Penjelasan Teks Eksplanasi Lengkap dengan Pengertian, Struktur, dan Contohnya !

Contoh Teks Eksplanasi – Terdapat banyak jenis teks yang biasa kita baca sehari-hari salah satunya adalah teks eksplanasi. Buku bacaan seperti buku sekolah, biasanya merupakan teks eksplanasi yang kaya informasi. Bagaimana membedakan teks eksplanasi dengan teks yang lain? Berikut ini akan dijelaskan mengenai pengertian, struktur, ciri, dan berbagai contoh teks eksplanasi.

Mulai dari contoh teks eksplanasi sosial, contoh teks eksplanasi kompleks, contoh teks eksplanasi fenomena alam, contoh teks eksplanasi budaya, contoh teks eksplanasi beserta strukturnya, contoh teks eksplanasi kebakaran hutan, contoh teks eksplanasi kekeringan, dan contoh teks eksplanasi tanah longsor.

Pengertian Teks Eksplanasi

Pengertian Teks Eksplanasi
Pengertian Teks Eksplanasi | Sumber : 500px.com

Dalam ilmu bahasa Indonesia, dikenal teks eksplanasi yang merupakan teks yang berfungsi untuk menjelaskan proses terjadinya sesuatu meliputi hubungan sebab dan akibat yang mempunyai proses berkelanjutan. Teks eksplanasi membahas tentang fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Teks eksplanasi disusun untuk menjelaskan detail fenomena yang nyata terjadi dan bersifat informatif. Jadi isi teks eksplanasi sangat berbeda dengan berita. Isi teks eksplanasi bersifat fakta sehingga seringkali digunakan dalam artikel, berita, maupun essai.

Struktur Teks Eksplanasi

Struktur Teks Eksplanasi
Struktur Teks Eksplanasi | Sumber : 500px.com

Teks eksplanasi mempunyai tiga struktur umum berupa pernyataan umum, urutan sebab akibat atau dikenal sebagai deretan penjelas, dan penutup atau interpretasi. Masing-masing struktur tersebut dijelaskan sebagai berikut.

Pernyataan Umum
Pernyataan umum berisi mengenai topik atau permasalahan yang dijelaskan secara umum dan hanya garis besar. Penjelasan topik meliputi pengertian, ciri-ciri, dan alasan suatu fenomena terjadi.

Urutan Sebab Akibat atau Deretan Penjelas
Pada bagian ini, topik dijelaskan lebih datail dan mendalam menggunakan prinsip sebab akibat. Misalnya tentang mengapa suatu fenomena terjadi, apa akibat yang terjadi, mengapa terbentuk fenomena tersebut, bagaimana proses terbentuknya, dan sebagainya. Topik menjadi lebih rinci dan sarat akan informasi pada bagian deretan penjelas ini.

Penutup atau Interpretasi
Bagian yang terakhir yaitu penutup atau interpretasi. Di bagian ini pembahasan topik mulai disimpulkan sehingga didapat intisari dari permasalahan atau fenomena yang sedang dibahas. Penulis biasanya menambahkan beberapa saran bagi pembaca pada bagian interpretasi ini.

Ciri-ciri Teks Eksplanasi

Ciri-ciri Teks Eksplanasi
Ciri-ciri Teks Eksplanasi | Sumber : 500px.com

Teks eksplanasi mempunyai ciri pembeda dengan teks jenis lain. Untuk mengetahui apakah suatu teks merupakan teks eksplanasi, berikut dipaparkan beberapa ciri diantaranya.

  • Jenis kata kerja yang digunakan dalam teks eksplanasi adalah kata kerja material dan relasional. Kata kerja material seperti “berubah”, “mengalir”, dan sebagainya berfungsi untuk menunjukkan terjadinya sesuatu. Sedangkan kata kerja relasional seperti “akibat”, “kemudian”, dan sebagainya berfungsi untuk menunjukkan sebab akibat.
  • Teks eksplanasi selalu berisi informasi atau pengetahuan yang bersifat fakta atau tidak dibuat-buat.
  • Teks eksplanasi merupakan teks yang membahas hal-hal umum seperti fenomena tanah longsor, fenomena kemiskinan, kebudayaan suatu tempat, dan sebagainya.
  • Teks eksplanasi lebih banyak menggunakan bentuk kalimat pasif dengan konjungsi waktu dan kausal seperti apabila, maka, jika, kedua, lalu, dan lain sebagainya.
  • Fenomena yang dibahas bersifat informatif dan tidak dimaksudkan untuk mempengaruhi pembaca untuk mengikuti atau mempercayai sesuatu.

Setelah mengetahui pengertian, ciri-ciri, dan struktur teks eksplanasi, berikut ini beberapa contoh teks eksplanasi berdasarkan bidang yang berbeda untuk lebih memahami apa itu teks eksplanasi.

Contoh Teks Eksplanasi Sosial

Contoh Teks Eksplanasi Sosial
Contoh Teks Eksplanasi Sosial | Sumber : 500px.com

Berikut ini merupakan contoh teks eksplanasi di bidang sosial.

Pengangguran merupakan isu nasional bangsa Indonesia yang hingga kini masih dalam proses menemukan solusi yang lebih baik dan efektif. Seiring pergantian presiden, banyak sekali solusi-solusi yang sudah dilakukan seperti pengadaan pelatihan untuk masyarakat umur produktif dan menggalakan program usaha bagi daerah-daerah potensi. Namun pengangguran tetap meningkat dari tahun ke tahun.

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan adanya pengangguran seperti pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak seimbang dengan jumlah pencari kerja yang meningkat setiap tahun, kemampuan SDM yang belum memadai, jumlah PHK yang tinggi, dan sebagainya. Adanya pengangguran yang meningkat ini tentu saja memberikan dampak negatif. Dampak tersebut diantaranya adalah meningkatnya kemiskinan dan kriminalitas serta semakin menurunnya tingkat kesehatan.

Pengangguran bisa dikatakan sebagai salah satu sebab masalah-masalah lain bermunculan. Oleh karena itu harus segera ditemukan solusi pemecahan yang sesuai agar dapat meminimalisir dampak-dampak negatif di atas. Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan memperbaiki kualitas pendidikan dan meningkatkan kesadaran orang tua agar dapat mengarahkan anak-anaknya serta mendukung minat dan bakatnya. Melalui cara ini diharapkan pengangguran dapat berkurang.

Penjelasan Teks Deskripsi Lengkap dengan Pengertian, Struktur, dan Contoh !

Contoh Teks Eksplanasi Kompleks

Contoh Teks Eksplanasi Kompleks
Contoh Teks Eksplanasi Kompleks | Sumber : 500px.com

Berikut ini merupakan contoh teks eksplanasi kompleks.

Rokok terbuat dari tembakau yang digulung menggunakan kertas khusus. Rokok juga mengandung nikotin dan bahan berbahaya lain. Cara menggunakan rokok hanya dengan dibakar ujungnya lalu dihisap dari bagian pangkal. Rokok cukup diminati karena menurut perokok aktif, terdapat sensasi tersendiri saat merokok.

Bahaya rokok sudah banyak dijelaskan dan dikampanyekan agar orang-orang sadar untuk berhenti merokok. Bahkan dibalik bungkus rokok tertulis akibat-akibat merokok. Pemerintah juga sangat menghimbau untuk tidak merokok karena dapat menyebabkan penyakit jantung, keguguran, masalah pernapasan, dan bau mulut. Selain itu merokok bisa membuat orang menghindar terutama bagi yang tidak menyukai asap rokok.

Efek negatif rokok bisa jangka pendek maupun jangka panjang. Memang untuk berhenti merokok sangatlah tidak mudah karena rokok mengandung senyawa yang membuat ketagihan. Namun jika sudah memiliki niat yang kuat dan kesadaran tinggi, sebaiknya para perokok aktif ini didukung atas usahanya berhenti merokok.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam
Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam | Sumber : 500px.com

Berikut ini merupakan contoh teks eksplanasi fenomena sosial.

Di alam terdapat sebuah siklus yang menjelaskan tentang perjalanan air di muka bumi yang bernama siklus hidrologi. Dalam siklus hidrologi air terevaporasi, terkondensasi, dan mengalami presipitasi. Panas matahari akan membuat air terevaporasi menjadi gas dan mengalami transpirasi dalam bentuk uap. Kemudian perbedaan suhu atmosfer menyebabkan uap menjadi cair melalui kondensasi.

Uap air yang menjadi cair akibat kondensasi ini terus berkumpul di langit hingga pada akhirnya jatuh ke bumi akibat gaya gravitasi. Proses jatuhnya butiran air ini disebut presipitasi. Selanjutnya air yang turun ini disebut dengan hujan. Hujan akan turun dan mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah. Air juga kembali diresap oleh tumbuhan. Proses ini berlangsung secara terus menerus. Jadi dapat disimpulkan bahwa jumlah air tetap namun hanya berubah wujud.

Siklus air ini juga dimanfaatkan oleh manusia yaitu memanfaatkan uap air sebagai pembangkit tenaga listrik sehingga dapat menghemat penggunakan energi listrik dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Pemanfaatan lainnya seperti penguapan air laut untuk menghasilkan garam juga sudah banyak dilakukan terutama oleh petani garam di Madura. Air laut akan menguap karena panas matahari dan butiran garam akan tertinggal di tempat penguapan air laut.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya

Contoh Teks Eksplanasi Budaya
Contoh Teks Eksplanasi Budaya | Sumber : 500px.com

Berikut ini merupakan contoh teks eksplanasi budaya.

Indonesia memiliki beraneka ragam kebudayaan. Salah satu produk kebudayaan yang terkenal adalah wayang. Wayang bisa dijadikan pertunjukkan yang dibawakan oleh seorang dalang. Wayang pun bermacam-macam tergantung daerah setempat. Wayang Jawa dengan Bali tentu sangat berbeda. Wayang juga terkenal di wilayah Sumatra dan sekitarnya. Pada tanggal 7 November 2003, UNESCO mengakui pertunjukkan wayang sebagai produk kebudayaan yang berharga atau dikenal sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity.

Versi wayang pun ada yang berbentuk wayang golek, wayang orang (dimainkan oleh manusia), atau wayang boneka. Dalam sebuah pagelaran wayang Jawa biasanya memainkan cerita Mahabharata atau Ramayana. Awal mula wayang dibuat adalah ketika agama Hindu masuk ke Indonesia. Untuk diterima masyarakat, agama Hindu menyesuaikan dengan kebudayaan setempat sehingga dipilihlah wayang sebagai media untuk menjembatani agama Hindu dengan sosial masyarakat. Lalu ketika agama Islam masuk ke Indonesia, wayang yang dibuat dari kulit sapi. Wayang ini merupakan wujud penyesuaian agama Islam dengan masyarakat pada saat itu.

Akulturasi dan perkembangan wayang tidak berhenti di situ. Pada tahun 1960 munculah gerakan misionaris katholik untuk menyebarkan agama katholik di Indonesia. Dikembangkan wayang Wahyu dimana cerita yang diangkat wayang Wahyu bersumber dari kitab agama tersebut. Sekarang wayang menjadi hiburan masyarakat. Terkadang orang merasa tidak lengkap jika tidak menanggap pertunjukkan wayang dalam acaranya.

Filosofi dalam wayang selalu bermakna kebaikan dan mengajak untuk berbuat baik. Bahkan di setiap bagian wayang mempunyai makna tersendiri. Harapannya melalui pertunjukkan wayang, pesan-pesan kebaikan dapat tersampaikan dan mengena masyarakat. Kebudayaan wayang ini tentu harus dilestarikan sebagai media dan bahan ajar dalam sekolah-sekolah terutama.

Contoh Teks Eksplanasi Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksplanasi Beserta Strukturnya
Contoh Teks Eksplanasi Beserta Strukturnya | Sumber : 500px.com

Berikut ini merupakan contoh teks eksplanasi beserta strukturnya.

Pernyataan Umum:
Gerhana matahari merupakan fenomena alam yang langka dan menarik untuk diamati. Gerhana matahari terjadi dalam kurun waktu ratusan tahun sekali. Fenomena ini terjadi ketika posisi bulan berada tepat diantara matahari dan bumi dalam satu garis lurus sehingga cahaya matahari akan tertutup oleh bulan selama beberapa detik.

Bagian Penjelasan:
Untuk dapat melihat gerhana matahari diperlukan teropong khusus atau media yang melindungi mata. Jika fenomena ini dilihat dengan mata telanjang tentu akan membahayakan keselamatan mata bahkan bisa menimbulkan kebutaan. Hal ini disebabkan karena retina mata rusak oleh radiasi tinggi dari sinar matahari. Radiasi ini tak kasat mata dengan panjang gelombang tertentu. Mata manusia tidak dapat bertahan dengan radiasi tersebut.

Penutup:
Banyak cara yang bisa dilakukan agar tetap dapat menikmati gerhana matahari. Selain menggunakan teropong khusus gerhana matahari, ada salah satu cara cara paling ekonomis adalah menggunakan film. Film ini akan membantu melindungi mata meskipun tidak maksimal.

Contoh Teks Eksplanasi Kebakaran Hutan

Contoh Teks Eksplanasi Kebakaran Hutan
Contoh Teks Eksplanasi Kebakaran Hutan | Sumber : 500px.com

Berikut ini merupakan contoh teks eksplanasi kebakaran hutan.

Kebakaran hutan merupakan bencana alam yang kerap kali terjadi di Indonesia. Hutan merupakan habitat berbagai dan tumbuhan mengalami perubahan bentuk karena bermacam penyebab. Salah penyebab yang paling sering terjadi adalah pembakaran besar-besaran untuk menghanguskan tumbuhan asli hutan sehingga didapatkan lahan kosong yang siap ditanami tumbuhan tertentu untuk keperluan suatu industri. Kebakaran hutan sering terjadi di daerah yang intensitas panas matahari sangat tinggi.

Faktor penyebab terjadi bencana kebakaran hutan bermacam-macam. Terdapat dua faktor utama seperti faktor alam dan faktor manusia. Contoh faktor alami yaitu petir, lelehan lahar dari gunung berapi, dan gesekan antar pohon saat musim kemarau panjang. Gesekan antar ranting pohon ini dapat memicu terbentuknya api yang dapat menjalar dan membakar hutan.

Hutan-hutan yang berada di daerah sub-tropis sering mengalami kebakaran hutan jika tersambar petir. Namun kasus ini jarang terjadi karena biasanya setelah petir akan turun hujan sehingga jika terjadi api maka akan segera terpadamkan oleh air hujan. Faktor alami lainnya yaitu lelehan lahar gunung berapi. Fenomena ini biasanya terjadi di lereng gunung seperti merapi. Kebakaran dapat terjadi jika lahar yang melewati hutan masih panas.

Sebagian besar kebakaran hutan yang terjadi di Indonesia disebabkan karena faktor ulah manusia yang tidak bisa menjaga alam. Adanya unsur kesengajaan memang kerap kali di sembunyikan oleh media Indonesia. Banyak sekali industri-industri yang memerlukan lahan terpaksa membakar hutan. Kasus kebakaran hutan juga bisa disebabkan karena api unggun yang tidak benar-benar mati sebelum ditinggalkan.

Kebakaran hutan tentu menyebabkan lingkungan menjadi rusak, ekosistem hewan terancam, dan adanya korban manusia. Tidak hanya itu, kebakaran hutan juga menimbulkan polusi udara seperti yang terjadi di Riau beberapa waktu lalu. Hal ini tentu mengganggu kesehatan ekosistem dan lingkungan. Oleh karena itu kita perlu menjaga dan melestarikan hutan. Pemerintah seharusnya lebih sigap memberikan solusi agar meminimalisir terjadinya kebakaran hutan di Indonesia.

Contoh Teks Eksplanasi Kekeringan

Contoh Teks Eksplanasi Kekeringan
Contoh Teks Eksplanasi Kekeringan | Sumber : 500px.com

Berikut ini merupakan contoh teks eksplanasi kekeringan.

Kekeringan sempat melanda Indonesia beberapa waktu lalu ketika kemarau melanda. Kekeringan ini merupakan fenomena alam yang seringkali terjadi apabila curah hujan sangat rendah dan di daerah yang minim jumlah pohon dan hutan. Hal ini karena hutan dan pohon dapat bertindak sebagai penyimpan air. Jadi jika suatu daerah minim pohon, hal ini bisa berdampak pada kekeringan.

Kekeringan tentu saja menyebabkan kegiatan masyarakat terganggu seperti kegiatan mencuci, memasak, mandi, dan sebagainya. Terutama bagi industri yang membutuhkan air cukup banyak. Di beberapa daerah bahkan mempercayai mitos bahwa dengan membuat asap, maka akan mengundang hujan turun. Sebenarnya untuk berjaga-jaga akan bencana kekeringan tentu saja setiap rumah harus mempunyai tempat persediaan air. Saat kekeringan warga dianjurkan untuk menghemat penggunaan air agar cukup untuk keperluan makan dan minum.

Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor

Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor
Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor

Berikut ini merupakan contoh teks eksplanasi tanah longsor.

Tanah longsor merupakan peristiwa bencana alam akibat adanya pergerakan tanah atau masa batuan. Tanah longsong juga dikenal sebagai fenomena tanah dan bebatuan yang amblas dari ketinggian tertentu. Terdapat dua faktor yang melatarbelakangi terjadinya tanah longsor yaitu faktor pendorong dan faktor pemicu. Faktor pendorong mempengaruhi kondisi material. Sedangkan faktor pemicu merupakan penyebab material bergerak.

Tanah longsor sering terjadi di Indonesia khususnya daerah rawan longsong yang kurang ditanami pohon. Tanah longsor di Indonesia juga dipengaruhi karena adanya gempa bumi. Curah hujan yang tinggi dan ulah tangan manusia juga menjadi penyebab mengapa tanah longsor terjadi. Kita akan banyak menemukan berita tanah longsong tentunya saat musim hujan.

Setelah hujan, air di dalam tanah akan menguap. Penguapan ini menyebabkan timbulnya rongga tanah sehingga saat hujan kembali, air masuk ke dasar lereng menyebabkan gerakan lateral. Gerakan lateral inilah yang menyebabkan tanah longsor. Oleh karena itu saat hujan masyarakat harus waspada. Untuk mencegah terjadinya longsor saat hujan dapat dilakukan dengan menanam pohon karena akar pohon dapat menahan air yang masuk ke tanah.

Bencana tanah longsor menyebabkan kerugian yang tidak sedikit. Tak sedikit bencana tanah longsor yang menyebabkan kematian dan luka-luka pada masyarakat yang terkena musibah. Bahkan tidak hanya kehilangan nyawa, tanah longsor yang memiliki kecepatan rata-rata 100km/jam dapat menimbun rumah dan sawah-sawah. Kerugian materiil juga dirasakan bagi penduduk sekitar. Oleh karena itu saat musim hujan tiba, hindari tempat-tempat yang rawan longsor. Jika curah hujan cukup tinggi, mengungsilah ke tempat yang lebih aman.

Nah itulah pembahasan singkat mengenai contoh teks eksplanasi yang baik dan benar. Mulai dari contoh teks eksplanasi sosial, contoh teks eksplanasi kompleks, contoh teks eksplanasi fenomena alam, contoh teks eksplanasi budaya, contoh teks eksplanasi beserta strukturnya, contoh teks eksplanasi kebakaran hutan, contoh teks eksplanasi kekeringan, dan contoh teks eksplanasi tanah longsor.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Contoh Teks Eksplanasi

1 thought on “Penjelasan Teks Eksplanasi Lengkap dengan Pengertian, Struktur, dan Contohnya !

Leave a Comment