Kumpulan Khutbah Jum’at Terlengkap yang Bisa Kamu Jadikan Referensi !

Khutbah Jumat – Salah satu syarat sahnya shalat jumat adalah harus didahului dengan 2 khutbah. Biasanya ritual khutbah tersebut dilaksanakan sebelum shalat jumat dilaksanakan. Khutbah jumat ini biasanya diadakan sebanyak 2 kali, yaitu di antara khutbah pertama dan khutbah kedua dipisahkan oleh duduk.

Khutbah jumat ini memiliki rukun-rukunnya tersendiri, yang tentunya harus dan wajib dipenuhi ketika shalat jumat tiba. kelima rukun tersebut disyaratkan dengan menggunakan bahasa Arab, harus dilakukan dengan tertib, serta harus beraturan dan juga berkesinambungan atau nama lainnya yaitu muawalah.

Berikut ini penjelasan lengkap seputar khutbah jumat. Mulai dari Contoh khutbah jumat singkat, contoh khutbah jumat lengkap, contoh khutbah jumat terbaru, contoh khutbah jumat nu, contoh khutbah jumat terbaik, dll.

Rukun Khutbah Jumat

Rukun Khutbah Jumat
Rukun Khutbah Jumat

1. Rukun khutbah yang pertama yaitu memuji Allah di kedua khutbah

Rukun khutbah yang pertama ini disyaratkan dengan harus menggunakan kata hamdun, dengan lafad yang 1 akar kata misalnya alhamdu, ahmadu, dan nahmadu. Demikian juga dengan kata Allah, tidak cukup dengan hanya memakai asma Allah yang lain. Pelafalan yang benar adalah alhamdu lillah, nahmadu lillah, dan lillahi al-hamdu.

2. Rukun yang kedua adalah membaca shalawat kepada Nabi Muhammad di kedua khutbah

Di dalam pelaksanaan rukun khuthbah yang kedua, harus menggunakan kata al-shalatu, dan lafad yang 1 akar dengan kata tersebut. sementara untuk bagian asma Nabi Muhammad penyebutannya harus menggunakan isim dhahir, dan tidak boleh menggunakan isim dlamir atau kata ganti.

3. Rukun khutbah jumat yang ketiga yaitu berwasiat kepada ketakwaan di khutbah kedua.

Rukun khutbah yang ketiga ini sebenarnya tidak memiliki ketentuan redaksi yang paten. Prinsipnya adalah harus berisi setiap pesan yang membawa kebaikan, yang mengajak ketaatan dan menjauhi segala kemaksiatan. Tidak cukup dengan mengingatkan dari tipu daya dunianya saja, tanpa ada pesan yang mengajak ketaatan dan kemaksiatan.

4. Rukun yang keempat yaitu membaca ayat suci alquran di salah satu 2 khutbah

Dalam membaca ayat suci alquran dalam khutbah standarnya adalah ayat di dalam alquran yang dapat memberi pemahaman, dan juga makna yang dimaksud dengan cara yang sempurna. Baik yang berkaitan dengan janji-janji, dengan ancaman, mauizhah, dan juga cerita dan lain sebagainya.

5. Rukun yang kelima dari khutbah jumat ini adalah berdoa untuk seluruh kaum mukmin di khutbah terakhir

Mendoakan seluruh kaum mukmin dan mukminin di khutbah jumat, harus memiliki syarat yaitu isi kandungan yang mengarah ke nuansa akhirat. Seperti misalnya Ya Allah semoga Engkau menyelamatkan kami dari api neraka, atau Ya Allah ampunilah kaum muslimin dan muslimat.

Contoh Khutbah Jumat

Contoh Khutbah Jumat
Contoh Khutbah Jumat

Doa Khutbah Jumat

Assalamualaikum Warrahamatullahi Wabarakattuh

Jamaah shalat jumat yang dirahmati oleh Allah SWT,

Khatib telah mewasiatkan kepada seluruh jemaah yang hadir hari ini, agar selalu meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Salah satu cara untuk meningkatkan ketakwaan tersebut adalah dengan mengikhlaskan seluruh amal baik kita. Tidak mengharapkan apapaun dan ridho siapapun kecuali Allah SWT.
Agar amal baik kita tersebut diterima oleh Allah SWT, dan akan mendapat balasan berupa JannahNya yang tentunya akan penuh dengan segala kenikmatan.

Hadirin sekalian jamaah shalat jumat yang dirahmati oleh Allah SWT

Hari ini kita telah dihadapkan pada suatu masa yang di mana harta, kedudukan, dan pujian dari manusia menjadi sebuah ukuran akan kemuliaan dan ketinggian seseorang di hadapan yang lain. Orang yang hebat dan terkenal namanya akan disebut dimana-mana, dan orang sukses adalah orang yang punya kedudukan, kekuasaan, dan harta yang berlimpah.

Itu semua sebenarnya telah merusak pemahaman manusia tentang makna sebuah kesuksesan dan juga kemuliaan. Agar manusia lupa dan tertipu pada hakikat ketinggian dan juga kemuliaan yang sebenarnya. Yaitu ketaatan dan ketakwaan kepada Allah SWT, sebagaimana yang disebutkan di dalam surat Al Hujurat ayat 13.

Yaitu “ Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu, adalah yang paling bertakwa kepada Allah SWT. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui dan Maha Meneliti.” Oleh karena itu banyak manusia yang beramal hanya karena mencari ridho, dan juga kerelaan dari manusia dan tak ada yang ingat pahala atau balasan dari Allah SWT.

Asalkan pekerjaan yang dilakukannya adalah pekerjaan yang disukai dan disenangi oleh semua orang, maka syariat Allah pun rela dijadikan tumbal. Kemudian munculah golongan orang-orang yang beramal baik hanya agar dilihat orang, dan beramal hanya karena riya. Sebenarnya orang-orang seperti itu hanya mengejar kesia-siaan saja.

Semoga Allah hanya akan menjaga keikhlasan hati kita dalam beramal baik, dan menjauhkan kita dari beramal hanya karena ingin dilihat oleh orang lain. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala hal yang disembunyikan oleh hati.

Dahsyatnya Bacaan Ayat Kursi yang Harus Kamu Tahu !

Contoh Khutbah Jumat

Contoh Khutbah Jumat
Contoh Khutbah Jumat

Doa Khutbah Jumat

Jamaah Jumaah yang dirahmati oleh Allah SWT

Pada suatu hari sepeninggal Rasulullah SAW, Abu Hurairah sedang beritikaf di Masjid Nabawi. Saat itu ia tertarik pada seseorang yang tengah duduk di sana, dan Abu Hurairah pun menghampiri orang tersebut. ia menanyakan padanya apa yang membuatnya bersedih, setelah itu Abu Hurairah pun menawarkan bantuannya.

Abu Hurairah berkata, “ Mari ikut bersamaku saudaraku.” Ia mengajaknya keluar dari Masjid. “ Apakah engkau mau berhenti itikaf di Masjid hanya untuk menolongku?” tanya orang tersebut. abu Hurairah pun mengangguk seraya berkata, “ Aku pernah mendengar Rasulullah bersabda, bahwa jika diantara kamu memenuhi kebutuhan orang lain, maka pahalanya lebih baik daripada itikaf sebulan.”

Jamaah jumat yang dirahmati oleh Allah SWT

Seorang muslim harusnya memiliki rasa keterpanggilan untuk menolong sesamanya, dan memiliki jiwa dan semangat yang bermanfaat untuk sesamanya. Indikator dari kebaikan seorang manusia adalah menolong orang yang membutuhkan. Yang nuraninya terpanggil untuk ikut menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh sesamanya.

Seorang muslim yang hanya beribadah kepada Allah, sebagaimana petunjuk Allah yang terdapat di dalam surat Adz Dzariyat ayat 56 maka orientasi hidupnya haruslah bermanfaat bagi orang lain. Siapapun muslim tersebut, di mana pun ia berada dan apapun profesinya maka ia harus bermanfaat bagi orang lain.

Bukan menjadi orang yang egois dan hanya mementingkan dirinya sendiri, karena ia harus peduli terhadap orang lain. Misalnya saja seorang muslim yang berdagang, seharusnya orientasinya bukan hanya meraup keuntungan yang sebesar-besarnya tetapi bagaimana ia bermanfaat bagi orang lain dengan memberi apa yang orang-orang butuhkan.

Maka berbuat baiklah kepada sesama manusia dengan sikap yang ikhlas, sehingga Allah akan selalu memberkahi hidup kita dengan segala kebaikan.

Contoh Khutbah Jumaat

Contoh Khutbah Jumaat
Contoh Khutbah Jumaat

Doa Khutbah Jumat

Jamaah shalat jumat hadakumullah

Takwa merupakan salah satu kata yang sudah tak asing lagi di telinga kita, menurut para ulama takwa kepada Allah SWT adalah melaksanakan segala perintahnya dan menjauhi semua larangannya. Sayangnya kalimat tersebut sering disalahgunakan pemahamannya, sehingga diartikan dengan dangkal oleh banyak orang.

Pernahkah kita bertanya pada diri kita sendiri, apa saja isi dan bentuk perintah dari Allah SWT? Jika kita membuka al quran maka kita akan menemukan banyak perintah Allah. Baik perintah kepada manusia, kepada binatang dan kepada alam raya. Jenis perintahnya juga bermacam-macam, ada yang berkaitan dengan syariat agama ada juga yang berkaitan dengan hukum alam.

Bagi mereka yang mentaati semua perintahnya tentu ada ganjarannya, demikian juga sebaliknya siapa yang melakukan larangan Allah maka akan mendapat balasannya. Tapi Allah Maha Adil, Ia tidak akan memilih atau memilah. Ia juga tak akan lalai atau tidur, Ia hanya menunda atau mengulur waktu dan kemudian memberinya di waktu yang tepat.

Ganjaran yang akan diterima oleh manusia yang berupa ibadah syariat, misalnya shalat, mengaji, berpuasa, membayar zakat dan lain sebagainya ganjarannya akan diberikan di akhirat nanti. Lain halnya dengan sunatullah seperti rajin dalam bekerja dan belajar, maka ganjaran yang ia dapatkan di dunia adalah menjadi sukses misalnya.

Bukankah hukum alam dan kemasyarakatan adalah ciptaan dan juga ketentuan dari Allah, maka mengapa manusia masih juga ragu atas kemiskinan dan penyakit yang diakibatkan oleh pelanggaran atas siksa dari Allah. Pada akhirnya jangan mempertanyakan mengapa rezeki tak kunjung datang, padahal kita sudah sering tahajud dan itikaf.

Kita harus sadar bahwa kita baru saja mengamalkan setengah dari takwa kita, dan setengah dari takwa lainnya dilakukan oleh umat yang lainnya. Masih banyak dari kita yang bukan saja tidak menghayati, tetapi juga memang belum mengerti apa yang diperintahkan oleh Allah.

Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu Lengkap dengan Tata Caranya !

Contoh Khuthbah Jumat

Contoh Khutbah Jumaat
Contoh Khutbah Jumaat

Sayidinna Umar Bin Khatab pernah bertanya, bagaimana mana bisa manusia-manusia itu diperbudak sedangkan ibu-ibu mereka melahirkan mereka dengan merdeka. Umar sedang mempertanyakan hakikat tentang diri kita sebagai manusia. Secara fitrahnya manusia itu merdeka, para bayi yang lahir ke dunia pun bukan hanya lahir dalam keadaan suci tetapi juga bebas dari segala ketertindasan.

Oleh karena itu penjajahan yang sesungguhnya adalah pengingkaran atas sifat hakiki seorang manusia. Ketika ada orang yang menzalimi kita, islam membolehkan untuk kita membela diri. Bahkan jika ada penjajahan dalam bentuk ancaman jiwa, islam juga membolehkan adanya peperangan untuk kepentingan dalam mempertahankan diri.

Itu pula yang dilakukan oleh para ulama dan santri di zaman dahulu, ketika terjadi penjajahan oleh Belanda dan Jepang. Perjuangan yang mereka lakukan di zaman dahulu merupakan elemen penting dari bangsa ini, karena bukan hanya perbedaan suku, dan daerah tetapi juga ada perbedaan agama dan kepercayaan.

Karena kemerdekaan memang tentang persoalan manusia secara keseluruhan, bukan hanya kepentingan personal semata. Islam telah mengakui masalah penjajahan dan kemerdekaan itu dengan cara yang universal.

Jamaah shalat jumat rahimakumullah

Tanah air Indonesia juga menjadi elemen penting dalam perjuangan para pahlawan di masa lalu. Tanah air tak ubahnya sebuah rumah yang dihuni oleh ratusan dan jutaan manusia. Islam pun mengakui hak atas keamanan tempat tinggal, sehingga memperbolehkan kita melakukan pembelaan jika terjadi ancaman yang membahayakan di tempat tinggal kita.

Bahkan ada di dalam al quran surat mumtahanan ayat 8 yang isinya, “ Allah tidak akan melarang kamu untuk berbuat baik dan juga bersikap adil, kepada orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan juga tidak mengusir kamu dari negaramu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bersikap adil.”

Contoh Khuthbah Jumat

Contoh Khutbah Jumaat
Contoh Khutbah Jumaat

Doa Khutbah Jumat

Jamaah shalat jumat yang semoga senantiasa selalu dirahmati dan diberkahi oleh Allah SWT

Seorang muslim yang baik pasti akan mengambil hikmah dari bulan ramadhan, dengan cara menjadi orang yang lebih baik lagi ketika bulan ramadhan telah usai. Karena jika sama saja dengan sebelum bulan ramadhan tiba, atau malah lebih buruk dari sebelum ramadhan maka akan merugi. Karena tandanya amalanmu diterima saat bulan ramadhan adalah perubahan sikap setelah ramadhan.

Karena sejelek-jeleknya orang adalah yang hanya beribadah selama bulan ramadhan saja. Pesan pertama setelah bulan ramadhan usai adalah bertakwalah kepada Allah SWT. Sebagaimana firman Allah dalam al quran, “ Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah, dan perhatikanlah setiap perbuatan yang dilakukan. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Pesan yang kedua adalah ingatlah akan umur kita yang terbatas karena nanti akan dipertanyakan oleh Allah SWT. “ Kedua kaki seorang hamba tidak akan beranjak di hari kiamat sampai ia ditanya mengenai (di antaranya) di mana umurnya ia habiskan.” (Dari hadist HR Tarmidzi no.2417). artinya umur yang diberi oleh Allah harus kita manfaatkan dengan baik.

Pesan yang ketiga yaitu bertaubatlah sebelum terlambat, sebelum Allah memanggil. Dari Abu Bakar As Shidiq, “ Tidakkah seorang hamba melakukan dosa kemudian ia bersuci dengan baik, lalu berdiri untuk melakukan shalat 2 rakaat dan meminta ampun kepada Allah. Kecuali Allah yang akan mengampuninya.”

Pesan yang berikutnya adalah mengikutkan kebaikan dengan maksiat, adalah tanda tidak diterimanya amalan di bulan ramadhan. Para ulama menyebutkan bahwa di antara balasan kebaikan adalah kebaikan yang selanjutnya, dan di antara balasan kejelekan adalah kejelekan yang selanjutnya juga.

Contoh khutbah jumat singkat, contoh khutbah jumat lengkap, contoh khutbah jumat terbaru, contoh khutbah jumat nu, contoh khutbah jumat terbaik, dll.

Contoh Khutbah Jumat

Contoh Khutbah Jumaat
Contoh Khutbah Jumaat

Doa Khutbah Jumat

Marilah kita selalu bertakwa kepada Allah SWT dan mempelajari syariat-syariatnya dengan cara menuntut ilmu yang bermanfaat. Karena ilmu itu adalah cahaya sekaligus petunjuk, sedangkan kebodohan merupakan kesesatan dan kegelapan. sesungguhnya para ulama adalah pewaris nabi, karena nabi di zaman dahulu tidak mewariskan uang melainkan hanya ilmu yang bermanfaat.

Maka dari itu barang siapa yang mengambil ilmu tersebut artinya ia telah mengambil bagian dari warisan ilmu tersebut. pelajarilah segala jenis ilmu yang ada di dunia, karena hal itu akan memberikan kemuliaan pada kehidupan kita baik di dunia maupun di akhirat. Serta akan memberikan pahala yang terus mengalir sampai hari kiamat tiba.

Seperti yang disebutkan di surat Al Mujadilah ayat 11 yaitu, “ Allah SWT akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu, dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat banyaknya.” Dengan memiliki ilmu yang sebanyaknya-banyaknya, maka tidak akan ada ruginya sama sekali. apalagi jika kita bisa mengamalkannya dengan sebaik-baiknya.

Bisa anda rasakan sendiri bahwa ilmu yang dibawa oleh para nabi, orang-orang suci, dan para ulama terdahulu masih bisa kita rasakan hingga sekarang. Sampai berjuta-juta tahun setelahnya, tetapi pengaruh mereka masih terpuji, jalan mereka juga diikuti, nama mereka terus disebut sampai saat ini dan usaha mereka patut kita syukuri dengan baik.

Jika saja nama mereka disebut di beberapa majelis, maka orang-orang yang mendengarkan akan memohon rahmat dan mendoakan mereka dengan sebaik-baiknya. Jika disebut-sebut sebagai amal yang shaleh dan adab yang luhur, maka mereka adalah teladan manusia dalam melaksanakannya. Maka pelajarilah ilmu dan amalkanlah, karena mempelajari ilmu termasuk dalam jihad fisab bilillah.

Manfaatkanlah ilmu yang ada dengan sebaik mungkin, di mana pun kita berada. Ilmu yang kita miliki tidak akan hilang, tidak mungkin dicuri, dan tidak akan berat untuk dibawa mati. Raihlah sebanyak-banyaknya ilmu, lalu amalkan untuk orang-orang sekitar. Agar hidupmu menjadi lebih berkah dengan mengamalkan ilmu tersebut.

Contoh khutbah jumat singkat, contoh khutbah jumat lengkap, contoh khutbah jumat terbaru, contoh khutbah jumat nu, contoh khutbah jumat terbaik, dll.

Kumpulan Doa Menjenguk Orang Sakit Lengkap dengan Tata Caranya !

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Khutbah Jumat

loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.