluas wilayahnya sampai Jerussalem.

Tetapi meskipun ia berkuasa penuh pada saat itu, tetapi ia tetap mengedepankan hidup sederhana dan gemar beribadah. Kata Umar sendiri memiliki makna yang baik yaitu melimpah dan panjang umur. Sehingga nama ini sangat cocok digunakan oleh buah hati anda.

3. Ali

Ali Bin Abu Thalib adalah khalifah ke-4 sepeninggal rasulullah, ia adalah sepupu sekaligus menantu Rasulullah dan menjadi Khalifah yang paling akhir setelah Rasul wafat di dalam Khulafaur Rasyidin. Ia juga termasuk orang yang pertama mempercayai wahyu, untuk rasulullah setelah Khadijah.

Suami dari anak Nabi Muhammad yaitu Fatimah Az Zahra ini dikenal sebagai pribadi yang cerdas, tangguh dan mahir memainkan pedangnya. Gaya kepemimpinannya bahkan cenderung merakyat. Ali juga berusaha mendorong perkembangan dalam bidang bahasa dan dalam pembangunan kota.

Nama Ali memiliki makna tinggi atau mulia yang berasal dari bahasa Arab, nama bayi laki-laki islami ini banyak digunakan di Indonesia dan bahkan di luar negeri. Tokoh terkenal yang kemudian menggunakan nama Ali adalah seorang petinju yang masuk agama islam, yaitu Muhammad Ali.

4. Yazid

Ada 3 Khalifah yang bernama Yazid yang memimpin selama masa pemerintahan Bani Umayyah. Salah satunya adalah Yazid III atau Yazid Ibnu Al Walid, tetapi masa pemerintahannya hanya berlangsung selama 6 bulan saja. Kepemimpinannya ini hanya berlangsung selama 6 bulan saja.

Karena Yazid meninggal dalam keadaan terkena penyakit tumor otak, tetapi walaupun kepemimpinannya singkat Yazid III ini dikenal sebagai orang yang adil, sederhana, dan cakap dalam menjalankan pemerintahan kala itu. Nama Yazid berasal dari bahasa Arab, dan disebutkan di dalam al quran surat al isra ayat 109. Arti namanya yaitu kemajuan.

5. Abdullah

Nama bayi laki-laki berikutnya yang bisa anda gunakan adalah Abdullah, yang diambil dari nama asli Abu Bakar Ash Sidiq. Beliau merupakan sahabat dan sekaligus mertua dari Nabi Muhammad, sekaligus juga Khalifah pertama setelah Nabi wafat. Sifat dan keutamaan dari Abu Bakar ini sudah tak perlu diragukan lagi.

Karena beliau adalah seseorang yang bersifat penyayang, lembut tapi tegas, jujur, berani, dan sangat luas ilmunya. Gaya kepemimpinan Abu Bakar ini cenderung demokratis, dan walaupun pusat kepemimpinannya berada di Khalifah tetapi beliau masih sering mengajak para sahabat bermusyawarah saat mengambil keputusan.

Nama Abdullah ini sangat dianjurkan dalam memberi nama anak laki-laki, karena nama Abu Bakar juga disukai oleh Allah karena maknanya yaitu penghambaan kepadaNya. Sehingga nama ini adalah nama yang bermakna baik.

Nama Bayi Laki Laki Islami Yang Terilhami Dari Para Sastrawan Terkenal

Nama Bayi Laki Laki Islami Yang Terilhami Dari Para Sastrawan Terkenal
Nama Bayi Laki Laki Islami Yang Terilhami Dari Para Sastrawan Terkenal

Perlu anda ketahui bahwa ada banyak tokoh sastra yang beragama islam, yang dapat dijadikan inspirasi dalam memberi nama pada anak laki-laki anda. Tokoh-tokoh tersebut telah memiliki karya yang pengaruhnya masih saja terasa sampai saat ini. mereka juga turut membantu dalam peradaban islam, karya mereka tak hanya dinikmati oleh umat islam tapi juga oleh banyak orang di dunia.

Beberapa nama bayi laki-laki islami yang diambil dari tokoh sastra terkenal, diantaranya yaitu :

1. Sanai

Sanai adalah seorang penyair islami yang berasal dari Persia dan hidup di abad ke 11 sampai ke 12, karya terbesarnya yang sangat terkenal yaitu The Hadiqat Al Haqiqah. Yang sudah menjadi karya epik mistis sufisme pertama dari Persia. Karya Sanai ini banyak yang menginspirasi para penyair di generasi berikutnya.

Termasuk Rumi yang namanya jauh lebih terkenal dibanding dirinya, Rumi juga merupakan salah satu tokoh sastra islami yang memiliki kemampuan yang mumpuni. Sanai telah mendapat julukan sebagai guru para sufi Persia, karena kepiawaiannya dalam membuat syair yang indah dan bermakna dalam.

Semasa hidupnya Sanai ini dekat dengan orang-orang di istana dan hidup dalam kemewahan. Tetapi kemewahan yang sempai ia nikmati itu ia tinggalkan begitu saja, karena ia ingin menjalani kehidupan sebagai seorang sufi yang tak pernah memikirkan dunia. Sanai dapat dijadikan inspirasi untuk nama anak laki-laki anda.

Nama Sanai ini berasal dari bahasa Arab, yang artinya yaitu memiliki kecerdasan atau kecemerlangan. Tak heran jika kecerdasannya dalam membuat syair, berasal dari arti namanya sendiri.

2. Nizami

Nama anak laki-laki berikutnya yang bisa anda jadikan inspirasi, adalah Nizami. Nama ini berasal dari seorang tokoh sastra atau penyair yang bernama Nizami Ganzavi. Ia hidup di abad ke 12 sampai ke 13. Ia dianggap sebagai seorang penyair yang epic romantik terbesar di dunia kesusastraan Persia.

Nizami juga dikenal sebagai seseorang yang memiliki pengetahuan yang luas, di dalam berbagai bidang. Karena ia tidak hanya mahir di bidang sastra, tetapi ia juga mahir di bidang matematika, astronomi, kimia, astrologi, obat-obatan, dan botani. Pengetahuannya yang luas tersebut ditambah dengan sensibilitas sosialnya yang kuat.

Yang pada akhirnya ikut mempengaruhi karya-karyanya, salah satu karyanya yang paling terkenal adalah Laila Majnun. Yang sering kali disebut sebagai Romeo dan Juliet versi Iran. Bahkan Nizami banyak menuliskan kata-kata indah di dalam novel, di dalam mahakaryanya tersebut. misalnya cinta yang tak membelenggu dan ada syair wahai Laila kekasihku.

3. Attar

Nama penyair terkenal yang berikutnya yang bisa anda jadikan inspirasi dalam membuat nama anak, adalah Attar. Yang berasal dari Fakhruddin Attar, yaitu nama pena dari Abu Hamid. Seorang penyair mistik yang berasal kenamaan dari Persia, dan karyanya yang paling terkenal dan fenomenal adalah Mantiq Al Tayr.

Buku yang ia buat tersebut menceritakan tentang pengalaman spirtualnya di dalam mencari hakikat kehidupan. Karya Attar ini banyak menginspirasi penyair lainnya, penyair Attar dan Sanai bahkan menjadi inspirasi terbesar dari Rumi. Di dunia modern karya dari Attar ini juga sering menginspirasi para musisi di Barat dalam menciptakan lagu.

Nama attar berarti ahli farmasi, atau seseorang yang menjadi pembuat parfum yang berasal dari bahasa Arab. Nama ini memang digunakan oleh Attar pertama kali ketika ia bekerja sebagai seorang ahli farmasi. Makna lainnya dari nama Attar ini adalah esensial bunga yang biasa digunakan dalam membuat parfum. Nama ini sering digunakan di Arab atau di Iran.

4. Rumi

Siapa yang tak tahu Jalaludin El Rumi, hampir semua orang tahu tentang Rumi dan sebagian besar karyanya. Pria yang biasa dipanggil Rumi ini merupakan ahli sufi dan penyair asal persia yang hidup di abad ke-13. Bisa dibilang Rumi adalah salah satu penyair yang paling berpengaruh di dunia.

Bahkan sebagian besar karyanya ditulis dengan bahasa Persia, yang kemudian diterjemahkan ke dalam banyak bahasa. Pengaruhnya sudah tersebar ke dalam berbagai daerah dan juga etnis. Karya Rumi telah banyak diapresiasi di Turki, Yunani, Asia Tengah, dan sampai ke Asia Tenggara.

Bukan hanya itu, puisi karya-karyanya juga sudah diterjemahkan ke berbagai bahasa yang ada di dunia dan sudah dipublikasikan ke berbagai format. Karyanya ini bahkan sudah terjual sampai jutaan kopi di Amerika serikat, dan menempatkannya sebagai penyair yang populer. Nama Rumi bisa dijadikan nama untuk jagoan atau buah hati anda.

Di Indonesia nama ini telah digunakan oleh salah satu nama anak artis terkenal Ahmad Dani, yaitu Ahmad El Jalaludin Rumi.

5. Hasan

Tokoh lainnya lagi yang bisa anda jadikan sebagai nama untuk bayi laki-laki anda, adalah Hasan. Nama ini berasal dari penyiat religius muslim pertama yaitu Hasan Bin Sabit, yang hidup di zaman Rasulullah SAW. Di masa itu syair bukan hanya budaya, tetapi juga menjadi sarana komunikasi yang sangat penting.

Lewat syairnya tersebut, Hasan sering diutus untuk menghadapi kaum Quraisy untuk menjatuhkan mentalnya sebelum perang dimulai. Syair Hasan ini juga digunakan untuk membela islam dari hinaan orang Quraisy. Hasan juga sering mengutip ayat dari al quran, dan menyebarkan ajaran dari Rasulullah SAW melalui karya-karyanya.

Rasulullah sendiri sering memuji Hasan karena karya-karyanya yang sangat bagus, Rasulullah bahkan pernah meminta Hasan dibuatkan mimbar khusus untuk membaca syair-syairnya. Nama Hasan ini diturunkan dari nama Hasuna yang artinya tampan di dalam bahasa Arab. Selain Hasan Bin Tsabit, nama ini juga digunakan pada cucu nabi Muhammad SAW.

Mulai dari Nama bayi laki laki islami, nama bayi laki laki islam modern, nama bayi laki laki arab, nama bayi laki laki jawa, nama bayi laki laki sansekerta yang bagus, keren, dan unik.

Nama Bayi Laki Laki Islami Yang Diambil Dari Nama Para Ilmuwan Terkenal

Nama Bayi Laki Laki Islami Yang Diambil Dari Nama Para Ilmuwan Terkenal
Nama Bayi Laki Laki Islami Yang Diambil Dari Nama Para Ilmuwan Terkenal

Apakah anda masih belum menemukan nama yang tepat dan cocok, untuk calon bayi laki-laki anda? Jika ya anda bisa mengambil nama dari tokoh sejarawan islam, yang juga merupakan ilmuwan yang hidup di zaman kejayaan islam. Penemuan mereka tersebar di berbagai bidang yang ada pada saat itu, diantaranya yaitu kesehatan, astronomi, kimia dan lain sebagainya.

Kontribusi para ilmuwan tersebut terhadap perkembangan teknologi dan kebudayaan sudah tak perlu diragukan lagi, sehingga anda bisa menggunakan nama mereka untuk nama anak laki-laki anda. Diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Farabi

Al Farabi adalah filsuf, ilmuwan, kosmologis, matematikawan, dan juga seorang ahli musik yang berasal dari Damaskus. Farabi telah banyak melakukan pemberian kontribusi di bidang filosofi, psikologi, pendidikan, metafisika, dan juga logika. Salah satu karyanya yang sudah cukup terkenal adalah, Al Madinah Al Fadhilah.

Buku ini menceritakan tentang tercapainya kebahagiaan di suatu negara, melalui kehidupan antar rezim politik yang baik. Farabi juga menulis buku yang berjudul Kitab Al Musiqa, yang menyajikan prinsip filosofi tentang musik dan juga pengaruhnya. Ia juga pernah menulis buku yang membahas tentang pengaruh terapis musik terhadap jiwa.

2. Razi

Nama anak laki-laki islami yang bisa anda gunakan adalah Razi, yang berasal dari Zakaria Ar Razi yang lebih dikenal sebagai Razhes di dunia barat. Razi merupakan seorang ahli sains dan juga ilmuwan yang berasal dari Persia, yang hidup di abad ke 9 dan ke 10. Kontribusi razi sudah tersebar ke berbagai bidang, terutama di bidang kedokteran.

Ia sering dijuluki sebagai Dokternya para Dokter, Bapak Pedriatik, dan seorang pioner di bidang Optalmologi. Bahkan Razi adalah orang pertama yang menulis tentang cacar, campak, alergi dan imunologi. Karyanya yang lain adalah Al Mansuri, yang bahkan dimasukkan ke dalam kurikulum pendidikan di Barat.

Di bidang farmasi Razi telah berkontribusi dalam membuat peralatan lab, seperti mortar, tabung dan juga spatula. Di bidang kimia ia telah menemukan senyawa kimia seperti alkohol dan keroson. Di dalam bahasa Arab arti nama Razi ini adalah kepuasan, nama Razi digunakan oleh Fahrul Razi seorang penyanyi yang sempat tenar di Indonesia yang berasal dari Brunei.

3. Haitham

Nama Haitham ini berasal dari Ibnu Haitham seorang ilmuwan yang berasal dari Arab, di abad ke 10-11. Haitham sudah memberikan banyak kontribusi dalam bidang optik, astronomi, matematika dan persepsi visual. Haitham juga merupakan orang pertama yang menjelaskan proses, tentang cara melihat yang dilakukan oleh mata.

Ia telah melakukan banyak sekali penelitian tentang cahaya, dan mengilhami ahli sains di Barat dalam menciptakan mikroskop dan teleskop. Di bidang matematika ilmuwan yang disebut dengan Alhazen ini, telah menemukan keterkaitan antara aljabar dan geometri. Bahkan ia telah mengembangkan formula, untuk menjumlahkan 100 bilangan asli pertama.

Diperkirakan Haitham telah menulis sekitar 200 buku, yang tertuang ke dalam berbagai bidang. Hampir setengahnya dari isi buku tersebut tentang matematika, dan sisanya tentang astronomi, optik dan bidang lainnya. Nama Haitham ini sendiri berasal dari bahasa Arab yang artinya elang muda.

4. Tsabit

Tsabit Bin Qurra adalah seorang astronom, fisikawan, matematikawan, dan penerjemah yang berasal dari Arab. Ia hidup di abad 9-10 di masa kekhalifahan Bani Abbasyiah. Di masa hidupnya Tsabit telah menemukan banyak penemuan penting di bidang aljabar, astronomi, mekanika dan geometri.

5. Sina

Ibnu Sina merupakan seorang ilmuwan atau dokter, dan seorang filsuf yang berasal dari Persia. Ia juga hidup di abad 10-11, ia telah dikenal sebagai salah satu penulis dan cendekiawan terbesar di masa kejayaan islam. Ibnu Sina berasal dari bahasa latin yang artinya diberkahi.

Mulai dari Nama bayi laki laki islami, nama bayi laki laki islam modern, nama bayi laki laki arab, nama bayi laki laki jawa, nama bayi laki laki sansekerta yang bagus, keren, dan unik.

Nama Bayi Laki Laki Islami Modern

Nama Bayi Laki Laki Islami Modern
Nama Bayi Laki Laki Islami Modern
  • Abbad Nailun Nabhan : laki-laki yang rajin beribadah dan memperoleh kemuliaan.
  • Abdiel Justin Gilbert : laki-laki yang menjadi hamba Allah yang adil dan dapat dipercaya.
  • Abdillah Abqari Agam : anak laki-laki yang kuat dan pandai sebagai abdi Allah SWT.
  • Abdillah Pratama : putra pertama dari hamba Allah SWT.
  • Abdu Ariqin Halim : seorang hamba yang berakhlak baik dan halus.
  • Abdul Wahid Muinurajja : laki-laki yang membantu memohon pertolongan sebagai hamba.
  • Abdullah Anwar Rabbani : seorang hamba Allah yang memancarkan ketuhanan.
  • Abdullah At Tauhid : laki-laki yang menjadi hambaNya dengan keesaan Allah.
  • Abdullah Ath Thahir : laki-laki yang menjadi hamba Allah dengan kesucian.
  • Abdullah Rafif : seorang hamba Allah yang berbudi pekerti baik.

Mulai dari Nama bayi laki laki islami, nama bayi laki laki islam modern, nama bayi laki laki arab, nama bayi laki laki jawa, nama bayi laki laki sansekerta yang bagus, keren, dan unik.

Nama Bayi Laki Laki Palestina

Nama Bayi Laki Laki Palestina
Nama Bayi Laki Laki Palestina
  • Abduh Hubbu Syaraf
  • Abdul Azis fathul Islam
  • Abdul Ghaffar
  • Abdul Ghani
  • Abdul Karim Syamil
  • Abdul Karim Wafi
  • Abdul Khair Tsabit
  • Abdul Khalaf At Tauhid
  • Abdul Wafi Raja Nu’man
  • Abdul Wahab Khalaf

Nama bayi laki laki islami, nama bayi laki laki islam modern, nama bayi laki laki arab, nama bayi laki laki jawa, nama bayi laki laki sansekerta yang bagus, keren, dan unik.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Nama Bayi Laki Laki Islami

loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.