Penjelasan Teks Deskripsi Lengkap dengan Pengertian, Struktur, dan Contoh !

Contoh Teks Deskripsi – Teks dalam kehidupan sehari-hari tidak hanya terdiri dari satu jenis saja tetapi banyak jenis. Salah satu jenis teks yang banyak dan dapat anda temukan dalam keseharian adalah teks deskripsi. Apa yang dimaksud dengan teks deskripsi? Untuk mempelajarinya lebih lanjut, mari kita simak bahasannya dibawah ini.

Kita akan mengulas lengkap contoh teks deskripsi yang baik dan benar. Mulai dari contoh teks deskripsi tentang sekolah, contoh teks deskripsi tentang hewan, contoh teks deskripsi beserta strukturnya, contoh teks deskripsi tentang benda, contoh teks deskripsi bahasa jawa, contoh teks deskripsi tentang tempat wisata, dll.

Pengertian Teks Deskripsi

Pengertian Teks Deskripsi
Pengertian Teks Deskripsi | Sumber : 500px.com

Kata deskripsi berasal dari bahasa latin yaitu discribere yang berarti gambaran, perincian, atau pembeberan. Teks deskripsi merupakan salah satu jenis teks narasi. Teks deskripsi adalah sebuah teks yang sebuah karangan yang mempunyai ide utama atau gagasan utamanya menggambarkan secara jelas tentang sebuah objek, kejadian, tempat, atau berbagai hal sebagai topik bahasan.

Menurut pengertian para ahli, Keraf tahun 1995, menyatakan bahwa Deskripsi juga bisa adalah suatu wacana yang berusaha menyajikan suatu hal atau objek pembicaraan yang seakan-akan para pembaca melihat sendiri objek tersebut seolah-olah berada di depan mata para pembaca.

Tujuan dari teks deskripsi adalah membuat pembaca merasakan citra atau kesan seperti dengan perasaan, pengamatan, dan pengalaman penulis. Menimbulkan kesan seolah pembaca tersebut yang mengalami, melihat, dan merasakan objek bahasan. Untuk mendukung kesan, penulis biasanya memberikan detail deskripsi serta fakta tentang objek.

Struktur Teks Deskripsi

Struktur Teks Deskripsi
Struktur Teks Deskripsi | Sumber : 500px.com

Setiap tulisan memiliki struktur agar runtut dan teratur termasuk juga teks deskripsi. Teks deskripsi terdiri dari tiga bagian yaitu identifikasi, klarifikasi, dan deskripsi.

1. Identifikasi

Dalam identifikasi diberikan identitas tentang objek yang dibahas. Dapat memberikan informasi general terhadap objek.

2. Klarifikasi

Penyusunan bahasan objek berdasarkan sistem dalam kelompok menurut kaidah atau standar yang telah ditetapkan. Mengarahkan objek pada suatu klasifikasi agar lebih detail dan rinci.

3. Deskripsi

Bagian ini menggambarkan dan memberikan penjelasan tentang objek bahasan. Dapat tahapan deskripsi juga masih terdapat beberapa jenis deskripsi.

  • Deskripsi Subjektif
    Pendeskripsian objek pada deskripsi subjektif adalah berdasarkan kesan yang didapat penulis atas objek tersebut. Melalui subjektifitas penulis.
  • Deskripsi Spatial
    Deskripsi spatial mengarah pada deskripsi ruang dari objek. Tidak hanya ruang gerak dan tempat, namun juga ruang waktu.
  • Deskripsi Objektif
    Deskripsi objektif adalah mendeskripsikan objek sesuatu dengan keadaan saat penulis tersebut ingin mendeskripsikan atau dengan keadaan yang apa adanya. Tidak ada penambahan opini personal dari penulis.

Perbedaan Teks Laporan dan Teks Deskripsi

Perbedaan Teks Laporan dan Teks Deskripsi
Perbedaan Teks Laporan dan Teks Deskripsi | Sumber : 500px.com

Berdasarkan pengertiannya deskripsi hampir mirip dengan teks laporan. Dikarenakan kedua teks ini sama-sama mempunyai tujuan untuk menjelaskan tentang keadaan yang ada saat itu. Namun sebenarnya teks deskripsi dan teks laporan adalah dua hal yang berbeda. Berikut adalah perbedaan dari teks laporan dan teks deskripsi:

Teks Laporan

1. Bersifat universal. Menyatakan kejadian atau objek secara general atau umum. Tidak memberikan informasi mendalam yang akan merujuk kepada suatu spesialisasi.
2. Penjelasan benda bersifat mengelompokkan. Dari general ke kelompok besar. Namun tidak spesifik.
3. Memiliki alur yang berjenjang antar klarifikasi.
4. Memiliki struktur pernyataan umumnya atau klasifikasi berada di awal paragraf dan pada tiap paragrafnya berisi aspek-aspek yang dilaporkan.
5. Tidak ada unsur propaganda dalam penulisan laporan tidak ada unsur subjektifitas.

Teks Deskripsi

1. Bersifat unik dan individual. Membahas sebuah objek secara detail dan mengungkap identitas individu objek tersebut.
2. Bersifat spesifik dan mendetail. Biasanya deskripsi bersifat mengikat pada suatu waktu, tempat, dan keadaan tertentu.
3. Memiliki alur terikat pada seluruh bagian teks.
4. Memiliki struktur identifikasi, klarifisikasi, dan deskripsi.
5. Dapat terdapat propaganda dan terdapat opini atau subjektifitas dari penulis dalam memaparkan objek.

Contoh Teks Deskripsi Beserta Strukturnya

Contoh Teks Deskripsi Beserta Strukturnya
Contoh Teks Deskripsi Beserta Strukturnya | Sumber : 500px.com

Identifikasi
Anjing merupakan sahabat terbaik manusia. Ia adalah seorang hewan peliharaan yang dinilai paling setia kepada tuannya. Namun tidak sedikit anjing yang diterlantarkan begitu saja oleh tuannya. Mengakibatkan banyaknya anjing yang terlantar di jalanan.

Klarifikasi
Beberapa hari yang lalu, aku mengadopsi seekor anjing. Anjing tersebut aku temukan pada sebuah gang di jalan menuju ke sekolah saat aku berjalan menuju rumah.

Deskripsi
Anjing tersebut adalah sebuah anjing tipe Labrador Retriever yang berusia cukup muda. Anjing tersebut memiliki warna coklat dengan aksen putih pada bagian bawah tubuhnya. Terdapat tompel dibagian mata anjing tersebut. Ia terlihat kurus dan kotor pada saat aku menemukannya.

Penjelasan Teks Eksposisi Lengkap dengan Pengertian, Struktur, dan Contohnya !

Contoh Teks Deskripsi tentang Hewan

Contoh Teks Deskripsi tentang Hewan
Contoh Teks Deskripsi tentang Hewan | Sumber : 500px.com

Nino adalah nama kucingku yang baru. Nino adalah kucing kampung yang aku temukan di depan rumah kemarin saat akan berangkat sekolah. Bulu Nino coklat dengan bercak putih disekujur tubuhnya. Ia masih berumur lima bulan, ia aku temukan di depan rumahku dengan tubuh kotor dan kelaparan. Saat itu juga aku langsung mengadopsinya.

Setelah seminggu aku merawatnya, kini ia menjadi kucing yang sehat dan periang. Ia ternyata adalah kucing yang suka sekali bermain dan berjalan-jalan. Pagi hari ia akan pergi dari rumah dan sore hari ia baru akan kembali. Meskipun begitu setiap aku pulang sekolah ia akan mampir ke rumah sebentar menunggu ku kembali, meminta makan lalu kembali pergi bermain.

Nino sangatlah mengemaskan. Ia menjadi kucing kesayanganku yang selalu menemani hari-hariku dengan tingkahnya yang lucunya. Ia juga selalu mengerti jika aku sedang sedih. Jika ia tahu aku sedih, ia akan bertingkah lucu untuk membuat diriku tersenyum kembali dan kembali meladeninya bermain.

Contoh Teks Deskripsi tentang Sekolah

Contoh Teks Deskripsi tentang Sekolah
Contoh Teks Deskripsi tentang Sekolah | Sumber : 500px.com

SMA Negeri dua adalah salah satu sekolah terbaik di kota A. Dengan predikat sekolah yang mampu menghasilkan murid-murid berkualitas membuat SMA Negeri dua menjadi salah satu sekolah yang calon siswa-siswi baru. Predikat terbaik ini didapatkan melalui indeks output dan input prestasi sekolah. Tahun lalu, SMA Negeri dua menjadi sekolah dengan input nomor tiga dan output nomor tiga untuk Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan nomor satu untuk Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Tidak hanya secara indeks prestasi SMA Negeri dua mendapat indeks prestasi. Dari segi lingkungan dan fasilitas SMA Negeri dua juga menduduki peringkat atas. Terletak di jalan deango nomor 03, SMA Negeri dua mudah diakses bagi seluruh masyarakat karena letaknya yang tidak berada di pusat kota namun juga tidak berada di lingkungan yang jauh dari kota. Letaknya masuk di dalam sebuah jalan membuat suasana di sekitar sekolah tidak bising dan mendukung terjadinya proses belajar mengajar yang baik untuk para siswa.

Dengan luas SMA Negeri dua yang hampir satu hektar dengan joglo dan lima bangunan utama membuat para murid betah dengan sekolah yang cukup luas. Memberikan keleluasaan bagi para murid untuk menikmati lingkungan sekolah. Tidak hanya bangunan yang luas, SMA Negeri dua juga memiliki fasilitas yang lengkap. Mulai dari perpustakaan, kantin, lapangan basket, lapangan voli, lapangan sepak bola, masjid, laboratorium kimia, fisika, dan bahasa yang memberikan dorongan fisik dan fasilitas terbaik agar para siswa dapat mengeksplorasi ilmu yang ia dapatkan di sekolah.

Contoh Teks Deskripsi tentang Tempat Wisata

Contoh Teks Deskripsi tentang Tempat Wisata
Contoh Teks Deskripsi tentang Tempat Wisata | Sumber : 500px.com

Malioboro merupakan icon utama wisata Yogyakarta. Malioboro adalah sebuah jalan di pusat kota Yogyakarta. Walaupun hanya sebuah jalan Malioboro mempunyai banyak makna dan daya tarik yang membuat sepanjang pinggir jalan Malioboro menjadi destinasi wisata pilihan para turis lokal ataupun mancanegara.

Malioboro merupakan jalan utama menuju berbagai destinasi wisata di Yogyakarta. Yaitu adalah Keraton Yogyakarta, Titik nol, dan Pasar Beringharjo. Jalan Malioboro cukup besar, ia dapat dilewati oleh dua mobil dan beberapa motor secara bersamaan. Pada pinggir jalan Malioboro terdapat berbagai pertokoan tua, mall, hotel, dan beberapa kantor kedinasan.

Sebagai salah satu destinasi wisata, pinggiran jalan Malioboro dibuat cukup lebar untuk para pejalan kaki. Terdapat berbagai fasilitas seperti bangku, halte bus, dan tempat persinggahan bagi para pejalan kaki untuk sekedar duduk menikmati suasana kota Yogyakarta. Selain itu banyak pedagang kaki lima yang menjual cinderamata khas Yogyakarta dan juga berbagai macam kuliner untuk dinikmati para wisatawan.

Malioboro menjual suasana lama kota Yogyakarta. Dengan berbagai bangunan lama yang belum banyak dirombak membuat para wisatawan merasa kan kesan Yogyakarta sebagai kota tua yang sarat akan budaya. Tidak hanya itu, berbagai objek foto dan penampilan seni juga tersedia pada sudut-sudut jalan. Memberikan hiburan dan spot terbaik untuk mencari suasana.

Penjelasan Teks Prosedur Lengkap dengan Pengertian, Struktur, dan Contohnya !

Contoh Teks Deskripsi tentang Benda

Contoh Teks Deskripsi tentang Benda
Contoh Teks Deskripsi tentang Benda | Sumber : 500px.com

Sebagai seorang mahasiswa, kopi menjadi salah satu minuman yang tidak akan absen dari kehidupan sehari-hari. Akibat tugas yang menggunung dan aktifitas yang padat membuat banyak mahasiswa membutuhkan kopi untuk menemani malam-malamnya mengerjakan tugas atau sekedar menjadi pengisi energi.

Salah satu kopi favorit saya adalah kopi dengan rasa irish yang dijual di salah satu kedai kopi di kota kelahiran saya ini. Kedai kopi tersebut tidak terlalu besar tapi memiliki cita rasa kopi yang nikmat. Irish kopi memiliki rasa yang unik. Dengan rasa manis di awal dan pahit di akhir membuat saya cukup kecanduan untuk mengkonsumsinya sebagai salah satu teman untuk mengerjakan tugas. Kopi ini memiliki dua versi. Versi dengan iced dan hot. Saya biasanya membeli versi iced dengan ukuran medium. Dengan kopi ini cukup membuat saya memiliki energi untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah.

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa
Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa | Sumber : 500px.com

Indonesia memiliki berjuta bahasa daerah yang unik. Hampir disetiap daerah memiliki bahasa tersendiri. Termasuk juga Yogyakarta. Sebagai salah satu kota budaya Yogyakarta memiliki bahasa daerah yaitu Bahasa Jawa. Bahasa jawa sebenarnya juga dimiliki oleh daerah lain, namun Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang penduduknya masih sering menggunakan bahasa jawa.

Bahasa jawa adalah bahasa yang cukup sulit karena memiliki tiga tingkatan dalam bahasanya. Yaitu adalah ngoko (kasar), Krama, dan Krama alus. Ngoko merupakan bahasa yang paling kasar, digunakan kepada orang yang memilki kedudukan sama dan umur yang sama. Krama digunakan untuk orang yang lebih tua atau orang yang memiliki kedudukan lebih tinggi.

Krama alus juga begitu, namun biasanya tingkatan ini digunakan kepada raja atau kepada orang yang cukup ‘sepuh’. Saat ini penggunaan bahasa jawa masihlah kental terutama di wilayah Keraton Yogyakarta. Masyarakat Yogyakarta sendiri juga menggunakan bahasa jawa namun kebanyakan menggunakan pada tingkatan ‘ngoko’.
Contoh Teks Deskripsi tentang Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan salah satu destinasi wisata internasional yang terletak di daerah Magelang, Jawa Tengah. Hal ini dikarenakan bahwa Candi Borubudur termasuk dalam tujuh keajaiban di dunia dan merupakan tempat suci bagi umat budha. Hal ini menjadikan Borobudur destinasi wisata yang banyak dikunjungi baik wisatawan lokal maupun manca negara.

Contoh Teks Deskripsi Orang

Contoh Teks Deskripsi Orang
Contoh Teks Deskripsi Orang | Sumber : 500px.com

Memasuki jenjang perkuliahan aku bertemu dengan seorang teman baru. Ia adalah perempuan yang unik. Dengan pembawaan yang riang dan sikap yang lucu ia dengan mudah berteman dengan seluruh teman dijurusanku. Termasuk juga denganku. Kami sangat cocok dalam hal candaan. Kami memiliki selera humor yang hampir sama. Jika kami bertemu, kami pasti akan selalu tertawa.

Shafira, bisa kalian sebut begitu, adalah seorang anak yang berasal dari Temanggung. Seorang perempuan yang dapat membuat berbagai temanku tertawa dengan segala sikapnya. Penghibur dan pemeriah disetiap suasana kelas.

Penjelasan Teks Anekdot Lengkap dengan Pengertian, Struktur, dan Contohnya !

Contoh Teks Deskripsi Singkat tentang Artis

Contoh Teks Deskripsi Singkat tentang Artis
Contoh Teks Deskripsi Singkat tentang Artis | Sumber : 500px.com

Di tengah gelombang kpop yang melanda hampir banyak muda-mudi Indonesia, saya pun ikut terbawa arus. Saya mempunyai salah satu artis favorit di Korea Selatan. Ia bernama Kang Daniel. Ia adalah artis yang berhasil debut dalam sebuah survival show di Korea untuk menjadi sebuah boy group.

Kang Daniel menjadi peringkat satu dalam acara tersebut akibat pesona dan wajahnya yang dapat memikat wanita dengan berbagai usia. Selain itu Kang Daniel yang menempati posisi dance dan rap juga memiliki proporsi tubuh yang luar biasa. Dengan wajah, kemampuan, dan pesona yang mumpuni ia berhasil menarik banyak perhatian dan keluar menjadi salah satu pria paling populer di Korea Selatan saat ini.

Contoh Teks Deskripsi Alam

Contoh Teks Deskripsi Alam
Contoh Teks Deskripsi Alam | Sumber : 500px.com

Saat ini banyak desa di Indonesia yang telah kehilangan nuansa perdesaanya. Namun tidak begitu dengan desa tempatku di lahirkan. Desa Y, masih memiliki hamparan sawah luas membentang yang menyejukkan mata. Desa kelahiranku adalah sebuah desa wisata sehingga kelestarian alamnya masih sangat dijaga.

Selain bentang sawah yang masih hijau, terdapat sungai yang mengalir deras. Membuat mata air dan kolam pribadi bagi anak-anak desa untuk bermain bersama. Selain untuk fasilitas masyarakat desa, sungai tersebut juga digunakan sebagai salah satu destinasi wisata desaku. Sehingga lingkungan sekitar sungai selalu dijaga dengan baik.

Contoh Teks Deskripsi yang Menggambarkan Suasana

Contoh Teks Deskripsi yang Menggambarkan Suasana
Contoh Teks Deskripsi yang Menggambarkan Suasana | Sumber : 500px.com

Yogyakarta mengalami duka yang cukup mendalam. Pada 2006 silam, gempa melanda kota Yogyakarta. Jerit ketakutan menggema di seluruh jalanan Yogyakarta yang diguncang. Orang-orang berhamburan keluar menyelamatkan diri dari reruntuhan. Sebagian kota masihlah cukup utuh, hanya beberapa bangunan retak dan jatuh.

Di sisi lain kota, bangunan rubuh total. Mayat bergelimpangan dengan bau busuk yang menusuk indra penciuman.
Tangis keluarga yang ditinggalkan mangalun pilu. Diiringi sirine ambulan yang berusaha menyelamatkan korban yang ada. Semuanya bersatu, membantu mencari korban-korban di bawah timbunan material.

Contoh Teks Deskripsi yang Baik dan Benar

Contoh Teks Deskripsi yang Baik dan Benar
Contoh Teks Deskripsi yang Baik dan Benar | Sumber : 500px.com

Coffe shop dalam beberapa tahun belakangan ini meraih kepopuleran yang luar biasa terutama di Kota Yogyakarta. Keberadaan coffee shop seolah menjamur. Hampir disetiap jalanan anda akan dapat menemui tempat yang menjajakan kopi.

Di tengah banyaknya bermunculan coffee shop di Kota Yogyakarta, ada satu tempat favorit saya untuk sekedar mampir membeli secangkir kopi. Coffee shop dengan nama “Couvii”. Bukanlah sebuah coffee shop besar yang menyuguhkan keindahan tempat, tapi sebuah kedai yang menyediakan kopi dengan cita rasa yang menurut saya cukup nikmat.

Terletak di pusat kota, bangunan Couvii tidaklah terlalu besar. Hal ini dikarenakan pada konsep awalnya Couvii dirancang untuk one stop coffee shop yang berspesialisasi take away. Meskipun begitu saat ini telah dilakukan pengembangan sehingga pada salah satu cabang couvii di Yogyakarta, kedai tersebut menyediakan tempat duduk bagi para pelanggannya yang ingin duduk bersantai menikmati kopi yang ada.

Nah itulah pembahasan singkat seputar contoh teks deskripsi yang baik dan benar. Mulai dari contoh teks deskripsi tentang sekolah, contoh teks deskripsi tentang hewan, contoh teks deskripsi beserta strukturnya, contoh teks deskripsi tentang benda, contoh teks deskripsi bahasa jawa, contoh teks deskripsi tentang tempat wisata, dll.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Contoh Teks Deskripsi

2 thoughts on “Penjelasan Teks Deskripsi Lengkap dengan Pengertian, Struktur, dan Contoh !

Leave a Comment