Contoh Pendahuluan untuk Makalah, Laporan, Proposal, dan Skripsi Terlengkap !

Contoh Pendahuluan – Membuat sebuah laporan, makalah maupun karya tulis ilmiah diawali dengan pendahuluan. Pada bagian ini, penulis akan memaparkan secara ringkas dan padat tentang tujuan dan topik yang akan dibahas. Pembaca juga akan menemukan apa dan mengapa penelitian dilakukan oleh sang penulis. Secara garis besar, pendahuluan bisa dikatakan sebagai bagian paling inti dan krusial pada makalah.

Banyak penulis, terutama siswa dan mahasiswa yang keliru memahami apa itu pendahuluan. Kebanyakan orang menganggap pendahuluan sama halnya dengan kata pengantara pada sebuah buku. Padahal tidak demikian karena pendahuluan tidak sedikitpun menyinggung soal kehidupan penulis. Bagian pendahuluan benar-benar menjelaskan inti dari penelitian maupun makalah tersebut.

Berikut ini adalah contoh pendahuluan yang baik dan benar. Mulai dari contoh pendahuluan makalah, contoh pendahuluan proposal, contoh pendahuluan laporan, contoh pendahuluan skripsi, contoh pendahuluan karangan, contoh pendahuluan karya ilmiah, contoh pendahuluan laporan pkl, contoh pendahuluan artikel, pidato, jurnal, dll.

Contoh Pendahuluan Laporan PKL

Contoh Pendahuluan Laporan PKL
Contoh Pendahuluan Laporan PKL | Sumber : 500px.com

Contoh Pendahuluan Laporan PKL

Pada bagian ini, penulis berusaha menjelaskan bagaimana dan apa tujuan diadakannya PKL. Mengapa PKL menjadi penting dan apa saja manfaat yang dirasakan oleh siswa/i usai melaksanakannya. Semua itu harus dirangkum secara jelas sebagai gambaran para pembaca saat pertama kali membukanya. Pendahuluan berisi latar belakang, rumusan masalah dan tujuan.

Praktek kerja lapangan adalah program pendidikan yang dikhususkan bagi siswa atau siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Program ini bertujuan menempa ilmu yang didapat oleh para siswa dan siswi di sekolah pada perusahaan. Sekolah secara sistematis menjalin kerjasama dengan perusahaan yang dapat mengasah kemampuan dan ilmu pengetahuan para siswa dan siswi.

Dengan bekerja langsung pada perusahaan, siswa dan siswi diharapkan menjadi tenaga profesional. Usai menempuh pendidikan formal, setidaknya mereka sudah memiliki bekal untuk terjun langsung di dunia kerja. Hal ini tentu saja menjadi poin plus tersendiri bagi lulusan SMK yang ingin langsung mengabdi. Pasalnya untuk lulusan SMA seringkali mengalami hambatan pada kemampuan atau skill.

Siswa dan siswi SMA tidak dibekali kemampuan khusus layaknya siswa dan siswi SMK. Mereka sekedar belajar teori di kelas dari para guru yang mengabdi. Sedangkan siswa dan siswi SMK memiliki kesempatan terjun langsung untuk belajar bagaimana dunia kerja secara langsung. Selama bebarapa waktu, mereka akan mendapatkan pengalaman yang sangat berharga.

Setidaknya siswa dan siswi SMK memperoleh kiat, ilmu dan teknik yang lebih mumpuni. Ilmu pengetahuan seyogyanya tidak hanya diperoleh dari dunia pendidikan formal. Tetapi siswa dan siswi bisa mendapatkannya dari manapun, termasuk selama PKL. Untuk kiat sendiri, mereka baru bisa merasakan dan menemukannya tatkala terjun di dunia kerja profesional itu sendiri.

Cara Membuat Latar Belakang yang Baik dan Benar, Lengkap dengan Contohnya !

Contoh Pendahuluan Laporan Kunjungan Industri

Contoh Pendahuluan Laporan Kunjungan Industri
Contoh Pendahuluan Laporan Kunjungan Industri | Sumber : 500px.com

Contoh Pendahuluan Laporan Kunjungan Industri

Tak jauh berbeda dari laporan PKL, pendahuluan pada kunjungan industri juga menjawab pertanyaan 5W + 1H. Penulis harus dengan gamblang menunjukkan dan menjelaskan apa saja yang dilakukan selama kunjungan industri berlangsung. Perusahaan seyogyanya memberi pemahaman mendasar dan wawasan luas tentang dunia industri, terutama sepak terjang perusahaan itu sendiri.

Sebagai contoh, berikut pembukaan pada pendahuluan laporan kunjungan industri:
Tingginya daya beli masyarakat dan tersedianya lahan menjadi alasan tersendiri bagi perusahaan kelas dunia untuk berinvestasi di Indonesia. Beberapa perusahaan sengaja membangun pabrik mereka di Indonesia untuk memenuhi permintaan pasar yang kian hari kian bertambah. Salah satunya adalah Unilever, perusahaan asal Belanda yang membawahi beberapa perusahaan.

Unilever dikenal sebagai perusahaan yang memproduksi produk-produk rumahtangga, seperti sabun, shampo, makanan, dan minuman. Beberapa brand yang dikenal yaitu Dove, Rinso dan Sunsilk. Produk-produk ini merajai pasar lokal maupun internasional dan termasuk produk paling laris di pasaran. Di Indonesia sendiri, masyarakat mengandalkan kebutuhan sehari-hari pada brand tersebut.

Untuk memahami lebih jelas sepak terjang Unilever di perdagangan internasional, kunjungan industripun diadakan. Kegiatan ini bertujuan mengajak mahasiswa/i untuk mengenal lebih dekat dan mengulik tentang dunia industri secara langsung. Ini juga merupakan bentuk tuntunan dari kurikulum yang berlaku dan diharapkan mahasiswa/i dapat memperluas ilmu pengetahuan.

Contoh Pendahuluan Study Tour

Contoh Pendahuluan Study Tour
Contoh Pendahuluan Study Tour | Sumber : 500px.com

Contoh Pendahuluan Study Tour

Usai melakukan study tour tentu ada laporan yang harus diselesaikan oleh para siswa/i. Laporan ini sebagai bentuk pertanggungjawaban siswa/i saat berkegiatan selama study tour. Sejauh mana mereka menangkap penjelasan guru dan guide yang menuntut perjalanan di beberapa tempat wisata. Umumnya, study tour dilakukan di beberapa kota besar yang memiliki peninggalan sejarah.

Hal tersebut bertujuan untuk memberi pengetahuan tambahan pada para siswa/i selain apa yang tertulis pada buku teks. Siswa/i dapat belajar langsung sejauh apa peninggalan sejarah tersebut memberi dampak pada kehidupan manusia. Selain study tour ke tempat bersejarah, biasanya murid diajak study tour langsung ke perusahaan atau industri kreatif, seperti televisi.

Karya wisata disusun secara perseorangan maupun kelompok tergantung pada arahan sang guru. Melalui penulisan laporan, guru bisa menilai dan mengetahui pengalaman anak usai berkegiatan. Laporan ini dapat pula menjadi bahan acuan dan pertimbangan untuk pengadaan study tour selanjutnya. Pihak sekolah dapat menangkap apa saja kekurangan yang harus dibenahi.

Kumpulan Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Hewan, Tumbuhan, dan Ilmiah

Contoh Pendahuluan Makalah Agama

Contoh Pendahuluan Makalah Agama
Contoh Pendahuluan Makalah Agama | Sumber : 500px.com

Contoh Pendahuluan Makalah Agama

Pendahuluan menjadi bagian terpenting dari penyusunan sebuah makalah. Bagian ini bisa dibilang adalah ujung tombak bagi kesuksesan makalah itu sendiri. Pada bagian ini, pembaca dapat menilai kemampuan penulis dalam menguasai pokok bahasan yang akan diuraikan. Sejauh mana penulis melakukan penelitian atau research untuk mengupas tuntas bahasan yang akan disampaikan.

Sebagai contoh, berikut kata pendahuluan yang pas untuk makalah agama:
Keberadaan agama tidak dapat terlepas dari peradaban itu sendiri. Sejak zaman nenek moyang, manusia sebenarnya sudah mengenal agama. Hanya saja mereka mempercayakan keyakinan mereka pada sesuatu selain Tuhan. Aliran agama seperti ini lebih dikenal dengan animisme dan masih bertahan.

Di beberapa wilayah, animisme masih dipegang kuat sebagai agama turun-temurun. Bahkan ada banyak ritual yang dilakukan sebagai bentuk peribadatan pada sang leluhur. Di Indonesia sendiri, ada lima agama yang diakui oleh negara, yakni Islam, Katolik, Kristen, Budha dan Hindu. Mayoritas penduduk Indonesia sendiri menganut agama Islam dengan tingkat toleransi yang tinggi.

Kehidupan manusia memang tidak terlepas dari agama. Agama bukan hanya menjadi kepercayaan, tetapi tuntutan hidup untuk manusia. Manusia pun meyakini bahwa kehidupan mereka tidak akan terkontrol tanpa andil dari agama. Dapat dikatakan agama merupakan sebuah pegangan hidup yang tak bisa digantikan oleh apa pun, termasuk harta dan tahta itu sendiri.

Contoh Pendahuluan Makalah PKN

Contoh Pendahuluan Makalah PKN
Contoh Pendahuluan Makalah PKN | Sumber : 500px.com

Contoh Pendahuluan Makalah PKN

Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) menjadi salah satu mata pelajaran wajib di sekolah. Mata pelajaran ini mengajarkan para siswa/i untuk lebih mencintai tanah air dengan segala aturan yang berlaku. Lewat PKN pula siswa/i diajarkan bagaimana bersikap sebagai warga negara yang baik dan taat akan hukum. Secara tidak langsung, siswa/i diajarkan untuk mengenal seluk-beluk Indonesia.

Sebagai bagian dari masyarakat, seharusnya warga negara harus ikut serta dalam program bela negara. Setiap warga negara berkewajiban melindungi negara dari berbagai bentuk tantangan, ancaman, dan gangguan. Apalagi ancaman yang berpotensi memecah belah kesatuan NKRI dan ketertiban umum. Sudah sepatutnya NKRI menjadi harga mati yang harus dipertahankan.

NKRI terbentuk atas jerih payah dan pengorbanan para pahlawan yang rela berjuang hingga titik darah penghabisan. Hal tersebut seyogyanya menjadi pengingat abadi untuk masyarakat agar tetap mempertahankan keutuhan NKRI. Tak ada alasan apapun yang dapat membahayakan persatuan dan kesatuan, termasuk isu-isu seputar ras, agama, suku, dan antar golongan.

Kepentingan umum harus diutamakan daripada kepentingan pribadi maupun golongan. Tujuannya agar tak terjadi kekisruhan yang berujung pada peperangan antar etnis. Kejadian serupa seringkali terjadi di beberapa daerah dengan masalah yang cukup sepele. Supaya tidak terjadi lagi di kemudian hari, setiap warga negara harus sadar bahwa kedamaian dan ketentraman menjadi nomor satu.

Kumpulan Contoh Naskah Drama Terbaik Tentang Persahabatan dan Percintaan

Contoh Pendahuluan Proposal Kegiatan

Contoh Pendahuluan Proposal Kegiatan
Contoh Pendahuluan Proposal Kegiatan

Contoh Pendahuluan Proposal Kegiatan

Proposal adalah sebuah rencana kegiatan yang diajukan lengkap dengan jadwal dan bentuk kegiatan yang dilakukan. Sebuah proposal harus menjelaskan secara detail apa saja yang ingin dilakukan dan kapan waktu penyelenggaraannya. Penulisan secara lengkap ini bukan tanpa alasan, melainkan untuk mempermudah pihak terkait guna memahami rancangan kegiatan tersebut.

Pembuatan proposal dapat bertujuan sebagai permohonan izin untuk mempergunakan sebuah tempat. Tetapi adapula proposal yang memang dibuat untuk mengajukan sponsor kepada beberapa perusahaan atau orang-orang tertentu. Umumnya, proposal diajukan oleh badan OSIS atau organisasi kampus yang ingin menghelat suatu acara dalam lingkup sekolah maupun univeritas.

Secara sederhana, proposal memiliki sifat persuasif atau mempengaruhi dengan cara halus. Biasanya hal ini terlihat secara gambang pada rencana kegiatan tertulis yang diajukan. Beragama ide maupun gagasan diajukan untuk bisa dipertimbangkan oleh pemberi izin dan sponsor. Pihak sponsor akan menentukan apakah kegiatan tersebut dapat diteruskan atau tidak.

Dalam membuat proposal, usahakan Anda benar-benar memperhatikan kemurnian ide dan manfaat yang dapat dicapai. Pasalnya, ada begitu banyak proposal kegiatan yang berujung naas hanya karena kurang detailnya penjelasan penulis. Terlebih saat merinci kisaran biaya yang akan diperlukan, sebaiknya lakukan riset sebelum Anda mencantumkan angka pada kolom tersebut.

Contoh Pendahuluan Proposal Usaha Makanan

Contoh Pendahuluan Proposal Usaha Makanan
Contoh Pendahuluan Proposal Usaha Makanan | Sumber : 500px.com

Contoh Pendahuluan Proposal Usaha Makanan

Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Dengan ribuan suku dan adat istiadat, ada ribuan ragam kuliner yang terlahir didalamnya. Setiap suku memiliki kuliner khasnya masing-masing yang sangat sayang untuk dilewatkan. Sayangnya, masih banyak orang yang sulit menjangkau suatu tempat untuk mencicipi ragam kuliner tersebut.

Selain jauhnya jarak tempuh suatu tempat, waktu juga menjadi kendala lainnya. Setiap orang memiliki kesibukan yang menyulitkan mereka menjajal ragam kuliner khas nusantara. Untuk menjembatani hal tersebut, maka lahirlah ide mendirikan bisnis kuliner masakan khas nusantara. Semua makanan yang tersaji benar-benar mengangkat resep asli Indonesia turun-temurun.

Kalimat diatas bisa menjadi kalimat pembuka pada bagian pendahuluan proposal Anda. Proposal usaha makanan dapat dibilang gampang-gampang sulit menggaet calon investor. Mengingat ada begitu banyak bisnis kuliner yang mulai menjamur di sentero nusantara. Bukan hanya makanan asli nusantara saja, namun banyak pula kuliner dari berbagai negara yang gampang dijumpai.

Anda harus membuat proposal yang diajukan benar-benar terkesan menarik dan menawarkan ide yang segar. Artinya, bisnis kuliner yang hendak dibangun memiliki prospek bisnis yang jelas dan pangsa pasar yang menjanjikan. Jangan lupa pula untuk mempertimbangkan pemilihan tempat serta modal awal dalam perincian biaya, supaya sponsor tahu kemana dana mereka mengalir.

Contoh Pendahuluan Skripsi Pendidikan

Contoh Pendahuluan Skripsi Pendidikan
Contoh Pendahuluan Skripsi Pendidikan | Sumber : 500px.com

Contoh Pendahuluan Skripsi Pendidikan

Penulisan skripsi menjadi hal wajib yang harus dilalui oleh para mahasiswa/i sebagai syarat kelulusan. Sama halnya dengan TA (Tugas Akhir), skripsi memiliki bobot yang tak kalah penting. Dapat dibilang skripsi merangkum semua ilmu yang telah didapatkan selama masa perkuliahan. Ilmu tersebut diringkas dan diaplikasikan pada skripsi serta disesuaikan dengan jurusan ditempuh.

Sebagai salah satu bagian akademik, skripsi tentu harus bebas dari plagiatisme atau copy paste. Setiap kata yang tertulis harus benar-benar original dari pemikiran sang penulis. Jika ingin menambahkan beberapa kutipan, penulis harus mencantumkan sumber secara jelas. Dengan mengikuti aturan pengutipan yang telah dibukukan dalam peraturan penulisan skripsi.

Contoh pendahuluan skripsi pendidikan dapat membahas latar belakang pendidikan itu sendiri, sebagai contoh:

Menurut Iksan, pendidikan merupakan usaha manusia dalammenumbuhkan dan mengembangkan potensi pembawaan baik jasmani maupun rohani yang sesuaidengan nilai-nilai yang ada dalam masyarakat dan kebudayaan (2003, 2). Pendidikan bertujuan membentuk insan yang berkarakter dan unggul dalam bidang spiritual, kecerdasan, pengendalian diri dan kepribadian.

Dengan menyelenggarakan pendidikan, diharapkan manusia bisa menjadi orang yang lebih berguna baik bagi bangsa, agama, negara dan masyarakat. Peran penting pendidikan dalam pembentukan karakter bangsa juga dapat dirasakan dampaknya. Perubahan pada bidang intelektualitas, spiritualitas, hingga integritas cukup terasa dalam banyak lini kehidupan, terutama sosial dan politik.

Contoh Pendahuluan Jurnal Penelitian

Contoh Pendahuluan Jurnal Penelitian
Contoh Pendahuluan Jurnal Penelitian | Sumber : 500px.com

Contoh Pendahuluan Jurnal Penelitian

Jurnal ilmiah menjadi suatu tolak ukur kompetensi bagi peneliti dan dosen di Indonesia. Penerbitan jurnal ilmiah dapat menjembatani dosen dan peneliti untuk mendapatkan jabatan yang lebih baik dan menunjukkan kemampuan mereka. Penulisan sebuah jurnal ilmiah dapat menjadi cerminan tersendiri seberapa berkompetensi si penulis dimata nasional maupun internasional.

Penerbitan jurnal ilmiah mengalami kesulitan di Indonesia karena terbatasnya peneliti dan akademisi. Kemampuan menulis yang tak cukup memadai juga menjadi permasalahan tersendiri. Para peneliti tentu saja berharap setiap hasil tulisan mereka yang ditampilkan sebagai jurnal ilmiah mampu menyita perhatian peneliti lain, dan menjadi bahan rujukan untuk penelitian-penelitian serupa.

Dua paragraf diatas menjadi pembuka manis untuk penulisan jurnal penelitian yang tengah anda garap. Sama halnya dengan skripsi, jurnal penelitian merupakan bagian dari akademik yang sering digunakan sebagai syarat kenaikan jenjang karir. Peneliti dan dosen wajib mempublikasikan sebuah jurnal penelitian yang telah diakui secara nasional maupun internasional sebagai hasil karyanya.

Ide yang dituangkan harus benar-benar baru dalam dunia akademisi, terutama bidang yang diambil. Pada bagian ini, tak perlu pemaparan yang terlalu panjang dan bertele-tela. Namun, cukup paragraf singkat dan berisi. Penulis harus memastikan bagian pendahuluan sudah mencakup semua ide yang ingin dibahas pada bagian pembahasan dan kesimpulan, termasuk mengutip beberapa sumber.

Contoh Pendahuluan Karya Ilmiah tentang Narkoba

Contoh Pendahuluan Karya Ilmiah tentang Narkoba
Contoh Pendahuluan Karya Ilmiah tentang Narkoba | Sumber : 500px.com

Contoh Pendahuluan Karya Ilmiah Tentang Narkoba

Peredaran narkoba dikalangan masyarakat kini seperti pertumbuhan jamur di hutan. Korban narkoba tak hanya berasal dari kalangan dewasa, tetapi anak-anak mulai dari usia belasan tahun. Pengedar narkoba bahkan mulai menyusupi anak-anak dibawah usia sepuluh tahun dengan permen yang disinyalir mengandung narkoba dengan efek menenangkan.

Masyarakat dibuat kewalahan menghadapi kecerdikan para pengedar dan bandar narkoba. Polisi juga dibuat kalang kabut menghadapi selundupan narkoba dari negeri Tiongkok hingga berton-ton. Mengkonsumsi narkoba bagi sebagian orang dapat memberi efek menenangkan dalam seketika. Dalam jangka waktu panjang, narkoba bersifat korosif yang mampu mengikis sistem kesehatan.

Dalam membuat pendahuluan karya ilmiah pastikan Anda memahami dengan betul topik yang akan Anda bahas. Tentang narkoba misalnya, Anda harus paham fenomena apa yang tengah terjadi dimasyarakat. Mengapa topik tersebut sangat penting dibahas dan dibuat dalam sebuah karya ilmiah. Sejauh apa hasil tulisan Anda bisa mengubah paradigma masyarakat tentang narkoba.

Beragam pertanyaan tersebut wajib terjawab pada bagian pendahuluan, sebab bagian ini menjadi penentu. Sejauh mana pembaca merasa tertarik untuk membaca hasil tulisan Anda dan hasil paparan selanjutnya. Jika pada bagian pendahuluan kalimat dan bahasan yang digunakan terkesan biasa saja, tentu pembaca akan malas melanjutkan ke bagian berikutnya.

Nah itulah penjelasan singkat tentang contoh pendahuluan yang baik dan benar. Mulai dari contoh pendahuluan makalah pkn, contoh pendahuluan laporan kegiatan, contoh pendahuluan esai, contoh pendahuluan tesis, contoh pendahuluan penelitian, contoh pendahuluan khotbah, contoh pendahuluan laporan kunjungan, contoh pendahuluan laporan perjalanan, dll.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Contoh Pendahuluan

loading...

1 thought on “Contoh Pendahuluan untuk Makalah, Laporan, Proposal, dan Skripsi Terlengkap !

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.