Tata Cara Melaksanakan Sholat Dhuha Terlengkap

Doa Sholat Dhuha – Sholat dhuha adalah salah satu bentuk dari begitu banyaknya sholat sunnah yang Allah ajarkan kepada para hambaNya melalui nabi Muhammad. Sholat dhuha memiliki keunikan tersendiri dari sholat sunnah lainnya. Salah satu buktinya ialah waktu pelaksanaanya sholat dhuha yang hanya bisa dikerjakan setelah terbitnya matahari, dan berakhir sebelum masuknya waktu dhuhur.

Sholat dhuha ini seperti sholat sunnah lainnya yang memiliki keunggulan luar biasa untuk siapapun yang mau mengerjakannya. Eksistensi sholat dhuha semakin naik ,ketika orang-orang menyebut bahwa dengan sholat dhuha Allah akan menambah rizqi hambaNya. Apakah hal tersebut benar? Tentu, karena Allah tidak akan perhitungan saat memberikan keberkahan untuk setiap hamba yang dikendakiNya.

Tetapi Anda harus ingat bahwa “rizqi lancar” bukan nilai mutlak yang harus didapatkan. Ada hal lain yang harus Anda terapkan di hati untuk menjalankan semua perintahNya, termasuk sholat dhuha. Nilai tersebut tidak lain, tidak bukan niat mendekatkan diri kepada Allah. Nah, kalau nilai itu sudah tertanam di hati. Barulah, Anda bisa benar-benar menikmati sholat dhuha ini.

Berikut ini akan akan mengulas doa sholat dhuha bahasa arab, doa sholat dhuha latin, arti doa sholat dhuha, doa setelah sholat dhuha, tata cara sholat dhuha sesuai sunnah nabi, waktu sholat dhuha, batas waktu sholat dhuha, tuntunan sholat dhuha, keutamaan sholat dhuha, manfaat sholat dhuha, dll.

Tata Cara Sholat Dhuha

Sebenarnya keunikan sholat dhuha bukan hanya terletak pada waktu pelaksanaannya. Ada cukup banyak keunikan yang harus Anda ketahui dari sholat sunnah yang sering disebut sebagai “pelancar rizqi” ini. Nah, dibawah ini adalah beberapa keunikan sholat dhuha dilihat dari tata cara pelaksanaanya. Yaitu:

1. Hal pertama yang mesti dilakukan adalah niat.

Bunyi niat sholat dhuha sebagai berikut: “Ussolli sunnatatd-dhuha rokataini illahi ta’ala”. Untuk rokaat sholat dhuha paling sedikit 2 rokaat, dan paling banyak 12 rokaat. Semakin banyak rokaatnya semakin baik. Tetapi jangan khawatir, beberapa ulama’ mengatakan bahwa akan lebih baik mengerjakan dengan rokaat sedikit, dari pada mengerjakan sholat dhuha dengan rokaat banyak, tetapi setiap harinya jarang dilaksanakan. Point pentingnya ialah konsisten untuk selalu menjalankannya. .

Selanjutkan membaca doa iftitah, surat fatihah, dilanjutkan dengan membaca salah satu surat dalam al-quran. Tetapi lebih diutamakan membaca surat Adh-Dhuha, Al-Lail, Asy-Syamsu, dan Asy-Syarh.

2. Dilanjutkan ruku dan membaca tasbih tiga kali

3. Kemudian i’tidal dan membaca doanya

4. Sujud dan membaca tasbih tiga kali

5. Duduk diantara dua sujud, dan membaca bacaannya.

6. Dilanjutkan sujud kedua kali

7. Setelah itu melaksanakan rokaat kedua. Caranya sama seperti rokaat pertama, tetapi tanpa niat dan doa iftitah.

8. Lalu dilanjutkan dengan tasyahud akhir

9. Terakhir, dua kali salam.

10. Dilanjutkan dengan dzikir

11. Kemudian ditutup dengan membaca doa sholat dhuha

Doa sholat dhuha bahasa arab, doa sholat dhuha latin, arti doa sholat dhuha, doa setelah sholat dhuha, tata cara sholat dhuha sesuai sunnah nabi, waktu sholat dhuha, batas waktu sholat dhuha, tuntunan sholat dhuha, keutamaan sholat dhuha, manfaat sholat dhuha, dll.

Doa Sholat Dhuha Bahasa Arab

Setelah sholat dhuha dilaksanakan dengan baik sesuai tata caranya. Hal baik lain yang sangat disunnahkan adalah membaca doa sholat dhuha. Sebenarnya apapun doanya selama itu baik diperbolehkan. Tetapi akan lebih indah, saat doa tersebut diawali dengan menyebut nama Allah, memuji Allah atas segala karunia yang diberikanNya.

Lalu bersholawat kepada Rosullullah, yang memiliki syafa’at yang kelak diharapkan oleh semua umatnya. Doa ialah permintaan, apapun permintaanya selama itu baik dan bermanfaat untuk Anda ucapkanlah. Allah maha mendengar, dan hanya Dia yang berhak mengabulkannya. Berikut adalah doa sholat dhuha yang terangkai begitu indah:

Doa Sholat Dhuha
Doa Sholat Dhuha | Sumber : 500px.com

Doa Sholat Dhuha Latin

Allahumma innadh dhuha-a dhuha-uka, wal bahaa-a bahaa-uka, wal jamaala jamaaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrata qudratuka, wal ishmata ishmatuka. Allahuma inkaana rizqi fis samma-i fa anzilhu, wa inkaana fil ardhi fa-akhrijhu, wa inkaana mu’asaran fayassirhu, wainkaana haraaman fathahhirhu, wa inkaana ba’idan fa qaribhu, bihaqqiduhaa-ika wa bahaaika, wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatini maa ataita ‘ibadakash shalihin.

Arti Doa Sholat Dhuha

“Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagunan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh”.

Cermatilah rangkain huruf arab yang kemudian membentuk arti yang mempesona. Doa(permintaan) seorang hamba yang begitu tunduk dengan Allah. Memuji dan mengakui bahwa semua kebesaran hanya milikNya. Semua yang tidak ada menjadi ada. Sesuatu yang jauh menjadi sangat dekat. Sesuatu yang tertutup menjadi keluar, dan memberikan kesenangan.

Doa inipun bentuk dari seorang hamba yang selalu meminta kepada Allah untuk selalu dihindarkan dari berbagai macam hal yang haram. Bentuk seorang hamba yang berkeinginan untuk selalu dilindungi dan diberkahi olehNya. Sholat dhuha bukan hanya sekedar ibadah 2 rokaat kemudian salam, tetapi memiliki kenikmatan yang jauh lebih dalam dari hal itu.

Sholat dhuha bukan hanya mengenai rizqi lancar, dan mempermudah jalannya rizqi. Tetapi sholat dhuha adalah bentuk keinginan Tuhan untuk dekat kepada hambaNya. Keinginan Tuhan untuk mendengar pujian dari hambaNya, dan bentuk Tuhan menguji hambaNya untuk sedikit bersabar dengan berbagai hal yang sengaja Dia datangkan di hidup para hambaNya.

Doa sholat dhuha bahasa arab, doa sholat dhuha latin, arti doa sholat dhuha, doa setelah sholat dhuha, tata cara sholat dhuha sesuai sunnah nabi, waktu sholat dhuha, batas waktu sholat dhuha, tuntunan sholat dhuha, keutamaan sholat dhuha, manfaat sholat dhuha, dll.

Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu Lengkap dengan Tata Caranya !

Waktu Sholat Dhuha

Doa Sholat Dhuha
Doa Sholat Dhuha | Sumber : 500px.com

Pertanyaan yang kemudian muncul kapankah waktu tepat untuk mengerjakan sholat dhuha? Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa sholat dhuha dimulai sejak terbitnya matahari sampai sebelum masuknya waktu dhuhur. Tetapi akan lebih utama dikerjakan saat matahari sudah mulai naik, kira-kira sekitar pukul 08.00 WIB. Dikatakan oleh beberapa ulama’ bahwa diwaktu dhuha semua doa di ijabah oleh Allah.

Waktu sholat dhuha begitu penting untuk mereka yang mengetahuinya. Salah satu bukti yang menunjukan bahwa waktu dhuha memiliki keutamaan adalah Allah langsung menyebut waktu tersebut dalam alquran, Qs.Adh-Dhuha. Anda boleh sangat sibuk, tetapi tidak ada ruginya bagi Anda meluangkan waktu 5 menit untuk berdialog dengan Allah diwaktu yang luar biasa tersebut.

Allah tidak menuntut sholat dhuha sebagai kewajiban untuk hambaNya. Dia hanya menghukumi sholat dhuha sebagai kesunnahan untuk hambaNya. Sebuah kesunnahan, ketika dikerjakan akan mendapatkan pahala dan apabila ditinggalkan tidak akan berdosa. Tapi ketika Anda bisa melaksanakannya, kenapa tidak mengerjakannya?

Bukankah suatu saat nanti semua umat islam berharap untuk berada dekat denganNya? Ingatlah, waktu itu ibarat pedang. Ketika Anda tidak bisa mengunakannya dengan baik, maka Anda yang akan terkena goresan dari tajamnya pedang tersebut. Allah tahu apa yang sedang hambaNya pikirkan dan apa yang hambaNya lakukan.

Sempurnakan ibadah kerja dengan meminta berkah dari Allah melalui sholat dhuha. Bukankah sebuah hadist pernah mengatakan bahwa “Bekerjalah seakan-akan kamu akan hidup selamanya, dan beribadahlah seakan-akan kamu akan mati esok.” Allah mengatur semuanya dengan baik. Jadi, jangan karena pekerjaan Anda melewatkan waktu berbicara denganNya.

Doa sholat dhuha bahasa arab, doa sholat dhuha latin, arti doa sholat dhuha, doa setelah sholat dhuha, tata cara sholat dhuha sesuai sunnah nabi, waktu sholat dhuha, batas waktu sholat dhuha, tuntunan sholat dhuha, keutamaan sholat dhuha, manfaat sholat dhuha, dll.

Kumpulan Ceramah Singkat Terlengkap dan Terbaru

Manfaat Sholat Dhuha

Doa Sholat Dhuha
Doa Sholat Dhuha | Sumber : 500px.com

Sholat adalah cara ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah. Diawali dengan takbirotul ihrom, dan diakhiri dengan salam. Sholat terdapat dua macam. Yaitu: sholat wajib dan sholat sunnh. Sholat wajib terdiri dari 5 waktu, seperti yang sering kita lakukan setiap hari. Ibadah spiritual diperintahkan kepada setiap umat islam sejak pulangnya Rosulullah dari peristiwa isro’ mi’roj.

Sholat memiliki keutamaan yang sangat besar untuk siapapun yang mau melaksankannya. Berbagai penelitian membuktikan bahwa sholat mampu menjadi obat untuk mereka yang tidak ingin sakit, dengan sholat aliran darah menjadi lancar, dan banyak hal lainnya yang bisa kita didapat dari menjalankan ibadah ini. Sholat berupa kegiatan berdiri, ruku’, sujud, dan duduk.

Dari hal sesimpel itu, ada sesuatu yang ingin Allah berikan kepada kita. Dari sini, kita mendapat menjelasan bahwa ibadah ini bukan hanya berbicara masalah hubungan hamba dengan Tuhannya. Tetapi, menjadi bukti cintanya Allah dengan hambaNya. Sampai-sampai, untuk sekedar ibadah Dia memberikan manfaat yang sangat berguna untuk hambaNya. Subhanaallah.

Tidak sampai disini, Allah memperjelas kecintaannya dengan sholat-sholat sunnah lainnya. Sholat sunnah ialah sholat-sholat yang dikerjakan di luar waktu sholat wajib. Ada banyak sholat sunnah yang bisa dilaksanakan. Salah satunya ialah sholat dhuha. Apakah sholat sunnah memiliki manfaat sama besarnya dengan sholat wajib? TENTU, karena inilah bukti besarnya karunia Allah:

1. Terampuni Dosa-dosanya oleh Allah

Allah maha pengampun, hanya dia yang mampu mengampuni kesalahan hambaNya walaupun kesalahan tersebut tidak bisa terhitung lagi. Kita tidak memiliki tempat kembali selain kepadaNya. Jadi, sudah sewajarnya kita meminta ampun atas dosa yang sadar ataupun tidak sadar kita lakukan setiap hari.

Bagaimana cara meminta ampun dengan Allah? Banyak sekali caranya, salah satu yang bisa kita lakukan adalah dengan sholat dhuha. Maka, berbahagialah untuk Anda yang senantiasa melaksanakan sholat sunnah tersebut.
“Barang siapa yang mengerjakan sholat dhuha niscaya akan diampuni dosa-dosanya walaupun sebanyak buih di lautan.” (HR. Turmudzi)

Kumpulan Doa Menjenguk Orang Sakit Lengkap dengan Tata Caranya !

2. Termasuk Orang yang Bertaubat

Bertaubat berarti kembali kepada Allah. Orang yang bertaubat dengan sungguh-sungguh berarti dia kembali bersih tanpa sedikitpun dosa. Begitupun dengan mereka yang dengan ikhlas dan khusu’ menjalankan sholat dhuha. Insyaallah, kita semua termasuk dalam golongan orang yangs selalu bertaubat kepada Allah.

“Tidaklah seseorang selalu mengerjakan sholat dhuha kecuali ia telah tergolong sebagai orang yang bertaubat.” (HR. Hakim)

3. Termasuk Orang yang Taat Kepada Allah

“Barangsiapa yang sholat dhuha 2 rokaat, maka dia tidak ditulis sebagai orang yang lalai. Barangsiapa yang mengerjakannya sebanyak 4 rokaat, maka dia diselamatkan dari hari itu. Barangsiapa mengerjakannya 8 rokaat, maka Allah tulis dia sebagai orang yang taat. Dan barangsiapa yang mengerjakannya dua belas rokaat, maka Allah akan membangun sebuah rumah di surga untuknya. (HR. At-Thabrani).

Bayangkan, Allah hanya meminta kita untuk sholat dhuha dan Dia membalas kepatuhan tersebut dengan seabrek kebaikan yang kelak akan kita tuai sendiri. Allah sangat menyayangi hambaNya, dan Dia memberikan karunianya tanpa perhitungan. Kita pelakukan satu hal baik, Dia memberikan balasan 10 kebaikan.

4. Tercukupi Rizqinya

Manfaat lain yang akan didapatkan ketika kita istiqomah menjalankan sholat dhuha adalah terpenuhinya rizqi. Kita tidak bisa memungkiri bahwa materi adalah bagian yang cukup penting untuk kehidupan manusia. Inilah yang sering membuat manusia terlena. Tetapi, sejati bagi kita yang beriman kepada Allah, rizqi adalah hal kecil.

Allah memiliki semua yang ada di jagat raya ini. Sebenarnya, apapun yang kita butuhkan sudah disiapkan oleh Allah. Tinggal bagaimana cara kita untuk memintany kepada Allah. Nah, dengan sholat dhuha kita dipermudahkan untuk mendapatkan rizqi tersebut. Allah pasti menepati janjiNya. Jadi, tidak ada yang perlu Anda khawatirkan.

Sekarang, tugas terpenting untuk kita ialah berusaha fokus untuk membangun hubungan baik dengan Allah. “Wahai anak Adam, janganlah engkau merasa lemah dari 4 rokaat dalam mengawali harimu, niscaya Aku(Allah) akan mencukupi di akhir harimu.” (HR.Abu Darda’)

5. Berarti Mengeluarkan Sedekah

Sedekah adalah kegiatan yang juga termasuk dalam hal yang bisa membantu kita untuk mendekatkan diri kepada Allah. Sedekah memiliki keuntungan yang luar biasa untuk kebaikan orang yang melakukannya. Variasi dari sedekah ada banyak, sebut saja dengan tersenyum, kemudian menyingkirkan benda di tengah jalan, dan sholat dhuha.

Hendaklah masing-masing dari kamu bersedekah untuk setiap ruas tulang badanmu pada setiap pagi. Sebab tiap kali bacaan tasbih itu ialah sedekah. Setiap tahlil ialah sedekah, setiap takbir ialah sedekah, menyuruh kepada yang ma’ruf ialah sedekah, mencegah yang mungkar ialah sedekah, dan sebagai ganti dari semua itu, maka cukuplah mengerjakan dua rokaat sholat dhuha. (HR Muslim)

Hidup di dunia ini hanya sebentar, seperti orang yang berhenti numpang minum. Setelah urusan tersebut selesai, jelas kita akan kembali padaNya. Apa yang akan kita lakukan dengan sedikitnya waktu yang dimiliki? Jawabannya tidak ada yang lain, selain terus berusaha mengabdi kepada Allah sebaik mungkin.

6. Allah Menyediakan Begitu Banyak Pahala

Manfaat lain yang juga akan kita dapatkan ketika beriistiqomah mengerjakan sholah dhuha adalah ribuan pahala yang siap menyambut kita. Pahala tersebut seperti pahala orang berhaji dan umroh yang langsung diterima oleh Allah. Ingat, ibadah apapun yang diterima oleh Allah akan mendapatkan pahala. Apakah ada ibadah yang tidak diterima Allah? Banyak.

Nah, salah satu syarat diterimanya sebuah ibadah adalah niat yang kuat untuk mendekatkan diri kepada Allah. Jadi, jangan pernah salah niat. Jangan sampai sholat dhuha ini diniatkan untuk mendapatkan rizqi yang banyak ataupun mendapat pahala yang banyak. Tetapi, niatkanlah ibadah sholat dhuha ini sebagai sarana kita untuk lebih dekat kepadaNya.

“Baraangsiapa sholat subuh dengan berjamaah, kemudian duduk berdzikir kepada Allah sampai matahari terbit, lalu sholat dua rokaat, dia mendapat pahala seperti haji dan umroh yang sempurna, sempurna, sempurna.” (HR Turmudzi)

Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud Lengkap dengan Tata Caranya !

7. Boleh Memasuki Pintu Khusus di Surga

Inilah point terdahsyat yang sengaja Allah berikan kepada hambaNya yang dengan konsisten mengerjakan sholat dhuha. Yaitu, dibuatkannya pintu Dhuha. Bukankah bukti ini pula mempertegas bahwa hambaNya yang tekun beribadah denganNya memiliki kedudukan yang amat sangat tinggi di mata Allah.

“Sesungguhnya di surga ada salah satu pintu yang dinamankan pintu Dhuha, bila datang hari kiamat malaikat menjaga surga memanggil ‘mana ia yang melazimkan sholat dhuha? Inilah pintu kalian, maka masukilah dengan kasing sayang Allah” (HR Thabrani) Allah berhak memberikan service yang memuaskan untuk hamba yang benar-benar mengabdi kepadaNya. Allah adalah Dzat yang menguasai semuanya, dan tidak ada keraguan atasNya

Itulah pembahasan singkat mengenai doa sholat dhuha bahasa arab, doa sholat dhuha latin, arti doa sholat dhuha, doa setelah sholat dhuha, tata cara sholat dhuha sesuai sunnah nabi, waktu sholat dhuha, batas waktu sholat dhuha, tuntunan sholat dhuha, keutamaan sholat dhuha, manfaat sholat dhuha, dll.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih.

Doa Sholat Dhuha

loading...

2 thoughts on “Tata Cara Melaksanakan Sholat Dhuha Terlengkap

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.