Kumpulan Contoh Autobiografi Terlengkap yang Bisa Kamu Jadikan Referensi !

Contoh Autobiografi – Perjalanan hidup tentu saja tidak bisa di abaikan begitu saja. Apalagi ketika Anda sudah mengalami banyak sekali perjuangan keras mencapai apa yang selama ini di impikan. Dengan pencapaian tersebut, di sini Anda perlu memastikan bahwa ada catatan matang, rinci dan runtut sehingga bisa menjadi sebuah kisah menarik dan inspiratif.

Dalam hal ini kisah tersebut bisa masuk dalam riwayat perjalanan hidup. Katakan saja jika di buta semacam autobiografi. Lalu, apa itu autobiografi dan bagaimana contohnya? Nah, di sini Anda harus mulai mengenal tentang istilah tersebut sekaligus beberapa contoh autobiografi modern. Sedangkan untuk beberapa informasi terkaitnya, silahkan Anda simak ulasanya di bawah ini.

Berikut ini penjelasan lengkap seputar autobiografi. Mulai dari Pengertian autobiografi, contoh autobiografi diri sendiri, contoh autobiografi lengkap, contoh autobiografi pahlawan, contoh autobiografi pengusaha, contoh autobiografi panjang, manfaat autobiografi, dll.

Pengertian Autobiografi

Pengertian Autobiografi
Pengertian Autobiografi

Sebelum memasuki pembahasan lebih jauh tentang bagaimana saja contoh autobiografi, Anda perlu mengenal sebenarnya apa itu autobografi dan pengertiannya. Biasanya mungkin banyak di kenal istilah biografi. Namun, apa perbedaan antara biografi dan autobiografi? Jika hampir sama, mengapa istilah penyebutannya harus berbeda.

Dalam hal ini perlu di ketahui bahwa nama yang berbeda tersebut tentu saja memiliki pengertian berbeda pula. Jika biografi lebih di kenal dengan kisah hidup singkat, atau bahkan kadang hanya mencakup jabaran dari biodata saja, autobiografi adalah rentetan perjalanan hidup secara lengkap yang di tulis oleh pelaku kehidupan atau bisa di katakan sebagai pemilik biografi tersebut.

Namun, tidak selamanya autobiogafi harus di tulis oleh pemiliknya sendiri. Autobiografi ini bisa di tulis oleh beberapa orang yang mengkisahkan jalan hidup seseorang. Katakanlah sebagaimana tokoh-tokoh masa lalu yang tentu saja tidak bisa membuat autobiografinya sendiri saat ini. Jika menggunakan jenis yang satu ini, maka konteksnya tentu adalah cerita sejarah.

Dalam autobiografi ada banyak hal yang termuat. Yang jelas, secara singkat bisa di mulai dari pengalaman hidupnya ketika kecil, riwayat perjalanan yang telah di laluinya, hingga berbagai pencapaian yang telah di raih. Jalan cerita dalam autobiografi ini akan berakhir dengan pengalaman yang sedang di lalui saat ini.

Berbicara lebih dalam tentang autobiografi, perlu di ketahui bahwa riwayat kehidupan tersebut tersedia dalam berbagai macam jenis. Dalam hal ini ada yang di sebut autobiografi panjangn dan singkat. Keduanya tergantung pada bagaimana kisah di dalamnya. Di sebutkan secara rinci, mendalam, atau hanya sekilas saja. Hal ini tergantung pada bagaimana minat penulis di dalamnya.

Autobiografi yang panjang, tentu saja semakin rinci penjelasan dan penjabaran riwayat hidup di dalamnya. Namun, ada kalanya autobiografi yang menarik adalah yang hanya di tulis secara singkat saja dan fokus pada pencapaian tertentu. Dan untuk kali ini, berbagaoi contoh yang akan di paparkan adalah jenis autobiografi secara singkat, ringkas dan padat.

Contoh Autobiografi Singkat Diri Sendiri

Contoh Autobiografi Singkat Diri Sendiri
Contoh Autobiografi Singkat Diri Sendiri

Contoh Autobiografi – Saya memiliki nama Anang prayoga yang biasa di panggil Yoga. Saya lahir pada tanggal 24 Januari dan saat ini sudah berusia 27 tahun. Tanah kelahiran saya tepatnya berada di sebuah desa wilayah Batu Jawatimur. Di sini saya menjalani kehidupan sebagaimana anak-anak lainnya dengan pengalaman tak terlupakan. Terlebih mengingat betapa asrinya desa saya.

Batu adalah kawasan yang banyak di lakukan aktivitas pertanian di sana. Oleh karena itu tidak heran jika saya pun banyak mengenal sistem pertanian yang baik. Terlebih mengingat kedua orang tua saya pun memiliki profesi sebagai petani. Hingga pada akhirnya, saya pun tertarik dengan pekerjaan yang bermanfaat tersebut.

Selama masa kecil hingga dewasa saya tetap hidup di lingkungan keluarga dan menempuh pendidikan di wilayah setempat. Dan ketika menginjak jenjang pendidikan SMK, saya mulai tertarik mendalami bidang pertanian yang lebih rinci hingga memutuskan mengambil jurusan pertanian pula. Saat itu ada banyak hal menarik dan baru yang mulai saya pelajari.

Nah, kehidupan yang lebih menarik dalam perjalanan saya di mulai sejak saya lulus SMK. Berbagai ilmu yang sudah saya dapatkan mulai saya terapkan di sini dengan modal seadanya. Saya sengaja memutuskan tidak melanjutkan ke perguruan tinggi karena dengan ekonomi keluarga yang pas-pasan, menurut saya semakin cepat memulai usaha akan semakin baik.

Setelah beberapa tahun saya menekuni dunia pertanian sendiri, usaha pun mulai berkembang. Modal pun kembali dan akhirnya berlipat ganda. Semakin kesini saya memutuskan untuk terus mengembangkan bisnis dengan relasi yang lebih luas lagi. Dan setelah merasa cukup sukses, saya memutuskan menikah di usia 25 tahun.

Tidak di sangka, setelah menikah, meski tanggung jawab pun bertambah, rejeki pun semakin melimpah. Kini saya semakin bersemangat dalam mengembangkan pertanian modern dengan belajar dari berbagai pengalaman. Dan setelah dua tahun menikah, saya memiliki seorang anak dengan usia satu tahunan saat ini.

Kini saya masih terus berusaha memberikan yang terbaik untuk usaha dan keluarga saya. Dengan kondisi yang sekarang dan ekonomi yang lebih baik, saya ingin terus membahagiakan keluarga kecil maupun orang tua yang sudah banyak berjuang demi masa depan saya. Rasa syukur pun datang tiada hentinya dengan kondisi yang semakin hari semakin baik hingga saat ini.

Contoh Autobiografi Singkat Tokoh Islam

Contoh Autobiografi Singkat Tokoh Islam
Contoh Autobiografi Singkat Tokoh Islam

Contoh Autobiografi  – Tokoh Islam dari kalangan sahabat hingga saat ini sudah banyak sekali di kenal umat. Salah satunya adalah Ali Bin Abi Thalib. Beliau merupakan salah satu tokoh bersejarah sebagai sahabat Rasulullah yang setia. Ali Bin Abi Thalib ini merupakan putra dari paman Rasul yang bernama Abu Thalib, seseorang yang tak henti-henti melindunginya hingga akhir hayat.

Ali Bin Abi thalib memiliki banyak kelebihan. Selain keberaniannya, beliau begitu terkenal dengan kelebihannya di bidang keilmuan dan intelektual. Oleh karena itu, tidak heran jika beliau banyak di kenal sebagai sosok yang cerdas dari kalangan khukafaur Rasyidin. Beliau pun bisa mendapatkan ilmu yang begitu luas karena sejak kecil sudah di asuh oleh Rasulullah SAW.

Pada masa Rasul, beliau senantiasa menemani dakwah kemana pun. Hingga akhirnya beliau di nikahkan dengan putri rasulullah bernama Sayyidah Fatimah. Dari pernikahan tersebut, Ali memiliki dua orang putra yang di beri nama Hasan dan Hussein. Keduanya pun menjadi tokoh yang hebat. apalagi mengingat keduanya merupakan cucu Rasulullah.

Sepeninggal Rasul, Ali tetap menjadi tokoh Islam yang setia dan aktif. Hingga usai wafatnya Ustman, beliau di angkat menjadi khulafaur Rasyidin yang ke empat. Namun, sangat di sayangkan karena pada masa Ali Islam mulai masuk ranah politik dan beliau harus menghadapi tantangan yang keras dari internal umat sendiri.

Tantangan ini di mulai sejak adanya tuntutan atas meninggalnya khalifah Utsman dan terus berkembang meluas. Pada akhirnya beliau meninggal dunia dalam peristiwa tahkim antara Ali dan Muawiyah yang merupakan calon pendiri dinasti Bani Umayyah saat itu. Dari sinilah berakhir kekuasaan khulafaur Rasyidin di mana Ali Bin Abi Thalib adalah khalifah terakhirnya.

Contoh Autobiografi Singkat Pengusaha Muda

Contoh Autobiografi Singkat Pengusaha Muda
Contoh Autobiografi Singkat Pengusaha Muda

Contoh Autobiografi  – Nama saya adalah Atnan Putra darmansyah. Biasanya, di rumah saya di sapa dengan nama panggilan Atnan. Saya di lahirkan pada tahun 1990. Sedangkan daerah asal kelahiran saya merupakan sebuah desa di Jawa Tengah. Selama ini, saya pun di besarkan di sana dengan penuh kasih sayang oleh kedua orang tua saya yang juga asli Jawa Tengah.

Tumbuh besar di tengah kehidupan masyarakat desa membuat saya begitu nyaman dan tenang dengan prsikologi yang matang. Apalagi sejak saya masih menempuh jenjang pendidikan sekolah Dasar sudah di ajari banyak hal tentang kehidupan sosial masyarakat oleh kedua orang tua. Jenjang pendidikan hingga SMA pun saya tempuh di wilayah sekitar juga yang tidak jauh dari rumah.

Dengan demikian, jelas saya pun akhirnya tahu betul siapa dan bagaimana perjuangan orang tua, khususnya di bidang ekonomi. Apalagi mengingat bahwa keluarga saya bukanlah keluarga dengan tingkat ekonomi yang tergolong mapan. Hingga akhirnya, saya pun bertekad supaya bisa membawa keluarga ke jenjang ekonomi yang jauh lebih baik lagi setelah berjuang sejauh ini.

Untuk menggapai cita-cita saya, tentu saja masalah pendidikan harus di perhatikan dengan baik. Dengan ini, saya memutuskan melanjutkan kuliah setelah lulus SMA. Namun, ketika itu saya menyadari betul bahwa ekonomi keluarga akan cukup sulit jika harus membiayai uang kuliah dan biaya hidup sehari-hari. Akhirnya saya bertekad kuliah sambil kerja sampingan.

Saat itu saya kuliah di jurusan teknologi karena saya pun sudah mulai menyadari bahwa perkembangan teknologi akan semakin pesat semakin kesini. Selain itu, saya juga memulai karir sebagai freelancer dengan berbagai bidang yang cukup saya sukai. Diantaranya seperti fotografi, desain, writer dan masih banyak lagi.

Perjuangan ini saya lalui seiring dengan kuliah sehingga cukup untuk memenuhi kebutuhan. Namun, tanpa di sadari, ketika di padukan dengan ilmu teknologi yang selama ini sudah saya pelajari, pekerjaan sampingan tersebut membawa dampak yang begitu bermanfaat. Hingga lulus kuliah, saya berusaha membangu beberapa bisnis online yang perkembangan dan hasilnya cukup menjanjikan.

Setelah 5 tahun lamanya menjadi sarjana, kini sudah banyak sekali pengalaman usaha online yang saya lalui selama ini. Hingga akhirnya usaha tersebut berhasil membuka lapangan kerja bagi mereka yang setidaknya mengerti tentang komputer. Penghasilannya per bulan pun tidak tanggung-tanggung dan lebih dari cukup untuk memenuhi berbagai kebutuhan keluarga.

Saat jni tiada hal lain yang bisa di panjatkan kecuali syukur. Dan yang terpenting saya bertekad untuk terus berusaha mengembangkan apa yang telah di bangun selama ini bersama tim. Akhirnya, saya merasakan betapa tidak sia-sianya perjuangan orang tua yang berlatar belakang keluarga dengan ekonomi menengah ke bawah, hingga mampu mengantarkan saya pada kesuksesan.

Contoh Autobiografi Pelajar

Contoh Autobiografi Pelajar
Contoh Autobiografi Pelajar

Contoh Autobiografi  – Saya adalah seorang perempuan dengan nama Indan Novia yang biasa di panggil dengan nama Novi. Saya di lahirkan pada tanggal 1 September tahun 1994. Pada tahun tersebut saya lahir di desa yang bernama Mangkurejo. Sejauh ini, pertumbuhan saya selalu di iringi oleh kasih sayang orang tua yang tiada habisnya. Mereka senantiasa menuntun berbagai hal kepada saya.

Dalam ranah pendidikan, di tahun 2007 saya lulus sekolah dasar di SD Mangkurejo 1. Di sini saya mulai mempelajari berbagai hal dan mendapati bahwa ada kemampuan akademik tersendiri yang tersimpan dalam diri. Singkatnya, saya bisa di sebut sebagai salah satu murid yang cukup pandai di kelas. Bahkan, hingga lulus tidak pernah meleset mendapatkan peringkat 5 besar.

Prestasi tersebut merupakan kebanggan tersendiri bagi kedua orang tua. Dalam hal ini saya pun sangat bersyukur karena tidak hanya berhenti di sini, melainkan di jenjang SMP pun saya masih mengukir prestasi akademik. Bahkan, di sini saya berhasil meraih berbagai prestasi lain di bidang seni. Mulai dari seni musik hingga seni tari sejak SMP hingga lulus SMA.

Memasuki usia 19 tahun, saya mulai memasuki perguruan tinggi untuk melanjutkan Studi. Dalam hal ini saya memiliki jurusan teknik informatika di salah satu Universitas ternama. Saya memilih jurusan tersebut karena memang begitu tertarik dengan hal-hal yang berbau teknologi. Dan selama kuliah pun saya begitu menikmati pendidikan yang telah saya putuskan tersebut.

Di sini, saya lulus kuliah di tahun 2017 sebagai lulusan terbaik. Sekali lagi, hal ini menjadi kebanggan tersendiri bagi kedua orang tua saya yang telah mendidik, membiayai dan membesarkan hingga puluhan tahun lamanya. Berhubung sudah menjadi lulusan terbaik, tentu saja prestasi ini tidak akan di sia-siakan begitu saja dan saya memutuskan mulai bekerja.

Sesudah wisuda tahun lalu saya melamar pekerjaan di sebuat perusahaan ternama pula pada bidang yang sesuai dengan kemampuan dan pendidikan S1 saja. Di sini saya bersyukur sekali karena perusahaan menyambut dengan baik dan menerima saya menjadi bagian dari mereka hingga sekarang dengan kepercayaan yang tinggi setelah satu tahun lamanya.

Gambaran Contoh Autobiografi Pahlawan

Gambaran Contoh Autobiografi Pahlawan
Gambaran Contoh Autobiografi Pahlawan

Contoh Autobiografi  – Sebagaimana telah di sebutkan sebelumnya, autobiografi tidak harus mengkisahkan diri sendiri. Ada juga autobiografi dengan sudut pandang orang ketiga berdasarkan pada kisah-kisah yang ada. Salah satunya adalah autobiografi yang di tulis dengan subyeknya para pahlawan. Rentetan para pahlawan pun tentu saja begitu banyak sehingga ada berbagai macam pilihan yang bisa di rujuk.

Selain itu autobiografi pahlawan ini cukup menarik, ispiratif dan mengesankan sehingga tidak heran jika banyak pula yang tertarik. Nah, diantara contoh gambarang autobiografi pahlawan ini seperto kisah hidup R.A. Kartini. Beliau adalah sosok pejuang wanita yang hingga kini tetap di kenang dan di junjung. Perjuangannya pun hingga kini menjadi sorotan dan poin tersendiri dalam autobiografinya.

Selain itu, ada banyak pahlawan Nasional lain yang turut berkorban memperjuangna kemerdekaan. Autobiografi dari mereka sangatlah penting untuk di tulis sehingga nama dan jasanya akan terus di kenal oleh generasi bangsa. Jadi, jika Anda seseorang yang ahli sejarah bangsa, bisa juga mulai banyak menulis contoh autobiografi seperti ini.

Manfaat Autobiografi

Manfaat Autobiografi
Manfaat Autobiografi

Mengapa harus ada autobiografi? Sebenarnya apa sih manfaat memiliki atau menulis autobiografi ini? Jangan salah terkait hal tersebut karena autobiografi cukup penting untuk menjadi perhatian tersendiri. Autobiografi yang sudah tertulis secara rinci bisa memberikan dampak tersendiri bagi penulis, subjek, maupun orang lain yang membacanya.

Dalam hal ini autobiografi bisa mengingatkan Anda berbagai pengalaman yang telah di lalui. Selain itu, Anda bisa melihat seberapa jauh pencapaian selama ini. Sedangkan bagi orang lain yang membacanya, autobiografi seseorang yang sukses, tentu bisa membangkitkan semangat tersendiri. Dengan kata lain, autobiografi Anda bisa menjadi motivasi bagi orang lain.

Itulah berbagai contoh menarik mengenai autobiografi yang bisa anda gunakan sebagai referensi tugas sekolah, ujian, dan lain lain.

Pengertian autobiografi, contoh autobiografi diri sendiri, contoh autobiografi lengkap, contoh autobiografi pahlawan, contoh autobiografi pengusaha, contoh autobiografi panjang, manfaat autobiografi, dll.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Contoh Autobiografi

loading...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.