Penjelasan Teks Negosiasi Lengkap dengan Pengertian, Struktur, dan Contohnya !

Contoh Teks Negosiasi – Dalam tawar-menawar, pernahkah anda mendengar kata ‘negosiasi’? Ternyata dalam pelajaran Bahasa Indonesia, negosiasi tidak hanya kata-kata saja, namun juga dapat dijadikan berupa teks yang mempunyai aturan dan struktur tertentu.

Dalam artikel ini kita akan mengulas lengkap contoh teks negosiasi yang baik dan benar. Mulai dari contoh teks negosiasi dalam bentuk narasi, contoh teks negosiasi jual beli, contoh teks negosiasi di sekolah, contoh teks negosiasi pemecahan konflik, contoh teks negosiasi larangan, contoh teks negosiasi formal, dll.

Pengertian Teks Negosiasi

Pengertian Teks Negosiasi
Pengertian Teks Negosiasi | Sumber : 500px.com

Teks Negosiasi adalah sebuah teks yang berbentuk interaksi sosial yang terjadi dimasyarakat dan dilakukan oleh lebih dari 2 orang atau instansi dengan kepentingan yang berbeda guna untuk mencapai sebuah kesepakatan akhir bersama yang tidak menguntungkan atau merugikan satu pihak saja. Pihak-pihak yang terlibat dalam sebuah negosiasi berhak atas hasil akhir yang kurang berkenan dengan kondisi dan situasi pihaknya.

Negosiasi dilakukan apabila dalam bertinteraksi terdapat kendala dalam menyelesaikan permasalahan atau untuk menawarkan solusi yang dirasa jauh lebih baik dari solusi sebelumnya. Dalam sebuah teks negosiasi biasanya menghasilkan kesepakatan yang keuntungannya sama rata dan memprioritaskan kepentingan bersama. Jikahasil akhir masih dirasa menyudutkan salah satu pihak maka, akan dilakukan negosiasi kembali.

Struktur Teks Negosiasi

Struktur Teks Negosiasi
Struktur Teks Negosiasi | Sumber : 500px.com

Dalam sebuat teks negosiasi biasanya terdapat tiga jenis struktur negoisasi yaitu struktur negoisasi umum, struktur negoisasi jual-beli, dan struktur negoisasi pengajuan/permohonan.

Struktur negoisasi umum hanya terdiri dari tiga unsur yaitu:

• Pembukaan yang berisi ucapan sala.
• Isi yang besisikan maksud.
• Penutup yang besiikan kalimat penutup seperti salam dan cuapan terimakasih.

Berbeda dengan negoisasi jual-beli dan pengajuan/permohonan yang memeiliki beberapa unsur yang memenuhi standar negosiasi yang layak. Struktur ini dijadikan panduan ketika sesorang ingin melakukan sebuah negosiasi atau membuat teks yang mengandung nilai negosiasi.

• Orientasi

Orientasi merupakan kalimat pembuka berupa ucapan salam dan ucapan terimakasih karena telah diberi kesempatan untuk melakukan negosiasi.

• Permintaan

Permintaan disini berarti penyampain maksud dan keinginan yang ingin dinegoisasikan. Atau dalam teks negoisasi jual beli, permintaan disini berarti permintaan mengenai suatu hal, barang, jasa yang ingin dibeli.

• Pemenuhan

Pemenuhan disini dilakukan oleh pihak yang dimintai negosiasi atau dalam negosiasi jual beli, pemenuhan disini berarti kesanggupan penjual dalam memenuhi permintaan si pembeli.

• Penawaran

Penawaran merupakan klimaks negosiasi antara pihak kedua atau lebih yang besangkutan melakukan proses negosiasi.

• Persetujuan

Setelah melakukan penawaran dan mencapai hasil akhir yang disepakati, baru kemudian melakukan persetujuan bahwa hasil akhir tersebut mutlak merupakan hasil bersama dan tidak ada pihak yang dirugikan.

• Pembelian

Khusus unsur pembelian dilakukan ketika melakukan negosiasi dalam hal jual beli.

• Penutup

Berisi kalimat penutup seperti salam, permintaan maaf dan ucapan terimakasih juga.

Kaidah Teks Negosiasi

Kaidah Teks Negosiasi
Kaidah Teks Negosiasi | Sumber : 500px.com

Dalam menulis atau mengungkapkan sebuah teks atau kalimat yang mengandung nilai negosiasi tentunya ada kaidah kebahasaan yang harus diperhatikan. Kaidah ini berfungsi untuk menyempurnakan kalimat yang digunakan agar kalimat negosiasi yang disampaikan terkesan sopan dan tidak mengundang sentiment orang yang mendengarkan. Berikut kaidah bahasa yang harus digunakan dalam menyampaikan kalimat negosiasi:

• Penggunaan bahasa yang santun dan sopan serta suara yang agak direndahkan supaya terkesan bersifat rendah diri sehingga tidak memicu emosi pihak lain .

• Terkandung ungkapan persuasif (bahasa yang terkesan membujuk). Gunanya suapaya negosiasi yang dilakukan menarik dan mempengaruhi pihak lain.

• Mengandung pasangan tuturan.

• Kesepakatan akhir tidak menimbulkan kerugian kedua pihak atau semua pihak jika negosiasi dilakukan oleh lebih dari 2 pihak.

• Bersifat memenuhi aturan dan perintah atau kata lainnya bersifat terikat. Artinya kesepakatan akhir negosiasi harus dijalankan tanpa kecuali.

• Argumen yang disampaikan bertahap artinya tidak dikeluarkan dalam satu tempo waktu saja.

• Argumen yang disampaikan didasari pada fakta yang dapat membuktikan bahwa argumen tersebut benar dan dapat dipertanggung jawabkan.

• Meminta alasan dari pihak lain mengenai sebuah kesepakatan misalnya “mengapa setuju /tidak setuju dengan…..” dan “bagaimana jika…..”.

• Tidak diperkenankan menyela ketika pihak lain menyampaikan argumennya. Artinya memberikan hak sepenuhnya ketika pihak lain menyampaikan argumennya.

Dialog yang mengandung teks negosiasi biasanya sudah familiar kita dengarkan dalam kehidupan bermasyarakat. Namun kita terkadang kurang peka dalam mengidentifikasi apakah kalimat tersebut termasuk ke dalam teks negosiasi.

Agar lebih memudahkan dalam memahami bentuk, ciri serta penggunaan teks negoisasi berikut disajikan beberapa contoh teks negoisasi baik dalam hal formal, jual beli, larangan, bisnis, penyelesaian masalah, negosiasi dialog dalam lingkungan sekolah dan masyarakat.

Contoh Teks Negosiasi dalam Bentuk Narasi

Contoh Teks Negosiasi dalam Bentuk Narasi
Contoh Teks Negosiasi dalam Bentuk Narasi | Sumber : 500px.com

Berikut ini adalah contoh teks negosiasi dalam bentuk narasi. Negoisasi antara Bu Asri dengan Penjual Sayuran Keliling

Pagi itu tukang sayuran keliling yang biasa mengelilingi kompleks perumahan dimana bu Asri tinggal datang. Bu Asri yang sudah berlangganan dengan kang sayur kemudian menghampiri dan mulai mencari sayur yang diperlukan. Langsung saja bu Asri memilih sayur mayur dan lauk pauk yang diinginkan. Ketika hendak menentukan lauk yang akan dipilih antara ikan dengan ayam, bu Asri menanyakan kepada tukang sayur mengenai kualitas kedua jenis lauk mentah tersebut.

Tukang sayu tersebut mengatakan bahwa ikan yang dibawanya. Sedangkan, paha ayam yang dibawa tukang sayur tersebut baru disembelih tengah malam. Karena kualitas kesegaran ikan lebih baik daripada paha ayam maka bu Asri memilih memilih membeli ikan. Namun ia ingat bahwa anak dan suaminya memiliki alergi terhadap makanan laut maka ia putuskan untuk membeli ayam.

Setelah memutuskan membeli ayam dan bercakap-cakap tentang kualitas dan gizi yang terkandung dalam kedua jenis lauk tersebut, bu Asri menanyakan berapa harga yang ditawarkan tukang sayur tersebut. satu kilogram paha ayam dihargai Rp.50.000-, sedangkan satu kilogram ikan dihargai Rp.45.000-,. Harga satu kilogram paha ayam dirasa terlalu mahal mengingat harga paha ayam biasanya lebih murah daripada dada ayam dan kondisi ayam yang disembelih semalam membuat kualitasnya menurun.

Sedangkan ikan yang segar dipatok dengan harga dibawah harga ayam tersebut. Maka, bu Asri menawar paha ayam dengan harga Rp.35.000-, per kilogramnya. Tukang sayur tersebut menolak dengan alasan ia tidak mendapat laba jika menjual ayamnya dengan harga yang ditawar bu Asri. Kemudian tukang sayur menurunkan sedikit dari harga semula yakni Rp.45.000-,. Namun bu Asri masih merasa jika harga yang sudah diturunkan pun masih mahal jika dibandingkan dengan ikan.

Bu Asri kemudian menaikkan tawarannya menjadi Rp.40.000-,. Si tukang sayur menyetujui penawaran kedua bu Asri karena dia merasa pada hargasudah termasuk modal dan laba. Disisi lain bu Asri juga merasa harga tersebutlah yang relevan karena tingkat kualitas ayam yang melewati beberapa jam setelah penyembelihan. Setelah menyepakati harga, bu Asri membayar seluruh sayur dan ayam yang dibelinya.

Contoh Teks Negosiasi Beserta Strukturnya

Contoh Teks Negosiasi Beserta Strukturnya
Contoh Teks Negosiasi Beserta Strukturnya | Sumber : 500px.com

Berikut ini adalah contoh teks negosiasi beserta strukturnya. Disuatu pagi dihalaman parkir sekolah, seorang security sekolah menegur Adi karena melakukan pelanggaran.

(Pembukaan)

Security : Selamat pagi nak Adi

Adi : Iya pak, selamat pagi

(Isi)

Security : Adi sudah mengetahuikan aturan sekolah yang mewajibkan memakai Helm dan menggunakan kendaraan yang memiliki kaca spion lengkap?

Adi : Iya pak, mohon maaf saya tidak menggunakan Helm dan kaca spion sepeda motor saya tidak lengkap dikarena ini adalah motor kakak saya dan mototr yang biasa saya pakai dipinjamnya beserta helm saya untuk urusan mendadak tadi pagi buta. Jadi, saya terpaksa Menggunakan motor miliknya.

Security : Karena kamu melanggar salah satu aturan sekolah maka kamu harus saya bawa ke ruang BK/BP dan menjelaskan kejadiannya disana.

Adi : Tetapi pak saya hari ini ada ujian matematika pagi dan ujian IPA setelah itu. Bagaimana kalau kita damai saja pak. Lagipula saya hanya melakukan pelanggarana sekali saja.

Security : Tidak bisa nak Adi, ini sudah merupakan ketentuan sekolah. Kamu bisa menjelaskan alasanmu nanti setelah semua pelajaran selesai. Jika kamu tetap tidak mau maka, sekolah akan mengirimkan surat panggilan orang tua.

(Penutup)

Adi : Baiklah pak, nanti setelah ujian Ipa selesai saya akan melapor ke ruang BK/BP. Permisi pak, terimakasih.

Security : Iya sama-sama nak Adi.

Penjelasan Teks Deskripsi Lengkap dengan Pengertian, Struktur, dan Contoh !

Contoh Teks Negosiasi 3 Orang di Sekolah

Contoh Teks Negosiasi 3 Orang di Sekolah
Contoh Teks Negosiasi 3 Orang di Sekolah | Sumber : 500px.com

Berikut ini adalah contoh teks negosiasi 3 orang di sekolah. Siang itu disekolah, setelah pelajaran Bahasa Indonesia selesai dan waktu istirahat tiba. Dinda, Liana, dan Tika melakukan percakapan mengenai tugas Bahasa Indonesia yang diberikan bu guru.

Liana : Teman-teman bagaimana kalau kita mengerjakan tugas kelompok yang tadi nanti sore setelah pulang sekolah?

Dinda : Saya setuju, supaya tugas kita cepat selesai dan kita punya waktu untuk mengerjakan tugas yang lain.

Tika : Tapi teman-teman nanti sore saya harus menjenguk paman saya yang sedang sakit.

Dinda : Kalau begitu bagaimana kalau besok lusa sore saja, apakah kalian punya waktu luang?

Liana : Besok lusa sorenya saya harus menemani ibuku membeli kebutuhan keluarga di supermarket.

Tika : Baiklah kalau minggu pagi bagaimana teman-teman?

Dinda : Minggu pagi saya setuju karena kebetulan saya tidak mengerjakan apa-apa.

Liana : Saya juga setuju jika minggu pagi tapi jangan terlalu pagi ya. Kira-kira jam 9 pagi saya bisa.

Tika : baiklah kita berkumpul didepan gerbang sekolah dan mengerjakan tugas ditempat biasa ya.

Contoh Teks Negosiasi 3 Orang Jual Beli

Contoh Teks Negosiasi 3 Orang Jual Beli
Contoh Teks Negosiasi 3 Orang Jual Beli | Sumber : 500px.com

Berikut ini adalah contoh teks negosiasi 3 orang jual beli. Disuatu pasar tradisional kala itu seorang penjual pete menjajakan dagangannya.

Pembeli : Bu pete dagangannya tinggal tiga tangkai ya?

Penjual : Iya bu, tadi pagi habis diborong langganan.

Pembeli : Kalau begitu saya ambil semua ya bu, kebetulan saya akan memasak untuk tamu dari luar kota. Berapa total harga petenya bu?

Penjual : Saya menjual satu ikat pete dengan harga Rp.15.000-, jadi dikalikan tiga, totalnya Rp.45.000-,

Pembeli 1 : Tidak bisa dikurangi ya bu harganya. Saya tawar Rp.10.000-, per ikat karena penghabisan.

Penjual : Tidak bisa bu, saya beri harga Rp40.000-, saja semuanya.

Pembeli 2 : Bu kalau begitu biar saya saja yang membeli petenya dengan harga Rp.15.000-, per ikatnya. Saya mau dua ikat.

Penjual : Maaf bu, saya tidak bisa menjual pete ini kepada ibu karena ibu ini telah menawar kepada saya terlebih dahulu.

Pembeli 2 : Tapi saya tidak menawar harga barang ibu.

Penjual : Mohon maaf bu, tapi aturan tawar menawar memang seperti itu.

Pembeli 1 : Baiklah bu saya terima harga Rp.40.000, yang ibu berikan saya ambil semua ya.

Penjual : Terimakasih ya bu.

Pembeli 2 : Sama-sama.

Penjelasan Teks Eksplanasi Lengkap dengan Pengertian, Struktur, dan Contohnya !

Contoh Teks Negosiasi Formal

Contoh Teks Negosiasi Formal
Contoh Teks Negosiasi Formal | Sumber : 500px.com

Berikut ini adalah contoh teks negosiasi formal. Siang itu seorang pengusaha bernama pak Heri datang ke kediaman bapak Alwi.

Heri : Selamat siang bapak Alwi. Saya pak Heri seorang pengusaha dibidang Laundry.

Alwi : Selamat siang, ada apa ya pak?

Heri : Saya datang bermaksud menyewa tanah bapak yang didepan rumah untuk dibangun toko tempat usaha Laundry saya pak. Kebetulan lokasinya strategis di pinggir jalan dan dekat dengan kompleks perumahan. Saya ingin menyakan berapa harga sewa tanah bapak selama setahunnya?

Alwi : Iya pak kebetulan saya juga ingin menyewakan tanah tersebut karena membutuhkan dana untuk kuliah anak saya. Saya menawarkan harga Rp.10.000.000-, pertahunnya pak.

Heri : Saya rasa jika Rp.10.000.000-, terlalu mahal mengingat lahan bapak nampaknya tidak mencapai luas satu are.

Alwi : Kalau begitu saya sya turunkan menjadi Rp. 8.000.000-, pertahunnya.

Heri : Bagaimana kalau saya tawar Rp. 6.000.000-, saja pak. Saya juga membutuhkan modal untuk mendirikan toko sendiri. jika bapak setuju saya akan menyewa selama 5 tahun dan bapak langsung menandatangani surat kontrak.

Alwi : Baiklah pak saya setuju.

Heri : Terimaksih bapak karena telah menyetujui kontaknya.

Alwi : Ya pak Heri, sama-sama

Contoh Teks Negosiasi Lucu

Contoh Teks Negosiasi Lucu
Contoh Teks Negosiasi Lucu | Sumber : 500px.com

Berikut ini adalah contoh teks negosiasi lucu. Sore itu Didi duduk termenung dibawah pohon ditepi jalan sembari membawa kue yang baru saja dibelinya. Tiba-tiba dari Dani menghampirinya dengan mengalungkan sarung.

Dani : Didi kamu kenapa duduk dibawah pohon dengan wajah kusut begitu?.

Didi : Aku habis membeli kue dan ketika hendak pulang aku menyadari bahwa celana yang aku pakai ternyata robek.

Dani : Ha ha ha ha… kalau begitu aku akan meminjamimu sarungku tapi kau harus memberikan sebagian kuemu kepadaku.

Didi : Tapi kue ini nantinya akan kubagikan kepada adikku juga. Kalau aku membagikan padamu, berarti aku tidak akanmendapat jatah.

Dani : Kalau begitu kamu akan pulang dengan celana sobek dan akan ditertawakan sepanjang jalan.

Didi : Baiklah aku akan membagi kueku dan aku akan meminjam sarungmu.

Kemudian Didi pulang menggunakan sarung Dani bersama kue sisa yang dibagikannya kepada Dani.

Contoh Teks Negosiasi Larangan

Contoh Teks Negosiasi Larangan
Contoh Teks Negosiasi Larangan | Sumber : 500px.com

Berikut ini adalah contoh teks negosiasi larangan.

Kepala sekolah disalah satu sekolah negeri kota bandung mengumumkan bahwa mulai senin depan, seluruh murid tidak diperkenankan membawa HP. Beberapa murid terlihat tidak setuju dengan larangan tersebut dan beberapa murid sangat kecewa. Azril, yang merupakan ketua osis menyampaikan kekecewaan teman-temannya dengan alasan bahwa mereka membutuhkan HP ketika hendak menelpon ke rumah untuk dijemput jika para murid pulang sore.

Namun kepala sekolah tidak menerima alasan dalam bentuk apapun. Kemudian Azril menawarkan solusi yaitu murid diperkenankan membawa HP asal tidak memainkannya ketika sedang belajar dikelas. Akan tetapi tetap saja Kepala sekolah tidak mengizinkan. Akhirnya Azril menawarkan solusi terakhir yaitu murid boleh menggunakan fasilitas telephone sekolah apabila pulang sore dan ingin dijemput. Kepala sekolah menuruti solusi terakhir dari Azril.

Contoh Teks Negosiasi Pemecahan Konflik

Contoh Teks Negosiasi Pemecahan Konflik
Contoh Teks Negosiasi Pemecahan Konflik | Sumber : 500px.com

Berikut ini adalah contoh teks negosiasi pemecahan konflik.

Tetangga baru pak Joko yaitu pak Anwar memiliki usaha bengkel las didepan rumahnya. Sedangkan pak Joko memiliki bayi yang membutuhkan istirahat disiang hari. Suara bengkel pak Anwar menganggu tidur bayinya pak Joko.

Joko : Selamat siang pak Anwar, saya ingin menyinggung masalah suara bengkel bapak yang mengganggu tidur siang anak saya.

Anwar : Iya pak Joko, sebelumnya saya minta maaf karena usaha saya mengganggu kenyamanan bapak. Saya akan mencoba mengecilkan suara mesin saya dengan membeli mesin las terbaru dan menjual mesin lama. Kebetulan juga mesin ini sudah saatnya diganti karena sudah tidak bagus lagi. Solusi dari saya juga, bapak bisa memindahkan anak bapak keruangan yang agak jauh dari sumber suara.

Joko : Iya pak, saya juga minta maaf karena telah menegur bapak seperti ini. Iya nanti saya akan memindahkan kamar anak saya ke bagian belakang. Terimaksih pak sudah mengerti kondisi saya.

Anwar : Sama-sama pak.

Contoh Teks Negosiasi Antara Pengusaha dan Pihak Bank

Contoh Teks Negosiasi Antara Pengusaha dan Pihak Bank
Contoh Teks Negosiasi Antara Pengusaha dan Pihak Bank | Sumber : 500px.com

Berikut ini adalah contoh teks negosiasi antara pengusaha dan pihak bank.

Pegawai Bank : Selamat Siang pak, ada yang bisa saya bantu?

Pengusaha : Selamat siang, begini pak, saya ingin meminjam modal sebesar Rp.50.000.000-, untuk mengembangkan usaha saya tapi saya hanya mempunyai sepeda motor sebagai jaminannya.

Pegawai Bank : Mohon maaf bapak, pinjaman yang bapak minta terlalu besar jika hanya menjaminkan sepeda motor. Ketentuan Bank hanya memberikan maksimal Rp.20.000.000-, saja.

Pengusaha : Apa tidak bisa dilebihkan pak? Saya kan sudah menjadi nasabah Bank ini cukup lama.

Pegawai Bank : Tidak bisa bapak, ini sudah ketentuan pusat. Jika bapak ingin menambah jumlah pinjaman pastikan nilai materil barang jaminan lebih tinggi. Tapi karena kami melihat usaha bapak juga cukup lancer maka, kami menambahkan menjadi Rp.30.000.000-,. Mulai besok bapak sudah bisa mengurus persyaratannya.

Pengusaha : Baiklah bapak terimakasih atas kerjasamanya pak.

Pegawai : Baik pak, sama-sama.

Contoh Teks Negosiasi Singkat 5 Orang

Contoh Teks Negosiasi Singkat 5 Orang
Contoh Teks Negosiasi Singkat 5 Orang | Sumber : 500px.com

Berikut ini adalah contoh teks negosiasi singkat 5 orang.

Para pemuda-pemudi kampung berkumpul dalam rapat tahunan mengenai acara kemerdekaan yang akan dilaksanakan tanggal 17 Agustus nantinya.

Dita : Saya mengusulkan untuk membuat lomba masak juga biar orang tua bisa ikut berlomba.

Nana : Tapi jika membuat lomba masak akan membutuhkan dana dan peralatan yang banyak.

Aji : Benar, lomba memasak juga memiliki resiko kecelakaan yang cukup tinggi.

Dita : Kalau begitu lomba apa yang akan kita adakan supaya ibu-ibu kampung kita lebih produktif.

Danu : Bagaimana kalau lomba menghias nasi tumpeng. Kita hanya menyediakan bahan jadi yang belum dihias saja.

Firman : Iya, saya setuju dengan usulan danu. Lagi pula menghias nasi tumpeng juag lebih efisien karena setelah dihias warga juga bisa mencicip nasi tersebut.

Nana : Baiklah, saya akan membuatkan proposal kepada Kepala desa jika kalian semua setuju.

Dita : saya setuju dengan usul Danu.

Aji : Saya juga setuju. Jadi semuanya setuju dan telah sepakat ya teman-teman.

 

Nah itulah pembahasan singkat contoh teks negosiasi yang baik dan benar. Mulai dari contoh teks negosiasi dalam bentuk narasi, contoh teks negosiasi jual beli, contoh teks negosiasi di sekolah, contoh teks negosiasi pemecahan konflik, contoh teks negosiasi larangan, contoh teks negosiasi formal untuk 2 orang, 3 orang, 4 orang, 5 orang. Singkat, lengkap, padat, dan jelas.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Contoh Teks Negosiasi

1 thought on “Penjelasan Teks Negosiasi Lengkap dengan Pengertian, Struktur, dan Contohnya !

Leave a Comment