Doa Sebelum Tidur dan Bangun Tidur Terlengkap Sesuai dengan Sunnah

Doa Sebelum Tidur dan Doa Bangun Tidur – Ada begitu banyak anugerah yang Allah subhanahu wa ta’ala berikan kepada kita, dimana salah satunya adalah rasa kantuk. Ketika rasa kantuk datang menyerang, biasanya seseorang akan segera pergi tidur. Namun, sebelum tidur, para umat Islam telah diajarkan untuk membaca doa terlebih dahulu. Doanya pun terhitung pendek sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membacanya.

Sama seperti ketika akan tidur, begitu bangun tidur kita juga diajarkan untuk membaca doa. Membaca doa ini menjadi bukti bahwa kita akan melakukan sesuatu dengan adab yang baik sesuai dengan apa yang diajarkan oleh Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam. Bukan hanya menjadi bukti saja, berdoa ini bahkan mengandung nilai ibadah di dalamnya.

Makanya tidak heran jika saat kecil kita senantiasa diajarkan untuk menghafal dan membiasakan diri membaca doa sebelum tidur serta doa bangun tidur. Bahkan mungkin juga disertai dengan doa-doa yang lainnya juga. Tetapi, yang pasti, apapun yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, pastilah mengandung banyak hikmah di dalamnya.

Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai doa sebelum tidur bahasa arab, doa sebelum tidur latin, arti doa sebelum tidur, amalan sunnah doa sebelum tidur, doa bangun tidur bahasa arab, doa bangun tidur latin, arti doa bangun tidur, keutamaan doa sebelum tidur, keutamaan doa bangun tidur, dll.

Doa Sebelum Tidur Bahasa Arab

Meskipun doa sebelum tidur ini termasuk doa yang populer, karena pasti sudah banyak orang yang menghafalkannya, tetapi tak ada salahnya jika kita mempelajari tulisannya dengan benar berikut terjemahannya, yakni sebagai berikut:

Doa Sebelum Tidur
Doa Sebelum Tidur | Sumber : 500px.com

Doa Sebelum Tidur Latin

BISMIKALLAAHUMMA AHYAA WA AMUUTU

Arti Doa Sebelum Tidur

Artinya: Dengan nama-Mu ya Allah, aku hidup dan aku mati

Dengan membaca doa saat akan pergi tidur di atas, semoga Allah subhanahu wa ta’ala selalu melindungi kita hingga kita terbangun dari tidur. Ada baiknya juga ketika kita membaca doa tersebut sekaligus dengan menghayati artinya, supaya kita selalu kita selalu mawas diri bahwa ajal bisa datang kapan saja sekalipun itu di waktu yang tidak kita kehendaki.

Doa sebelum tidur bahasa arab, doa sebelum tidur latin, arti doa sebelum tidur, amalan sunnah doa sebelum tidur, doa bangun tidur bahasa arab, doa bangun tidur latin, arti doa bangun tidur, keutamaan doa sebelum tidur, keutamaan doa bangun tidur, dll.

Contoh Bacaan Dzikir Sebelum Tidur

Doa Sebelum Tidur
Doa Sebelum Tidur | Sumber : 500px.com

Sebelum membaca doa tersebut, ingatkan untuk membaca basmalah terlebih dahulu ya. Kemudian, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam juga telah memberikan kita contoh dzikir-dzikir yang beliau baca ketika hendak pergi tidur. Adapun dzikir-dzikir tersebut adalah sebagai berikut:

1. Membaca surat Al Ikhlash, Al Falaaq dan An Naas sebanyak 1 kali. Setelah dibaca, beliau kemudian meniupkannya pada telapak tangannya, dimana telapak tangan ini kemudian juga beliau gunakan untuk mengusap area tubuh yang bisa dijangkau. Selepas itu, beliau membaca kembali tiga surat tersebut kemudian mengusapkannya ke tubuh lagi hingga totalnya menjadi 3 kali

2. Membaca ayat kursi hanya 1 kali

3. Dua ayat terakhir surat Al Baqoroh

4. Surat Al Kaafiruun

5. Surat Al Mulk dan As Sajdah

Semua dzikir-dzikir yang disebutkan di atas, masing-masing telah dijelaskan dalam hadits, Jika Anda mampu, Anda bisa mengamalkan semuanya. Dan jika saat tidur ada semacam perasaan gelisah, takut, kaget atau tidak tenang, maka kita sebenarnya juga dianjurkan untuk membaca doa sesuai dengan hadits yang telah diriwayatkan oleh Abu Dawud, dimana doa ini juga telah dihasankan oleh Al Albani.

Adapun makna dari doa yang dibaca ketika merasakan sesuatu tidak enak saat tidur tersebut adalah sebagai berikut:
“Aku berlindung dengan Kalimatullah yang sempurna dari murka-Nya, kejahatan hamba-hamba-Nya, dari gangguan syetan dan kehadiran mereka kepadaku.”

Doa sebelum tidur bahasa arab, doa sebelum tidur latin, arti doa sebelum tidur, amalan sunnah doa sebelum tidur, doa bangun tidur bahasa arab, doa bangun tidur latin, arti doa bangun tidur, keutamaan doa sebelum tidur, keutamaan doa bangun tidur, dll.

Doa Bangun Tidur Bahasa Arab

Sama seperti ketika hendak tidur, kita juga dianjurkan untuk membaca doa begitu bangun dari tidur. Adapun lafadz dari doa ketika bangun tidur ini adalah sebagai berikut:

Doa Bangun Tidur
Doa Bangun Tidur | Sumber : 500px.com

Doa Bangun Tidur Latin

ALHAMDULILLAAHILLADZII AHYAANAA BA’DA MAA AMAA TANAA WA ILAIHIN NUSYUUR

Arti Doa Bangun Tidur

Artinya: segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah kami mati (membangunkan kami dari tidur) dan hanya kepada-Nya kami dikembalikan.

Doa ini menjadi salah satu bentuk syukur kita sebagai umat Islam karena Allah telah membangunkan kita dari kematian yang sifatnya sementara. Jika Dia tidak berkehendak untuk membangunkan kita, pastilah kita sudah tidur selamanya dan tidak akan bisa lagi melihat dunia, dengan kata lain mati. Membaca doa bangun tidur ini juga termasuk amalan yang diperintahkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Tata Cara Melaksanakan Sholat Dhuha Terlengkap

Amalan Sunnah Setelah Bangun Tidur

Doa Bangun Tidur
Doa Bangun Tidur | Sumber : 500px.com

Selain menjadi bentuk syukur, doa ini juga merupakan dzikir yang bisa mengingatkan kita kepada Sang Pencipta. Sedangkan mengenai sunnah setelah bangun tidur yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam terdiri dari beberapa poin di bawah ini:

1. Mengusap wajah terlebih dahulu untuk menghapus bekas kantuk

2. Membaca doa bangun tidur sesuai dengan yang telah dicantumkan di atas, tetapi jangan lupa awali dengan basmalah ya

3. Membaca 10 ayat terakhir dari surat Ali Imran

4. Menggosok gigi atau bersiwak

5. Membersihkan hidung atau mendenguskan angina dari lubang hidung

6. Mencuci tangan sebanyak 3 kali karena kita tidak pernah tahu tangan kita kemana saja selama terlelap

7. Berwudlu

Kesemua sunnah yang disebutkan di atas juga sudah diceritakan dalam hadits. Meskipun tampak sepele, sesuai dengan yang telah dijelaskan sebelumnya, apa saja sunnah yang dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memiliki banyak hikmah, dan kita pasti akan mendapatkan keuntungan jika mengistiqomahkannya.

Doa sebelum tidur bahasa arab, doa sebelum tidur latin, arti doa sebelum tidur, amalan sunnah doa sebelum tidur, doa bangun tidur bahasa arab, doa bangun tidur latin, arti doa bangun tidur, keutamaan doa sebelum tidur, keutamaan doa bangun tidur, dll.

Keutamaan Membaca Doa Sebelum Tidur

doa sebelum tidur bahasa arab, doa sebelum tidur latin, arti doa sebelum tidur, amalan sunnah doa sebelum tidur, doa bangun tidur bahasa arab, doa bangun tidur latin, arti doa bangun tidur, keutamaan doa sebelum tidur, keutamaan doa bangun tidur
Sumber : 500px.com

Kita tahu bahwa sebenarnya doa sebelum tidur adalah amalan yang sangat ringan. Pun demikian, seiring dengan bertambahnya usia, beberapa orang sering melupakan amalan ini karena lebih mengutamakan hal lain seperti pemberitahuan di media sosial atau yang lain-lain. Sebagiannya lagi ada yang beralasan tidak sempat karena sudah terlalu ngantuk.

Padahal, doa yang sangat pendek dan mudah untuk dihafalkan ini memiliki beberapa keutamaan, karena memang tidak mungkin Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengajarkan sesuatu yang tidak ada manfaatnya bukan? Nah, sekarang, mari coba kita telaah keutamaan dari membaca doa sebelum tidur, yakni sebagai berikut:

1. Menghindarkan Kita dari Mimpi Buruk

Pernah mengalami yang namanya nightmare atau mimpi buruk bukan? Jika Anda sedang mengalami hal ini, coba ingat-ingat kembali apakah sebelumnya Anda sudah membaca doa sebelum tidur atau belum, karena beberapa referensi menyebutkan bahwa doa sebelum tidur ini bisa menghindarkan kita dari mimpi buruk.

2. Membuat Tidur Kita Menjadi Lebih Berkualitas

Ada nasehat dari para Nabi yang terdahulu. Para Nabi ini juga memberikan falsafah mengenai manfaat berdoa sebelum tidur, salah satunya adalah membuat tidur kita menjadi lebih berkualitas. Secara psikologi memang, melafalkan doa bisa membuat hati serta pikiran kita menjadi tenang, bahkan bisa membuat kita lupa dengan segala peristiwa yang terjadi sebelumnya.

Dengan tidur yang berkualitas seperti ini, secara otomatis kita juga bisa mendapatkan berbagai manfaat dari tidur, seperti konsentrasi kembali terjaga, tubuh tidak terasa lelah, terhindar dari depresi dan lain-lain. Namun, untuk yang satu ini sebaiknya mengikuti waktu tidur yang normal ya.

3. Tubuh tidak Akan Terpisah dari Ruh

Di dalam agama Islam, ada keyakinan bahwasanya ketika seseorang terlelap dengan tidurnya maka dia terpisah dari ruhnya. Nah, jika Allah menghendaki, maka Allah akan mengembalikan ruh ini sehingga kita bisa bangun kembali. Tetapi jika Allah menghendaki pula, maka tubuh serta ruh kita tidak akan bersatu kembali.

Inilah peran doa sebelum tidur, dimana doa akan membuat tubuh tidak terpisah dari ruh. Kalaupun kemudian Allah berkehendak untuk tidak mengembalikan ruh ke dalam tubuh kita yang tengah tertidur, setidaknya kita meninggal dunia dalam kondisi mengingat Allah subhanahu wa ta’ala melalui doa yang kita panjatkan sebelumnya.

4. Meninggal dalam Keadaan Fitrah

Keutamaan ini masih menyambung keutamaan yang sebelumnya. Anda sudah sering mendengar berita tentang orang-orang yang awalnya hanya tidur biasa namun ketika dibangunkan tidak lagi terjaga? Inilah kenapa kita harus menyempatkan diri untuk membaca doa sebelum tidur.

Karena apabila Allah berkehendak untuk mencabut nyawa kita, Allah subhanahu wa ta’ala menilai kita meninggal dalam keadaan yang fitrah, dengan kata lain, dosa-dosa telah Allah jadikan sebagaimana keadaannya ketika kita pertama kali dilahirkan ke dunia. Tetapi jika yang terjadi adalah sebaliknya, itu artinya Allah subhanahu wa ta’ala masih memberikan kita kesempatan untuk menikmati kehidupan.

5. Pengingat Akan Kebesaran Allah Subhanahu Wa Ta’ala

Ketika kita akan memulai hari, kita disarankan untuk membukanya dengan dzikir. Nah, hal yang sama juga berlaku ketika kita hendak menutup hari kita dengan tidur, kita juga dianjurkan untuk berdoa.

Doa yang sekaligus merupakan dzikir ini sudah jelas bisa mengingatkan kita kepada Allah subhanahu wa ta’ala, bahwa hanya Dia-lah yang memang berkuasa atas hidup dan mati kita.

6. Keutamaan Membaca Dzikir-Dzikir yang Lain

Seperti yang sudah dibaca di atas, bahwasanya doa sebelum tidur ini merupakan satu rangkaian dengan dzikir-dzikir yang lainnya. Masing-masing dari dzikir tersebut jelas memiliki faedah sendiri-sendiri, yakni sebagai berikut:

a. Surat Al lkhlash, Al Falaq dan An Naas bisa membuat hati dan pikiran pembacanya tenang, lebih tenang dari hanya sekedar mendengarkan music saja

b. Ayat kursi bisa membuat pembacanya dijaga serta dilindungi oleh Allah subhanahu wa ta’ala dari gangguan syetan sampai tiba waktu pagi

c. Dua ayat terakhir surat Al Baqoroh bisa memberi kecukupan bagi orang yang membacanya

d. Kemudian untuk surat Al Kaafiruun, ini adalah dzikir yang disebutkan dalam hadits bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mengajarkan Naufal untuk membaca surat ini sebelum tidur.

e. Sementara untuk surat Al Mulk dan As Sajdah sendiri, sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari menyebutkan bahwasanya Rasulullah shallallhu ‘alaihi wa sallam tidak tidur hingga beliau membaca kedua surat tersebut.

Kumpulan Ceramah Singkat Terlengkap dan Terbaru

Keutamaan Membaca Doa Bangun Tidur

doa sebelum tidur bahasa arab, doa sebelum tidur latin, arti doa sebelum tidur, amalan sunnah doa sebelum tidur, doa bangun tidur bahasa arab, doa bangun tidur latin, arti doa bangun tidur, keutamaan doa sebelum tidur, keutamaan doa bangun tidur
Sumber : 500px.com

Ketika hendak pergi tidur kita disarankan untuk menutup hari dengan dzikir, maka begitu kita bangun, kita juga disarankan untuk mengawali hari dengan dzikir pula. Dzikir ini bisa berbentuk doa bangun tidur yang juga sangat mudah untuk dihafalkan. Jika doa sebelum tidur memiliki berbagai keutamaan di atas, lalu apakah doa bangun tidur juga memiliki keutamaan bagi orang yang membacanya?

Jawabannya adalah tentu saja iya, dan beberapa keutamaan dari doa bangun tidur ini adalah sebagai berikut:

1. Bentuk Rasa Syukur dan Doa untuk Aktifitas yang Selanjutnya

Diantaranya adalah doa ini menjadi salah satu bentuk syukur atas karunia yang Allah subhanahu wa ta’ala berikan kepada kita dalam bentuk kesempatan untuk menikmati hidup, sehingga kita juga memiliki kesempatan untuk menjadi lebih baik lagi dari yang kemarin.

Meski kita telah merencanakan hari esok dengan baik, tetapi jika Allah subhanahu wa ta’ala tidak menghendaki kita bangun dari tidur lelap kita, pastilah kita sudah menjadi mayat. Nah, selain menjadi wujud syukur, mengamalkan amalan ini juga berarti mendoakan aktifitas yang hendak kita lakukan di sepanjang hari tersebut.

2. Mengandung Pujian kepada Allah

Selain menjadi bentuk rasa syukur, membaca doa ini juga berarti kita memuji Allah subhanahu wa ta’ala.Pujian tersebutsangat tampak pada kata ALHAMDULILLAAHI yang artinya adalah segala puji bagi Allah.

Ini juga sekaligus menjadi pertanda bahwasanya kita cinta kepada Sang Pencipta, dan sudah bukan rahasia lagi bahwasanya Allah subhanahu wa ta’ala juga cinta kepada hamba-Nya yang menaruh cinta pada-Nya.

3. Sarana Melepaskan Diri dari Belenggu Syetan

Selanjutnya,kita tahu bahwasanya syetan telah mengikat kita ketika tidur. Ikatan ini terdiri dari 3 buah.Salah satu cara untuk melepaskan diri dari ikatan tersebut adalah dengan membaca doa bangun tidur seperti yang disebutkan di atas. Selanjutnya untuk ikatan kedua dan ikatan ketiga akan terlepas jika kita berwudlu dan melanjutkannya dengan mendirikan sholat.

Jika rantai syetan yang pertama saja tidak kita lepas dengan berdoa, mungkin kita akan mengalami kesulitan saat hendak melepas ikatan yang kedua dan ketiga, melalui wudlu dan sholat.

4. Melapangkan serta Meringankan Pekerjaan

Keutamaan membaca doa bangun tidur yang lainnya adalah melapangkan serta meringankan pekerjaan kita. Ini sangat membantu sekali bukan tatkala kita merasa sangat sibuk?

Jadi, ketika Anda pagi-pagi sudah merasa lelah dengan pikiran mengenai pekerjaan apa saja yang harus dilakukan di sepanjang hari itu, coba evaluasi diri, apakah sebelumnya Anda sudah membaca doa bangun tidur atau tidak.

5. Mengingatkan Kita bahwa Kita Kelak akan DIbangkitkan pada Hari Kiamat

Tak kalah penting lagi, sebenarnya doa bangun tidur ini menjadi pengingat bahwa kita nanti akan dibangkitkan di hari kiamat.

Hal ini sesuai dengan apa yang diterangkan oleh Imam Nawawi rahimahullah di dalam Syarh Shahih Muslim-nya, dimana makna kalimat ‘kami dimatikan’ itu adalah tidur, sedangkan makna kalimat ‘kami dibangkitkan’ adalah kita akan dihidupkan lagi nanti saat hari kiamat.

Jika hendak ditarik kesimpulan, melalui doa ini pula sebenarnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengajarkan kepada kita bahwasanya ketika orang masih bisa bangun dari tidur, itu artinya orang tersebut juga bisa bangun dari kematiannya saat hari kiamat kelak. Semuanya ini akan terjadi hanya jika Allah berkehendak.

6. Keutamaan Mengerjakan Sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam

Doa bangun tidur termasuk dalam rangkaian sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Adapun keutamaan sunnah-sunnah yang lainnya adalah sebagai berikut:

a. Menggosok gigi atau bersiwak memiliki keutamaan yang bisa menyegarkan sekaligus menghilangkan bau mulut sehingga malaikat yang hadir saat pembacanya mendirikan sholat menjadi tidak terganggu

b. Membersihkan hidung atau yang biasa disebut dengan istinsyaaq memiliki keutamaan yang bisa mengusir setan, karena ternyata setan ini akan menginap di dalam lubang hidung manusia ketika mausia tersebut tidur

c. Mencuci tangan sebanyak 3 kali sebenarnya juga merupakan sunnah sebelum kita melakukan wudlu, dan ketika kita berbicara mengenai keutamaan cuci tangan ini, otomatis kita juga harus membahas tentang keutamaan berwudlu. Wallahu a’lam bish showab

Nah itulah penjelasan singkat tentang doa sebelum tidur bahasa arab, doa sebelum tidur latin, arti doa sebelum tidur, amalan sunnah doa sebelum tidur, doa bangun tidur bahasa arab, doa bangun tidur latin, arti doa bangun tidur, keutamaan doa sebelum tidur, keutamaan doa bangun tidur, dll.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih.

Doa Sebelum Tidur dan Doa Bangun Tidur

loading...

2 thoughts on “Doa Sebelum Tidur dan Bangun Tidur Terlengkap Sesuai dengan Sunnah

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.