21 Jurusan Kuliah yang Akan Menjamin Masa Depan Kamu, Prospek Kerjanya Seperti Apa ?

Jurusan Kuliah – Saat kita lulus SMA dan akan melanjutkan pendidikan di jenjang selanjutnya yaitu kuliah, maka satu hal yang penting adalah menentukan jurusan apa yang akan dipilih. Ada begitu banyak jurusan kuliah yang dapat anda pilih yang dapat disesuaikan, dengan keinginan dan minat anda atau dengan jurusan di sekolah SMA.

Tetapi memilih jurusan sesuai dengan keinginan dan minat kita ternyata tidak mudah, apalagi kita juga harus memperhitungkan prospek kerjanya di masa yang akan datang setelah lulus kuliah. Anda bisa memulai dengan beberapa pertanyaan mendasar pada diri anda sendiri. Misalnya apa hobi anda selama ini? apa cita-cita anda setelah anda lulus kuliah nanti?

Atau bidang pekerjaan apa yang anda suka dan anda minati selama ini. pertanyaan-pertanyaan tersebut akan menjadi dasar dari jenis jurusan yang sesuai yang ada di kampus atau universitas pilihan anda. Masih banyak lagi pertimbangan lainnya yang bisa anda pikirkan kembali, dalam memilih jenis jurusan apa yang akan anda pilih nantinya.

Jurusan Kuliah Pertanian

Jurusan Kuliah Pertanian
Jurusan Kuliah Pertanian

Pertanian tentu menjadi salah satu bidang yang bisa anda pilih, bagi anda yang senang dengan bercocok tanam atau dengan lahan sawah, padi dan ladang. Jurusan pertanian ini bisa menjadi salah satu pilihan anda, dengan beberapa prospek kerja yang juga mendukung. Karena pertanian juga memiliki prospek yang menjanjikan untuk masa depan anda.

Beberapa prospek kerja dari jurusan pertanian ini diantaranya yaitu sebagai berikut :

  1. Budidaya pertanian atau agronomi
  2. Agribisnis atau sosial ekonomi pertanian
  3. Ilmu tanah
  4. Perlindungan atau proteksi tanaman
  5. Mengenai hama dan penyakit tanaman
  6. Arsitektur lanskap

Jurusan Kuliah Ilmu Pengetahuan Alam Dan Matematika

Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam Dan Matematika
Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam Dan Matematika

Ilmu Pengetahuan Alam atau IPA adalah bidang ilmu yang secara khusus mempelajari tanda dan fenomena di alam semesta ini. dengan belajar ilmu IPA maka anda bisa mengamati sebuah gejala atau benda, yang ada di alam ini. anda juga bisa menelitinya kemudian digunakan di kehidupan sehari-hari.

Di dalam mengembangkan IPA anda tetap memerlukan ilmu pasti yang mengiringinya, yaitu ilmu matematika. Karena melalui ilmu matematika tersebut maka anda bisa melakukan observasi dengan melakukan analisis data, yang didapatkan dengan cara logis dan juga sistematis. Berikut ini beberapa prospek kerja yang berhubungan dengan IPA dan ilmu matematika atau lebih dikenal dengan MIPA.

  1. Biologi
  2. Fisika
  3. Geografi
  4. Geologi
  5. Geofisika
  6. Kimia
  7. Statistika
  8. Matematika
  9. Astronomi

Jurusan Kuliah Sastra Inggris

Jurusan Sastra Inggris
Jurusan Sastra Inggris

Jurusan yang satu ini termasuk salah satu jurusan yang menjanjikan di Indonesia, yang bisa membawa anda ke suatu pekerjaan yang bagus. Kebanyakan orang yang mengambil jurusan sastra inggris ini, memang ingin menjadi guru bahasa Inggris sehingga ia mengambil jurusan bahasa Inggris di fakultas keguruan.

Sebenarnya jurusan yang satu ini memiliki nilai yang tinggi dalam beberapa jenis pekerjaan yang berhubungan dengan jurusan bahasa Inggris tersebut. tetapi sayangnya tidak banyak universitas yang memiliki jurusan sastra Inggris, hanya beberapa universitas saja yang khusus memiliki jurusan tersebut.

Prospek kerja dari jurusan sastra Inggris ini bukan hanya menjadi guru bahasa inggris saja, tetapi bisa juga sebagai penerjemah, atau menjadi tenaga kerja di kursus pendidikan bahasa inggris. Dunia pariwisata juga memerlukan orang yang mahir berbahasa Inggris, misalnya sebagai pemandu wisata untuk para turis yang berasal dari luar negeri.

Biodata Member Blackpink Terlengkap, Siapa yang Menjadi Favorite Kamu ?

Jurusan Kuliah Ilmu Komputer

Jurusan Ilmu Komputer
Jurusan Ilmu Komputer

Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat sekarang ini, jurusan ilmu komputer ini menjadi salah satu jurusan yang paling banyak peminatnya. Apalagi banyak sekali lulusan dari ilmu komputer ini yang dibutuhkan di dunia kerja. Apalagi lulusan ilmu komputer biasanya memiliki bayaran yang sangat tinggi di suatu perusahaan.

Contoh jurusan yang ada di ilmu komputer ini adalah jurusan teknik informatika, yang berhubungan dengan kemajuan teknologi. Hampir semua perusahaan memerlukan orang lulusan dari teknik informatika tersebut. karena dengan zaman yang semakin modern ini, informasi menjadi sesuatu yang sangat penting khususnya jika menggunakan sistem komputer yang semakin canggih.

Jurusan Kuliah Teknik Arsitektur

Jurusan Teknik Arsitektur
Jurusan Teknik Arsitektur

Jurusan kuliah yang satu ini banyak berhubungan dengan seni dan bangunan, yang menggabungkan 2 bidang yaitu seni dan bangunan. Bagi anda yang senang bidang menggambar bisa mencoba jurusan teknik arsitektur ini. jurusan ini juga memiliki materi dan soal berhitung, karena di dalam menggambar suatu bangunan dibutuhkan banyak penghitungan yang matang.

Kuliah di jurusan arsitek ini, sudah tentu memiliki banyak sekali peluang masa depan yang sangat menjanjikan. Anda bisa pekerjaan yang berhubungan dengan dunia industri kreatif, misalnya desain suatu produk, interior dan eksterior suatu ruangan, desain visual, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jurusan Kuliah Kedokteran

Jurusan Kedokteran
Jurusan Kedokteran

Ketika anda masih kecil dan ditanya tentang cita-cita pasti anda pernah menjawab ingin menjadi dokter. Karena profesi seorang dokter ini adalah profesi yang sangat menjanjikan, dengan penghasilan yang terbilang besar. Tak heran jika biaya untuk kuliah di jurusan kedokteran ini cukup mahal.

Persaingan dalam jurusan kedokteran ini terbilang sangat ketat, dan anda harus memiliki kemampuan yang sangat handal di bidang kedokteran ini. karena tenaga medis memang sangat dibutuhkan di mana-mana. Jika anda tertarik untuk masuk jurusan kedokteran, sebaiknya pilih juga universitas yang bagus dan berkualitas di bidang kedokterannya.

Jurusan Kuliah Hukum

Jurusan Hukum
Jurusan Hukum

Salah satu jurusan yang cukup keren dan menjanjikan dalam hal prospek kerjanya adalah hukum, lihat saja profesi pengacara di Indonesia yang bisa menjadi orang terkenal dan penghasilan yang berlimpah. Menurut penelitian jurusan hukum ini merupakan jurusan yang paling cepat mendapat pekerjaan setelah lulus kuliah.

Hukum sangat penting dan sangat dibutuhkan di berbagai bidang, tak heran jika banyak orang lulusan jurusan hukum dibutuhkan di beberapa perusahaan khususnya perusahaan besar. Jangan takut untuk masuk ke jurusan hukum ini, karena buktinya anda bisa bekerja sebagai pelaku hukum di berbagai bidang.

Jurusan Kuliah Ekonomi

Jurusan Ekonomi
Jurusan Ekonomi

Ekonomi adalah jurusan non-eksakta yang paling banyak peminatnya, meskipun lulusan dari jurusan ekonomi ini sudah sangat banyak. Jurusan ekonomi mampu menyingkirkan berbagai macam jurusan lain, karena permintaan dari perusahaan pada jurusan ekonomi ini sangat banyak. Alasan mereka memilih jurusan ekonomi adalah, karena mudah dalam mendapatkan pekerjaan.

Patokan utama dalam memilih suatu jurusan tentu prospek kerjanya, maka tak heran jika kita memilih jurusan ekonomi ini hanya agar kita cepat mendapat pekerjaan setelah lulus. Prospek kerja dari lulusan jurusan ekonomi ini sangat banyak, salah satunya dalam hal keuangan atau akuntansi.

Inilah, 4 Boyband Korea Terhitz 2018, Siapa Favorite Kamu ?

Jurusan Kuliah Teknik Mesin

Jurusan Teknik Mesin
Jurusan Teknik Mesin

Jurusan yang cukup banyak dilirik oleh kaum pria adalah teknik mesin, karena penghasilan yang bisa didapatkan dari pekerjaan dari lulusan teknik mesin ini terbilang tinggi. Lapangan pekerjaan yang berhubungan dengan teknik mesin ini juga cukup banyak. Bukan hanya itu persaingan untuk bisa masuk ke jurusan teknik mesin ini juga terbilang cukup sulit.

Jurusan Kuliah Psikologi

Jurusan Psikologi
Jurusan Psikologi

Jurusan psikologi sering dianggap sebagai salah satu jurusan perkuliahan dengan banyak materi yang cukup sulit. Tetapi ternyata jurusan ini memiliki banyak sekali peminatnya, bahkan di Inggris sana jurusan psikologi termasuk ke dalam 10 besar jurusan terpopuler karena banyak peminatnya. Lapangan pekerjaan yang berhubungan dengan psikologi ini juga cukup banyak.

Misalnya saja menjadi seorang psikolog atau bimbingan konseling baik di suatu sekolah ataupun di suatu perusahaan tertentu. Jadi jangan pernah berpikir bahwa psikologi hanya berhubungan dengan orang yang mengalami gangguan kejiwaan saja. Jurusan psikologi merupakan jenis jurusan yang mempelajari ilmu perilaku manusia, Dinsos pun sangat membutuhkannya.

Jurusan Kuliah Teknik Elektro

Jurusan Teknik Elektro
Jurusan Teknik Elektro

Mendengar kata teknik elektro pasti yang terlintas di pikiran anda adalah sesuatu yang sangat rumit dan membosankan. Tak heran jika peminatnya pun mayoritas laki-laki dibanding perempuan, bahkan jurusan ini jarang menjadi pilihan dari para calon mahasiswa karena kurangnya informasi mengenai jurusan teknik elektro tersebut.

Jurusan teknik elektro ini bisa menjadi pilihan anda, bagi anda yang senang dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan teknologi atau gadget. Di zaman yang sudah serba canggih ini teknologi gadget menjadi suatu hal yang menarik dan sudah menjadi salah satu kebutuhan.

Jurusan Kuliah Matematika

Jurusan Matematika
Jurusan Matematika

Kebanyakan orang tidak suka dengan jurusan matematika ini, karena soal-soalnya yang rumit dan cenderung memusingkan. Padahal jurusan matematika ini memiliki peluang yang lebih besar dibanding jurusan lainnya di dunia pekerjaan. Bagi lulusan matematika ini juga bisa bekerja di bidang yang berhubungan dengan jasa akuntansi.

Seorang ahli matematika juga dibutuhkan oleh banyak perusahaan, karena ilmu matematika ini sangat penting khususnya di era digital sekarang ini. misalnya saja di suatu perusahaan yang membutuhkan seorang pakar analisa, dalam menyusun sebuah strategi dan peran tersebut sangat penting di suatu perusahaan.

17+ Hiasan Dinding Terkeren yang Bisa Kamu Jadikan Referensi untuk Memperindah Rumah Kamu !

Jurusan Kuliah Fisika

Jurusan Kuliah Fisika
Jurusan Kuliah Fisika

Jurusan kuliah fisika ini termasuk salah satu jurusan yang kurang banyak peminatnya, namun jika anda lulus dari jurusan fisika ini maka anda memiliki kesempatan yang bagus di dunia kerja. Penyebab kurangnya peminat di jurusan fisika ini hampir sama dengan jurusan matematika, karena kebanyakan orang berpikir bahwa jurusan ini adalah jenis jurusan yang sulit dan rumit.

Ada banyak prospek kerja dari jurusan ini sebenarnya, bahkan jika anda berminat untuk menjadi seorang ilmuwan maka anda bisa memilih jurusan fisika ini. walaupun peminatnya tidak banyak, tetapi anda bisa memilih jurusan ini jika suka dengan mata kuliahnya.

Jurusan Kuliah Geografi

Jurusan Geografi
Jurusan Geografi

Jurusan geografi hampir sama dengan jurusan matematika dengan jurusan fisika yang kurang diminati karena dianggap sebagai mata kuliah yang membosankan. Padahal jurusan yang satu ini juga dibutuhkan oleh banyak perusahaan, sehingga tak ada salahnya jika anda ingin mencoba berkuliah di jurusan geografi.

Jurusan Kuliah Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi
Jurusan Ilmu Komunikasi

Ilmu komunikasi merupakan suatu ilmu yang mempelajari banyak hal tentang masyarakat, dan membutuhkan pergaulan yang luas di luar konteks sekolah. Sehingga ilmu komunikasi ini menjadi sanga strategis di kehidupan. Tak heran jika jurusan ilmu komunikasi ini banyak sekali peminatnya, karena mempelajari ilmu ini cukup menyenangkan bagi anak muda.

Beberapa cabang ilmu komunikasi ini adalah broadcasting, yang berhubungan dengan dunia penyiaran. Jurusan ini cocok sekali dengan anda yang senang bicara atau memiliki hobi atau cita-cita menjadi seorang penyiar. Masih ada lagi pilihan dari jurusan ini yaitu jurnalistik, manajemen media dan komunikasi bisnis.

Prospek kerja dari jurusan ini juga sebenarnya cukup banyak, kebanyakan di dunia entertainment atau media yang berhubungan dengan orang terkenal atau dunia pertelevisian.

Jurusan Kuliah Teknik Perminyakan Dan Pertambangan

Jurusan Teknik Perminyakan Dan Pertambangan
Jurusan Teknik Perminyakan Dan Pertambangan

Pernahkah anda mendengar jurusan teknik perminyakan dan pertambangan, karena jurusan ini cukup langka dan sedikit peminatnya. Jurusan ini juga biasanya hanya ada di beberapa universitas besar saja, jarang ada di universitas lainnya. Jurusan yang satu ini berkaitan dengan pola produksi hidrokarbon yang ditemukan di gas mentah atau minyak.

Jurusan ini sebenarnya banyak dibutuhkan di berbagai bidang, hanya dibutuhkan minat yang besar saja untuk memilih jurusan yang satu ini. lulusan jurusan teknik perminyakan dan pertambangan ini, bisa bekerja di pengolahan sumber daya alam di beberapa daerah yang memiliki sumber minyak dan gas yang banyak.

Bahkan penghasilan yang didapatkan dari jurusan ini terbilang sangat besar, bahkan cenderung mewah. Jadi jurusan ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anda yang masih bingun menentukan pilihan.

Jurusan Kuliah Teknik Kimia

Jurusan Teknik Kimia
Jurusan Teknik Kimia

Jurusan ini juga memiliki peminat yang kecil, tak banyak orang yang mau kuliah di jurusan ini. sama halnya dengan matematika dan fisika, jurusan ini juga dianggap sulit dan rumit. Namun perlu anda ketahui lulusan jurusan kimia yang bekerja di bidang yang sama, biasanya akan mendapat penghasilan yang cukup besar.

Walaupun memang dalam kategori mata kuliahnya cukup sulit dan rumit, hingga tak banyak dipilih oleh para calon mahasiswa. Ada banyak perusahaan yang membutuhkan pekerja lulusan kimia, misalnya perusahaan pasta gigi atau perusahaan sabun, sampo, lotion dan lain sebagainya.

Jurusan Kuliah Ilmu Pendidikan Dan Pelatihan

Jurusan Ilmu Pendidikan Dan pelatihan
Jurusan Ilmu Pendidikan Dan pelatihan

Jurusan yang satu ini merupakan jurusan yang nantinya akan menjadi pendidik, pengajar atau guru. Jurusan ini berada di bidang pendidikan dan keguruan, masih ada banyak lagi pilihan bidang dari jurusan dan sesuaikan dengan minat anda. Pekerjaan yang bisa anda dapatkan dari jurusan ini tentu saja menjadi tenaga pengajar atau pendidik.

Jurusan Kuliah Arsitektur Dan Pembangunan

Jurusan Arsitektur Dan Pembangunan
Jurusan Arsitektur Dan Pembangunan

Arsitektur merupakan cabang teknologi di dalam pemanfaatan ruang atau tempat tinggal manusia, agar dapat memberikan kehidupan yang lebih baik untuk manusia. Sehingga jurusan ini berhubungan atau berkaitan erat dengan properti, bangunan, desain suatu bangunan atau rumah, desain interior, dan eksterior dan lain sebagainya.

Penghasilan yang anda dapatkan dari menjadi seorang arsitektur ini juga cukup besar. Ada banyak jenis pekerjaan yang berhubungan dengan jurusan arsitektur ini, misalnya saja konsultan perencanaan atau perancangan bangunan, biro arsitek, wirausaha mandiri yang berhubungan dengan desain suatu bangunan, tempat tinggal atau ruangan, dan lain sebagainya.

Jurusan Kuliah Teknik Lingkungan

Jurusan Teknik Lingkungan
Jurusan Teknik Lingkungan

Jurusan yang satu ini merupakan jurusan yang mempelajari ilmu yang memusatkan kepada penggunaan pengetahuan, dalam menjaga lingkungan hidup manusia agar kesehatan manusia selalu terjamin dan terjaga dengan baik. Contohnya adalah pengadaan air bersih di suatu daerah atau wilayah, atau penanganan pencemaran dari sampah atau limbah.

Jurusan ini juga memiliki prospek kerja yang cukup bagus, anda bisa bekerja di perusahaan air minum, instansi pengawasan dan pengelolaan lingkungan hidup, sebagai konsultan industri, atau usaha mandiri yang berhubungan dengan lingkungan hidup.

Jurusan Kuliah Astronomi

Jurusan Astronomi
Jurusan Astronomi

Ilmu astronomi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang pengetahuan alam yang menyelidiki benda-benda langit jagad raya misalnya ilmu perbintangan dan benda-benda luar angkasa. Ada banyak hal yang bisa anda pelajari dari jurusan ini misalnya mekanika benda langit, evolusi bintang dan lain sebagainya.

Prospek kerjanya juga cukup banyak misalnya di Observarium Boscha ITB, atau di Planetarium.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Jurusan Kuliah

loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.