Penjelasan Lengkap Seputar Kalimat, Karangan, dan Paragraf Deskripsi ! Apa Bedanya ?

Contoh Kalimat Deskripsi – Ilmu bahasa Indonesia mencakup banyak hal, dan yang ‘paling dasar harus dipelajari adalah tentang macam – macam bentuk kalimat dalam bahasa Indonesia. Mulai dari kalimat tunggal sampai majemuk. Dan ada lagi kalimat deskripsi. Salah satu jenis kalimat yang biasanya muncul dalam pelajaran bahasa Indonesia.

Kalimat sendiri merupakan kumpulan dari beberapa kata menjadi satu. Dimana kumpulan kata tersebut memiliki sebuah makna atau tujuan tertentu dalam penyampaiannya. Mengandung sebuah tujuan tertentu kepada pendengar. 

Berikut ini penjelasan lengkap seputar kalimat deskripsi. Mulai dari Pengertian kalimat deskripsi, ciri ciri kalimat deskripsi, fungsi kalimat deskripsi, pengertian paragraf deskripsi, ciri ciri paragraf deskripsi, contoh paragraf deskripsi, contoh kalimat deskripsi, contoh karangan deskripsi, dll.

Pengertian Kalimat Deskripsi

Definisi Kalimat Deskripsi
Definisi Kalimat Deskripsi

Kalimat deskripsi adalah kalimat yang memuat sebuah deskripsi atau kalimat yang memuat penjelasan – penjelasan yang khusus mengenai karakteristik atau mengenai ciri – ciri suatu objek yang dituju. Karakteristik yang disampaikan melalui kalimat ini adalah karakteristik yang sesuai dengan pengamatan panca indera.

Contoh penggunaan kalimat deskripsi adalah untuk mendeskripsikan warna melalui pengamatan panca indera. Kemudian bisa juga digunakan untuk mendefinisikan ukuran, bentuk suatu objek, atau sifat – sifat yang lain yang berada pada objek dan bisa di ukur dengan panca indera.

Ciri Ciri Kalimat Deskripsi

Ciri Ciri Kalimat Deskripsi
Ciri Ciri Kalimat Deskripsi

Kalimat deskripsi sering di sebut atau di anggap hampir sama dengan kalimat definisi. Namun pada kenyataannya kalimat ini adalah dua buah kalimat yang jauh berbeda. Berikut ini adalah ciri – ciri kalimat deskripsi yang bisa anda pelajari.

  1. Dalam mendeskripsikan suatu objek yang dituju, kalimat ini pasti menggunakan panca indera untuk mendeskripsikannya.
  2. Jika suatu objek di jelaskan menggunakan kalimat deskripsi maka para pembaca akan merasa seolah – olah sedang mengalami atau merasakan yang di deskripsikan.
  3. Kalimat ini selalu membicarakan ciri khusus suatu objek.
  4. Kalimat yang sering kali anda temukan. Karena hampir setiap laporan atau paragraf deskripsi selalu memuat kalimat deskripsi
  5. Jika kalimat ini di buat terbalik susunannya maka makna kalimat akan mengalami perubahan.

Fungsi Kalimat Deskripsi

Fungsi Kalimat Deskripsi
Fungsi Kalimat Deskripsi

Kalimat deskripsi biasa memiliki beberapa fungsi penting yang biasanya digunakan oleh penulis. Kalimat yang selalu muncul dalam setiap naskan laporan. Kalimat ini menjadi sesuatu yang penting dan harus di pahami karena menyangkut tentang penyampaian suatu objek. Berikut ini fungsi dari kalimat deskripsi :

  1. Kalimat deskripsi digunakan untuk mendeskripsikan objek dengan melibatkan fungsi panca indera.
  2. Kalimat deskripsi digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat paragraf deskripsi.
  3. Kalimat deskripsi bisa juga digunakan untuk penulisan karangan deskripsi.

Paragraf Deskripsi

Paragraf Deskripsi
Paragraf Deskripsi

Paragraf deskripsi adalah sebuah paragraf yang menceritakan atau menggambarkan atau mendeskripsikan secara menyeluruh tentang suatu objek tertentu. Paragraf ini bertujuan untuk membuat pembaca mengerti dan memahami bahkan seolah – olah merasakan langsung apa yang sedang di deskripsikan.

Paragraf deskripsi dibuat atau di rangkai dengan kalimat deskripsi sampai menjadi sebuah paragraf. Yang artinya dalam satu paragraf deskripsi terdiri dari beberapa kalimat deskriptif. Paragraf deskripsi biasanya disusun dengan pola kalimat subjektif karena biasanya di dalamnya terdapat kesan penulis tentang subjek yang di deskripsikan.

Ciri Ciri Paragraf Deskripsi

Ciri Ciri Paragraf Deskripsi
Ciri Ciri Paragraf Deskripsi

Paragraf deskripsi hampir sama dengan kalimat deskripsi, berikut ini beberapa ciri – ciri yang bisa anda pelajari dan jadikan perbandingan di mana letak perbedaannya.

  1. Paragraf ini biasanya berisi kalimat deskripsi yang melambangkan atau menceritakan detail sebuah objek. Yang biasa digambarkan adalah orang, sebuah tempat, keindahan alam, serta hal – hal lain yang bisa di nilai menggunakan panca indera.
  2. Paragraf ini di buat dengan tujuan memberikan gambaran atau perasaan terhadap pembaca tentang objek yang ingin di ketahui. Sehingga pembaca seolah – olah merasakan secara langsung objek yang di deskripsikan.
    Selain berdasarkan ciri – cirinya, paragraf ini juga bisa di lihat berdasarkan macam – macam jenisnya. Berikut penjelasan mengenai macam – macam paragraf deskripsi.

Macam Macam Paragraf Deskripsi

Macam Macam Paragraf Deskripsi
Macam Macam Paragraf Deskripsi
  1. Paragraf deskripsi Objektif merupakan sebuah paragraf deskripsi di mana dalam penjelasan objeknya tidak disertai dengan opini dari penulisnya.
  2. Paragraf deskripsi subjektif adalah sebuah paragraf deskripsi dimana dalam penggambaran objeknya disertai dengan opini dari penulisnya.
  3. Paragraf deskripsi spesial adalah sebuah paragraf yang menggambarkansebuah objek secara detail. Dan biasanya secara paragraf ini secara khusus digunakan untuk mendeskripsikan sebuah ruangan, benda atau sebuah tempat.
  4. Paragraf deskripsi waktu adalah sebuah paragraf dimana dalam pengembangannya berdasarkan pada sebuah waktu dari peristiwa tersebut.

Contoh Paragraf Deskripsi

Contoh Paragraf Deskripsi
Contoh Paragraf Deskripsi
  1. Lapisan ozon saat ini semakin menipis, hutan tropis juga mulai meranggas. Gurun atau tanah kering juga semakin meluas. Hal ini berakibat pada suhu bumi yang meningkat, menyebabkan cuaca tidak tentu dan banyak bencana. Kesimpulan yang di dapat adalah kondisi bumi semakin kritis dan siapa yang bertanggung jawab, tentu pada manusia.
  2. Andin memakai bawahan panjang dengan warna coklat. Warna yang sangat sesuai dengan warna blush yang dipakainya. Bawahan dan blush yang dipakai semakin menambah keanggunan yang dimilikinya. Dengan setelan tersebut andin berjalan dengan anggun dan memikat hati banyak orang.
  3. Jika pantai Nusa Panida diumpamakan sebagai sebuah permata. Pesona yang dimiliki oleh pantai tersebut adalah sebuah pemandangan indah di sore hari dengan panorama cahaya matahari yang memantulkan cahaya kekuningan. Namun, jika di ibaratkan sebagai seorang gadis, pantai Nusa Panida adalah sebuah gadis kecil.
  4. Dalam waktu yang tidak lama, aku mencoba mengamat orang – orang disekitarku. Di sebelah kiri ku ada gadis cantik yang memiliki rambut panjang dan hitam, kulitnya putih dan bibirnya tipis.
  5. Sungai Ciliwung adalah salah satu sungai yang mengalir di seluruh Jakarta, tapi sayangnya sungai ini sudah tidak terjaga kebersihannya.

Berikut tadi adalah beberapa contoh paragraf deskripsi dimana di dalam paragraf tersebetut terdiri dari beberapa macam kalimat deskripsi. Selanjutnya akan dibahas mengenai perbedaan kalimat deskripsi dengan jenis kalimat lain dalam bahasa Indonesia.

Pengertian kalimat deskripsi, ciri ciri kalimat deskripsi, fungsi kalimat deskripsi, pengertian paragraf deskripsi, ciri ciri paragraf deskripsi, contoh paragraf deskripsi, contoh kalimat deskripsi, contoh karangan deskripsi, dll.

Perbedaan Kalimat Deskripsi Dengan Kalimat Definisi

Perbedaan Kalimat Deskripsi Dengan Kalimat Definisi
Perbedaan Kalimat Deskripsi Dengan Kalimat Definisi

Kalimat deskripsi paling sering di kaitkan dengan paragraf definisi, namun sesungguhnya dua jenis kalimat ini adalah dua hal yang berbeda. Dari pengertiannya saja anda sudah bisa menemukan perbedaan awalnya.

Jika kalimat deskripsi adalah suatu kaliamat yang digunakan untuk menjelaskan suatu kejadian secara umum. Dan mencakup hal apapun itu, bersifat umum. Sementara jika paragraf deskripsi biasanya digunakan untuk mendeskripsikan atau menjelaskan ciri – ciri suatu objek yang dituju dengan ciri khusus dan juga harus yang bisa di nilai berdasarkan panca indera.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa membedakan antara kalimat deskripsi dengan kalimat definisi.

  1. Kalimat definisi memberikan gambaran tentang suatu objek secara umum, sementara kalimat deskripsi lebih kepada ciri khusus dari objek tersebut dan yang di tangkap oleh panca indera. Contohnya adalah :
    – Kalimat definisi : Kucing adalah golongan hewan mamalia yang berkaki 4
    – kalimat deskripsi :Kucing adalah hewan yang memiliki bulu sangat lebat dan juga halus.
  2. Kalimat definisi bisa dituliskan terbalik, karena tidak akan mengurangi atau merubah makna kalimat tersebut. Tetapi jika kalimat deskripsi di rubah maka makna dari kalimat tersebut akan berbeda. Contohnya sebagai berikut :
    – Kalimat definisi : mamalia adalah kelompok hewan yang menyusui, dapat anda rubah menjadi kelompok hewan yang menyusui adalah mamalia.
    – Kalimat deskripsi : kambing dan sapi adalah hewan pemakan rumput, menjadi hewan pemakan rumput yang dibicarakan adalah kambing dan sapi.

Contoh Kalimat Deskripsi

Contoh Kalimat Deskripsi
Contoh Kalimat Deskripsi
  1. Cara Seekor cicak mempertahankan diri dari musuhnya adalah dengan memutuskan ekornya sendiri.
  2. Hewan kutub seperti beruang kutub memiliki bulu yang sangat tebal untuk bisa bertahan dari cuaca dinginnya kutub.
  3. Unggas selalu memiliki kerikil – kerikil kecil di dalam temboloknya untuk membantu saluran pencernaannya tetap normal.
  4. Bunglon adalah hewan yang bisa menyesuaikan warna kulit dengan tempat ia berada.
  5. Reflesia Arnoldi atau biasa disebut bunga bangkai adalah bunga yang memiliki bau sangat busuk.
  6. Berat badan seekor gajah dapat mencapai 2,5 ton.
  7. Rani berambut lurus, pirang dan berkulit putih.
  8. Buah durian memiliki duri tajam yang banyak pada kulitnya, namun daging buahnya sangat enak.
  9. Pepaya california rasanya manis dan daging buahnya berwarna merah.
  10. Pak joko memiliki kumis tebal sampai menutupi mulutnya
  11. Rumah atau posko pengungsian korban gempa hanya berisi satu buah kamar tidur dan satu buah kamar mandi.
  12. Pantai di Jogjakarta adalah golongan pantai yang memiliki ombak tinggi dan pasir yang halus.
  13. Sabetan ekor buaya dapat menghempaskan musuhnya hingga beberapa meter
  14. Singa dan harimau memiliki kuku – kuku tajam untuk mengoyak musuhnya.
  15. Jogjakarta Memiliki tempat wisata gunung di daerah utara dan memiliki wisata pantai di daerah selatan.
  16. Penyanyi itu bersuara merdu dan berparas cantik
  17. Adanya kegiatan penambangan membuat sungai semakin dalam
  18. Pria aneh itu membawa ransel yang sangat besar dan berpakaian serba hitam
  19. Asap hitam membumbung tinggi akibat kebakaran di pabrik kursi tersebut.
  20. Unta memiliki cadangan makanan dan air di punuknya sehingga bisa bertahan di panasnya gurun pasir.
  21. Andi mengalami obesitas karena berat badan andi mencapai 125 kilogram ketika andi berusia 10 tahun.
  22. Ikan paus merupakan pembunuh bercorak hitam dan putih di seluruh bagian tubuhnya
  23. Tumbuhan kantong semar adalah tumbuhan yang biasa memangsa serangga – serangga kecil.
  24. Seorang pencuri memakai baju berwarna merah dan memakai topi hitam serta menutupi semua bagian wajahnya.
  25. Pohon bambu dapat memiliki panjang hingga 50 meter
  26. Pohon jati menyesuaikan diri di musim kemarau dengan cara menggugurkan semua daunnya.
  27. Ujian tes CPNS berjalan dengan lancar meskipun ada beberapa orang yang dikeluarkan dari ruangan.
  28. Pak Hasni memiliki pohon mangga yang tinggi dan buahnya sangat banyak di pekarangan rumahnya.
  29. Tadi pagi aku mengantarkan adik ke sekolah lalu setelahnya aku pergi ke kampus untuk menemui dosen ku yang super galak.
  30. Kebakaran hutan yang terjadi di daerah Sumatera membuat banyak orang mengalami masalah saluran pernapasan atas.

Berikut tadi adalah contoh – contoh kalimat deskripsi. Untuk membuat kalimat deskripsi sendiri anda harus berpegangan kepada pengertian utamanya. Bahwa kalimat ini adalah jenis kalimat yang tidak bisa di bolak balik karena akan merubah makna kalimatnya. Selanjutnya akan di bahas mengenai manfaat dari kalimat deskripsi di dalam kehidupan sehari – hari.

Manfaat Kalimat Deskripsi

Manfaat Kalimat Deskripsi
Manfaat Kalimat Deskripsi
  1. Dapat digunakan sebagai bahan untuk menemukan sesuatu atau menjelaskan sesuatu secara rinci kepada orang lain.
  2. Dapat digunakan untuk membuat sebuah karangan deskripsi, karena jika ingin membuat karangan deskripsi harus bisa memahami kalimat deskripsi dengan benar,
  3. Untuk identifikasi suatu objek menggunakan panca indera
  4. Karena salah satu fungsinya adalah untuk membuat karangan deskripsi, maka akan dijelaskan sedikit tentang karangan deskripsi

Pengertian kalimat deskripsi, ciri ciri kalimat deskripsi, fungsi kalimat deskripsi, pengertian paragraf deskripsi, ciri ciri paragraf deskripsi, contoh paragraf deskripsi, contoh kalimat deskripsi, contoh karangan deskripsi, dll.

Langkah – Langkah Membuat Karangan Deskripsi

Langkah - Langkah Membuat Karangan Deskripsi
Langkah – Langkah Membuat Karangan Deskripsi

Karangan deskripsi adalah sebuah kalimat panjang terdiri dari satu paragraf atau lebih yang berisi tentang gambaran suatu keadaan yang sebenarnya yang seolah – olah para pembaca bisa merasakan kondisi yang sebenarnya. Cara membuat karangan yang baik akan di jelaskan berikut ini.

1. Tentukan dahulu tema atau topik karangan

Penentuan tema adalah hal yang sangat penting, karena melalui tema anda dapat menentukan dasar karangan yang akan anda buat. Jika anda bisa menentukan tema karangannya anda akan dengan mudah menentukan arah pembahasan anda.

Jika anda ingin membuat sebuah karangan deskripsi sebelumnya anda harus menguasai bahan yang akan anda tulis. Cara mudah menentukan tema penulisan adalah dengan membahas permasalahan yang saat itu sedang menjadi tranding topik.

2. Menetapkan Tujuan Penulisan

Jika tujuan anda sudah ditetapkan maka anda pasti sudah memiliki konsep karangan yang matang, yang sudah jelas akan seperti apa penulisannya. Jadi menetapkan tujuan penulisan adalah hal yang sangat penting dalam menulis karangan deskripsi, karena melalui hal ini anda bisa menghasilkan karangan yang berkualitas dan juga mudah dibaca oleh pembacanya.

3. Mengumpulkan Informasi atau Bahan Penulisan

Dalam membuat karangan mengumpulkan informasi dan bahan merupakan sebuah bekal yang wajib anda lakukan. Tanpa memiliki informasi dan juga bahan penulisan anda tidak akan bisa membuat konsep penulisan dengan baik.

Untuk mendapatkan informasi dan bahan penulisan anda bisa melakukan observasi atau pengamatan atau anda juga bisa dengan melakukan wawancara dengan sumber yang terpercaya. Biasanya setiap masing – masing penulis memiliki cara tersendiri untuk mendapatkan bahan karangan.

4. Seleksi Bahan Yang Akan Digunakan

Setelah anda mendapatkan informasi dan juga bahan tulisan deskripsi, tidak serta merta atau langsung begitu saja menulisnya. Anda harus melakukan seleksi bahan terlebih dahulu, seleksi ini bertujuan untuk mendapatkan bahan yang benar – benar akurat dan sesuai dengan tema yang sudah anda tentukan.

5. Membuat Kerangka Karangan

Kerangka karangan dalam hal ini bertujuan untuk memudahkan anda dalam melakukan penulisan. Dalam kerangka karangan anda selanjutnya hanya perlu menguraikan setiap pokok permasalah di dalamnya menjadi sebuah pembahasan yang rinci dan terukur. Kerangka karangan biasanya hanya berupa garis besar dari hal – hal yang ingin anda tulis. Dengan adanya kerangka karangan, tentunya tuliskan akan lebih terstruktur.

Jika anda sudah menyusun kerangkanya terlebih dahulu anda akan lebih mudah dalam menulis. Namun anda perlu ingat bahwa dalam menjabarkan karangan anda harus satu persatu. Dari kerangka karangan ini anda akan mendapatkan sebuah karangan yang utuh jika sudah anda jelaskan satu persatu.

Pengertian kalimat deskripsi, ciri ciri kalimat deskripsi, fungsi kalimat deskripsi, pengertian paragraf deskripsi, ciri ciri paragraf deskripsi, contoh paragraf deskripsi, contoh kalimat deskripsi, contoh karangan deskripsi, dll.

Contoh Karangan Deskripsi

Contoh Karangan Deskripsi
Contoh Karangan Deskripsi

“Suara gemuruh ombak di pantai adalah sebuah suara khas panggilan kepadaku, dengan adanya ombak kecil yang menari – nari seperti lambaian tangan yang mengajaku untuk ikut seta menjamahmu dari bibir pantai. Burung – burung yang beterbangan di atas pantai menambah keindahan suasana pantai ini. di tambah lagi dengan semilir angin yang terus berbisik kepadaku untuk mendekat.’’

Itulah beberapa contoh karangan dan kalimat deskripsi yang mungkin bisa anda jadikan referensi untuk tugas sekolah atau untuk pembelajaran. Mudah bukan mempelajari salah satu jenis kalimat dalam bahasa indonesia itu? Selamat belajar!

Pengertian kalimat deskripsi, ciri ciri kalimat deskripsi, fungsi kalimat deskripsi, pengertian paragraf deskripsi, ciri ciri paragraf deskripsi, contoh paragraf deskripsi, contoh kalimat deskripsi, contoh karangan deskripsi, dll.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Contoh Kalimat Deskripsi

loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.