Macam Macam Kalimat Simpleks dan Kompleks Lengkap dengan Contohnya !

Contoh Kalimat Simpleks dan Kompleks – Dalam kehidupan manusia selalu ada yang namanya interaksi sosial dengan sesama manusia. Dalam interaksi tersebut tentu ada percakapan yang anda lakukan dengan lawan bicara anda. Anda harus bisa menyusun kalimat – kalimat yang baik ketika anda bebicara dengan orang lain. selain itu ketika anda berada di bangku sekolah pasti juga diajari tentang pembuatan kalimat.

Dari semua jenis kalimat yang harus anda pelajari, saat ini akan di bahas tentang dua kalimat saja. Yaitu kalimat simpleks dan kalimat kompleks. Bahasan tentang kedua kalimat ini biasanya diberikan dalam pelajaran bahasa Indonesia. 

Berikut ini penjelasan lengkap seputar kalimat simpleks dan kalimat kompleks. Mulai dari Pengertian kalimat simpleks, pengertian kalimat kompleks, macam macam kalimat kompleks, contoh kalimat simpleks, contoh kalimat kompleks, dll.

Pengertian Kalimat Simpleks dan Kompleks

Pengertian Kalimat Simpleks dan Kompleks
Pengertian Kalimat Simpleks dan Kompleks

Jika anda seorang pelajar atau bahkan orang yang sudah berada di lingkungan masyarakat, tentu anda sudah sering mendengar kata kalimat simpleks. Penjelasan yang pertama adalah mengenai kalimat simpleks. Kalimat simpleks adalah kalimat yang pada dasarnya menggunakan kata simple yang artinya hanya terdiri dari satu kalimat simple yang mencakup satu peristiwa.

Kalimat simple juga merupakan tipe kalimat yang hanya memiliki satu subjek dan satu predikat saja, atau sebuah kalimat yang hanya terdiri dari satu klausa saja. Karena hanya terdiri dari satu klausa kalimat ini hanya menyampaikan satu informasi saja.

Kalimat simpleks bisa juga disebut dengan kalimat tunggal, berikut ini contoh sederhana yang mudah anda pahami beserta penjelasannya

  • Paman itu dokter bedah

Kalimat ini terdiri dari subjek dan juga predikat. Dimana paman adalah subjek dan dokter bedah adalah predikatnya.

  • Para koki membuat roti

Pada kalimat diatas kata “ para koki” berlaku sebagai subjek, kemudian kata “ membuat” berlaku sebagai predikat dan kata “roti” berlaku sebagai objek.

  • Kecerdasan Ani sudah diakui oleh teman – temannya

Dalam kalimat diatas, mengandung subjek, predikat dan juga kata pelengkap

  • Mereka berangkat pagi

Dalam kalimat ini terdiri dari subjek “ mereka” kemudian predikat “ berangkat” dan keterangan waktu “ pagi”.

Sedangkan untuk kalimat kompleks adalah kalimat yang memiliki makna lebih dari satu peristiwa. Untuk kalimat kompleks sendiri juga dibagi menjadi dua kalimat lagi. Yang masing – masing memiliki penjelasan tersendiri. Dan pada setiap kalimat kompleks memiliki contoh dan struktur yang berbeda satu sama lain.

Kalimat kompleks sejatinya merupakan gabungan dari beberapa kalimat simpleks atau beberapa klausa yang dipisahkan dengan kata penghubung atau dengan tanda koma. Gabungan kalimat simpleks tersebut biasanya lebih menggunakan konjugasi atau kata penghubung eksternal.

Dimana konjugasi eksternal sendiri adalah sebuah kata yang biasa digunakan untuk menggabungkan satu kalimat dengan kalimat lainnya. berikut ini ciri – ciri kalimat kompleks secara umum sesuai dengan fungsi dan juga susunan kalimatnya.

  1. Kalimat kompleks harus memiliki minimal dua peristiwa atau klausa atau proses, bahkan bisa lebih dari dua dalam satu kalimat.
  2. Merupakan gabungan dari kalimat simpleks atau dari klausa.
  3. Untuk menggabungkannya harus menggunakan kata gabung yang sudah ditentukan atau dipisahkan dengan tanda koma.
  4. Harus memiliki dua buah subjek dan dua buah predikat dalam satu kalimat dan dalam susunan kalimat lengkap.
  5. Dalam contohnya kalimat kompleks dibagi menjadi dua tipe yaitu kalimat kompleks gabungan parataktik dan kalimat kompleks gabungan hipotaktik.

Cara Membedakan Kalimat Simpleks dan Kompleks

Cara Membedakan Kalimat Simpleks dan Kompleks
Cara Membedakan Kalimat Simpleks dan Kompleks

Meskipun sudah sering kali mendengar kalimat tersebut namun masih ada saja yang tidak mengetahui perbedaan dari kedua kalimat tersebut. Yang sebenarnya perbedaannya terlihat sangat jelas sekali pada susunan kalimatnya. Perbedaan pada dua kalimat ini bisa anda lihat dengan berbagai cara. Yang pertama adalah melalui pengertian kalimat tersebut.

Kemudian untuk yang kedua bisa anda lihat melalui susunan katanya. Yaitu pada kalimat kompleks terdapat dua verb atau kata kerja dalam satu kalimat dan juga menceritakan dua kejadian dalam satu kalimat utuh. Sementara untuk kalimat simpleks hanya memiliki satu kata kerja dalam satu struktur kalimat.

Macam Macam Kalimat Kompleks

Macam Macam Kalimat Kompleks
Macam Macam Kalimat Kompleks

Jika kalimat simpleks adalah kalimat tunggal yang hanya memiliki satu kata kerja dalam satu kalimat. Maka kalimat kompleks adalah kalimat yang mempunyai dua kata kerja atau dua rangkaian peristiwa dalam satu kalimat. Kalimat kompleks sendiri dibagi menjadi dua jenis yaitu kalimat kompleks parataktik dan kalimat kompleks hipotaktik.

Kalimat kompleks parataktik adalah salah satu kalimat kompleks yang terdiri dari 2 struktur yang memiliki makna yang sama atau setara atau sejajar yang disusun dalam satu kalimat. Contoh kata sambung atau konjugasi yang biasa digunakan dalam kalimat ini adalah kata dan, tetapi dan atau. Kata penghubung adalah salah satu ciri khas kalimat kompleks parataktik.

Sementara itu untuk kalimat kompleks hipotaktik adalah kalimat kompleks yang juga memiliki dua struktur kalimat yang memiliki kedudukan atau makna kalimat yang saling berhubungan atau bertingkat. Oleh karena itu nama lain dari kalimat kompleks hipotaktik adalah kalimat majemuk bertingkat.

Kalimat hipotaktik juga memiliki kalimat penghubung atau konjugasi namun berbeda dengan yang parataktik. Kalimat penghubungnya adalah kata “ seperti, agar, supaya, andaikan, apanila, jika, seandainya, daripada, ibarat, seperti, laksana, oleh karena itu, faktanya, dengan dan sehingga”. Kalimat yang menggunakan kata penghubung tersebut berarti termasuk kalimat majemuk bertingkat.

Contoh Kalimat Simpleks

Contoh Kalimat Simpleks
Contoh Kalimat Simpleks

Kalimat ini merupakan kalimat yang dalam susunannya hanya memiliki satu makna dan mengikuti pola normal penulisan kalimat. Yang memiliki unsur lengkap yaitu subjek ( S) , predikat atau kata kerja (P), Objek (O) dan keterangan (K). Kalimat ini adalah bentuk kalimat yang hanya mengandung satu kata kerja atau satu predikat saja, makna yang terkandung dalam kalimat ini adalah makna sederhana.

Berikut ini contoh kalimatnya :

  1. Citra sedang membaca buku di depan rumahnya.
  2. Bandi memancing ikan di sungai bersama dengan teman – temannya.
  3. Dina memukul lonceng rumah dengan sangat keras.
  4. Irfan tidur saat pelajaran di kelas sedang berlangsung.
  5. Erna menonton film horor di Bioskop bersama temannya malam ini.
  6. Cinta membersihkan sampah di belakang rumahnya
  7. Gilang makan gorengan di teras rumahnya sore tadi.
  8. Heru menyeberang dengan sangat hati – hati di jalan raya.
  9. Ikbal membuat karya kerajinan tangan dengan bahan bekas yang sudah tidak terpakai.
  10. Ikhsan memakai seragam baru di hari pertama masuk sekolah.
  11. Alni memakai sepatu warna merah ketika sedang OSPEK.
  12. Dya minum soda padahal sedang sakit.
  13. Alya membuat sepeda dengan menggunakan besi bekas.

Berikut tadi adalah beberapa contoh kalimat simplek. Dan masih banyak lagi contoh yang mungkin sudah sering anda lakukan dan anda ucapkan dalam kehidupan nyata setiap harinya. Dalam beberapa contoh di atas, anda bisa melihat bahwa hanya ada satu predikat atau kata kerja dalam setiap kalimat.

Pengertian kalimat simpleks, pengertian kalimat kompleks, macam macam kalimat kompleks, contoh kalimat simpleks, contoh kalimat kompleks, ciri ciri kalimat simpleks, ciri ciri kalimat kompleks, perbedaan kalimat simpleks dan kompleks, dll.

Contoh Kalimat Kompleks Parataktik

Contoh Kalimat Kompleks Parataktik
Contoh Kalimat Kompleks Parataktik

Kalimat kompleks parataktik atau biasa dikenal dengan kalimat majemuk setara. Yang paling utama jika dalam pembuatan kalimat ini adalah harus ada kata penghubung atau biasa di sebut konjugasi. Kata penghubung yang biasa digunakan adalah : dan, lalu, kemudian, bahkan, setelah, sebelum, ketika. Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat kompleks parataktik yang bisa anda pelajari.

  1. Aldi sedang membaca buku di teras rumah ketika ibu memasak sayur.
  2. Bandi memancing ikan di sungai bersama ayahnya dan keduanya pulang ke rumah hingga larut malam.
  3. Dina memukul lonceng rumah sangat keras dan membuat banyak orang kaget.
  4. Irfan tidur saat pelajaran di kelas sedang berlangsung dan Toni membangunkannya.
  5. Erna memonton film horor di bioskop bersama temannya malam ini ketika teman yang lainnya mengerjakan tugas.
  6. Cinta membersihkan sampah di belakang rumahnya ketika teman – temannya datang.
  7. Gilang makan gorengan di teras rumah sore tadi kemudian ayah ikut memakannya.
  8. Heru menyeberang dengan sangat hati – hati di jalan raya lalu memesan taksi secara online
  9. Ikbal membuat kerajinan tangan dengan bahan bekas yang sudah tidak terpakai sebelum mendapatkan tugas dari sekolah.
  10. Ikhsan memakai seragam baru di hari pertama sekolah dan memamerkannya kepada teman – teman.
  11. Aris memakan sate dan juga meminum es campur di siang hari.
  12. Wahyu anak orang kaya raya tetapi dia tidak sombong kepada orang lain.
  13. Anis sudah berusaha sangat keras tetapi hasilnya masih sama saja.
  14. Ratih bingung ingin dibelikan mainan atau sepeda.
  15. Aku yang datang ke rumahmu atau kamu yang datang ke rumahku.
  16. Alya bingung dalam memilih untuk menjadi dokter atau seniman.

Berikut tadi adalah beberapa contoh kalimat kompleks parataktik yang bisa anda jadikan referensi untuk belajar. Masih banyak contoh yang lainnya yang bisa anda buat sendiri. Jangan lupa untuk menggunakan kalimat penghubung dan memiliki dua kata kerja atau predikat.

Pengertian kalimat simpleks, pengertian kalimat kompleks, macam macam kalimat kompleks, contoh kalimat simpleks, contoh kalimat kompleks, ciri ciri kalimat simpleks, ciri ciri kalimat kompleks, perbedaan kalimat simpleks dan kompleks, dll.

Contoh Kalimat Kompleks Hipotaktik

Contoh Kalimat Kompleks Hipotaktik
Contoh Kalimat Kompleks Hipotaktik

Kalimat kompleks hipotaktik adalah kalimat majemuk bertingkat, yang memiliki 2 struktur kalimat dengan kedudukan makna yang bertingkat. Yang menjadi ciri – cirinya adalah menggunakan kata konjugasi atau penghubung. Sebagaimana yang sudah di jelaskan pada penjelasan di atas. Berikut adalah contoh – contoh kalimat majemuk bertingkat.

  1. Aldi sedang membaca buku di teras rumah yang sudah di rapikan.
  2. Bandi memancing ikan di sungai bersama ayahnya dengan membawa banyak bekal jajan.
  3. Dina memukul lonceng rumah sangat keras padahal adiknya sedang tidur siang.
  4. Irfan sedang tidur di kelas saat pelajaran berlangsung, oleh karena iu dibangunkan dan diberi hukuman.
  5. Erna menonton film horor di bioskop bersama temannya malam ini, sehingga ia tidak mengerjakan tugas sekolahnya.
  6. Cinta membersihkan sampah di belakang rumahnya bila disuruh oleh ibunya.
  7. Gilang makan gorengan di teras rumah sore tadi dengan secangkir kopi sebelahnya.
  8. Heru menyeberang jalan dengan hati – hati supaya tidak tertabrak kendaraan yang lewat
  9. Ikbal membuat kerajinan tangan dengan bahan bekas yang tidak terpakai sejak ia suka melihat tutorial di youtube.
  10. Ikhsan memakai seragam baru di hari pertama sekolah supaya terlihat lebih rapi.
  11. Tanaman kacang akan tumbuh subur kalau para petani rajin menyiraminya.
  12. Gosok gigi setiap hari agar gigi terbebas dari kuman dan penyakit
  13. Ketika menjelang pagi hari, ayam jantan akan berkokok menyambut munculnya matahari
  14. Makanlah dan minumlah yang banyak supaya tetap kuat dan sehat
  15. Siapa lagi yang akan menjaga bumi jika bukan manusia yang berada di atasnya.

Berikut tadi adalah contoh – contoh kalimat majemuk bertingkat yang bisa anda jadikan referensi belajar. Untuk membedakan mana yang tergolong kalimat simpleks dan mana yang termasuk kalimat kompleks.

Setelah mengetahui contoh kalimat simpleks dan juga kompleks, akan dibahas lebih lanjut mengenai kalimat simplek. Struktur kalimat ini sangat sederhana dan tidak membutuhkan kata penghubung. Kalimat tersebut juga merupakan kalimat tunggal. Berikut ini adalah penjelasan mengenai pola atau struktur kalimat simpleks.

Contoh Kalimat Simpleks Dengan Pola Kata benda – Kata Benda

Contoh Kalimat Simpleks Dengan Pola Kata benda - Kata Benda
Contoh Kalimat Simpleks Dengan Pola Kata benda – Kata Benda

Kalimat simpleks jenis ini bisa dikatakan cukup sederhana juga sering diaplikasikan pada aktivitas sehari – hari. Berikut contohnya :

  1. Ibunya seorang guru sekolah menengah pertama
  2. Kakaknya seorang pembawa acara
  3. Pamannya seorang jurnalis
  4. Adiknya pelajar
  5. Bibinya penulis
  6. Kakaknya mantan camat
  7. Ayahnya petani
  8. Buyutnya keturunan orang Belanda
  9. Saudaranya anggota Dewan
  10. Kakaknya pramugari
  11. Sepupunya walikota Surabaya
  12. Aku seorang penulis lepas
  13. Susilo Bambang yudhoyono mantan presiden Republik Indonesia
  14. Suyoto mantan bupati Bojonegoro
  15. Prabowo calon Presiden Indonesia
  16. Joko Widodo Presiden Indonesia
  17. Ibunya guru matematika
  18. Kakaknya guru fisika

Berikut tadi adalah beberapa contoh kalimat simpleks dengan pola kata benda – kata benda. Sejatinya adalah kalimat singkat yang menjelaskan sebuah kata benda. Ini merupakan pola pertama dalam penulisan kalimat simpleks.

Contoh Kalimat Simpleks dengan Pola Kata Benda – Kata Kerja

Contoh Kalimat Simpleks dengan Pola Kata Benda – Kata Kerja
Contoh Kalimat Simpleks dengan Pola Kata Benda – Kata Kerja

Kalimat simpleks dengan pola yang kedua ini menjelaskan tentang kata benda yang berubah fungsi menjadi kata kerja. Biasanya kalimat ini digunakan untuk menjelaskan kondisi seseorang ketika sedang mengerjakan suatu pekerjaan. Berikut contohnya.

1. Rani sedang belajar
2. Wati sedang berkeringat
3. Aldi sedang bercanda
4. Rina sedang bermain
5. Joko Widodo sedang kampanye blusukan
6. Paman sedang berjalan
7. Adik kecil sedang merangkak
8. Gigi adik sedang tumbuh
9. Tangannya sedang memegang sesuatu
10. Adik sedang latihan berjalan

Masih banyak contoh lain yang bisa anda buat sebagai kalimat simplek yang menjelaskan kata benda – kata kerja. Selanjutnya adalah tentang kalimat majemuk yang memiliki pola kalimat lengkap seperti Subjek, Predikat, Objek dan juga keterangan kalimat. Keterangannya bisa keterangan kalimat, keteragan tempat atau lainnya.

Contoh Kalimat Simplek dengan Pola Kata Benda dengan Keterangan Bilangan

Contoh Kalimat Simplek dengan Pola Kata Benda dengan Keterangan Bilangan
Contoh Kalimat Simplek dengan Pola Kata Benda dengan Keterangan Bilangan

Kalimat yang satu ini biasanya digunakan untuk menjelaskan kata benda dengan jumlah tertentu yang bisa disebutkan. Misalnya dengan jumlah satuan, puluhan, ratusan atau ribuan. Kalimat sederhana yang digunakan untuk menjelaskan kata benda dengan jumlah tertentu, berikut contohnya.

  1. Tisunya ada delapan lembar
  2. Ibu tini memiliki 5 orang anak
  3. Kelinci ani berjumlah dua ekor
  4. Cincin ku beratnya 5 gram
  5. Kambing paman berjumlah enam ekor
  6. Bukunya delapan buah
  7. Telur sepuluh kilogram
  8. Ayamnya sepuluh ekor
  9. Padi sepuluh ikat besar
  10. Permen adik 5 biji

Contoh Kalimat Simpleks dengan Pola Lengkap

Contoh Kalimat Simpleks dengan Pola Lengkap
Contoh Kalimat Simpleks dengan Pola Lengkap

Kalimat simplkse yang memiliki pola atau susunan kalimat lengkap, kalimat ini biasanya digunakan untuk menjelaskan sesuatu secara detail. Meliputi apa objek yang dibicarakan, sampai pada keterangan tentang pembicaraan tersebut. Berikut ini beberapa contoh yang bisa anda jadikan referensi untuk belajar.

  1. Muhammad Zuhri sukses dengan kejuaraan larinya di Asean Games 2018.
  2. Harimau itu menerkam mangsa yang diburunya dengan kuku tajam seperti pisau.
  3. Disa bertemu dengan gadis berambut keriting di Pasar Senen.
  4. Adik Ayu sedang belajar membaca di rumah.
  5. Kakak sedang menangis di belakang rumah.
  6. Hanifan memenangkan emas pada cabang olahraga silat.
  7. Adik sedang bermain bola di lapangan belakang rumah.
  8. Hanifah sedang menulis cerpen di ruang tamu.

Itulah beberapa contoh kalimat simpleks dan kompleks yang bisa anda jadikan referensi untuk contoh. Belajar kalimat tersebut bukanlah hal yang sulit. Tetap semangat!

Pengertian kalimat simpleks, pengertian kalimat kompleks, macam macam kalimat kompleks, contoh kalimat simpleks, contoh kalimat kompleks, ciri ciri kalimat simpleks, ciri ciri kalimat kompleks, perbedaan kalimat simpleks dan kompleks, dll.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Contoh Kalimat Simpleks dan Kompleks

loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.