Pengertian Daur Ulang Lengkap dengan Manfaat dan Cara Mengolahnya !

Daur Ulang – Barang – barang bekas dapat anda gunakan untuk daur ulang dan anda olah menjadi barang – barang yang berguna. Anda dapat memanfaatkan barang – barang bekas di sekitar kita untuk membuka lapangan kerja baru dan menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan di sekitar kita. Selain itu anda dapat menjadi seorang pengusaha.

Bahan – bahan yang dapat anda gunakan untuk melakukan daur ulang antara lain adalah plastik bekas, botol bekas kertas bekas dan lain – lain. Oleh karena itu, anda disarankan untuk memisahkan antara sampah yang dapat diuraikan dan sampah yang tidak dapat diuraikan oleh bakteri. Sampah yang tidak dapat diuraikan dapat digunakan untuk bahan daur ulang, contohnya plastik.

Berikut ini ulasan lengkap seputar daur ulang. Mulai dari Pengertian daur ulang, manfaat daur ulang, kerajinan daur ulang, daur ulang sampah, daur ulang bahan bekas, daur ulang plastik, daur ulang limbah, daur ulang kertas, dll.

Pengertian Daur Ulang

Pengertian Daur Ulang
Pengertian Daur Ulang

Pengertian daur ulang adalah salah satu cara untuk menggunakan barang bekas untuk dipakai kembali menjadi barang yang serba bermanfaat atau bisa juga diolah menjadi barang yang dapat diperjual belikan. Hal ini juga bertujuan untuk mengurangi dan mengatasi adanya pencemaran lingkungan akibat sampah plastik yang dibuang sembarangan.

Sampah yang dibuang secara sembarangan dapat menjadikan lingkungan di sekitar kita kotor dan dapat menyumbat saluran air. Selain itu, penumpukan sampah juga dapat menyebabkan timbulnya penyakit. Hal ini dikarenakan sampah anorganik tidak dapat diuraikan, contohnya adalah plastik. Berbeda dengan sampah organik yang dapat diuraikan sehingga dapat dimanfaatkan sebagai pupuk alami. Contohnya adalah sisa sayuran.

Oleh karena itu, salah satu alternatif terbaik adalah dengan melakukan daur ulang barang – barang bekas yang termasuk kelompok barang anorganik sehingga dapat dikelola dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan memisahkan tong sampah yang organik, anorganik, sisa makanan dan plastik.

Dengan adanya daur ulang ini diharapkan dapat mengatasi pencemaran lingkungan dan membuka peluang baru bagi masyarakat untuk membuka lapangan pekerjaan baru. Selain mengatasi masalah lingkungan anda juga turut memajukan bangsa secara ekonomi sehingga mengurangi jumlah pengangguran di negeri ini.

Sampah juga merupakan salah satu penyebab timbulnya berbagai masalah di lingkungan kita. Mengapa? Hal ini dikarenakan penumpukan sampah dapat membusuk dan jika dibiarkan dapat menimbulkan penyakit.

Salah satu hal yang dapat anda lakukan adalah melakukan tindakan pencegahan terjadinya pencemaran lingkungan seperti tidak membuang sampah sembarangan, mengumpulkan botol atau plastik bekas untuk diolah kembali atau dibuat kerajinan. Dengan demikian dapat mengatasi penumpukan sampah yang dapat mencemari lingkungan di sekitar kita.

Barang – barang bekas lainnya yang dapat dilakukan daur ulang atau dimanfaatkan untuk membuat kerajinan antara lain adalah sebagai berikut:

1. Sapu dari botol minuman
2. Hiasan lampu dari botol
3. Tempat lilin dari tutup botol
4. Meja dari papan skatebord bekas
5. Membuat rak buku dari piano bekas
6. Memanfaatkan kartu atm bekas untuk alat petik gitar.

Anda dapat mengolah berbagai macam barang bekas untuk dimanfaatkan kembali menjadi barang yang multi fungsi. Dengannya anda telah berkontribusi dalam mencegah pencemaran lingkungan dan membantu gerakan cinta terhadap lingkungan.

Manfaat Daur Ulang Barang Bekas

Manfaat Daur Ulang Barang Bekas
Manfaat Daur Ulang Barang Bekas

Banyak sekali manfaat daur ulang yang dapat anda ambil dengan melakukan daur ulang barang – barang bekas. Contohnya adalah sebagai berikut:

1. Membuka lapangan kerja baru

Seiring dengan berkembangnya zaman, kini kemajuan teknologi sangat pesat. Kini pekuang untuk mendapatkan pekerjaan pun sangatlah tidak mudah. Mengapa? Hal ini dikarenakan semakin banyaknya persaingan antar para pencari kerja. Jumlah pencari kerja lebih banyak dibandingkan dengan jumlah lapangan pekerjaan yang tersedia.

Kini anda harus lebih berani untuk menampilkan ketrampilan anda untuk menjadi seorang pengusaha. Anda pasti akan bangga jika anda bisa menjadi bos dan membantu mereka para pencari kerja sehingga dapat mengurangi jumlah pengangguran dan anda membantu mencegah adanya pencemaran lingkungan dengan melakukan daur ulang barang bekas.

2. Meningkatkan pendapatan masyarakat

Dengan dibukanya peluang usaha maka dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan pendapatannya. Hal ini dikarenakan daur ulang barang bekas dapat bernilai ekonomi dan dapat diperjualbelikan. Secara otomatis anda akan menghasilkan uang dan meningkatkan pendapatan anda.

3. Mencegah dan mengatasi pencemaran lingkungan

Daur ulang menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk mengatasi pencemaran lingkungan. Mengapa? Dengan adanya daur ulang kita bisa memanfaatkan botol plastik, bungkus plastik dari detergen, makanan ringan dan lain – lain untuk dibuat kerajinan yang bernilai ekonomis.

4. Mencegah timbulnya penyakit

Tumpukan sampah dapat menyebabkan sumber penyakit. Oleh karena itu, anda harus pandai memilah sampah. Alangkah baiknya jika dibuat tong yang berbeda untuk memisahkan sampah agar dapat dilakukan daur ulang botol bekas, dan barang bekas lainnya.

5. Meningkatkan daya kreativitas dan ketrampilan masyarakat

Melakukan daur ulang barang – barang bekas dapat mengasah ketrampilan dan jiwa seni anda sehingga barang yang anda buat dapat menarik perhatian konsumen. Selain anda terampil dalam mendaur ulang, alangkah baiknya jika anda juga kreatif dalam memasarkan dan membangun relasi.

6. Membantu menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Lingkungan yang bersih dan sehat dapat membantu kita tercegah terkena serangan berbagai penyakit. Cara melakukannya adalah dengan membuang sampah pada tempatnya dan memisahkan antara sampah yang organik dan anorganik serta melakukan 3R, yaitu reduce, reuse dan recycle.

7. Membantu menghemat energi

Proses produksi dari bahan daur ulang membutuhkan energi yang lebih sedikit dari pada menggunakan bahan mentah. Hal ini sangat berpengaruh bagi mereka para pengusaha saat memproduksi produk baru. Selain itu, anda juga dapat menghemat biaya yang harus dikeluarkan.

8. Pengelolaan daur ulang tidak membutuhkan ruang dan lahan yang besar

Bahan – bahan yang didaur ulang dapat anda pergunakan lagi untuk memenuhi kebutuhan anda.

9. Membantu menekan dan mengurangi polusi di lingkungan sekitar anda

Pada umumnya sampah atau botol plastik pada umumnya hanya dibakar agar lingkungan anda bersih. Namun tahukah anda bila pembakaran tersebut dapat menyebabkan polusi? Oleh karena itu, anda harus bijak dalam memilih. Mengapa? Hal ini karena dengan memisahkan sampah organik dan anorganik anda dapat menggunakannya untuk dilakukan daur ulang.

Pengertian daur ulang, manfaat daur ulang, kerajinan daur ulang, daur ulang sampah, daur ulang bahan bekas, daur ulang plastik, daur ulang limbah, daur ulang kertas, dll

Cara Daur Ulang Barang Bekas

Cara Daur Ulang Barang Bekas
Cara Daur Ulang Barang Bekas

Banyak sekali kita jumpai barang – barang bekas yang dibuang begitu saja di sungai. Namun kini anda dapat menggunakan daya kreativitas anda untuk memanfaatkan barang – barang bekas tersebut untuk menghasilkan sebuah karya. Banyak sekali cara daur ulang barang bekas yang dapat anda lakukan.

Salah satu contohnya adalah plastik bekas detergen, sabun, minyak, molto, pewangi, susu dan lain – lain anda olah menjadi beberapa macam tas, dompet dengan ukuran yang bervariasi. Selain itu, anda juga dapat menggunakannya untuk membuat tempat pensil, taplak meja dan lain – lain.

Beragam barang bekas selain plastik adalah kardus, botol minuman dan lain – lain. Kardus dapat anda olah menjadi sebuah tas dengan dilapisi kertas kado sehingga akan tampak lebih menarik.

Bahan kardus bekas juga dapat anda manfaatkan untuk tempat buku, mainan pazzel, dan topi. Selain itu, anda juga dapat membuat miniatur rumah, mainan mobil – mobilan, robot, kapal, topeng, perahu dan lain – lain.

Botol bekas dapat dimanfaatkan untuk pot, membuat hiasan lampu, tempat pensil, boneka. Selain itu, anda juga dapat memanfaatkan botol bekas untuk boneka, tempat makan burung, miniatutur, mobil dari kaleng bekas dan lain – lain. Jika anda dapat memanfaatkan barang bekas dengan baik anda dapat menjualnya dan anda pun akan mendapatkan penghasilan tambahan.

Ternyata sedotan juga dapat anda manfaatkan untuk membuat kerajinan tangan seperti mainan, bunga, gantungan pot dan lain – lain. Dengan demikian anda dapat membuka peluang kerja bagi orang lain.

Cara Daur Ulang Sampah

Cara Daur Ulang Sampah
Cara Daur Ulang Sampah

Sampah merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan. Mengapa? Hal ini dikarenakan apabila tidak ditangani secara benar dapat menimbulkan penyakit. Sampah sendiri terbagi atas dua jenis, yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Salah satu cara daur ulang sampah yang baik adalah dengan memisahkan sampah organik dan anorganik.

Selain itu, anda juga dapat menyediakan tong yang berbeda agar anda lebih mudah dalam mengolahnya. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan sampah organik mampu diurai oleh bakteri yang menjadikan sampah organik dapat dijadikan sebagai pupuk. Sedangkan sampah anorganik tidak dapat diurai sehingga perlu penanganan yang berbeda pula.

Jenis – jenis sampah organik antara lain adalah dedaunan yang sudah kering, kulit buah, sisa makanan, buah busuk, ampas tahu, serbuk kayu dan lain – lain. Sedangkan jenis – jenis sampah anorganik antara lain adalah botol plastik, plastik bungkus makanan, sterofoam dan lain – lain.

Pengertian daur ulang, manfaat daur ulang, kerajinan daur ulang, daur ulang sampah, daur ulang bahan bekas, daur ulang plastik, daur ulang limbah, daur ulang kertas, dll

Cara Daur Ulang Plastik

Cara Daur Ulang Plastik
Cara Daur Ulang Plastik

Di era yang serba modern ini banyak sekali terjadi pencemaran lingkungan. Salah satunya adalah akibat sampah plastik. Oleh karena itu, kita harus selalu menerapkan prinsip reduce, reuse dan recycle.

Plastik tersusun atas senyawa polimer organik dan bersifat sintetis dan ada juga yang bersifat alami. Plastik memiliki banyak jenis, diantaranya adalah polyester, polyethylene, polivinil klorida dan lain – lain.

Kantong plastik banyak digunakan dalam hal jual beli barang. Selain itu, plastik juga dapat digunakan untuk bahan baku botol minuman, botol detergen, ember dan lain – lain. Dengan demikian anda dapat memanfaatkannya untuk membuat kerajinan, souvenir, tas dan lain – lain.

Plastik termasuk dalam sampah anorganik dan tidak dapat terdegradasi dengan cara alami. Oleh karena itu, kini solusi yang tepat untuk mengatasi sampah ini adalah dengan memanfaatkannya untuk didaur ulang menjadi barang yang bermanfaat. Salah satu contohnya adalah dengan membuat botol plastik sebagai pot atau menggunakan barang yang berbahan plastik untuk membuat kerajinan tas, kipas dan lain – lain.

Cara daur ulang plastik terdapat 3 langkah, yaitu sebagai berikut:

1. Pemisahan limbah

Langkah pertama dilakukan pemisahan limbah dengan kotoran, zat kimia, limbah organik dan lain – lain. Plastik dipisahkan berdasarkan jenis plastik tersebut. Pemisahan ini dilakukan secara manual agar menekan biaya. Selain itu, pemisahan secara manual ini juga praktis karena tidak membutuhkan peralatan yang canggih.

2. Pencucian sampah plastik

Langkah kedua, sampah plastik yang telah dipisahkan dicuci dengan air hingga bersih agar sisa sisa bahan kimia yang menempel pada plastik hilang.

3. Pemotongan plastik

Langkah ketiga adalah melakukan pemotongan plastik dengan tujuan agar lebih mudah dalam melakukan pemotongan dengan menggunakan mesin.

Kelebihan daur ulang plastik adalah membantu menghemat energi yang digunakan untuk memproduksi produk yang baru, meminimalisir penggunaan bahan baku segar, mencegah polusi air dan udara serta dapat meminimalisir sampah yang masuk ke tempat pembuangan.

Berikut ini adalah beberapa macam barang kerajinan yang dihasilkan dari botol bekas antara lain adalah sebagai berikut:

1. Tempat mengecash HP
2. Anda dapat mebentuknya menjadi boneka
3. Banyak botol – botol yang dapat digunakan sebagai pot bunga
4. Sebagai bungkus kado
5. Tempat pensil yang unik dan lucu
6. Tempat lampu
7. Membuat mainan seperti pesawat
8. Membuat rangkaian bunga dari botol bekas
9. Sandal dari botol bekas
10. Dompet, tas dan alin – lain.

Cara Daur Ulang Kertas

Cara Daur Ulang Kertas
Cara Daur Ulang Kertas

Banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dengan melakukan daur ulang kertas. Salah satu manfaatnya adalah dapat mengurangi pencemaran lingkungan. Bahan – bahan yang dibutuhkan untuk melakukan daur ulang kertas adalah koran bekas, air, panci, blender, kasa, handuk bekas, sprei bekas dan spons kering. Berikut ini adalah beberapa cara daur ulang kertas:

1. Mengumpulkan kertas lalu membuatnya menjadi bubur

Kini kertas daur ulang banyak digunakan oleh sebagian orang. Bahkan sangat menarik dan mudah sekali bagi mereka untuk melakukan daur ulang kertas menjadi kertas baru yang bermanfaat. Contohnya adalah kertas koran. Empat sampai lima kertas koran dapat digunakan untuk menghasilkan kertas daur ulang sebanyak dua lembar kertas kecil.

Setelah anda mengumpulkan kertas, kini saatnya kertas dirobek menjadi berukuran lebih kecil lalu direndam dengan air panas. Anda dapat menghaluskannya dengan cara diblender.

2. Menyaring kertas

Bubur kertas yang telah anda buat disaring menggunakan kawat halus yang dianyam. Selanjutnya bubur kertas dimasukkan ke dalam panci sebanyak setengah dari volume panci. Lalu ditambahkan air hingga volume pada panci setinggi 7 – 10 cm dan kassa dimasukkan dalam wadah panci. Kasa dikeringkan dengan cara meletakkan kasa pada handuk.

3. Pengepresan Kertas

Langkah pertama adalah dengan membuang kelebihan air lalu kasa diangkat dan posisinya dibalik. Anda dianjurkan untuk tidak mengeringkan kertas di bawah panas karena dapat menyebabkan kertas yang anda buat berkerut. Setelah itu, anda lepaskan kertas dari permukaan sprai.

Kertas yang anda buat dilakukan pengujian. Cara mengujinya adalah dengan menuliskan kata menggunakan bolpoin pada kertas. Jika anda berhasil makan tulisan yang anda tulis pada kertas akan terbaca.

Kelebihan dari daur ulang kertas adalah untuk meminimalisir penebangan pohon sebagai bahan baku pembuatan kertas sehingga tidak banyak pohon yang harus ditebang. Alhasil dapat memelihara keseimbangan hutan.
Selain kertas biasa, anda juga dapat menggunakan koran bekas untuk membuat kerajinan. Seperti berikut ini:

1. Untuk membuat pot bunga
2. Membuat mainan bola
3. Tempat sampah
4. Membuat sepasang sandal
5. Tempat celengan dan lain – lain

Pengertian daur ulang, manfaat daur ulang, kerajinan daur ulang, daur ulang sampah, daur ulang bahan bekas, daur ulang plastik, daur ulang limbah, daur ulang kertas, dll

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Daur Ulang

loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.